Maksimalkan Cuan dengan Kartu Kredit

Dalam tulisan ini saya ingin membagikan cara saya menambah keuntungan investasi secara receh dengan menggunakan kartu kredit. Pada dasarnya, tentu saya tidak merkeomendasikan siapapun untuk berhutang, kecuali untuk tujuan produktif (misalnya modal usaha) atau keperluan darurat. Berhutang untuk investasi juga sebenarnya kurang bijak, karena bunga pinjaman itu sifatnya pasti, sedangkan return investasi belum tentu pasti. Akibatnya, bisa jadi malah terjadi kerugian yang mengakibatkan kesulitan membayar utang.

Konten ini juga tersedia di Tiktok, Youtube, dan Podcast Spotify.

Namun, apa yang saya bagikan disini tidak mengandung risiko seperti itu. Ada satu fitur kartu kredit yang bisa kita manfaatkan untuk menambahkan cuan kita. Metode ini bahkan menurut saya BEBAS RIBA, karena tidak ada unsur perhitungan bunga sama sekali.

Fitur yang saya maksud adalah konversi ke cicilan 0%, dimana transaksi online maupun offline bisa diubah menjadi cicilan bebas biaya dan bebas bunga, dengan tenor pembayaran maksimal sampai 12 bulan. Makin hari makin banyak bank yang menawarkan layanan ini di produk kartu kredit mereka, dan biasanya bisa digunakan bila transaksi kita diatas 500rb rupiah.

Apa Kaitannya Dengan Cuan?

Karena transaksi kita dicicil tanpa bunga dalam beberapa bulan, maka kita bisa terlebih dahulu memutarkan uangnya di investasi, sebelum akhirnya membayar utang kita. Serta, tidak ada bunga ataupun biaya admin atas ‘pinjaman’ kita, maka keuntungan yang kita dapatkan dari investasinya tidak perlu dikurangi oleh jumlah bunga yang kita bayarkan. Dengan kata lain, spread keuntungan kita 0%.

Contoh Simulasi

Apabila hanya punya uang 600rb dan membelanjakan seluruhnya, lalu dikonversi ke cicilan 6 bulan

Bisa Dapat Rp 7600. Selama sisa utang nya diinvestasikan seluruhnya, dan imbal hasilnya diinvestasikan kembali (prinsip compounding)

Cara langkah per langkah

  1. Konversi transaksi apapun yang jumlahnya diatas 500rb menjadi cicilan 0%, tenor bebas selama tidak dikenakan biaya apapun (pilih sepanjang mungkin)
  2. Sisihkan uang untuk membayar cicilan pertama tersebut, dengan rumus (nominal transaksi/tenor)
  3. Sisa utang (pokok pinjaman – hasil hitung nomor 2) yang belum dicicil, langsung diinvestasikan.
  4. Lakukan sebagian pencairan dana investasi di bulan selanjutnya untuk membayar cicilan bulan kedua
  5. Pastikan untuk menginvestasikan kembali imbal hasil nya, atau jangan dicairkan, untuk compounding

Tips Memaksimalkan Trik Ini

Jangan Sampai Bayar Fee Tahunan Kartu

Pastikan untuk minta pembatalan fee tahunan, karena nominalnya akan cukup besar dan bisa melebihi total keuntungan kita. Hampir seluruh kartu bisa melayani permohonan pembatalan biaya tahunan, biasanya kita diminta melakukan transaksi diatas nilai tertentu agar direfund bulan depan.

Talangin (bayarin dulu) bill/tagihan kalau makan bareng temen

Kalau makan bareng temen dan billnya diatas 500rb, talangin pembayarannya pake kartu kredit kamu! Dengan cara ini, kamu akan menerima cash/tunai dimuka (asal temanmu ga nyicil atau lupa bayar ya), dan kamu bisa menginvestasikan dulu uangnya sambil membayar cicilan yang sudah dikonversi.

Lakukan Pembelanjaan Kebutuhan Bulanan Secara Sekaligus

Untuk mendapatkan kesempatan konversi sesering mungkin, pastikan belanja bulanan kamu dilakukan sekaligus sehingga nominalnya diatas 500rb, sehingga bisa dikonversi jadi cicilan 0%. Gunakan juga trick ini supaya belanja anda lebih hemat.

Investasi Apa yang Cocok Untuk Trick ini?

Reksadana pasar uang

Pilihan terbaik karena minim risiko, dan bisa dicairkan kapan saja. Pilihan terbaik, namun butuh sedikit ilmu analisa untuk memilih nama produk yang terbaik. Saya sendiri merekomendasikan Syailendra Dana Kas.

Tabungan dengan Bunga Tinggi

Mirip dengan reksadana pasar uang, tapi pajaknya tinggi, dan hanya tersedia di beberapa bank seperti RAYA, JAGO, dan NEO. Lebih likuid, namun memiliki return bersih lebih kecil.

P2P lending

Meskipun saya sendiri pengamat p2p lending, namun instrumen satu ini kurang saya sarankan karena ada risiko telat bayar, tapi bisa dipertimbangkan bila sudah punya dana darurat, atau pilih p2p konsumtif yang risiko telat bayarnya diserap 100%. Jangan menganggap p2p lending yang memiliki asuransi 100% itu bebas risiko ya, karena tetap ada potensi telat bayar. Apabila pengembalian p2p kita telat, maka cashflow kita untuk membayar kartu kredit juga bisa terganggu, dan bisa-bisa malah berujung denda yang nominalnya cukup besar.

Kartu Kredit Apa Yang Menyediakan Fitur Ini?

CIMB Niaga

Ini favorit saya. Bisa cicilan sampai dengan 12 bulan tanpa biaya admin maupun bunga. Namun, banyak yang bilang bahwa kamu perlu kartu kredit bank lain dulu supaya di approve CIMB. Ada beberapa jenis kartu kredit CIMB Niaga, dan saya tidak bisa mengkonfirmasi jenis apa saja yang menggunakan fitur ini. Milik saya ada Accor, Syariah, dan Wave n Go – semuanya bisa menggunakan fitur ini.

Mandiri

Lebih mudah di approve apabila kamu merupakan nasabah bank Mandiri. Sayangnya bank Mandiri hanya menyediakan cicilan bebas bunga bebas admin hanya sampai 6 bulan. Tersedia hampir di semua jenis kartu kreditnya – milik saya ada Skyz Titanium, Signature, dan Prioritas.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.