Apa yang dimaksud dengan Loungekey dan Priority Pass? 

Dalam era perjalanan internasional yang semakin sering dilakukan oleh masyarakat, kenyamanan dan kemudahan menjadi faktor penting yang dicari dalam pengalaman perjalanan. Salah satu fasilitas yang menarik perhatian adalah akses ke lounge bandara. Dalam beberapa kasus, kartu kredit high-end menawarkan fasilitas akses ke lounge internasional melalui kerja sama dengan provider seperti LoungeKey dan Priority Pass. Artikel ini akan membahas secara mendalam mengenai LoungeKey dan Priority Pass, bagaimana kartu kredit high-end bekerja sama dengan provider ini, serta berbagai hal yang perlu diperhatikan oleh pemegang kartu terkait fasilitas lounge internasional ini. 

Jika Anda lebih tertarik untuk mendengarkan konten ini melalui format video, silakan kunjungi tautan ini.

1. Pengenalan tentang LoungeKey dan Priority Pass 

  • LoungeKey 

LoungeKey adalah layanan akses ke lounge bandara internasional yang ditawarkan kepada pemegang kartu kredit high-end melalui kerja sama antara bank penerbit kartu dan provider ini. Pemegang kartu yang memiliki akses LoungeKey dapat menikmati fasilitas lounge bandara, seperti kenyamanan tempat duduk, makanan dan minuman, akses ke Wi-Fi, dan fasilitas lainnya. Proses penggunaan umumnya melibatkan pemindai kartu kredit atau hanya menunjukkan kartu kredit kepada petugas lounge. 

  • Priority Pass 

Sama seperti LoungeKey, Priority Pass juga merupakan program akses ke lounge bandara internasional. Priority Pass memiliki jaringan lounge yang luas di berbagai bandara di seluruh dunia. Pemegang kartu kredit high-end yang memiliki akses Priority Pass dapat memanfaatkan fasilitas lounge ini saat melakukan perjalanan internasional. Priority Pass umumnya memberikan kartu anggota terpisah yang harus ditunjukkan saat mengakses lounge. 

2. Mekanisme Kerja Sistem Lounge Internasional 

  • Pengenalan Sistem Lounge Internasional 

Dalam perjalanan domestik, petugas lounge dapat mengenali jenis kartu kredit pemegang dan memberikan fasilitas sesuai dengan referensi dari bank penerbit kartu. Namun, ketika perjalanan dilakukan ke luar negeri, petugas lounge di luar negeri tidak selalu memiliki informasi tentang kartu tersebut. Oleh karena itu, kartu kredit high-end sering kali bekerja sama dengan provider internasional seperti LoungeKey dan Priority Pass. 

  • Akses ke Lounge Internasional 

Kerja sama antara bank dan provider internasional memungkinkan pemegang kartu untuk terdaftar sebagai anggota di dalam layanan ini. Saat pemegang kartu memasuki lounge di luar negeri, informasi yang terlihat pada database provider adalah status keanggotaan pemegang kartu, bukan jenis kartu kredit yang dimilikinya. Ini memungkinkan pemegang kartu untuk menikmati fasilitas lounge internasional tanpa terkait langsung dengan negara asal kartu kredit. 

3. Punya Akses Bukan Berarti Gratis !

  • Akses Gratis vs. Biaya Tambahan 

Meskipun pemegang kartu memiliki akses ke lounge internasional, bukan berarti akses ini selalu gratis. Beberapa kartu kredit hanya memberikan akses ke lounge dengan biaya tambahan. Ini perlu diperhatikan dengan seksama oleh pemegang kartu agar tidak terkejut dengan tagihan yang muncul setelah penggunaan fasilitas lounge. 

  • Kuota Masuk Gratis 

Tidak semua kartu kredit high-end memberikan kuota masuk gratis ke lounge internasional. Beberapa kartu hanya memberikan akses ke lounge tanpa kuota masuk gratis, yang berarti pemegang kartu harus membayar biaya masuk setiap kali mengakses lounge. Pemegang kartu perlu memeriksa kebijakan kuota masuk gratis yang berlaku untuk kartu mereka agar dapat mengelola penggunaan fasilitas ini dengan bijak. 

4. Perbedaan Antara LoungeKey dan Priority Pass 

  • Proses Akses 

Perbedaan mendasar antara LoungeKey dan Priority Pass terletak pada cara akses ke lounge. LoungeKey umumnya memungkinkan pemegang kartu untuk hanya menunjukkan kartu kredit saat masuk ke lounge. Di sisi lain, Priority Pass biasanya memberikan kartu anggota terpisah yang harus ditunjukkan untuk mendapatkan akses ke lounge. 

  • Jaringan Lounge 

Kedua layanan ini memiliki jaringan lounge yang luas di berbagai bandara di seluruh dunia. Namun, jumlah dan lokasi lounge yang bekerja sama dengan LoungeKey dan Priority Pass bisa berbeda, tergantung pada kerjasama yang dilakukan antara suatu lounge dengan kedua layanan ini.

5. Contoh Kartu Kredit Indonesia yang Memberikan Akses Priority Pass dan Loungekey

  • Bank Mandiri Jenis Signature, Mandiri Prioritas, Mandiri World Elite: Keanggotaan Priority Pass tanpa Akses gratis
  • Citibank Prestige: Priority Pass dengan 5x akses gratis per tahun
  • Bank Mega Travel Card: Loungekey dengan 1x akses gratis per tahun
  • Kartu kredit JCB apapun yang diterbitkan di Indonesia: Loungekey dengan 8x akses gratis per tahun, namun hanya di negara tertentu saja

6. Bagaimana dengan Dragonpass

Dragonpass pada dasarnya sama saja dengan Loungekey dan Prioritypass, namun beda merk saja. Saya sendiri tidak memiliki kartu kredit dengan fasilitas Dragonpass sehingga tidak bisa berbagi banyak informasi perihal layanan satu ini.

Kesimpulan  

Fasilitas akses ke lounge internasional melalui LoungeKey dan Priority Pass adalah fitur yang menarik bagi pemegang kartu kredit high-end. Dengan pemilihan kartu yang tepat, pemegang kartu dapat mengoptimalkan pengalaman perjalanan internasional mereka dengan kenyamanan, kemudahan, dan manfaat tambahan yang diberikan oleh fasilitas lounge. Namun, penggunaan fasilitas ini juga perlu dikelola dengan bijak, dengan memahami kebijakan akses, kuota masuk gratis, dan potensi biaya tambahan yang terkait. Dengan demikian, pemegang kartu dapat meraih manfaat penuh dari fasilitas lounge internasional yang disediakan oleh kartu kredit high-end mereka. 

Baca juga: Cara Memilih Kartu Kredit: Akses Gratis Bandara Soekarno-Hatta

Adrian Siaril
Adrian Siaril
Articles: 24

2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *