Adrian Siaril

Review P2P Lending: Rupiah Cepat, segmen konsumtif yang naik daun

Pada akhirnya saya melakukan review lagi pada produk p2p lending. Sebenarnya saya sudah malas review, alasannya sudah saya jelaskan di video ini. Namun, tim Rupiah Cepat meminta review kepada saya, dan untuk menghargai permohonan mereka, maka jadilah tulisan ini.

Review ini akan menggunakan format baru yang lebih ringkas, padat, dan cepat. Saya menilai review saya yang sebelum-belumnya terlalu banyak bertele-tele. Banyak blogger lain yang sengaja memanjangkan tulisan mereka supaya penghasilan iklannya banyak, namun karena blog saya ini tidak pakai iklan, maka saya tidak ada kepentingan seperti itu.

Daftar menu (klik untuk pergi ke bagian tersebut)

  1. Ringkasan tentang Rupiah Cepat
  2. Latar belakang Rupiah Cepat: Kepemilikan dan Suntikan Dana
  3. Produk pendanaan Rupiah Cepat: kuantitas, kualitas, fitur dan biaya
  4. Mitigasi Risiko Rupiah Cepat: asuransi dan lainnya
  5. Lainnya: Kualitas layanan, ketersediaan RM, Sertifikasi, program Referral

Ringkasan tentang Rupiah Cepat

Kelebihan Rupiah Cepat

  • Masih mempertahankan TKB90 100%, meskipun hal ini umum bagi p2p konsumtif
  • Bunga yang masih cukup kompetitif (min 13.5% p.a), disaat pemain lainnya mulai melongsor
  • Program referral yang menarik (gunakan kode RM saya HC8DE untuk mendukung blog ini)

Kekurangan Rupiah Cepat

  • Ada biaya admin saat topup saldo, meskipun dari BCA ke BCA
  • Interface aplikasi yang cukup buruk dan sulit dipahami, menggabungkan lender dan borrower (meskipun ini sesuai arahan OJK)
  • Variasi tenor hanya 3 macam
  • Informasi borrower sangat tidak transparan
  • Belum ada pemisahan kode RM dan kode referral

Rekomendasi

Pilihan anda di segmen konsumtif sekarang memang tidak banyak (market leader lagi tidur pulas), jadi tidak ada salahnya mencoba Rupiah Cepat untuk diversifikasi portfolio anda.

Latar belakang Rupiah Cepat

Rupiah Cepat dimiliki oleh grup Kunlun yang berbasis di Beijing, jadi bisa dibilang bukan karya anak bangsa. Uniknya, kalau kita lihat semua pemain konsumtif besar di Indonesia, memang suntikan dana dan kepemilikannya berbasis di Tiongkok. Wajar saja, saya pernah bahas bahwa justru jauh lebih sulit mendirikan p2p lending konsumtif daripada produktif karena butuh skala operasional yang masif, sehingga hanya perusahaan yang sudah ternama yang mampu bakar duit yang sanggup. Pemain konsumtif kecil yang didirikan secara lokal pun ujung-ujungnya disuntik dana dari luar negeri, dan yang tidak mendapat suntikan dana malah akhirnya tidak kuat.

Siapa sih Kunlun itu?

Kalau kita lihat di Crunchbase, Kunlun sudah menjadi perusahaan publik yang sahamnya diperdagangkan di bursa Tiongkok. Kunlun sendiri pernah disuntik dana oleh Sequoia dan Oriental Fortune Capital. Selain Rupiah Cepat, di Indonesia Kunlun juga menyuntik dana pada Kopi Kenangan sampai dengan series B (minimal 2 kali penyuntikan). Mereka juga memiliki merk OPERA yang membuat browser internet.

Secara kredibilitas, pihak dibalik Rupiah Cepat merupakan pihak yang kuat dan kredibel.

