Awas Kena Jebakan! Ini Untung Rugi Pakai Paylater

Pesatnya pertumbuhan e-commerce saat ini turut membawa perubahan yang signifikan pada ekosistem pembayaran digital di Indonesia. Karena berbagai platform serta layanan yang dihadirkan pun berperan besar dalam mempermudah transaksi dengan berbagai metode pembayaran.

Saat ini, skema transaksi bayar tunda atau ‘buy now pay later’ terutama pada e-commerce, tengah banyak digandrungi masyarakat dalam setiap transaksi hariannya. Perbankan pun ikut berlomba-lomba menyediakan layanan ini.

Namun, penting untuk diketahui lebih dulu tentang keuntungan serta kerugian ketika Anda menggunakan layanan Paylater, agar Anda bijak dalam pemakaiannya.

Berikut penjabarannya:

Keuntungan dan Kerugian Paylater

Setiap produk pastinya selalu memiliki nilai untung dan rugi, begitu juga pada fitur Paylater. Poin-poin ini bisa menjadi pertimbangan, apakah layanan ini tepat atau tidak untuk Anda gunakan. Berikut ini merupakan beberapa keuntungan dan kerugian dari layanan Paylater:

1. Keuntungan Paylater

A. Proses Mudah

Walaupun memiliki sistem yang hampir sama dengan kartu kredit, namun proses penggunaan Paylater ini bisa dibilang jauh lebih mudah dan cepat.

Biasanya, jika Anda mengajukan permohonan kartu kredit, Anda diwajibkan untuk mengikuti beberapa persyaratan, misalnya memberitahukan jumlah gaji dan pendapatan per bulan, hingga jumlah tanggungan atau jaminan barang.

Namun jika di Paylater, Anda hanya membutuhkan persyaratan biasa seperti kartu identitas atau KTP untuk mendaftarkan diri dan Anda sudah bisa menggunakan fitur Paylater.

Mulai dari proses mendaftar, hingga mengajukan pinjaman melalui fitur Paylater ini cenderung mudah dilakukan semua orang. Seluruh rangkaian tersebut bisa Anda lakukan secara online pada platform yang dipilih.

B. Tenor Fleksibel Tanpa Bunga

Jika Anda menggunakan Paylater, Anda bisa mendapatkan tenor atau tenggat waktu yang fleksibel untuk pembayaran cicilan Anda. Setiap platform menawarkan berbagai tenor yang berbeda. Namun rata-rata, penyedia Paylater memberikan tenor 1 hingga 12 bulan. Bahkan di beberapa marketplace dan e-commerce di Indonesia, pengguna Paylater tidak dikenakan bunga jika ia memilih tenor kurang dari 3 bulan.

C. Banyak Promo

Mungkin hal ini menjadi faktor utama yang membuat banyak orang memilih Paylater. Hal ini dikarenakan banyak marketplace atau e-commerce yang mengadakan promo menarik untuk pengguna fitur Paylater di platform-nya.

Biasanya promo yang bisa didapatkan seperti cashback, diskon, hingga hadiah menarik. Ini sangat menarik perhatian pengguna, sehingga banyak pengguna mendaftar Paylater untuk mendapatkan promo tersebut.

2. Kerugian Paylater

A. Perilaku Konsumtif

Siapa yang tidak tertarik untuk memiliki produk impian dalam waktu yang cepat dengan pembayaran rendah? Hati-hati dengan pola pikir ini. Kerugian pertama dari layanan Paylater adalah karena bisa menyebabkan Anda menjadi orang yang konsumtif.

Dengan tawaran bunga yang rendah bahkan nol serta tawaran menarik lainnya, bisa menyebabkan Anda lepas kontrol untuk membeli barang-barang yang Anda inginkan begitu saja. Sekali lagi, Paylater adalah layanan yang ditujukan untuk mempermudah Anda ketika memiliki kebutuhan mendesak.

B. Pembengkakan Tagihan

Selain menyebabkan perilaku konsumtif, menggunakan Paylater juga dapat menimbulkan pembengkakan tagihan jika Anda tidak bisa mengontrol keinginan Anda. Dengan beragam kemudahan dalam penggunaan fitur Paylater ini, terkadang menjadikan banyak orang tergiur untuk melakukan belanja tanpa didasari kebutuhan yang jelas. 

Terlebih jika Anda hanya menggunakannya untuk memenuhi keinginan semata. Hal ini tentunya akan merugikan Anda di kemudian hari. Oleh karenanya, sebaiknya gunakanlah dengan bijak dan membuat daftar kebutuhan apa saja yang harus Anda penuhi saat mengajukan pinjaman melalui aplikasi Paylater.

C. Keamanan

Kerugian selanjutnya dari fitur Paylater ini terletak pada masalah keamanan. Jika dibandingkan dengan keamanan kartu kredit bank, keamanan dari Paylater masih tergolong rendah. Banyak di luar sana yang menyediakan layanan Paylater dengan tawaran menarik namun tidak terjamin keamanannya.

Karena itu, pastikan aplikasi Paylater yang Anda gunakan merupakan layanan yang sudah legal dan berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Tulisan ini disponsori secara finansial oleh OneAset, sehingga hak milik tulisan ini sepenuhnya milik OneAset. Tulisan ini telah terbit lebih dahulu di platform OneAset, dan blog ini hanya bersifat mempublikasikan ulang untuk keperluan promosi. Saya berkomitmen menghadirkan minimal 20 tulisan edukasi baru (bukan repost blog ini) setiap bulannya di OneAset, jadi apabila anda ingin menikmati konten baru saya secepat mungkin, pastikan untuk mendaftar di OneAset dan follow profile saya disana. Anda juga akan mendapatkan emas gratis dan mendukung saya secara langsung tanpa biaya apapun.

Bagaimana Cara Mendaftar OneAset?

  1. Gunakan link https://app.oneaset.co.id/s/N3amMv untuk mendaftar
  2. Apabila belum memiliki aplikasi ONEASET di HP, akan diarahkan download dulu di playstore
  3. Klik ulang link tersebut setelah install ONEASET
  4. Aplikasi ONEASET akan otomatis terbuka dan muncul gambar seperti dibawah ini
This image has an empty alt attribute; its file name is image.png
This image has an empty alt attribute; its file name is image-1.png
This image has an empty alt attribute; its file name is image-2.png

Selesai. Silakan baca seluruh tulisan saya secara gratis. Jangan lupa tinggalkan like, comment, dan share, karena saya akan mendapatkan incentive tambahan atas engagement tersebut.

Adrian Siaril
Adrian Siaril

The boss

Articles: 599

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.