Mau Punya HP Baru? Jangan Nyicil, Pakai Reksa Dana Aja

Kini hampir semua orang tak terpisahkan dengan gadget ataupun smartphone. Benda yang satu ini sudah menemani keseharian orang-orang di seluruh dunia. Mulai dari berbelanja online, membayar tagihan, berkomunikasi, bekerja, hingga menikmati hiburan seperti menonton film atau bermain game.

Alhasil, tidak heran jika pengguna smartphone terus meningkat seiring berjalannya waktu, bahkan telah menjangkau kalangan dari berbagai usia. Hanya saja, harga smartphone keluaran terbaru harganya terus melambung tinggi dan membuat banyak orang kewalahan untuk dapat membelinya.

Jika tidak diupayakan dengan menabung lebih dulu, sulit rasanya mewujudkan impian memiliki smartphone yang sesuai dengan yang kita inginkan. Meskipun saat ini telah banyak fitur pinjaman maupun kredit, tetapi jika Anda bisa membelinya secara tunai, akan lebih baik bukan?

Cara Menabung Pakai Reksa Dana untuk Membeli HP Baru

Lantas, bagaimana cara menabung untuk mendapatkan HP terbaru yang ideal agar target keuangan tersebut lekas tercapai? Jangan risau, mari intip beberapa tips yang bisa Anda lakukan guna mewujudkannya. Berikut lebih lengkapnya:

1. Benar-benar Kebutuhan atau Hanya Keinginan?

Meski secara umum smartphone sudah menjadi suatu kebutuhan, namun tak jarang seseorang membeli HP baru hanya karena mengikuti keinginan atau mengejar tren belaka. Oleh karenanya, pastikan lebih dulu apakah membeli HP baru benar-benar untuk kebutuhan Anda atau hanya sekedar keinginan. 

Pasalnya, jika memang HP yang Anda miliki masih bisa digunakan dan tidak ada tuntutan untuk upgrade dari sisi pekerjaan maupun produktivitas, maka hal itu berarti membeli yang baru bukanlah kebutuhan yang perlu Anda prioritaskan.

2. Kenali Fitur dan Fasilitas yang Dibutuhkan

Mengenal dan memahami fitur yang ada di tiap smartphone merupakan kewajiban mutlak. Jika Anda sudah menguasai hal tersebut, maka tinggal disesuaikan dengan kebutuhan harian Anda dalam menggunakannya.

Jika menggunakannya sekadar untuk berkomunikasi, baik melalui pesan singkat atau telepon, maka smartphone dengan harga terjangkau tanpa spesifikasi tinggi adalah ideal untuk dijadikan pilihan.

Namun jika Anda memerlukan spesifikasi khusus untuk menunjang pekerjaan ataupun karir, maka Anda tinggal menyesuaikannya dengan berbagai fitur yang ditawarkan berbeda oleh setiap merek smartphone. Karena dengan begitu, pembeliannya tak akan menjadi penyesalan karena telah dipertimbangkan dan sesuai dengan kebutuhan.

3. Sesuaikan Budget

Saat ingin mencapai target keuangan tertentu, termasuk menabung untuk membeli HP baru, pastikan telah mengecek kondisi keuangan Anda terlebih dulu. Dengan begitu, budget yang dikumpulkan untuk mencapai tujuan tersebut akan dapat diketahui dengan akurat.

Dengan persaingan industri smartphone yang cukup ketat, sebenarnya tidak akan sulit untuk bisa mendapatkan smartphone dengan harga terjangkau namun tetap sesuai kebutuhan. Asalkan lebih jeli dalam memilih, maka Anda akan mendapatkan HP idaman tanpa merogoh kocek yang begitu dalam.

4. Lakukan Riset dan Perbandingan

Setelah mendapatkan pilihan smartphone yang ingin dibeli, hal yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah melakukan riset lebih dulu terkait harga, kelebihan serta kekurangannya. 

Dalam range harga tertentu, pastinya ada banyak sekali variasi dari berbagai merek. Cari tahu spesifikasi dari masing-masing smartphone tersebut, kemudian bandingkan harga dan kemampuannya untuk memenuhi kebutuhan.

5. Pastikan Beli Tunai

Meskipun saat ini sudah terdapat banyak layanan kredit maupun pinjaman yang mudah diakses, namun usahakanlah untuk memiliki HP baru tersebut dengan membeli tunai.

Membeli HP dengan sistem kredit tentunya akan membuat biaya yang ditanggung akan jauh melambung dari harga aslinya. Meskipun rasanya menjadi lebih mudah karena pembayarannya dilakukan dengan mencicil, namun beban bunga yang melingkupinya membuat biayanya lebih tinggi.

Oleh karenanya, akan lebih bijak jika Anda mampu menahan diri dan mulai menyisihkan uang untuk menabung lebih dulu sebelum akhirnya membeli smartphone baru. Kemudian yang terpenting, sesuaikanlah budget untuk kebutuhan ini dengan kondisi keuangan serta kemampuan Anda agar tidak mengganggu kebutuhan lainnya.

6. Menabung di Reksa Dana

Smartphone memiliki harga yang terbilang cukup tinggi dan bagi sebagian orang baru bisa dibeli ketika sudah menabung dalam beberapa waktu. Agar lebih ideal dalam mengumpulkan dana untuk membelinya, jangan ragu menabung melalui instrumen investasi yang satu ini, yakni reksa dana. Kenapa harus di reksa dana?

Pada reksa dana, aktivitas menabung sambil investasi dapat dimulai dengan modal yang terjangkau. Selain itu, pengelolaan portofolio juga berada di tangan manajer investasi sehingga ideal untuk dipilih investor pemula. Reksa dana pun memiliki berbagai produk yang tersedia untuk dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan serta profil risiko.

Jika Anda ingin jenis reksa dana yang memiliki tingkat risiko rendah untuk aktivitas menabung seperti ini, reksa dana pasar uang dan reksa dana pendapatan tetap bisa dijadikan pilihan. Pasalnya reksa dana tersebut mampu memberi peluang imbal hasil yang menjanjikan, ketimbang hanya sekadar menyimpannya di tabungan atau rekening biasa.  

Seperti yang telah dijelaskan tentang beberapa cara menabung di atas, Anda tentunya tidak akan buta arah, lebih bijak dan semakin tergerak untuk mengaplikasikannya. Terlebih jika Anda mampu memanfaatkan layanan investasi seperti reksa dana.

Modal tabungan yang tersimpan di dalamnya tentu berpotensi untuk terus berkembang seiring berjalannya waktu. Dengan begitu, impian memiliki smartphone Anda idamkan akan semakin mudah terwujud.

Adrian Siaril
Adrian Siaril

The boss

Articles: 588

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *