Adrian Siaril

Punya Asuransi Mobil Banyak Untungnya!

Memiliki kendaraan roda empat tentu bukanlah hal yang mudah dan murah untuk diraih. Beberapa orang perlu untuk menabung selama jangka waktu tertentu agar bisa mendapatkan kendaraan impiannya. Hal ini pun menyebabkan seseorang akan menjaga dengan baik kendaraannya agar tetap aman. Meskipun demikian, masih banyak orang yang enggan untuk memiliki asuransi mobil. Bisa jadi salah satu penyebabnya karena tak mengetahui manfaat serta cara menghitung premi asuransi mobil itu sendiri.

Seperti Apa Asuransi Mobil Itu?

Asuransi Mobil bisa didefinisikan sebagai kesepakatan dari kedua belah pihak, di mana satu pihak bertindak sebagai penanggung dan satu pihak lain sebagai pihak tertanggung. Kemudian pihak penanggung atau asuransi, akan bertanggung jawab terhadap mobil yang diasuransikan dengan cara menanggung biaya perbaikan terhadap mobil yang mengalami kehilangan atau kerusakan yang diakibatkan oleh kecelakaan dan sebagainya.

Apa Saja Manfaatnya?

Meminimalisir Kerugian Pencurian Kendaraan

Kendaraan apa pun, termasuk mobil, meski telah dijaga sedemikian rupa, Anda tetap tidak bisa menghindar dari risiko pencurian kendaraan yang selalu mengancam. Maka dari itu, memiliki asuransi mobil menjadi hal yang wajib Anda miliki, sebab jika kendaraan Anda dicuri, maka pihak asuransi akan memberikan penggantian dana sesuai dengan perjanjian di awal.

Perlindungan Risiko Kerusakan

Selain meminimalisir kerugian dari pencurian kendaraan, perlindungan dari risiko kerusakan pun menjadi alasan kenapa asuransi mobil ini menjadi penting. Baik kecelakaan kecil atau besar, pihak asuransi akan memberikan bantuan untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi. Dengan begini, Anda pun tidak perlu lagi menghabiskan banyak dana untuk mengatasi masalah ini.

Adanya Perlindungan Lebih

Secara umum, asuransi jenis ini terbagi ke dalam dua jenis yaitu asuransi mobil All Risk untuk perbaikan kendaraan dan asuransi mobil Total Lost Only (TLO) yang akan mengganti unit kendaraan secara keseluruhan. Keduanya bisa dimiliki sehingga Anda pun mendapatkan perlindungan lebih untuk beragam hal.

Pengalihan Tanggung Jawab

Salah satu manfaat lain dari asuransi mobil yakni mendapatkan pertanggungjawaban kepada pihak ketiga. Apabila suatu saat terjadi kecelakaan yang melibatkan pihak ketiga dan memerlukan uang dalam jumlah besar untuk pertanggungjawabannya, maka pihak asuransi akan mengambil alih tanggung jawab Anda atau pengendara jika kecelakaan terjadi. Anda pun tidak perlu lagi repot untuk menyelesaikan hal ini dan membayar uang pertanggungan tersebut.

Perencanaan Keuangan Lebih Matang

Terakhir, dengan memiliki asuransi mobil Anda pun bisa merencanakan keuangan secara lebih matang. Ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan harus mengeluarkan biaya, Anda pun tidak perlu melakukannya karena sudah ada pihak asuransi yang akan mengurusnya.

Bagaimana Dengan Premi Asuransinya?

Dalam konteks asuransi mobil, jumlah premi dipengaruhi oleh tiga faktor yang meliputi jenis asuransi, lokasi tertanggung, dan harga mobil. Semua itu telah diatur dalam Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) No. 6/SEOJK.05/2017
Mari kita lihat setiap faktor lebih lengkapnya agar lebih jelas.

Jenis Asuransi TLO atau All Risk

Pertama adalah faktor jenis asuransi atau perlindungannya. Pada dasarnya, asuransi mobil terdiri dari dua jenis, yaitu Total Loss Only (TLO) atau all risk. Masing-masing jenis asuransi ini memiliki bentuk perlindungan yang berbeda. Hal tersebutlah yang menentukan besarnya jumlah premi yang mesti dibayar oleh pemilik mobil.

Asuransi TLO

Asuransi TLO jika diartikan secara harfiah berarti “hanya kehilangan total”. Seperti apa kehilangan total yang dimaksud?
Pertama, jika biaya perbaikan untuk kerugian yang terjadi nilainya sama atau melebihi 75% dari harga mobil sebelum terjadinya kecelakaan. Kedua, jika mobil hilang karena dicuri. Asuransi TLO tidak memberikan perlindungan terhadap kerusakan-kerusakan ringan.

