A shining Day-Date replica watch is a luxury model to add stylish sophistication to any wardrobe. A newly-established and popular fake watch with a replica rolex yellow gold bracelet and white dial, this outstanding collector's piece will show you a new and fresh scene.
Beranda ยป Kurang Modal Nikah, Harus Gimana?
Bride and groom getting married

Kurang Modal Nikah, Harus Gimana?

Di beberapa tulisan sebelumnya saya sudah membagikan tips menghitung dan mempersiapkan dana untuk pernikahan (maupun kebutuhan lainnya). Setelah memahami bahwa pilihan dana investasi harus sesuai jumlah modal, target dana, dan waktu yang diperlukan, pada contoh sebelumnya kita jatuh pada konklusi bahwa masih ada yang diperlukan meskipun sudah dikelola dengan baik.

Pada tulisan kali ini saya ingin membagikan tips untuk teman-teman yang merasa target dananya masih sangat jauh dari harapan, dan memerlukan dana tambahan untuk digunakan dalam waktu singkat.

  1. Lakukan diversifikasi dengan bijak

Satu-satunya cara untuk meningkatkan potensi return investasi kita adalah dengan memilih instrumen investasi yang potensi imbal hasilnya lebih tinggi. Namun, hal ini juga berarti potensi kerugian nya lebih tinggi, dan berpotensi mengganggu perencanaan keuangan yang sudah dipersiapkan baik-baik 

Investasi tinggi risiko cocok untuk orientasi jangka panjang, dimana kita tidak membutuhkan dana tersebut dalam jangka pendek. Jadi, sebenarnya kurang bijak menggunakan dana yang akan dibutuhkan dalam waktu singkat untuk berinvestasi di aset tinggi risiko.

Kendati demikian, melalui metode diversifikasi dan alokasi dana, kita bisa menggunakan beberapa strategi untuk meningkatkan potensi imbal hasil dengan risiko yang terbatas. Misalnya, mengambil contoh sebelumnya, Budi menggunakan hanya 20% dari dana tabungannya sebesar 4 juta, yang akan ia gunakan untuk investasi tinggi risiko.

Dana 4 juta tersebut digunakan untuk melakukan trading saham dengan batas waktu mingguan, dimana ia menggunakan batasan cutloss max 5 persen dan akan mengambil keuntungan maksimal 10 persen. Apabila dengan manajemen risiko tersebut trading Budi bisa menghasilkan meskipun hanya 5% sebulan, maka kekurangan target dana sudah bisa dipenuhi dalam setahun.

Apabila Budi ternyata salah strategi dan kehilangan 50% dana yang dialokasikannya tersebut, maka ia kehilangan 2 juta rupiah, yakni nominal yang sama dengan alokasi tabungan ia secara bulanan. Jadi, risikonya terbatas, dan potensi returnnya sebenarnya bertambah.

Tentunya untuk melakukan hal ini dengan baik, Budi perlu belajar strategi trading yang cukup rumit ya.

  1. Manfaatkan Promo Investasi

Jaman dahulu, promo diberikan apabila kita mengeluarkan uang untuk belanja atau membeli sesuatu. Jaman sekarang, banyak yang memberikan cashback atau bonus saldo untuk investasi!

Promo investasi sangatlah menguntungkan, karena kita mendapatkan uang tanpa harus kehilangan uang. Di promo belanja, kita kehilangan uang, sedangkan di promo investasi, uang yang kita investasikan bisa kita tarik kembali suatu saat nanti, bahkan nilainya kemungkinan besar bertambah karena ada imbal hasil.

Oleh karenanya, manfaatkan promo investasi sebanyak mungkin untuk menambah dana secara mudah. Biasanya, syarat untuk mendapatkan cashback atau saldo hanya berupa lock-in period, alias periode waktu dimana kita tidak boleh melakukan penjualan atau penarikan atas investasi tersebut. 

Pastikan agar lock-in period tidak melebihi tanggal saat dananya akan kita gunakan ya!

  1. Lakukan Pinjaman dengan strategi

Apabila menjelang hari-H dana yang diperlukan masih juga belum tercapai, maka pilihan satu-satunya adalah dengan melakukan peminjaman kepada bank atau tekfin. Namun, peminjaman harus dilakukan dengan strategi dan pertimbangan matang.

Setelah kita sudah menggunakan dana, berarti aset kita berkurang drastis, dan kemampuan kita melunasi pinjaman bergantung pada pemasukan rutin kita. Pilihlah layanan pinjaman yang sudah teregulasi OJK, upayakan tenor pinjaman sesingkat mungkin agar tidak memberatkan di jangka panjang, dan pastikan bahwa cicilan bulanan bisa terpenuhi oleh pemasukan rutin kita.

Tulisan ini disponsori secara finansial oleh OneAset, sehingga hak milik tulisan ini sepenuhnya milik OneAset. Tulisan ini telah terbit lebih dahulu di platform OneAset, dan blog ini hanya bersifat mempublikasikan ulang untuk keperluan promosi. Saya berkomitmen menghadirkan minimal 20 tulisan edukasi baru (bukan repost blog ini) setiap bulannya di OneAset, jadi apabila anda ingin menikmati konten baru saya secepat mungkin, pastikan untuk mendaftar di OneAset dan follow profile saya disana. Anda juga akan mendapatkan emas gratis dan mendukung saya secara langsung tanpa biaya apapun.

Bagaimana Cara Mendaftar OneAset?

  1. Gunakan link https://app.oneaset.co.id/s/N3amMv untuk mendaftar
  2. Apabila belum memiliki aplikasi ONEASET di HP, akan diarahkan download dulu di playstore
  3. Klik ulang link tersebut setelah install ONEASET
  4. Aplikasi ONEASET akan otomatis terbuka dan muncul gambar seperti dibawah ini
This image has an empty alt attribute; its file name is image.png
This image has an empty alt attribute; its file name is image-1.png
This image has an empty alt attribute; its file name is image-2.png

Selesai. Silakan baca seluruh tulisan saya secara gratis. Jangan lupa tinggalkan like, comment, dan share, karena saya akan mendapatkan incentive tambahan atas engagement tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.