DepositoBPR by Komunal: Tempat Saya Parkir Dana Nganggur

Setiap minggunya, ada saja orang yang bertanya kepada saya “parkir dana dimana”. Wajar saja sih, seiring dengan penurunan kualitas industri P2P lending sepanjang tahun 2022, banyak dari kita merasa perlu untuk mencari alternatif yang lebih aman dan menguntungkan.

Di akhir 2021, sebelum masalah gagal bayar p2p lending, saya telah mengalihkan dana dari p2p lending ke reksadana. Namun, reksadana dianggap kurang cocok sebagai pengganti karena tidak memiliki karakteristik ‘jatuh tempo’ dan ‘bunga pasti’ yang disukai investor pemula.Kedua karakteristik tersebut membantu perencanaan keuangan jangka pendek dan memberikan kepastian likuiditas.

Sayangnya, ternyata rate deposito di tahun 2022-2023 juga masih menyedihkan. Bank buku 1 sampai 2 kebanyakan memberikan rate dibawah 5% per tahun. Jadi, bisa saja menggunakan deposito bank sebagai ‘pelarian’, tapi kita kehilangan potensi cuan lumayan besar dibanding p2p lending yang biasanya memiliki rate diatas 10% per tahun. Ada beberapa bank digital bisa menawarkan rate lebih tinggi, namun orang tidak nyaman menggunakannya karena menawarkan rate diatas yang dijamin oleh LPS (lembaga penjamin simpanan)

Pada akhirnya, solusi yang akhirnya saya pilih menggantikan p2p lending ternyata merupakan produk dari perusahaan p2p lending juga, yaitu Komunal. Komunal seakan tahu bahwa di tahun 2022 akan banyak yang berhenti menggunakan p2p lending, sehingga tepat di Januari 2022 meluncurkan produk DepositoBPR by Komunal yang sudah pernah saya review sebelumnya. Nah, produk itulah yang sampai sekarang menjadi alternatif saya untuk memarkirkan dana nganggur dengan karakteristik fixed return.

Jadi, Komunal itu perusahaan p2p lending atau Deposito?

DepositoBPR merupakan terobosan baru dari Komunal, perusahaan yang sebelumnya dikenal sebagai penyelenggara P2P lending. Produk ini memungkinkan pemilik dana untuk membuka deposito di berbagai Bank Pengkreditan Rakyat (BPR) di seluruh Indonesia melalui sistem marketplace. Dengan DepositoBPR, Anda dapat melakukan investasi di BPR tanpa harus secara fisik mengunjungi cabang-cabang BPR tersebut.

Layanan seperti ini belum pernah ada sebelumnya di Indonesia, dan Komunal merupakan pihak pertama yang bisa meluncurkan produk seperti ini dan mendapatkan izinnya dari bank Indonesia.

Sebagai pemilik dana, Anda memiliki akses transparan untuk melihat laporan keuangan BPR yang Anda pilih. Ini memberi Anda kendali penuh dalam mengevaluasi kualitas keuangan BPR sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi.

Keuntungan Menggunakan DepositoBPR by Komunal

Salah satu kelebihan utama dari DepositoBPR adalah imbal hasil yang lebih tinggi dibandingkan produk simpanan tradisional. Keuntungan ini bahkan dapat melebihi imbal hasil dari investasi dalam surat berharga ritel maupun reksadana. Namun, manfaatnya tidak hanya dalam aspek finansial, tetapi juga dalam memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Melalui pendanaan di Bank Pengkreditan Rakyat, Anda turut mendukung usaha kecil dan mikro yang sering kali kesulitan mendapatkan akses pendanaan dari bank konvensional.

Soal LPS, anda tidak perlu khawatir karena tidak ada bunga yang ditawarkan melebihi rate LPS. Perlu anda ketahui, bahwa rate yang dijamin oleh LPS memang memiliki ambang batas lebih tinggi untuk kategori bank pengkreditan rakyat. Jadi, anda bisa menikmati rate deposito yang lebih tinggi tanpa mengorbankan perlindungan dana dan perasaan tenang.

Apa Ada Kekurangan DepositoBPR by Komunal yang Harus Diperhatikan?

Meskipun memiliki potensi yang menarik, DepositoBPR juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Layanan antar BPR mungkin tidak selalu konsisten – ada beberapa BPR yang memakan waktu lama untuk memproses pengajuan BPR anda. Selain itu, variasi dalam penawaran bunga antar BPR dapat memengaruhi keputusan Anda, dengan beberapa BPR menetapkan persyaratan minimal pendanaan yang lebih tinggi atau tenor yang lebih panjang untuk mendapatkan bunga kompetitif. BPR juga bebas mengubah rate yang mereka tawarkan, jadi BPR yang anda gunakan bulan lalu belum tentu menawarkan rate yang sama bulan ini.

Waktu Yang Tepat Mencoba DepositoBPR by Komunal – Banyak Promo Pengguna Baru!

Untuk menyimpulkan, saya sangat merekomendasikan DepositoBPR by Komunal sebagai pilihan investasi yang cerdas dan berdampak positif. Terlebih pada bulan Agustus ini, saat kita merayakan kemerdekaan Indonesia, Komunal menghadirkan promo-promo menarik bagi anggota baru. Jadi, jangan lewatkan kesempatan ini untuk memarkirkan dana dengan bijak melalui DepositoBPR yang inovatif dan andal. Apabila tertarik mencoba, jangan lupa menggunakan kode referral saya AS2333

Baca juga: Review: Kartu Kredit Honest – Kesederhanaan dan Kecepatan dalam Satu Produk

Adrian Siaril
Adrian Siaril

The boss

Articles: 588

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *