Adrian Siaril

Review Jasa Fotografi Thousand Stories

Kebijakan Review

Kami memenangkan sesi foto gratis dari Thousand Stories, dan tidak ada kewajiban bagi kami untuk menulis review ini untuk balas budi. Saya murni menulis review ini untuk berbagi pengalaman dan menambahkan konten blog saja, karena belum banyak review tentang jasa di blog ini, padahal blog ini bukan hanya fokus ke investasi saja.

Siapakah Thousand Stories

Karena harga jasa fotografi seperti Sweet Escape atau Axioo semakin mahal, tidak ada salahnya kita melihat alternatif-alternatif yang lebih terjangkau namun kualitas yang tidak kalah baiknya, sambil mendukung pertumbuhan jasa-jasa independen seperti ini.

Sweet Escape bisa dibilang kolaborasi antara kakak beradik yang keduanya merupakan fotografer, tapi mereka juga memiliki tim ‘freelance‘ untuk melayani orderan mereka yang semakin banyak. Ahli makeup di sini juga merupakan pasangan dari si adik, jadi mereka tentu bertumbuh sebagi suatu usaha yang berlandaskan kekeluargaan.

Saya tidak begitu kenal dengan si kakak perempuan, karena meskipun ia yang menentukan kami sebagai pemenang di lomba instagram, menjadi ‘bos’ yang mengurusi persiapan via Whatsapp, namun kami tidak pernah bertatap wajah dengannya.

Si adik adalah fotografer yang dipercayakan untuk memotret kami, dan ia pun didampingi pasangannya yang merupakan ahli tata rias, meskipun kami sebenarnya sudah membawa tata rias sendiri. Terakhir kali mereka memberikan layanan tata rias gratis bila melakukan booking di periode tertentu.

Anda bisa kepo lebih lanjut di Instagram mereka @thousandstoriesphotography dan website mereka http://www.thousand-stories.com/ (namun saat ini tidak bisa diakses), portofolio hasil pemotretan kami bisa dilihat dibawah.

Harga Layanan

Karena kami memenangkan layanan secara gratis, kami hanya perlu menyediakan transportasi dan konsumsi. Harga yang mereka kenakan tentu sangat variatif tergantung dari durasi, lokasi, jumlah fotografer yang diperlukan, dan lain-lain. Jadi anda perlu menghubungi mereka langsung untuk menanyakan dan menegosiasi harga.

Mereka juga sangat sering mengadakan lomba Instagram yang memberikan kami sesi gratis ini, jadi sering-seringlah pantau Instagram mereka, siapa tau anda beruntung!

Di hari pertama pernikahan kami, kami juga mempercayakan Thousand Stories untuk menjadi tim dokumentasi kami dengan 2 fotografer dan 2 videografer. Dengan harga 30 jutaan, kami sangat puas dengan hasil akhirnya. Editing memakan waktu cukup lama, sampai dengan 3 bulan. Namun mereka memberikan same day edit secara sepat dan luar biasa bagus.

Saat Persiapan

Thousand Stories adalah jenis jasa yang cukup proaktif untuk ‘kepo’ dalam proses persiapan, berbeda dengan kebanyakan fotografer lepasan yang cenderung bodo amat sebelum hari H tiba. Mereka secara aktif mengkonsultasikan pemilihan pakaian serta konsep, bahkan mereka yang melakukan riset dan mengirimkan referensi gambar kepada kami.

Saran saya jangan ragu untuk berdiskusi panjang lebar dengan mereka untuk mematangkan konsep, karena mereka akan dengan senang hati meladeninya, meskipun ada kalanya mereka cukup lambat dalam membalas Whatsapp karena tidak memiliki tim khusus.

Layanan yang diberikan mereka adalah selama 1 hari penuh tanpa batasan waktu. Dalam hal ini kami hanya perlu menyediakan akomodasi dan transportasi, namun kami juga dengan senang hati menyediakan konsumsi.

Saat Pemotretan

Lokasi yang kami pilih adalah Kandang Godzilla yang juga telah kami kunjungi dan review, sehingga mempermudah proses persiapan.

Di hari pemotretan kami kurang beruntung karena turun hujan sejak subuh (saat mau berangkat). Untungnya kami masih diberikan jeda cerah yang muncul dalam interval sehingga memiliki cukup waktu untuk istirahat maupun memotret.

Fotografer kami Darryl sangat proaktif dalam mengarahkan gaya dan latar, sehingga cocok dengan kami yang memang kurang berpengalaman dengan koreografi. Seni fotografi juga tergantung pada kecocokan fotografer dengan subjeknya. Ada subjek yang malah sudah menyiapkan gaya-gaya sendiri, dan ada subjek yang seperti saya, pasrah kepada fotografer. Dalam kasus ini saya cukup berjodoh dengan sang fotografer karena saling melengkapi.

Perlu saya sampaikan bahwa lokasi yang kami pilih tidak pernah dikunjungi oleh sang fotografer sebelumnya, jadi ia sebenarnya tidak cukup familiar dengan lokasi tersebut, namun kreatifitas dirinya cukup membantu proses pemotretan.