Produk Pendanaan Rupiah Cepat

Kuantitas

Sejauh ini Rupiah Cepat masih belum memberlakukan kuota pendanaan seperti dua pemain lainnya. Hal ini menandakan masih ada keseimbangan antara lender dan borrower, atau menurut saya lebih tepatnya: Rupiahcepat masih kekurangan lender dan masih terlalu bergantung pada VIP lender/Superlender.

Tidak perlu khawatir, justru hal ini merupakan bagus untuk kita lender ritel dengan dana receh. Artinya kita bisa kapan saja memasukkan uang nganggur tanpa perlu kuota pendanaan, sehingga memaksimalkan effective return kita karena tidak ada periode penggalangan dana ataupun jeda antara topup dan pendanaan.

Kualitas

Karena Rupiah Cepat adalah p2p konsumtif yang secara otomatis menyebarkan pendanaan kita ke berbagai peminjam, maka tidak ada yang bisa menilai kualitas risiko peminjam di Rupiah Cepat. Apalagi, informasi tentang borrower disini sangat kurang. Kita bahkan tidak bisa mengecek dana kita disebar ke berapa borrower, dan apa pekerjaan mereka (hal ini ada di pemain konsumtif lainnya).

Kita hanya bisa mempercayakan saja algoritma Rupiah Cepat yang sampai sekarang masih berhasil mempertahankan TKB90 100%.

Fitur dan Biaya

Tidak ada fitur khusus di Rupiah Cepat seperti autolending. Bahkan untuk auto rollover saja tidak ada.

RupiahCepat jauh lebih menguntungkan bagi anda jika memiliki rekening BCA, karena penarikan untuk rekening BCA bisa diproses dalam hitungan menit hanya dengan biaya 100 perak, sedangkan untuk bank lain dikenakan biaya 6500 dan diproses dalam 3 hari.

Sama seperti p2p lending lain, RupiahCepat memiliki dua metode penarikan dana yaitu online realtime (RTOS) dan LLG. Untuk LLG hanya bisa untuk nominal diatas 200 juta sampai 1 milyar, dan dikenakan biaya 2900 sesuai regulasi bank Indonesia.

Mitigasi Risiko Rupiah Cepat

Asuransi

Rupiah Cepat bermitra dengan asuransi grup Lippo untuk melindungi default/gagal bayar. Hal yang menarik adalah, asuransi ini hanya diterapkan untuk borrower yang baru saja meminjam di Rupiah Cepat. Untuk repeat borrower sudah tidak diasuransikan lagi.

Hal ini sebenarnya meningkatkan risiko namun sesuatu yang wajar, mengingat premi asuransi kredit cukup mahal dan berpotensi menurunkan pendapatan penyelenggara maupun kita sebagai lender. Selama Rupiah Cepat masih bisa memitigasi risiko dari hal lainnya, penerapan asuransi partial tidak bermasalah.

Algoritma

Algoritma diversifikasi p2p konsumtif selalu menjadi rahasia dapur masing-masing penyelenggara, jadi tidak banyak yang bisa saya sampaikan disini. Saya hanya diberitahu bahwa setiap borrower hanya menerima maksimal 100rb sampai 5 juta dari nominal pendanaan kita, sebagai pembatasan risiko. Namun sekali lagi, kita tidak tahu pendanaan kita lari ke berapa orang borrower.

Lainnya

Ketersediaan RM

Ya, ada RM. RM yang berhubungan dengan saya bernama pak Kemas. Anda bisa menghubungi beliau di nomor 082114922019. Sama seperti RM tetangga, RM disinipun bisa memberikan anda voucher, emas, dan merchandise lainnya untuk nominal pendanaan tertentu. Gunakan kode referral beliau HC8DE.

Kualitas Layanan

Saya tidak bisa berkomentar karena sejauh ini berhubungan dengan RM, saya tidak tahu bagaimana kualitas tim customer service di Rupiah Cepat. Saran saya selalu manfaatkan RM sebagai pihak pertama yang dihubungi.

