Diskon khusus pembaca blog! Gunakan kode ADRIANSIARIL untuk dapat diskon 20% di kursus C4: Cari Cuan Kartu Kredit.

Seperti Apa Bunga Bank Bekerja?

Untuk Anda yang memiliki rekening tabungan atau pernah mengajukan pinjaman ke bank, pasti sudah tidak asing dengan istilah bunga bank. Sebagai nasabah atau debitur, bunga bank bisa menjadi 2 fungsi yaitu sebagai keuntungan atau kewajiban.

Tapi apa yang dimaksud dengan bunga bank sebagai keuntungan dan sebagai kewajiban tersebut? Berikut pengertian dari bunga bank yang harus diketahui, termasuk fungsi dan jenis-jenisnya.

Apa Itu Bunga Bank? 

Secara umum bunga bank atau bunga tabungan, merupakan sejumlah keuntungan yang harus dibayarkan bank kepada nasabahnya sebagai imbalan atas simpanan dari nasabah tersebut. Jadi, jika Anda menyimpan sejumlah uang di bank, maka Anda akan mendapatkan keuntungan berupa uang yang akan ditambahkan secara otomatis ke rekening Anda, dalam jangka waktu tertentu. Pemberian bunga bank ini bisa diberikan setiap bulan atau pun per tahun.

Pada konteks yang berbeda, bunga bank juga bisa didefinisikan sebagai biaya yang harus dibayarkan atas peminjaman uang yang diberikan oleh bank dalam periode tertentu. Bunga sendiri ditentukan melalui persentase dari jumlah simpanan atau jumlah pinjaman.

Jika mengutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bunga bank memiliki pengertian sebagai suku bunga atau tarif yang dikenakan oleh bank atas pinjaman uang yang diberikan. Sementara, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengartikan bunga bank sebagai sejumlah bentuk imbalan yang diberikan oleh bank kepada nasabah atas dana yang disimpan di bank.

Persentase bunga yang diterima pun bervariasi, tergantung kebijakan dari masing-masing bank, situasi ekonomi, dan faktor-faktor lainnya. Selain itu, nominal yang akan diperoleh setiap nasabah juga berbeda-beda, dihitung berdasarkan total saldo tabungan, jangka waktu, dan persentase bunga.

Jenis-jenis Bunga Bank

Secara umum, bunga bank terbagi menjadi 2, yakni suku bunga kredit (pinjaman) dan suku bunga tabungan (simpanan) yang keduanya telah sama dijelaskan di atas. Namun menurut OJK, bunga bank yang diperinci lagi terbagi menjadi lima jenis yang berbeda.

Berikut jenis-jenis lengkap beserta penjelasannya:

1. Suku Bunga Tetap (Fixed)

Suku bunga tetap merupakan jenis suku bunga yang besaran biayanya bersifat tetap dan tidak berubah sampai tanggal jatuh tempo. Jadi, meski terjadi kenaikan atau penurunan suku bunga di pasar, besaran bunga yang harus dibayarkan tidaklah berubah.

2. Suku Bunga Mengambang (Floating)

Kebalikan dari suku bunga tetap, nilai dari suku bunga mengambang selalu berubah mengikuti suku bunga di pasaran. Di mana jika suka bunga di pasaran naik, makan suku bunga yang harus dibayarkan juga ikut naik, begitu pun sebaliknya.

Contoh dari suku bunga mengambang adalah KPR dalam jangka waktu tertentu. Di mana pada tahun pertama akan menggunakan suku bunga tetap, lalu tahun selanjutnya menggunakan suku bunga mengambang.

3. Suku Bunga Efektif

Suku bunga efektif dianggap lebih adil untuk nasabah karena dihasilkan dari perhitungan sisa jumlah pokok pinjaman tiap bulan seiring dengan menyusutnya utang yang telah dibayar. Semakin sedikit jumlah pokok pinjaman, semakin sedikit pula suku bunga yang harus dibayarkan.

 4. Suku Bunga Flat

Suku bunga flat adalah suku bunga yang perhitungannya mengacu pada jumlah awal pokok kredit dan dibagi secara proporsional untuk setiap periode cicilan.

Cara menghitungnya tergolong sederhana dibandingkan dengan suku bunga lain. Sehingga umumnya, suku bunga ini digunakan pada kredit jangka pendek untuk barang-barang konsumsi seperti handphone, peralatan rumah tangga, dan Kredit Tanpa Agunan (KTA).

5. Suku Bunga Anuitas

Suku bunga anuitas adalah suku bunga penggabungan antara suku bunga flat dan suku bunga efektif. Di mana bunganya dihitung dari sisa pokok pinjaman (suku bunga efektif), namun dibagi secara proporsional berdasarkan periode pelunasan (suku bunga flat).

Sehingga, pada masa awal, jumlah bunga akan jauh lebih besar dibandingkan dengan jumlah angsuran pokok. Namun, saat mendekati akhir jangka waktu kredit, jumlah bunga akan lebih kecil dan jumlah angsuran pokok akan lebih besar.

Tulisan ini disponsori secara finansial oleh OneAset, sehingga hak milik tulisan ini sepenuhnya milik OneAset. Tulisan ini telah terbit lebih dahulu di platform OneAset, dan blog ini hanya bersifat mempublikasikan ulang untuk keperluan promosi. Saya berkomitmen menghadirkan minimal 20 tulisan edukasi baru (bukan repost blog ini) setiap bulannya di OneAset, jadi apabila anda ingin menikmati konten baru saya secepat mungkin, pastikan untuk mendaftar di OneAset dan follow profile saya disana. Anda juga akan mendapatkan emas gratis dan mendukung saya secara langsung tanpa biaya apapun.

Bagaimana Cara Mendaftar OneAset?

  1. Gunakan link https://app.oneaset.co.id/s/N3amMv untuk mendaftar
  2. Apabila belum memiliki aplikasi ONEASET di HP, akan diarahkan download dulu di playstore
  3. Klik ulang link tersebut setelah install ONEASET
  4. Aplikasi ONEASET akan otomatis terbuka dan muncul gambar seperti dibawah ini
This image has an empty alt attribute; its file name is image.png
This image has an empty alt attribute; its file name is image-1.png
This image has an empty alt attribute; its file name is image-2.png

Selesai. Silakan baca seluruh tulisan saya secara gratis. Jangan lupa tinggalkan like, comment, dan share, karena saya akan mendapatkan incentive tambahan atas engagement tersebut.

Ingin belajar memilih kartu kredit terbaik sesuai dengan kebutuhan dan kondisi anda?

pabila kamu pemula di dunia kartu kredit dan ingin mulai mengumpulkan cuan dari kartu kredit, maka kamu akan cocok bergabung di kursus C4: Cari Cuan Credit Card, dimana kita akan belajar:

  1. Bagaimana orang bisa naik pesawat gratis dari penggunaan kartu kredit
  2. Bagaimana kartu kredit bisa membuat kita berhemat ratusan ribu sampai jutaan rupiah setiap bulan
  3. Bagaimana cara agar tidak membayar biaya kartu kredit sama sekali

Ayo cek dan gabung sekarang dengan klik tombol dibawah!

C4: Cari Cuan Credit Card
C4: Cari Cuan Credit Card
Adrian Siaril
Adrian Siaril

The boss

Articles: 611

CATATAN!

karena tingginya spam, kolom komentar saya tutup sementara. Untuk menghubungi saya, dm saya di Instagram, Telegram, Tiktok (@adriansiaril), atau isi formulir dibawah ini.