Angel, tata rias dari mereka, menginformasikan saya bahwa Darryl memang pantang mundur sampai ia sendiri puas dengan seluruh hasil fotonya, dan menolak pulang sampai memang kliennya sendiri yang minta disudahi, jadi kalau memang anda menggunakan layanan Thousand Stories, maksimalkan kesempatan satu hari penuh untuk mendapatkan foto sebanyak-banyaknya!

Proses Editing dan Hasil Akhir

Proses editing memakan waktu hampir dua bulan (!!). Saya tidak tahu apakah ini karena banyak sesi lain yang diprioritaskan (sesi kami kan gratisan), atau memang semua sesi mereka memakan waktu selama itu.

Untungnya kami memang tidak memerlukan hasil foto cepat-cepat, sehingga tidak keberatan dengan jeda waktu tersebut. Hasil akhirnya juga memuaskan alias ‘worth the wait’ namun saya cukup bingung kenapa beberapa foto saya diberikan ‘artificial blur’ yang sangat tidak natural.

Komentar Akhir

Melihat dari portofolio mereka dan hasil foto kami, kami sangat merekomendasikan Thousand Stories untuk sesi foto seperti photoshoot, prewedding, dan product photography, tapi sepertinya mereka cukup lemah di fotografi yang mengutamakan candid seperti wedding, events, dan sports. Hal ini tentu berkebalikan dengan Ikonick Photoworks yang akan kami ulas di tulisan selanjutnya.

Contoh Foto Sesi Kami

image

Thousand Stories atau Sweet Escape?

Seperti yang bisa dibaca di ulasan Sweet Escape kami, fotografer yang anda dapatkan di Sweet Escape seperti membeli kucing dalam karung, ada yang bagus dan ada yang buruk. Harganya juga bersifat fixed rate, meskipun sering memberikan promosi. Sweet Escape tentu lebih cocok bila anda liburan di luar negeri atau luar kota lebih dari semalam, karena tidak perlu membayari akomodasi dan transportasinya. Sedangkan apabila anda membutuhkan sesi sehari penuh di kota Jakarta dan sekitarnya, jelas Thousand Stories adalah pilihan yang lebih baik.

One thought on “Review Jasa Fotografi Thousand Stories

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Terkait

Artikel Populer

Advertisement

Disponsori oleh:

Kode Referral

[ A | B | C | D | E | F | G | H | I | J | K | L | M | N | O | P | Q | R | S | T | U | V | W | X | Y | Z ]

A

Akseleran: AKSLADRIAN13403

ALAMI: ASIARI

Allianz Smart Poin: rvam2zmw

Ajaib : asia625

Amartha: IL035033 

Asetku: WVQXQ 

B

BCA Credit Card (Kartu Kredit BCA): ADRIA0002117

Bibit: ucleiaf

Bizhare: ASA8KHDU

BMoney: REF-KRJI0

Buddies: AdrZbvf

Bukalapak: BAMBANGRAHARJA13YJ

By.u: Klik link disamping atau masukkan BYADRI8439991

C

Canva: klik link disamping

Cashbac: adr01ak

Catchplay: langsung klik link tersebut

Crowdo: U051549

D

DANA: bltuDi

Deposito BPR by Komunal: AS2333

E

Easycash: WRo7Rsw

Esta Kapital: ZTVINT

F

Flip: SHIA6755

Fore Coffee: 5BA015

Fundtastic: FUN10287

G

Gradana: AS0302191555

Getplus: DWNXM6GDM

H

Halofina: AIE74C

Hangry!: ADRINALD

I

iGrow: IGWSIA1980

Indogold: 98532

Investree: LJGZ3 

J

Jenius: $asiaril

Jurnal: adriansiaril1 atau klik link disamping

K

Kapital Boost: BAT6M2

Kaspro: E57u7c

KoinWorks: 62507 

Koingold by Koinworks: KG-62507

Komunal: 1CE8460

Kredit Pintar: tanpa kode, langsung klik link tersebut saja.

L

Lakuemas: adrian2128

Levi’s VIP Indonesia: 31A8KL2

M

Makmur: 5UVNR3

Mekar: ADRIA2476 

Modalku: jdq73oc9 

Modal Rakyat: AS1817506638

N

NYALA: klik link disamping

O

OCBC NISP One Mobile: klik link disamping

OY: langsung klik link disamping

P

Pegadaian: PDS4ED81

Pluang: ADRI667294

Q

Qoala Plus: XM3KSRAL

R

Raiz Invest (Indonesia): MDA2P7

S

Shopback: us3h2G

Shopee: ASIAR252

Sweet Escape : 1FSRH

T

Tamasia: MIK97TR

Tanamduit: ADRIA00INH7

Talenta: Klik link disamping atau masukkan talenta641

Tanifund: ADRR20

Tiktok: A729133701

Tokopedia: TPADR8548

Tunaiku: SASIARIL

U

Uangme: 7627

Y

Yesdok: ADRIANS1U

Yukk: asia48