Sertifikasi

Semua p2p yang saya review di blog saya sudah berizin OJK. Selain perizinan OJK, saya tidak menemukan sertifikasi atau awards lain yang spesial di Rupiah Cepat

Aplikasi

Desain aplikasi RupiahCepat buat saya terlalu memusingkan dan tidak rapih. Saya menilai aplikasi mereka lebih di tailor untuk peminjam daripada pendana. Pendapat anda bisa saja berbeda

Program Referral

Kita berhak menerima komisi dari teman yang kita undang, sebesar maksimal 20 juta dari satu orang. Namun tidak ada batasan perihal teman maksimal yang kita undang. Komisi hanya berlaku untuk 20 pendanaan pertama setiap orang, dengan rumus (akumulasi pendanaan * 7 hari *1%)/365 hari.

Masalahnya, kode RM dan kode referral masih jadi satu, jadi kalau anda mengajak teman bergabung, anda untung tapi dia rugi karena dia tidak menerima hadiah dari RM. Kalau anda suruh dia pakai kode RM, dia untung tapi anda rugi karena tidak dapat apa-apa (kecuali anda malakin si RM). Jadi, program referral ini kurang sempurna karena tidak memiliki skema “sama sama untung”

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Terkait

Artikel Populer

Advertisement

Disponsori oleh:

Kode Referral

Akseleran: AKSLADRIA13403
ALAMI: ASIARI
Allianz Smart Poin: rvam2zmw
Ajaib : asia625
Amartha: IL035033
Asetku:WVQXQ
BCA Credit Card (Kartu Kredit BCA): ADRIA0002117
Bibit: ucleiaf
Bizhare: ASA8KHDU

Bmoney: REF-KRJI0
Bukalapak: BAMBANGRAHARJA13YJ
By.u: Klik link disamping atau masukkan BYADRI8439991
Canva: klik link disamping
Cashbac: adr01ak
Catchplay: langsung klik link tersebut
Crowdo: U051549
Crowde: FNYTMZK
DANA: bltuDi
danaIN: 12552
Danamart: asiaril

Deposito BPR by Komunal: AS2333
DNA PRO: ADRIANSI0512
EA-50 : ASIAR8548
Easycash: WRo7Rsw
Ebay.blanja.com: 25CN5E949CBD
E-mas: 9D3CEDUY
Esta Kapital: ZTVINT
Fazzcard: 36baeb7a01
FIN888: adriansi0512
Flip: SHIA6755
Fore Coffee: 5BA015
Fundtastic: FUN10287
Gradana: AS0302191555
Getplus: DWNXM6GDM
Halofina: AIE74C
Hangry!: ADRINALD
iGrow: IGWSIA1980
Indogold: 98532
Investree: LJGZ3
Invisee: @AS0e99d
Jackhammer Co (via TADA): langsung klik link disamping
Jenius: $asiaril
Jurnal: ADRIA21895 atau klik link disamping
Kapital Boost: BAT6M2
Kaspro: E57u7c
KoinWorks: 62507
Koingold by Koinworks: KG-62507
Komunal: 1CE8460
Lakuemas: adrian2128
Levi’s VIP Indonesia: 31A8KL2
Lotus International – Fahrenheit: adriansiaril
Mekar: ADRIA2476
Modalku: jdq73oc9
Modal Rakyat:AS1817506638
NYALA: klik link disamping
OCBC NISP One Mobile: klik link disamping
OY: langsung klik link disamping
Pegadaian: PDS4ED81
Pluang: ADRI667294
Qoala Plus: XM3KSRAL
Raiz Invest (Indonesia): MDA2P7
Shopback: us3h2G
Shopee: ASIAR252
SmartX: asiaril
Sweet Escape : 1FSRH
Tamasia: MIK97TR
Tanamduit: ADRIA00INH7
Talenta: talenta641
Tanifund: ADRR20
Tiktok: A729133701
Tokopedia: TPADR8548
Tunaiku: SASIARIL
Uangme: 7627
Yesdok: ADRIANS1U
Yukk: asia48