Diskon khusus pembaca blog! Gunakan kode ADRIANSIARIL untuk dapat diskon 20% di kursus C4: Cari Cuan Kartu Kredit.

Apa Yang Dimaksud Asuransi Fixed Return?

Asuransi jenis fixed return populer ditawarkan belakangan ini. Semenjak terjadi banyak kritik terhadap asuransi berbasis unit link atau PAYDI (produk asuransi yang dikaitkan investasi). 

Saya akan menjelaskan apa yang dimaksud dengan asuransi fixed return. Serta bagaimana jenis produk tersebut dapat kita manfaatkan untuk memberikan keuntungan tambahan.

Asuransi umumnya terbagi menjadi dua jenis, yaitu asuransi konvensional dan asuransi yang dikaitkan dengan produk investasi. Yaitu PAYDI yang sudah disebutkan diatas.

Untuk asuransi Unit Link atau PAYDI, pembayaran premi dibarengi dengan pembelian produk reksadana, sehingga selain membayar premi asuransi, kita juga menabung investasi. Hal ini tentu berbeda dengan asuransi konvensional dimana premi yang kita setorkan seluruhnya untuk membayar biaya asuransi saja (seringkali dibilang ‘hangus’) 

Sekilas, unit link atau PAYDI terdengar menguntungkan, karena premi yang kita bayarkan juga menjadi nilai investasi, tidak seluruhnya hangus. Namun, kenyataannya tidak seindah itu, karena ada potongan dan biaya yang dibebankan pada setoran investasi kita, jadi tidak seluruh setoran kita dijadikan nilai investasi. 

Selain itu, pada unit link atau PAYDI, ada risiko fluktuasi harga seperti yang terjadi pada reksadana pada umumnya. Akibatnya, bila kondisi ekonomi sedang memburuk dan harga saham turun, maka nilai investasi di asuransi pun bisa menurun. Penurunan ini tetap disertai biaya bulanan yang terus dikenakan, sehingga tidak menutup kemungkinan bahwa nilai investasi nya bisa habis tidak bersisa. 

Nah, hal itulah yang menimbulkan stigma negatif pada asuransi unit link di Indonesia, seperti yang sudah saya bahas pada tulisan saya di ONEASET sebelumnya

Beberapa merk asuransi pun melakukan inovasi dengan mengubah skema investasi yang dikaitkan dengan produk asuransi. Alih alih menggunakan reksadana sebagai basis investasi yang berisiko fluktuatif, asuransi mulai menawarkan model fixed income, alias return yang sifatnya dijamin.

Dengan asuransi bermodel fixed income, tidak ada risiko penurunan nilai investasi di produk asuransi tersebut. Sifatnya mirip deposito dan p2p lending, dimana investasi nya berbasis utang yang tidak terpengaruh harga saham. Kendati demikian, tidak ada risiko telat bayar atau gagal bayar karena kedua risiko tersebut ditanggung perusahaan asuransinya.

Salah satu produk fixed income yang saya maksud adalah Siji Fixed Link oleh asuransi Sinarmas, yang juga dijual secara online di aplikasi ONEASET. Apabila anda pertama kali membeli asuransi, maka produk ini bisa jadi pilihan tepat karena risikonya sangat minim. 

Tulisan ini disponsori secara finansial oleh OneAset, sehingga hak milik tulisan ini sepenuhnya milik OneAset. Tulisan ini telah terbit lebih dahulu di platform OneAset, dan blog ini hanya bersifat mempublikasikan ulang untuk keperluan promosi. Saya berkomitmen menghadirkan minimal 20 tulisan edukasi baru (bukan repost blog ini) setiap bulannya di OneAset, jadi apabila anda ingin menikmati konten baru saya secepat mungkin, pastikan untuk mendaftar di OneAset dan follow profile saya disana. Anda juga akan mendapatkan emas gratis dan mendukung saya secara langsung tanpa biaya apapun.

Bagaimana Cara Mendaftar OneAset?

  1. Gunakan link https://app.oneaset.co.id/s/N3amMv untuk mendaftar
  2. Apabila belum memiliki aplikasi ONEASET di HP, akan diarahkan download dulu di playstore
  3. Klik ulang link tersebut setelah install ONEASET
  4. Aplikasi ONEASET akan otomatis terbuka dan muncul gambar seperti dibawah ini

Selesai. Silakan baca seluruh tulisan saya secara gratis. Jangan lupa tinggalkan like, comment, dan share, karena saya akan mendapatkan incentive tambahan atas engagement tersebut.

Ingin belajar memilih kartu kredit terbaik sesuai dengan kebutuhan dan kondisi anda?

pabila kamu pemula di dunia kartu kredit dan ingin mulai mengumpulkan cuan dari kartu kredit, maka kamu akan cocok bergabung di kursus C4: Cari Cuan Credit Card, dimana kita akan belajar:

  1. Bagaimana orang bisa naik pesawat gratis dari penggunaan kartu kredit
  2. Bagaimana kartu kredit bisa membuat kita berhemat ratusan ribu sampai jutaan rupiah setiap bulan
  3. Bagaimana cara agar tidak membayar biaya kartu kredit sama sekali

Ayo cek dan gabung sekarang dengan klik tombol dibawah!

C4: Cari Cuan Credit Card
C4: Cari Cuan Credit Card
Adrian Siaril
Adrian Siaril

The boss

Articles: 607

CATATAN!

karena tingginya spam, kolom komentar saya tutup sementara. Untuk menghubungi saya, dm saya di Instagram, Telegram, Tiktok (@adriansiaril), atau isi formulir dibawah ini.