A shining Day-Date replica watch is a luxury model to add stylish sophistication to any wardrobe. A newly-established and popular fake watch with a replica rolex yellow gold bracelet and white dial, this outstanding collector's piece will show you a new and fresh scene.
Beranda ยป Kartu Kredit: Untung atau Buntung?

Kartu Kredit: Untung atau Buntung?

Sebelum ada online financing dan layanan paylater, kartu kredit merupakan fasilitas yang paling sering digunakan untuk mencicil kebutuhan konsumtif. Namun, kartu kredit memiliki syarat yang lebih rumit sehingga tidak dimiliki oleh semua orang. Belakangan ini, untuk bersaing dengan kehadiran tekfin yang menyediakan layanan cicilan, kartu kredit lebih meringankan syarat untuk mendapatkannya, sehingga lebih terbuka untuk lebih banyak orang. Tapi, di era paylater ini, apakah masih perlu memiliki kartu kredit? Berkaca dari negeri Tiongkok, kartu kredit malah hampir tidak pernah digunakan sama sekali.

Menurut saya, memiliki kartu kredit masih memiliki beberapa manfaat yang menguntungkan, namun bukan hanya sekedar untuk meningkatkan daya beli atau mendukung gaya hidup hedon kita. Berikut beberapa manfaat kartu kredit yang bisa kita manfaatkan secara bijaksana:

  1. Cicilan 0% bebas biaya sampai dengan 12 bulan

Saya pernah membahas lewat konten saya sebelumnya, bahwa satu hal tentang kartu kredit yang belum bisa dikalahkan online financing, adalah karena adanya fitur ini. Beberapa kartu kredit memperbolehkan kita untuk mengubah transaksi kita menjadi cicilan bebas bunga dan bebas biaya sampai dengan 12 bulan. Biasanya, ada nominal minimal transaksi sebesar 500rb agar transaksi tersebut bisa dikonversi menjadi cicilan. Apabila kamu sudah punya kartu kredit, pastikan mencari informasi tentang hal ini ke penerbit kartu kamu. Apabila kamu belum punya kartu kredit, hal ini mungkin bisa membuatmu mempertimbangkan untuk memiliki salah satunya.

Cicilan 12 bulan ini bukan saya rekomendasikan untuk membuat kita semakin hedon dan ketagihan belanja, namun justru untuk membantu kita mengelola keuangan dengan lebih baik lagi. Untuk transaksi yang berhasil kita konversi, kita manfaatkan uangnya dahulu dengan cara diinvestasikan, sehingga ketika waktu pembayaran tiba, kita malah menghasilkan uang dengan cara ini. 

Sebagai contoh, saya membeli barang untuk dijual kembali seharga 600rb. Saya mengubah transaksi tersebut menjadi cicilan 12 bulan bebas biaya dan bebas bunga. Setiap bulannya saya hanya membayar 50rb ke penyedia kartu kredit, dan 

Fitur ini sangat membantu manajemen keuangan kita, karena liabilitas kita berkurang di jangka pendek dan disebarkan di jangka panjang. 

  1. Diskon untuk pembelian maupun jasa

Kartu kredit semenjak dulu memberikan banyak promo untuk memikat lebih banyak pengguna, dan yang paling umum adalah diskon untuk makan di tempat tertentu. Seiring berjalannya waktu, kategori promosi yang diberikan pun bertambah, mulai dari layanan jasa, sampai diskon belanja online.

Apabila dimanfaatkan secara bijaksana, promosi-promosi tersebut tentu membantu kita berhemat lebih banyak. Misalnya, memanfaatkan promosi belanja online untuk membeli kebutuhan sehari-hari, bukan untuk belanja gadget yang tidak diperlukan. Atau, memilih tempat makan yang memberikan diskon untuk kartu kredit tersebut.

  1. Fasilitas gratis

Beberapa kartu kredit hadir dengan fasilitas gratis, misalnya fasilitas lounge di bandara, kopi gratis, asuransi gratis, dan poin loyalitas untuk beberapa layanan tertentu seperti marketplace dan maskapai penerbangan.

Fasilitas tersebut kebanyakan bisa didapatkan tanpa syarat apapun, jadi sekedar memiliki kartu kreditnya saja sudah memberikan kita manfaat tambahan.

  1. Membuka akses ke beberapa layanan

Banyak layanan yang mengharuskan kepemilikan kartu kredit sebagai acuan untuk memberikan suatu layanan atau jasa, contohnya kartu komunikasi paskabayar, keanggotaan klub olahraga, atau langganan konten. Seringkali, kartu kredit juga menjadi acuan ketika kamu ingin melakukan pinjaman untuk kebutuhan lainnya, seperti kredit modal usaha, kredit rumah, atau kredit kendaraan bermotor. Alasannya, kepemilikan kartu kredit berpengaruh langsung pada skor kredit kamu yang terhubung secara nasional di seluruh Indonesia (termasuk ke sistem bank dan pinjaman online juga)

Tapi, ada satu hal yang saya perlu ingatkan: jangan mau bayar iuran tahunan kartu kredit! Tahukah kamu bahwa kamu bisa minta pembatalan biaya kartu kredit tahunan? Biasanya kamu hanya akan diminta melakukan transaksi diatas nominal tertentu dan biaya yang sudah dikenakan akan dikembalikan bulan depan. Pastikan untuk selalu melakukan hal ini, agar seluruh manfaat kartu kredit bisa dinikmati tanpa biaya apapun!

Tulisan ini disponsori secara finansial oleh OneAset, sehingga hak milik tulisan ini sepenuhnya milik OneAset. Tulisan ini telah terbit lebih dahulu di platform OneAset, dan blog ini hanya bersifat mempublikasikan ulang untuk keperluan promosi. Saya berkomitmen menghadirkan minimal 20 tulisan edukasi baru (bukan repost blog ini) setiap bulannya di OneAset, jadi apabila anda ingin menikmati konten baru saya secepat mungkin, pastikan untuk mendaftar di OneAset dan follow profile saya disana. Anda juga akan mendapatkan emas gratis dan mendukung saya secara langsung tanpa biaya apapun.

Bagaimana Cara Mendaftar OneAset?

  1. Gunakan link https://app.oneaset.co.id/s/N3amMv untuk mendaftar
  2. Apabila belum memiliki aplikasi ONEASET di HP, akan diarahkan download dulu di playstore
  3. Klik ulang link tersebut setelah install ONEASET
  4. Aplikasi ONEASET akan otomatis terbuka dan muncul gambar seperti dibawah ini
This image has an empty alt attribute; its file name is image.png
This image has an empty alt attribute; its file name is image-1.png
This image has an empty alt attribute; its file name is image-2.png

Selesai. Silakan baca seluruh tulisan saya secara gratis. Jangan lupa tinggalkan like, comment, dan share, karena saya akan mendapatkan incentive tambahan atas engagement tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.