Diskon khusus pembaca blog! Gunakan kode ADRIANSIARIL untuk dapat diskon 20% di kursus C4: Cari Cuan Kartu Kredit.

Koinworks Ber̶u̶l̶a̶h̶ubah Lagi

Koinworks Ber̶u̶l̶a̶h̶ubah Lagi
Koinworks Berubah Lagi

Perjalanan ambisius Koinworks menjadi super financial app kembali ditandai dengan adanya perombakan tampilan antarmuka (UI-UX) dari aplikasi mereka. Saya diminta memberikan masukan dan saran terhadap keputusan tersebut, jadi sekalian saya jadikan konten blog ini untuk meningkatkan traffic.

Perubahan Koinworks menjadi app-focused platform dulu sempat diwarnai kontroversi dan kritik karena dinilai terlalu kompleks serta penuh dengan bug. Namun untuk perubahan kedua ini menurut saya lebih bersifat penyempurnaan minor yang tidak mengandung masalah apapun.

Apa yang membuat Koinworks Berubah?

Multi-akun dalam satu platform

akun adrian siaril

Karena produk Koinworks terus berkembang, maka pangsa pasar merekapun semakin meluas. Bila sebelumnya Koinworks fokus pada peminjam institusi dan lender retail, maka sekarang penawaran produk pinjaman merambah ke karyawan swasta, UMKM, sampai pelajar sekalian.

Untuk mengakomodir kebutuhan ini, Koinworks memberlakukan akses multi akun, dimana kita bisa memiliki akun peminjam maupun pendana tanpa harus logout-login. Jenis akun peminjam pun bisa berbagai macam, yang akan dibahas di poin selanjutnya.

Registrasi akun berdasarkan kebutuhan

Koinworks Ber̶u̶l̶a̶h̶ubah Lagi: Buat akun Koinworks
Koinworks Berubah Lagi: Buat akun Koinworks

Melanjutkan poin sebelumnya, proses registrasi pun sekarang lebih kompleks dimana Koinworks akan melakukan peninjaukan terhadap karakteristik si user. Ketika kita memilih opsi “add new account” di tampilan multi-user, kita bisa memilih kategori akun baru yang kita buat. Saat ini ada kategori:

  • Online seller: bila ingin mengajukan pendanaan misalnya untuk inventory financing.
  • Offline business: mirip online seller namun kategori pendanaan bisa lebih luas, misalnya untuk invoice financing dan working capital.
  • Freelancer: kemungkinan besar terkait produk koinstudi dimana freelancer bisa mengambil program pendidikan dengan bantuan produk pendanaan.
  • Online influencer: sepertinya akan ada produk pendanaan konsumtif terkait dnegan kategori ini.
  • Startup company: mirip dengan kategori offline business, hanya saja beda klasifikasi misalnya mikro VS UKM.

Dedikasi untuk Promosi

Koinworks Ber̶u̶l̶a̶h̶ubah Lagi: Koinworks Personal
Koinworks Berubah Lagi: Koinworks Personal

Persaingan antar p2p yang semakin sengit membuat para penyelenggara sadar akan perlunya mempertahankan loyalitas lender maupun borrower mereka. Koinworks sebelumnya jarang sekali melakukan promosi, selain program referral dan special rate. Kedua promosi itupun jarang dipublikasikan dan cenderung sulit diketahui oleh para lender yang tidak memiliki akses ke financial consultant (staf Koinworks yang berfungsi layaknya RM/relationship manager).

Semua program promosi sekarang mendapatkan publikasi khusus lewat banner besar di layar antarmuka utama. Bahkan Koinworks sudah menyediakan halaman khusus untuk “voucher pendanaan”, meskipun saat ini belum pernah ada voucher yang dibagikan.

Variasi promosi yang diberikan juga semakin banyak, mulai dari cashback dalam bentuk KOIN, cashback dalam bentuk salddo KOINGOLD, bahkan sampai extra return untuk pendanaan KoinRobo.

Fitur Rahasia “Money”

koinworks personal

Tombol Money yang mendominasi jajaran tombol di navigasi bawah katanya masih dalam tahap pengembangan ‘fitur rahasia’. Bila di klik, maka akan mengantar kita ke halaman website Koinworks tentang produk bernama NEO.

Koinworks berkata belum bisa menjelaskan hal apapun soal produk rahasia ini, namun mereka menceritakan bahwa logo Koin tersebut terinspirasi dari game “Mario Bros” dimana aspek koin dalam game tersebut menjadi sesuatu yang penting untuk meningkatkan level karakter utama si Mario dan Luigi. Mereka lebih lanjut menyatakan sebagai berikut:

“Koinworks melihat kekuatan finansial dalam mewujudkan mimpi dalam hidup setiap orang baik untuk pribadi maupun pengembangan bisnis”

Kita hanya bisa menunggu saat ini dengan rasa penasaran karena tidak ada informasi lain yang saya temukan.

