Sewa Rumah vs Beli Rumah, Mana yang Terbaik?

Memiliki rumah pribadi tentunya merupakan impian banyak orang. Namun yang kerap menjadi dilema ketika akan beli rumah sendiri ialah serba-serbi kredit seperti kemampuan untuk pembayaran uang muka (Down Payment), serta cicilan per bulan yang harus dipertimbangkan. Oleh karenanya, tidak sedikit yang memutuskan untuk sewa rumah dahulu sebelum akhirnya memiliki rumah sendiri.

Namun sebelum memutuskan itu semua, sebaiknya Anda simak berbagai pro dan kontra terkait beli dan sewa rumah sebagai bahan pertimbangan, yang akan dijelaskan di bawah ini.

Berikut penjelasannya lebih lanjut:

Perbandingan Sewa Rumah vs Beli Rumah

A. Beli Rumah

Mari lihat beberapa keuntungan yang akan didapatkan saat membeli rumah

Keuntungan

  1. Jika Anda memiliki rumah sendiri, maka properti tersebut berpotensi menawarkan pertumbuhan nilai ekonomis dalam jangka panjang. Secara sederhananya, properti tersebut nilainya akan cenderung meningkat dan tentunya turut meningkatkan jumlah aset dan kekayaan Anda.
  2. Adanya potensi mendapatkan keuntungan dari penjualan rumah. Dikarenakan nilai rumah akan terus meningkat setiap waktunya, maka potensi keuntungan saat Anda menjualnya kembali di masa depan pun akan meningkat.
  3. Properti tersebut secara hukum menjadi milik Anda. Dengan demikian, Anda memiliki kebebasan untuk melakukan apa pun terhadap rumah tersebut, termasuk melakukan renovasi dan mengubah tampilannya apabila diperlukan.
  4. Anda juga memiliki hak penuh apabila hendak menyewakan rumah tersebut kepada orang lain. Dengan begitu, Anda memiliki potensi mendapatkan pendapatan sewa melalui kepemilikan rumah tersebut.
  5. Ketika Anda membeli rumah dengan cara kredit (KPR) dan selalu dibayarkan tepat waktu, hal ini akan meningkatkan profil kredit yang Anda miliki. Dengan begitu, tingkat kepercayaan perbankan terhadap Anda akan semakin meningkat.
  6. Keuntungan terakhir dari membeli rumah ialah adanya potensi keuntungan dalam jangka panjang, sebab Anda tidak perlu mengeluarkan uang sewa secara terus menerus.

Kerugian

Meskipun memiliki banyak keuntungan jika memiliki rumah sendiri, namun Anda tetap harus mempertimbangkan risiko maupun kekurangan yang perlu Anda tanggung.

  1.  Rumah termasuk jenis properti yang perlu dirawat dan tidak bisa dibiarkan terbengkalai tanpa diurus. Maka demikian, terdapat biaya yang harus dikeluarkan untuk perawatan rumah dan biasanya dengan nominal yang tidak sedikit.
  2. Rumah yang juga sangat rentan terhadap risiko bencana yang tidak terduga, misalnya saja seperti kebakaran maupun tanah longsor. Untuk mengantisipasi risiko tersebut, Anda perlu menganggarkan biaya untuk mengikuti asuransi properti bagi rumah Anda.
  3. Meskipun rumah termasuk properti yang memiliki nilai yang relatif meningkat, akan tetapi rumah bisa saja justru mendatangkan kerugian ketika akan dijual kembali. Hal seperti ini bisa saja terjadi jika lokasi rumah tersebut kurang strategis atau rawan bencana, sehingga tidak disukai oleh calon pembeli.

Setelah mempertimbangkan mengenai keuntungan serta kerugian yang didapat ketika membeli rumah, Selanjutnya akan dibahas pula tentang apa saja keuntungan dan kerugian yang akan Anda dapatkan saat menyewa rumah.

B. Sewa Rumah

Keuntungan

Terdapat beberapa keuntungan dari menyewa rumah yang bisa Anda dapatkan. Penjelasannya sebagai berikut:

  1. Jika Anda memiliki pekerjaan yang berpindah-pindah dan jarang tinggal di satu tempat dalam jangka waktu lama, maka menyewa rumah sebagai tempat tinggal adalah pilihan terbaik. Sewa rumah tidak membutuhkan komitmen jangka panjang dan hal tersebut memungkinkan Anda untuk berpindah tempat tinggal sesuai kebutuhan dan keinginan Anda.
  2. Sewa rumah memberikan keuntungan bagi Anda yang belum mampu membeli rumah di lokasi strategis.
  3. Karena bukan pemilik rumah, Anda tidak akan terbebani dengan perawatan properti yang Anda tinggali. Semua perawatan terkait rumah merupakan tanggung jawab pemilik rumah sepenuhnya, bukan Anda sebagai penyewa.
  4. Biaya sewa rumah per bulan biasanya lebih rendah dibanding dengan biaya cicilan rumah, sehingga Anda akan memiliki uang lebih yang dapat digunakan untuk tabungan maupun berinvestasi.

Kerugian

Selain memiliki keuntungan, perhatikanlah beberapa kekurangan di bawah ini yang perlu dijadikan pertimbangan saat akan menyewa rumah.

  1. Kekurangan pertama sebagai penyewa rumah ialah Anda diharuskan untuk mengikuti  aturan sesuai dengan perjanjian sewa dengan pemilik rumah. Hal ini tentu akan mempengaruhi kebebasan Anda sebagai penyewa rumah.
  2. Kerugian yang selanjutnya adalah Anda tidak bisa melakukan perubahan yang signifikan terhadap rumah ataupun properti yang Anda sewa tanpa persetujuan pemilik.
  3. Sewa rumah yang Anda bayarkan akan mempengaruhi tingkat inflasi yang terjadi setiap tahunnya. Artinya, biaya sewa yang Anda bayarkan memiliki kemungkinan untuk naik seiring dengan waktu dan hal ini tentunya sulit untuk dihindari.
  4. Selaku penyewa rumah, Anda tidak memiliki jaminan terkait masa sewa. Pasalnya, ketika pemilik ingin menjual rumah tersebut, maka mau tidak mau Anda tidak dapat melanjutkan masa sewa dan perlu mencari tempat tinggal yang baru.
  5. Yang terakhir, jika Anda menyewa rumah dalam waktu yang lama, properti tersebut selamanya tidak akan menjadi milik Anda.

Itulah beberapa keuntungan dan kerugian yang mungkin Anda dapatkan ketika membeli ataupun menyewa rumah. Pertimbangkanlah dengan bijak dan matang terkait hal-hal yang telah disampaikan di atas sebelum memutuskan untuk membeli atau menyewa rumah. Sesuaikan pula dengan kemampuan dan kebutuhan Anda, jangan sampai memaksakan diri. 

Adrian Siaril
Adrian Siaril

The boss

Articles: 588

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *