Mengapa Asuransi Indonesia Digugat Terus?

Apabila anda melakukan pencarian Google dengan kata kunci berita asuransi. Maka bisa anda lihat sendiri bahwa sebagian besar hasilnya merupakan hasil berita yang meliput keluhan nasabah.  Keluhan keluhan tersebut bukan hanya ditujukan pada satu merk atau produk tertentu, tapi dari berbagai daerah dan melibatkan nama nama merk asuransi terkemuka di Indonesia.

Berdasarkan riset saya dan komentar-komentar di blog ini, ada satu faktor penting yang menyebabkan industri asuransi di Indonesia mendapatkan citra kurang baik. Berdasarkan rangkuman saya selama ini, maka 90 persen keluhan nasabah yang diliput bisa dipastikan terkait hasil investasinya yang tidak sesuai harapan. Dengan kata lain, para nasabah ingin membuka produk investasi dengan harapan mendapat return jangka pendek, namun sebaliknya investasinya malah berkurang drastis ketika dicairkan. 

Umumnya, asuransi memang bukan merupakan investasi jangka pendek, namun sayangnya banyak agen penjual asuransi yang tidak menjual produk secara tepat untuk memenuhi kebutuhan nasabah. Mereka diberikan produk PROTEKSI dengan berbagai biaya dan potongan, padahal nasabah hanya ingin produk INVESTASI. Itu dua hal yang berbeda! 

Hal tersebut dilakukan secara berulang dan massal oleh banyak agen penjual dari berbagai merk selama 5 tahun terakhir, sehingga lama kelamaan makin banyak masyarakat yang merasa terjerumus dan berujung pada kekecewaan skala besar. Apalagi, pandemi Covid-19 membuat banyak orang yang terdampak kondisi ekonominya, dan merekapun  mencairkan uang dari berbagai tabungan. Bukan main kagetnya ketika mereka melihat nilai tabungan asuransinya jauh daripada yang diharapkan. 

Jadi, jangan heran kenapa stigma masyarakat Indonesia sangat negatif terhadap dunia asuransi, karena memang industri asuransi gagal memenuhi ekspektasi masyarakat, entah disengaja atau tidak disengaja. Maksudnya sengaja disini, bila agen menawarkan produk tidak sesuai kebutuhan hanya demi memenuhi target penjualan saja. Sedangkan tidak sengaja, adalah bila agen nya sendiri kurang dilatih untuk menawarkan produk yang tepat. 

Untungnya, saat ini beberapa pemain industri asuransi mulai responsif menanggapi stigma negatif masyarakat tersebut. Salah satunya adalah Asuransi Sinarmas yang bekerjasama dengan OneAset. Mereka menawarkan produk asuransi yang memang bersifat jangka pendek, tanpa potongan biaya apapun sehingga hasil investasi kita tidak mungkin negatif. Saya sendiri sudah menjadi pelanggan setia produk Siji Fixed Link, yang menawarkan bunga diatas deposito tanpa dipotong pajak. Produk ini sifatnya fixed return, jadi tidak terpengaruh fluktuasi pasar saham. Selain itu, metode penjualannya juga 100 persen online, sehingga tidak perlu berbicara ataupun bertemu dengan agen sama sekali. Tidak perlu takut dijerumuskan!

Tulisan ini disponsori secara finansial oleh OneAset, sehingga hak milik tulisan ini sepenuhnya milik OneAset. Tulisan ini telah terbit lebih dahulu di platform OneAset, dan blog ini hanya bersifat mempublikasikan ulang untuk keperluan promosi. Saya berkomitmen menghadirkan minimal 20 tulisan edukasi baru (bukan repost blog ini) setiap bulannya di OneAset, jadi apabila anda ingin menikmati konten baru saya secepat mungkin, pastikan untuk mendaftar di OneAset dan follow profile saya disana. Anda juga akan mendapatkan emas gratis dan mendukung saya secara langsung tanpa biaya apapun.

Bagaimana Cara Mendaftar OneAset?

  1. Gunakan link https://app.oneaset.co.id/s/N3amMv untuk mendaftar
  2. Apabila belum memiliki aplikasi ONEASET di HP, akan diarahkan download dulu di playstore
  3. Klik ulang link tersebut setelah install ONEASET
  4. Aplikasi ONEASET akan otomatis terbuka dan muncul gambar seperti dibawah ini

Selesai. Silakan baca seluruh tulisan saya secara gratis. Jangan lupa tinggalkan like, comment, dan share, karena saya akan mendapatkan incentive tambahan atas engagement tersebut.

Adrian Siaril
Adrian Siaril

The boss

Articles: 599

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.