Booking Hotel Paling Murah Lewat Mana? Tips dan Pertimbangan

Dalam era digital saat ini, banyak kemudahan yang ditawarkan dalam hal perjalanan dan akomodasi. Ketika merencanakan perjalanan dan menginap di hotel, muncul pertanyaan klasik: apakah lebih baik untuk memesan hotel langsung melalui hotel itu sendiri atau menggunakan aplikasi perantara (OTA) seperti Agoda, Traveloka, atau Tiket.com? Artikel ini akan menguraikan manfaat dan pertimbangan ekonomi dari kedua pilihan ini, dengan fokus pada keuntungan program loyalitas hotel dan manfaat yang diberikan oleh OTA, serta memberikan tips untuk booking hotel paling murah.

Jika Anda lebih tertarik untuk mendengarkan konten ini melalui format video, silahkan kunjungi tautan ini

Keuntungan Booking Hotel Langsung 

  1. Manfaat Program Loyalitas: Memesan langsung melalui hotel bisa memberikan Anda akses ke program loyalitas yang menghadirkan berbagai keuntungan. Beberapa manfaat yang mungkin Anda peroleh meliputi upgrade kamar, check-in awal atau check-out terlambat gratis, diskon khusus, dan bahkan akses ke layanan eksklusif. 
  1. Pengalaman Personalisasi: Ketika Anda memesan langsung, hotel memiliki akses lebih besar terhadap informasi pribadi Anda. Ini memungkinkan mereka untuk mengkustomisasi pengalaman Anda dengan cara yang mungkin tidak bisa dilakukan melalui OTA. Hotel juga menghargai tamu yang memiliki loyalitas dan bisa memberikan anda hadiah kecil sebagai apresiasi
  1. Kemungkinan Harga Lebih Rendah: OTA mendapatkan uang dari komisi yang diberikan hotel untuk pemesanan yang kita lakukan dari OTA tersebut. Jadi, hotel harus memasang harga lebih tinggi di OTA karena harus “bayar komisi”. Dengan memesan langsung melalui hotel, biasanya kita bisa mendapatkan harga lebih murah.
  1. Ketersediaan Informasi Lebih Lengkap: Melalui website hotel, Anda bisa mendapatkan informasi yang lebih lengkap tentang fasilitas, layanan, dan kebijakan hotel. Ini dapat membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik sesuai dengan preferensi Anda. 

Keuntungan Menggunakan OTA 

  1. Kemudahan dan Pilihan: OTA menawarkan antarmuka yang mudah digunakan dan banyak pilihan hotel dari berbagai kategori dan harga. Ini sangat bermanfaat jika Anda perlu menginap di berbagai tempat atau tidak memiliki preferensi khusus terhadap suatu hotel – karena anda jadi memiliki lebih banyak pilihan dan perbandingan
  1. Diskon dan Penawaran Khusus: Beberapa hotel jaringan independen tidak memiliki program loyalitas sendiri. OTA seringkali memberikan diskon, promo, atau cashback yang dapat menghemat biaya perjalanan Anda. Jadi, booking melalui OTA bisa membuat anda mendapatkan manfaat ekonomis yang mungkin tidak ditawarkan oleh hotel independen.
  1. Bantuan dalam Pencarian Hotel Terbaik: Jika Anda berkunjung ke tempat yang tidak familiar, OTA dapat membantu Anda menemukan hotel terbaik berdasarkan ulasan pengguna dan rekomendasi. Biasanya, jumlah review yang terdapat di OTA jauh lebih banyak daripada yang disediakan oleh sistem loyalitas hotel.
  1. Manfaat untuk Hotel Independen: Hotel independen sering kali bergantung pada OTA untuk meningkatkan eksposur dan pemesanan. Penggunaan OTA membantu hotel ini tetap bersaing dalam pasar yang kompetitif. Kompetisi yang sehat mendorong hotel jaringan besar agar tetap kompetitif dan semakin menguntungkan kita sebagai tamu.

