Review Jasa Fotografi Thousand Stories

Kebijakan Review

Kami memenangkan sesi foto gratis dari Thousand Stories, dan tidak ada kewajiban bagi kami untuk menulis review ini untuk balas budi. Saya murni menulis review ini untuk berbagi pengalaman dan menambahkan konten blog saja, karena belum banyak review tentang jasa di blog ini, padahal blog ini bukan hanya fokus ke investasi saja.

Siapakah Thousand Stories

Karena harga jasa fotografi seperti Sweet Escape atau Axioo semakin mahal, tidak ada salahnya kita melihat alternatif-alternatif yang lebih terjangkau namun kualitas yang tidak kalah baiknya, sambil mendukung pertumbuhan jasa-jasa independen seperti ini.

Sweet Escape bisa dibilang kolaborasi antara kakak beradik yang keduanya merupakan fotografer, tapi mereka juga memiliki tim ‘freelance‘ untuk melayani orderan mereka yang semakin banyak. Ahli makeup di sini juga merupakan pasangan dari si adik, jadi mereka tentu bertumbuh sebagi suatu usaha yang berlandaskan kekeluargaan.

Saya tidak begitu kenal dengan si kakak perempuan, karena meskipun ia yang menentukan kami sebagai pemenang di lomba instagram, menjadi ‘bos’ yang mengurusi persiapan via Whatsapp, namun kami tidak pernah bertatap wajah dengannya.

Si adik adalah fotografer yang dipercayakan untuk memotret kami, dan ia pun didampingi pasangannya yang merupakan ahli tata rias, meskipun kami sebenarnya sudah membawa tata rias sendiri. Terakhir kali mereka memberikan layanan tata rias gratis bila melakukan booking di periode tertentu.

Anda bisa kepo lebih lanjut di Instagram mereka @thousandstoriesphotography dan website mereka http://www.thousand-stories.com/ (namun saat ini tidak bisa diakses), portofolio hasil pemotretan kami bisa dilihat dibawah.

Harga Layanan

Karena kami memenangkan layanan secara gratis, kami hanya perlu menyediakan transportasi dan konsumsi. Harga yang mereka kenakan tentu sangat variatif tergantung dari durasi, lokasi, jumlah fotografer yang diperlukan, dan lain-lain. Jadi anda perlu menghubungi mereka langsung untuk menanyakan dan menegosiasi harga.

Mereka juga sangat sering mengadakan lomba Instagram yang memberikan kami sesi gratis ini, jadi sering-seringlah pantau Instagram mereka, siapa tau anda beruntung!

Saat Persiapan

Thousand Stories adalah jenis jasa yang cukup proaktif untuk ‘kepo’ dalam proses persiapan, berbeda dengan kebanyakan fotografer lepasan yang cenderung bodo amat sebelum hari H tiba. Mereka secara aktif mengkonsultasikan pemilihan pakaian serta konsep, bahkan mereka yang melakukan riset dan mengirimkan referensi gambar kepada kami.

Saran saya jangan ragu untuk berdiskusi panjang lebar dengan mereka untuk mematangkan konsep, karena mereka akan dengan senang hati meladeninya, meskipun ada kalanya mereka cukup lambat dalam membalas Whatsapp karena tidak memiliki tim khusus.

Layanan yang diberikan mereka adalah selama 1 hari penuh tanpa batasan waktu. Dalam hal ini kami hanya perlu menyediakan akomodasi dan transportasi, namun kami juga dengan senang hati menyediakan konsumsi.

Saat Pemotretan

Lokasi yang kami pilih adalah Kandang Godzilla yang juga telah kami kunjungi dan review, sehingga mempermudah proses persiapan.

Di hari pemotretan kami kurang beruntung karena turun hujan sejak subuh (saat mau berangkat). Untungnya kami masih diberikan jeda cerah yang muncul dalam interval sehingga memiliki cukup waktu untuk istirahat maupun memotret.

Fotografer kami Darryl sangat proaktif dalam mengarahkan gaya dan latar, sehingga cocok dengan kami yang memang kurang berpengalaman dengan koreografi. Seni fotografi juga tergantung pada kecocokan fotografer dengan subjeknya. Ada subjek yang malah sudah menyiapkan gaya-gaya sendiri, dan ada subjek yang seperti saya, pasrah kepada fotografer. Dalam kasus ini saya cukup berjodoh dengan sang fotografer karena saling melengkapi.

Perlu saya sampaikan bahwa lokasi yang kami pilih tidak pernah dikunjungi oleh sang fotografer sebelumnya, jadi ia sebenarnya tidak cukup familiar dengan lokasi tersebut, namun kreatifitas dirinya cukup membantu proses pemotretan.

Angel, tata rias dari mereka, menginformasikan saya bahwa Darryl memang pantang mundur sampai ia sendiri puas dengan seluruh hasil fotonya, dan menolak pulang sampai memang kliennya sendiri yang minta disudahi, jadi kalau memang anda menggunakan layanan Thousand Stories, maksimalkan kesempatan satu hari penuh untuk mendapatkan foto sebanyak-banyaknya!

Proses Editing dan Hasil Akhir

Proses editing memakan waktu hampir dua bulan (!!). Saya tidak tahu apakah ini karena banyak sesi lain yang diprioritaskan (sesi kami kan gratisan), atau memang semua sesi mereka memakan waktu selama itu.

Untungnya kami memang tidak memerlukan hasil foto cepat-cepat, sehingga tidak keberatan dengan jeda waktu tersebut. Hasil akhirnya juga memuaskan alias ‘worth the wait’ namun saya cukup bingung kenapa beberapa foto saya diberikan ‘artificial blur’ yang sangat tidak natural.

Komentar Akhir

Melihat dari portofolio mereka dan hasil foto kami, kami sangat merekomendasikan Thousand Stories untuk sesi foto seperti photoshoot, prewedding, dan product photography, tapi sepertinya mereka cukup lemah di fotografi yang mengutamakan candid seperti wedding, events, dan sports. Hal ini tentu berkebalikan dengan Ikonick Photoworks yang akan kami ulas di tulisan selanjutnya.

Contoh Foto Sesi Kami

Thousand Stories atau Sweet Escape?

Seperti yang bisa dibaca di ulasan Sweet Escape kami, fotografer yang anda dapatkan di Sweet Escape seperti membeli kucing dalam karung, ada yang bagus dan ada yang buruk. Harganya juga bersifat fixed rate, meskipun sering memberikan promosi. Sweet Escape tentu lebih cocok bila anda liburan di luar negeri atau luar kota lebih dari semalam, karena tidak perlu membayari akomodasi dan transportasinya. Sedangkan apabila anda membutuhkan sesi sehari penuh di kota Jakarta dan sekitarnya, jelas Thousand Stories adalah pilihan yang lebih baik.

About asiaril

Tulisan saya adalah opini pribadi yang tidak memiliki kredibilitas apapun. Kerugian dalam bentuk apapun yang timbul akibat membaca tulisan saya (misalnya buang buang waktu) sepenuhnya menjadi tanggung jawab anda. Apabila anda tidak suka dengan karya saya, janganlah marah kepada saya, namun pukullah layar komputer anda dengan linggis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.