Asuransi All Risk

Jenis asuransi yang berikutnya adalah all risk atau asuransi komprehensif. Asuransi jenis ini memiliki cakupan perlindungan lebih luas dibanding asuransi TLO. Perlindungan asuransi all risk meliputi kerusakan ringan sampai dengan mobil hilang.
Wilayah Tertanggung

Faktor yang kedua adalah Wilayah Tertanggung, yang nanti akan ada hubungannya dengan kategori Uang Pertanggungan. Secara sederhana, hal ini diartikan sebagai lokasi di mana mobil beroperasi.
Menurut surat edaran OJK, ada tiga Wilayah Tertanggung di Indonesia, meliputi:

  • Wilayah I: Sumatera dan sekitarnya
  • Wilayah II: DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten
  • Wilayah II: Daerah di luar Wilayah I dan II

Harga Mobil

Faktor berikutnya adalah harga mobil yang akan diasuransikan. Semakin mahal harga sebuah mobil, maka akan lebih besar juga premi asuransi yang ditetapkan.
Selain itu, perusahaan asuransi juga kerap melihat usia kendaraan yang akan diasuransikan. Perusahaan asuransi biasanya membatasi usia mobil yang akan diasuransikan antara 10 sampai 15 tahun.

Tulisan ini disponsori secara finansial oleh OneAset, sehingga hak milik tulisan ini sepenuhnya milik OneAset. Tulisan ini telah terbit lebih dahulu di platform OneAset, dan blog ini hanya bersifat mempublikasikan ulang untuk keperluan promosi. Saya berkomitmen menghadirkan minimal 20 tulisan edukasi baru (bukan repost blog ini) setiap bulannya di OneAset, jadi apabila anda ingin menikmati konten baru saya secepat mungkin, pastikan untuk mendaftar di OneAset dan follow profile saya disana. Anda juga akan mendapatkan emas gratis dan mendukung saya secara langsung tanpa biaya apapun.

Bagaimana Cara Mendaftar OneAset?

  1. Gunakan link https://app.oneaset.co.id/s/N3amMv untuk mendaftar
  2. Apabila belum memiliki aplikasi ONEASET di HP, akan diarahkan download dulu di playstore
  3. Klik ulang link tersebut setelah install ONEASET
  4. Aplikasi ONEASET akan otomatis terbuka dan muncul gambar seperti dibawah ini
This image has an empty alt attribute; its file name is image.png
This image has an empty alt attribute; its file name is image-1.png
This image has an empty alt attribute; its file name is image-2.png

Selesai. Silakan baca seluruh tulisan saya secara gratis. Jangan lupa tinggalkan like, comment, dan share, karena saya akan mendapatkan incentive tambahan atas engagement tersebut.

One thought on “Punya Asuransi Mobil Banyak Untungnya!

  • November 2, 2022 at 6:55 am
    Permalink

    Klau di America asuransi butuh sampe investigasi polisi bahwa kecelakaan itu bukan disengaja atau karena kelalaian si pemilik asuransi. Asuransi bakal berusaha mati matian supaya klem gagal

    Klo di Indonesia apa sama?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Terkait

Artikel Populer

Advertisement

Disponsori oleh:

Kode Referral

[ A | B | C | D | E | F | G | H | I | J | K | L | M | N | O | P | Q | R | S | T | U | V | W | X | Y | Z ]

A

Akseleran: AKSLADRIAN13403

ALAMI: ASIARI

Allianz Smart Poin: rvam2zmw

Ajaib : asia625

Amartha: IL035033 

Asetku: WVQXQ 

B

BCA Credit Card (Kartu Kredit BCA): ADRIA0002117

Bibit: ucleiaf

Bizhare: ASA8KHDU

BMoney: REF-KRJI0

Buddies: AdrZbvf

Bukalapak: BAMBANGRAHARJA13YJ

By.u: Klik link disamping atau masukkan BYADRI8439991

C

Canva: klik link disamping

Cashbac: adr01ak

Catchplay: langsung klik link tersebut

Crowdo: U051549

D

DANA: bltuDi

Deposito BPR by Komunal: AS2333

E

Easycash: WRo7Rsw

Esta Kapital: ZTVINT

F

Flip: SHIA6755

Fore Coffee: 5BA015

Fundtastic: FUN10287

G

Gradana: AS0302191555

Getplus: DWNXM6GDM

H

Halofina: AIE74C

Hangry!: ADRINALD

I

iGrow: IGWSIA1980

Indogold: 98532

Investree: LJGZ3 

J

Jenius: $asiaril

Jurnal: adriansiaril1 atau klik link disamping

K

Kapital Boost: BAT6M2

Kaspro: E57u7c

KoinWorks: 62507 

Koingold by Koinworks: KG-62507

Komunal: 1CE8460

Kredit Pintar: tanpa kode, langsung klik link tersebut saja.

L

Lakuemas: adrian2128

Levi’s VIP Indonesia: 31A8KL2

M

Makmur: 5UVNR3

Mekar: ADRIA2476 

Modalku: jdq73oc9 

Modal Rakyat: AS1817506638

N

NYALA: klik link disamping

O

OCBC NISP One Mobile: klik link disamping

OY: langsung klik link disamping

P

Pegadaian: PDS4ED81

Pluang: ADRI667294

Q

Qoala Plus: XM3KSRAL

R

Raiz Invest (Indonesia): MDA2P7

S

Shopback: us3h2G

Shopee: ASIAR252

Sweet Escape : 1FSRH

T

Tamasia: MIK97TR

Tanamduit: ADRIA00INH7

Talenta: Klik link disamping atau masukkan talenta641

Tanifund: ADRR20

Tiktok: A729133701

Tokopedia: TPADR8548

Tunaiku: SASIARIL

U

Uangme: 7627

Y

Yesdok: ADRIANS1U

Yukk: asia48