Pertimbangan Ekonomi dan Loyalti 

Seiring dengan perkembangan industri perhotelan dan permintaan pelanggan yang berubah, strategi Anda dalam memesan akomodasi dapat bervariasi. Jika Anda memiliki afiliasi dengan program loyalitas tertentu, memesan langsung dengan hotel mungkin merupakan pilihan yang lebih bijaksana, terutama jika Anda dapat memanfaatkan manfaat eksklusif yang ditawarkan. 

Namun, bagi mereka yang tidak memiliki preferensi khusus terhadap merek hotel tertentu atau tidak terikat dengan program loyalitas tertentu, menggunakan OTA bisa menjadi pilihan yang lebih hemat biaya. Diskon, penawaran khusus, dan cashback yang ditawarkan oleh OTA dapat membuat perjalanan menjadi lebih terjangkau. 

Pentingnya Membuat Keputusan yang Bijaksana 

Dalam mengambil keputusan antara memesan langsung atau melalui OTA, penting untuk melakukan penelitian yang cermat dan mempertimbangkan faktor-faktor yang relevan. Berikut adalah beberapa aspek tambahan yang perlu dipertimbangkan: 

  1. Lokasi dan Tujuan Perjalanan: Jika Anda bepergian ke tempat yang kurang dikenal atau memiliki sedikit opsi akomodasi, OTA dapat memberikan Anda pilihan lebih banyak. Namun, jika Anda memiliki tujuan khusus atau ingin merasakan pengalaman unik dari suatu merek hotel, memesan langsung bisa lebih cocok. 
  1. Ketersediaan dan Fleksibilitas: Terkadang, hotel tertentu mungkin penuh terpesan melalui OTA tetapi masih memiliki kamar yang tersedia untuk pemesanan langsung. Ini bisa menjadi kesempatan untuk mendapatkan kamar yang diinginkan bahkan saat OTA tidak lagi memiliki ketersediaan. 
  1. Keadaan Ekonomi: Jika Anda mencari cara untuk menghemat anggaran perjalanan, mengevaluasi diskon dan penawaran khusus dari OTA adalah langkah yang bijaksana. Namun, jika anggaran bukanlah masalah utama dan Anda ingin menikmati manfaat loyalitas hotel, memesan langsung mungkin lebih cocok. 
  1. Ulasan Pengguna: Banyak situs OTA memiliki ulasan pengguna yang dapat membantu Anda mendapatkan informasi tentang pengalaman tamu sebelumnya. Ini dapat membantu Anda menghindari pengalaman yang tidak menyenangkan atau menemukan hotel yang paling sesuai dengan preferensi Anda. 
  1. Manfaat Program Loyalitas: Jika Anda adalah anggota program loyalitas hotel tertentu, pastikan untuk memanfaatkan manfaat yang ditawarkan. Keuntungan seperti kamar yang ditingkatkan, layanan eksklusif, dan diskon bisa membuat pengalaman Anda lebih berharga. 
  1. Kombinasi Strategi: Ada juga pendekatan yang menggabungkan manfaat keduanya. Misalnya, Anda dapat memesan langsung dengan hotel untuk beberapa bagian perjalanan yang sangat penting bagi Anda, sambil menggunakan OTA untuk tempat-tempat yang lebih fleksibel atau kurang dikenal. 

Kesimpulan 

Dalam akhirnya, keputusan untuk memesan hotel langsung atau melalui OTA adalah keputusan pribadi yang sangat tergantung pada preferensi dan kebutuhan Anda. Sementara memesan langsung dapat memberikan manfaat loyalitas dan pengalaman yang lebih personal, OTA menawarkan kenyamanan, pilihan, dan manfaat ekonomi yang kuat. 

Penting untuk mempertimbangkan semua faktor ini secara hati-hati sebelum membuat keputusan. Jangan ragu untuk menggabungkan strategi yang berbeda tergantung pada perjalanan Anda. Terlepas dari pilihan Anda, tujuan utama adalah merencanakan perjalanan yang memuaskan, nyaman, dan sesuai dengan anggaran Anda. 

Baca juga: Apa yang dimaksud dengan Loungekey dan Priority Pass? 

Adrian Siaril
Adrian Siaril
Articles: 24

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.