Review: Siji Fixed Link (Simas Jiwa & Asetku)

Review: Siji Fixed Link (Simas Jiwa & Asetku)

Produk Siji Fixed Link sebenarnya adalah murni produk Simas Jiwa, anak usaha dari grup Sinarmas. Kebetulan Asetku hanya bertindak sebagai salah satu penjualnya saja, sehingga saya sebenarnya sudah memiliki produk ini jauh sebelum Asetku mulai menjualnya. Saya sudah pernah menyinggung produk ini dalam tulisan asuransi dwiguna dan rekomendasi asuransi. Perlu dicatat bahwa Siji Fixed Link adalah ‘reinkarnasi’ dari produk Simas Investa Link yang memiliki skema sama persis, hanya berganti nama saja.

Kebetulan saya sudah mencairkan polis yang saya beli langsung dari Bank Sinarmas maupun agen Simas Jiwa langsung, karena saya bersama adik saya ingin membuka ulang polis asuransi ini di Asetku demi mendapatkan bonus-bonus yang sangat menarik.

Banyak yang bertanya kepada saya kenapa produk ini sepertinya “too good to be true”. Jadi, mari kita bahas kelebihan, kekurangannya, dan rekomendasi saya.

Belum menjadi pengguna Asetku? Anda bisa mendukung blog ini dengan mendaftar di Asetku menggunakan kode referral saya WVQXQ

Keunggulan

Memiliki sifat Dwiguna

Asuransi dwiguna berguna bukan hanya pada saat kita tutup usia, namun juga saat kita hidup bisa berfungsi sebagai tabungan. 

Tidak ada syarat membeli

Berbeda dengan produk asuransi yang membutuhkan keputusan analis berdasarkan medical checkup dan umur, produk asuransi ini bisa didapatkan siapa saja.

Proteksi seumur hidup

Selama polis tidak pernah dicairkan, maka perlindungan aktif seumur hidup.

Jaminan modal disetor kembali 100%

Ya, ini adalah fitur yang membuat orang banyak curiga terhadap produk ini. Nyatanya, produk ini memang tidak memiliki komponen biaya sama sekali. Hal ini akan saya jelaskan lebih lanjut di bagian FAQ dibawah.

Return dijamin

Ini hal kedua yang makin membuat orang curiga “kenapa produk ini bagus sekali” karena selain menjamin modal utuh, namun juga memberikan jaminan return di akhir periode. Anggap saja produk ini seperti deposito dengan bonus asuransi jiwa.

Kekurangan

Uang pertanggungan Jiwa Kecil dan Tidak Bisa Dinaikkan

Produk dwiguna biasanya memang memiliki uang pertanggungan kecil, agar biaya asuransi tidak besar dan potensi return nya optimal. Sama hal nya dengan produk ini, tidak cocok dijadikan sarana proteksi utama. Masih diperlukan produk asuransi lain apabila anda ingin proteksi maksimal.

Potensi Return Terbatas

Low risk, low return adalah karakteristik produk ini. Karena menjamin pokok modal dan potensi return, maka jelas saja return yang ditawarkan pun sangat terbatas. Meskipun lebih besar daripada deposito, namun jauh lebih kecil daripada reksadana pendapatan tetap maupun p2p lending.

Tenor cukup panjang

Berbeda dengan deposito dan p2p lending yang memiliki pilihan tenor 1 bulan, produk ini paling cepat cair dalam 3 bulan sehingga kurang likuid

FAQ dan Klarifikasi

Kenapa Produk ini tidak memiliki komponen biaya?

 Alasannya adalah ketika kita membuka produk ini, sebenarnya kita “menitip uang” pada manajer investasi Simas Jiwa (kemungkinan dari Sinarmas Asset Management, yakni anak perusahaan grup Sinarmas lainnya). Nah, Simas Jiwa mengelola uang kita dengan cara menaruhnya pada reksadana pendapatan tetap yang mayoritas memiliki komposisi obligasi. Apabila kita melakukan hitung-hitungan cerdas, instrumen kelas obligasi rata-rata bisa mendapatkan 6-11% per tahunnya. Sedangkan pada produk Siji Fixed Link ini, kita tidak mendapatkan return setinggi itu. Dengan kata lain, Simas Jiwa selaku pengelola uang kita sebenarnya mengambil selisih keuntungan tersebut untuk membayari biaya asuransi kita.

Apakah produk ini memiliki risiko gagal bayar?

Produk dengan karakteristik seperti ini memang pernah tersandung kasus sebelumnya, karena Kresna Life dan Jiwasraya juga gagal bayar pada produk ‘fixed return’ mereka. Namun apabila kita bandingkan secara adil, keuntungan yang ditawarkan Kresna Life dan Jiwasraya memang tidak masuk akal di angka belasan persen, yang sudah pasti mereka pengelolaan investasinya berisiko tinggi di unit link / reksadana saham. Gagal bayar pun terjadi karena harga saham nya jatuh drastis.

Dalam Siji Fixed Link, komposisinya merupakan obligasi yang tidak memiliki risiko fluktuasi separah saham, serta saya cukup percaya atas kemampuan Simas Asset Management, Simas Sekuritas, bank Sinarmas, dan grup Sinarmas lain yang salin bersinergi menjaga kepentingan pelanggan Sinarmas.

Kesimpulan

Produk ini saya rekomendasikan bagi kalian yang mau“parkir dana” atau membeli asuransi untuk pertama kalinya. 

Asuransi ini tidak cocok bagi kalian yang mencari produk asuransi serius seperti perawatan rumah sakit, sakit kritis, warisan, atau pendidikan anak karena ini adalah jenis asuransi dwiguna yang manfaatnya sangat terbatas.  

Saya juga sangat rekomendasikan untuk buka produk Siji Fixed di Asetku, karena banyak bonus yang ditawarkan.  

Belum menjadi pengguna Asetku? Anda bisa mendukung blog ini dengan mendaftar di Asetku menggunakan kode referral saya WVQXQ

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.