A shining Day-Date replica watch is a luxury model to add stylish sophistication to any wardrobe. A newly-established and popular fake watch with a replica rolex yellow gold bracelet and white dial, this outstanding collector's piece will show you a new and fresh scene.
Beranda » OctaFX atau Octa Investama: Apa Bedanya?

OctaFX atau Octa Investama: Apa Bedanya?

Banyak pertanyaan yang datang kepada saya, menanyakan tentang perbedaan OctaFX dengan Octa Investama Berjangka. Sebab mungkin jika diperhatikan, dari desain logo cenderung sama, hanya beda dari segi warna dan kalimatnya saja. Dua-duanya pun kerap muncul pada iklan-iklan di YouTube dan sama-sama menggunakan influencer Indonesia dalam pemasarannya.

Adakah perbedaan di antara keduanya? Apakah masih satu produk yang sama?

            Di sini saya akan coba menjelaskan bahwa ini adalah praktik umum yang biasanya dilakukan oleh para broker di Indonesia, di mana mereka mempunyai 2 entitas atau 2 perusahaan yang berbeda. Dengan maksud, 1 perusahaan untuk berbasis internasional, dan 1 lagi berbasis lokal.  Perusahaan Octa sendiri, entah OctaFX maupun Octa Investama Berjangka, merupakan perusahaan pialang ataupun broker untuk komoditas dan futures, dimana broker ini seharusnya diregulasi/diatur langsung oleh Bappebti (Badan Pengawas Perdagangan Komoditas Berjangka). Hal ini tentu berbeda dengan perbankan, yang regulatornya adalah Bank Indonesia, atau perusahaan keuangan asuransi yang regulatornya adalah OJK.

Penting untuk diketahui, bahwa untuk Broker yang berasal dari luar negeri dan ingin beroperasi di Indonesia secara resmi, diharuskan membuka perusahaan atau PT berbasis lokal. Itulah yang dilakukan OctaFX dengan membuka Octa Investama Berjangka di Indonesia.

Lalu, kenapa Octa Masih Mempromosikan OctaFX-nya?

Sebenarnya ketika Anda mendaftar pertama kali, Anda akan diberi pilihan untuk mendaftar di website lokal atau internasional. Yang berada dalam regulasi Bappebti tentunya website lokal, tetapi Anda tetap bisa mendaftarkan diri Anda di versi Internasional, meskipun tidak teregulasi oleh Bappebti. Kendati demikian, sebenarnya Anda tidak perlu khawatir, karena entitas internasional OctaFX sendiri sebenarnya sudah diregulasi di negara lain, hanya saja bukan di Indonesia. Jadi, hanya karena tidak diregulasi oleh Bappepti di Indonesia, bukan berarti OctaFX merupakan investasi bodong.

Ok, tapi apa ada orang yang malah memilih OctaFX versi internasional?

Ada, karena spesifikasi produk yang diatur Bappepti cenderung masih terlalu ketat dan tidak fleksibel. Misalnya regulasi tentang minimum lot: Di indonesia, semua broker memiliki trading lot minimum sebesar 0,1.

Sedangkan pada broker internasional, Anda bisa temukan micro lot sebesar 0,01. Kemudian untuk penawaran produk pun Bappebti melarang beberapa pair tertentu, sehingga tidak semua pair bisa Anda akses. Lalu dari segi biaya pun diatur juga, tidak diperbolehkan berada di bawah nilai tertentu untuk komisi maupun spread, –Anda dapat melihat tulisan saya mengenai spread untuk paham lebih lanjut–. Satu lagi, perusahaan broker maupun marketing pun tidak diperbolehkan memberikan cashback dan rebate secara resmi.

Broker lokal di Indonesia sangat terkekang oleh regulasi yang dibuat oleh Bappebti. Mungkin bila Anda menemukan iklan tentang adanya cashback deposit OctaFX, itu pasti entitas OctaFX versi internasional, bukan lokal yang diregulasi oleh Bappebti.

Sehingga wajar saja bila broker lokal lebih tidak menarik daripada broker internasional. Faktanya, sampai hari ini memang masih banyak trader senior yang lebih memilih menggunakan broker internasional atas alasan-alasan yang dibahas diatas.

Selain OctaFX, Apa Lagi Broker yang Sejenis?

Ada MRG juga yang saya rekomendasikan, di mana mereka juga memiliki entitas ganda. Yang satu adalah MRG Mega Berjangka, yang merupakan entitas lokal resmi yang diregulasi Bappebti. Sedangkan yang versi internasional ialah Maxrich Group.

Masih ada lagi beberapa contoh seperti FBS, tapi saya rasa dua contoh tersebut sudah cukup mewakili.

Lebih Baik Mana, OctaFX atau Octa Investama Berjangka?

Bagi saya, ini tergantung selera dan kebutuhan Anda masing-masing. Karena kalau kita investasi di perusahaan internasional, bukan berarti kita mengikuti investasi bodong. Itu sungguh keliru. Perusahaan-perusahaan tersebut memang tidak terdaftar secara resmi di Indonesia, akan tetapi bila dipastikan bahwa mereka sudah mempunyai regulasi di negaranya masing-masing, maka bukan produk bodong atau penipuan.

Walaupun beberapa broker internasional memang diregulasi di negara yang reputasinya kurang jelas dan terletak di antah berantah, tetapi apabila reputasi internasionalnya memang sudah bagus dan memiliki banyak klien, maka regulasi tidak selalu harus dijadikan acuan.

Intinya, saya ingin mengajak Anda untuk lebih kritis dan tidak perlu takut apabila ternyata Anda ingin menggunakan broker internasional. Karena justru broker lokal terkadang memang kalah saing karena terbelenggu aturan-aturan tersebut. Meskipun, regulasi lokal memang memberikan ketenangan hati yang lebih baik karena anda punya ‘pegangan’ apabila terjadi sesuatu yang kurang diharapkan.

Pesan Saya

 Ada satu hal yang saya perlu kritik dari broker yang berentitas ganda, yaitu seringkali secara sengaja membingungkan calon klien mereka. Ketika ada orang yang ingin mendaftar di produk lokal, ada kalanya tiba-tiba dialihkan ke akun registrasi akun luar negeri atau internasional, dan ternyata banyak yang belum mengerti mengenai hal ini, sehingga dianggap sama saja.

Nah, adanya praktik-praktik seperti ini yang saya tidak setujui. Dan apabila Anda memang ingin mendaftar untuk broker lokal, yang tentunya tidak akan ‘disesatkan’  ke tautan-tautan internasional, saya bisa merekomendasikan MagnetFX yang menjadi sponsor dari blog ini. Karena MagnetFX tidak mempunyai entitas ganda dan beroperasinya 100% di Indonesia, sehingga tidak akan dialihkan ke registrasi internasional seperti yang saya jelaskan di atas.

1 thought on “OctaFX atau Octa Investama: Apa Bedanya?”

  1. Pingback: Akhirnya, Terdapat Broker Tempatan Dengan Produk Micro Lot - ODK Kuala Lumpur

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.