Alasan Kenapa Reksadana Pasar Uang Cocok Untuk Dimiliki Investor Pemula

Reksadana pasar uang dinilai merupakan instrumen investasi yang tepat dijadikan salah satu instrumen investasi untuk para investor pemula. Alasannya karena reksadana pasar uang adalah reksadana yang dana kelolaannya diinvestasikan seluruhnya di instrumen pasar uang. Seperti di deposito berjangka, obligasi yang diterbitkan dengan jangka waktu satu tahun, atau obligasi yang sisa jatuh temponya kurang dari satu tahun.

Umumnya, reksadana pasar uang memberikan potensi pengembalian investasi yang lebih tinggi dibandingkan deposito dan tabungan. Sementara dari sisi risiko, reksadana pasar uang memiliki risiko yang cenderung rendah dibandingkan dengan reksadana jenis lainnya, namun hal ini pun diiringi dengan potensi pengembalian investasi yang lebih rendah pula.

Dengan demikian, jenis reksadana pasar uang dinilai sangat sesuai untuk investor pemula yang ingin mulai berinvestasi di reksadana, karena biasanya investor pemula belum memiliki pengalaman dan pengetahuan yang cukup terkait investasi pasar modal, serta baru saja beralih dari produk tabungan atau deposito.

Mengenai jangka waktu investasi, reksadana pasar uang juga tepat bagi Anda yang memiliki tujuan investasi jangka pendek atau mengutamakan likuiditas. Sebab sifat dari reksadana pasar uang lebih mudah dicairkan dibandingkan dengan jenis yang lainnya.

Secara bersamaan, reksadana pasar uang juga dapat dijadikan sebagai pilihan investasi oleh para investor dengan profil risiko yang lebih tinggi. Hal ini tak lain sebagai diversifikasi portofolio investasi atau ketika pasar saham dan obligasi mengalami ketidakpastian.

-Manfaat dan Risiko Reksadana Pasar Uang-

Ada beberapa hal yang dapat dijadikan pertimbangan dalam memilih reksadana pasar uang sebagai salah satu instrumen investasi pilihan. Berikut berbagai macam manfaat dan risiko dalam berinvestasi di reksadana pasar uang:

Manfaat

1. Investasi yang terjangkau, karena bisa dimulai hanya dengan Rp10 ribu saja

2. Potensi keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan atau deposito

3. Dikelola secara profesional oleh manajer investasi yang memiliki keahlian dan pengalaman di bidangnya

4. Efisiensi waktu, karena tidak perlu melakukan analisis investasi maupun administrasi

5. Diversifikasi, sebab dana akan diinvestasikan ke berbagai jenis instrumen

6. Keuntungan perpajakan, sebab pengembalian investasi reksadana bukan merupakan objek pajak

7. Likuid, karena dapat dicairkan sewaktu-waktu pada hari dan jam kerja bursa

8. Transparan, sebab perkembangan Nilai Aktiva Bersih (NAB) dan data kepemilikan mudah dimonitoring setiap saat.

Risiko

1. Risiko penurunan Nilai Aktiva Bersih (NAB), hal ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain; turunnya harga efek portofolio, perubahan tingkat suku bunga yang mengakibatkan fluktuasi pengembalian instrumen pasar uang, wanprestasi dari bank atau penerbit surat berharga, serta force majeure

2. Risiko Ekonomi dan Politik

Situasi ekonomi dan politik yang terjadi di suatu negara akan sangat menentukan naik-turunnya nilai pengembalian instrumen pasar uang.

3. Risiko Likuiditas

4. Risiko Perubahan Peraturan

5. Risiko Pembubaran dan Likuidasi

Seperti pada jenis reksadana lainnya, reksadana pasar uang dapat dibeli melalui manajer investasi (MI) secara langsung atau melalui agen penjual. Sebelum membeli, investor biasanya harus membuka rekening di manajer investasi atau agen penjual terlebih dahulu. Dengan catatan, pembelian dan penjualannya harus dilakukan melalui pihak yang sama.

Sisi lain yang perlu juga untuk diketahui adalah bahwa reksadana pasar uang merupakan produk pasar modal, bukan produk perbankan, sehingga tidak dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Meski demikian, pengelolaan reksadana pasar uang di Indonesia tetap diawasi dan diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Tulisan ini disponsori secara finansial oleh OneAset, sehingga hak milik tulisan ini sepenuhnya milik OneAset. Tulisan ini telah terbit lebih dahulu di platform OneAset, dan blog ini hanya bersifat mempublikasikan ulang untuk keperluan promosi. Saya berkomitmen menghadirkan minimal 20 tulisan edukasi baru (bukan repost blog ini) setiap bulannya di OneAset, jadi apabila anda ingin menikmati konten baru saya secepat mungkin, pastikan untuk mendaftar di OneAset dan follow profile saya disana. Anda juga akan mendapatkan emas gratis dan mendukung saya secara langsung tanpa biaya apapun.

Bagaimana Cara Mendaftar OneAset?

  1. Gunakan link https://app.oneaset.co.id/s/N3amMv untuk mendaftar
  2. Apabila belum memiliki aplikasi ONEASET di HP, akan diarahkan download dulu di playstore
  3. Klik ulang link tersebut setelah install ONEASET
  4. Aplikasi ONEASET akan otomatis terbuka dan muncul gambar seperti dibawah ini
This image has an empty alt attribute; its file name is image.png
This image has an empty alt attribute; its file name is image-1.png
This image has an empty alt attribute; its file name is image-2.png

Selesai. Silakan baca seluruh tulisan saya secara gratis. Jangan lupa tinggalkan like, comment, dan share, karena saya akan mendapatkan incentive tambahan atas engagement tersebut.

Adrian Siaril
Adrian Siaril

The boss

Articles: 599

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.