Manajemen Finansial Lebih Mudah

Koinworks Ber̶u̶l̶a̶h̶ubah Lagi: Portofolio Koinp2p
Koinworks Berubah Lagi: Portofolio Koinp2p
risk profile
fitur profil resiko
risk profile

Ini memang bukan fitur baru melainkan penyempurnaan atas fitur yang sudah ada sebelumnya. Laporan laba rugi yang sebelumnya dikirimkan lewat email secara tahunan sekarang bisa diunduh kapan saja lewat aplikasi, baik untuk tahun berjalan maupun tahun sebelumnya.

Navigasi portfolio yang sangat memusingkan juga sudah ditingkatkan, sehingga lebih mudah untuk mencari ‘pinjaman bermasalah’ yang ada di portfolio kita. Menurut saya ini langkah yang sangat tepat agar Koinworks tidak mendapat image “menutup-nutupi pinjaman bermasalah” seperti beberapa penyelenggara lain. Saldo KOIN juga dipisahkan secara khusus sehingga mudah melihat mana yang merupakan ‘uang kita’ dan mana yang merupakan ‘bonus’

Fitur profil risiko juga sudah ada sebelumnya, sebelumnya hanya menilai selera risiko kita berdasarkan portfolio kita saat ini.. Jelas hal ini salah total karena justru portfolio harus dibangun berdasarkan selera risiko, bukan sebaliknya. Nah, dalam pembaharuan kali ini Koinworks sudah memperbaiki hal tersebut dan memberikan survei untuk mengenal selera risiko kita secara lebih akurat. Berdasarkan hasil survei tersebut, Koinworks akan merekomendasikan alokasi yang tepat untuk produk-produk di Koinworks.

Untuk laporan arus kas juga hanya penyempurnaan kecil. Sebelumnya sudah bisa dilihat namun tidak bisa diunduh sehingga perlu rekap manual sehingga kerja 2x. Saat ini laporan tersebut sudah bisa diunduh sehingga mempermudah manajemen finansial.

Representasi Data yang lebih akurat

koinworks personal
koinworks personal

Saya salah satu yang berpendapat bahwa meskipun memiliki fitur terlengkap diantara p2p lainnya, namun Koinworks cukup rumit dipahami pemula. Persentase retur kerap kali tidak disampaikan secara gamblang oleh tampilan antarmuka Koinworks, karena retur itu ada dua macam yaitu effective dan flat. Selain itu, periode penggalangan dana dan jeda disbursement dalam produk KoinP2P membuat effective return seringkali lebih rendah daripada estimasi yang tertera di fund fact sheet.

Di halaman utama portfolio sekarang terdapat time weighted average return, yakni persentase return yang mempertimbangkan efek compounding.

Tidak Hanya untuk Lender Saja

koinworks personal
express funding

P2P lending yang baik tidak hanya fokus untuk menggaet sebanyak mungkin lender, namun juga harus diimbangi dengan borrower. Lender tanpa borrower sama saja dengan money game, karena uang dari lender harus dikembangkan melalui peminjam, bukan penyelenggara.

Oleh karena itu, sekarang aplikasi Koinworks juga fokus mempromosikan produk pinjaman untuk menggaet lebih banyak borrower.

Kesimpulan

Di update kali ini, it’s all in the small details. Koinworks tidak rombak total seperti yang terjadi sebelumnya, namun melakukan penyempurnaan yang memang diminta banyak orang. Fitur-fitur menjadi lebih berguna, dan navigasi penggunaan lebih mudah untuk semua orang. Tidak banyak keuntungan tambahan untuk lender, selain daripada soal promosi. Namun bagi borrower, banyak hal menarik yang sepertinya akan dihadirkan oleh Koinworks.

Ingin belajar memilih kartu kredit terbaik sesuai dengan kebutuhan dan kondisi anda?

pabila kamu pemula di dunia kartu kredit dan ingin mulai mengumpulkan cuan dari kartu kredit, maka kamu akan cocok bergabung di kursus C4: Cari Cuan Credit Card, dimana kita akan belajar:

  1. Bagaimana orang bisa naik pesawat gratis dari penggunaan kartu kredit
  2. Bagaimana kartu kredit bisa membuat kita berhemat ratusan ribu sampai jutaan rupiah setiap bulan
  3. Bagaimana cara agar tidak membayar biaya kartu kredit sama sekali

Ayo cek dan gabung sekarang dengan klik tombol dibawah!

C4: Cari Cuan Credit Card
C4: Cari Cuan Credit Card
Adrian Siaril
Adrian Siaril

The boss

Articles: 611

CATATAN!

karena tingginya spam, kolom komentar saya tutup sementara. Untuk menghubungi saya, dm saya di Instagram, Telegram, Tiktok (@adriansiaril), atau isi formulir dibawah ini.