pinjaman-online-pinjaman-go

Review PinjamanGo 2021 – P2P Konsumtif yang Beda Sendiri

Review ini dibuat pertama pada tanggal 29 Desember 2020 dan terakhir diperbaharui pada 9 Juli 2021. Saat ini saya tidak memiliki pendanaan aktif di PinjamanGo. Apabila pertama kali mampir ke blog ini, Disarankan memahami kriteria evaluasi p2p lending terlebih dahulu

Rangkuman Singkat

PinjamanGo beda sendiri karena menggabungkan pinjaman konsumtif maupun produktif, selain itu biasanya p2p konsumtif menggunakan pendanaan gabungan dimana lender tidak bisa memilih sendiri peminjam yang ingin didanai, namun dalam PinjamanGo, kita bisa memilih peminjam individual yang masing-masing memiliki tenor, plafon, dan bunga tersendiri.

Sayangnya, untuk saaat ini PinjamanGo hanya menerima pendaftaran dari orang yang sudah memiliki rekening di Bank Sinarmas.

Siapa sih PinjamanGo

PinjamanGo adalah salah satu produk grup Sinarmas. Berarti sudah ada tiga p2p lending dibawah Sinarmas, dua lainnya adalah Danamas dan Finmas. Saya jujur saja sudah cukup puas dengan fakta tersebut sehingga malas mencari tahu lebih lanjut soal pemegang saham, suntikan dana, dan hal-hal lainnya. Sinarmas menurut saya sangat kuat dari ekosistem bisnis, dan kredibilitasnya tidak perlu diragukan. Mereka sudah di industri keuangan selama bertahun-tahun dengan produk perbankan, multifinance, manajemen aset, sampai sekurita.

PinjamanGo termasuk kaum p2p pemalu yang jarang press release, gembar gembor dan goreng goreng berita, cukup berbeda dengan kakaknya Danamas yang cukup eksis dan heboh.

Produk Pendanaan di PinjamanGo

P2P konsumtif biasanya jarang memiliki ‘kuota’ karena tidak pernah menunjukkan jumlah peminjam sebenarnya. Hal tersebut tentu berbeda di PinjamanGo, namun jumlah peminjam disini menurut saya sangat banyak sampai sampai saya lelah menghitungnya (diatas 50 bahkan kemungkinan diatas 100), saya terlanjur capek scroll kebawah karena rasanya tiada habisnya!

Semua peminjam disini adalah peminjam individu, namun keperluannya tergabung antara produktif maupun konsumtif. Malahan kebanyakan dari peminjam yang mencantumkan alasan “modal bisnis”. Untuk tenor berkisar dari 14 sampai 21 hari, dan plafon berkisar dari 1,2 juta sampai 4 juta.

Untuk retur, agak susah dihitung. Retur diekspresikan dalam persenan harian, namun lender diberikan ‘bonus partisipasi’ yang meningkatkan retur efektif. Bila dihitung kasar, rata-rata returnya adalah 16%.

Contoh dibawah: Plafon 1,2 jt tenor 14 hari, total pendapatan 2957+4510 rupiah

Likuiditas PinjamanGo

Seberapa cepat uang yang anda pinjamkan bisa kembali ke tangan anda. Apabila likuiditas cukup buruk biasa dikarenakan tenor pinjamannya panjang-panjang.

Sangat baik, karena tenor pinjaman hanya 14 sampai 21 hari, selain itu karena satu peminjam langsung didanai satu pendana, maka tidak perlu menunggu pencairan kepada peminjam selama berhari-hari.

Jumlah Minimal Investasi PinjamanGo

Satu pendana hanya bisa mendanai satu peminjam, jadi minimum investasi anda tergantung plafon pendana yang anda pilih. Sejauh ini yang saya lihat plafon terkecil adalah 1,2 juta rupiah.

Dampak Sosial PinjamanGo

Sulit dinilai karena sebagian pinjaman produktif, sebagian lainnya konsumtif. Untuk pinjaman produktif pun tidak diceritakan jelas untuk usaha apa, namun dari plafonnya yang cukup kecil harusnya untuk modal usaha mikro yang memang berdampak sosial baik.

Denda keterlambatan di PinjamanGo cukup sadis yakni sampai dengan 1.5% persen per hari, sehingga cukup mengkhawatirkan dari segi etika. Namun sebagai p2p berizin PinjamanGo menghormati aturan OJK yang membatasi total denda yang boleh dikenakan, yakni maksimal 99.5% dari pokok.

Legalitas PinjamanGo

Ya, sudah memiliki izin operasi dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Berizin berarti sudah melewati masa ‘pencobaan’ alias proses terdaftar.

Apakah PinjamanGo penipu?

Belum pernah ada laporan, berita, atau keluhan tentang pelanggaran serius yang diakibatkan oleh PinjamanGo. Saya sebagai pengguna yang sudah cukup lama bergabung juga belum menemukan masalah yang serius tentang mereka.

Apabila anda membaca komentar negatif tentang proyek gagal atau pembayaran yang telat di PinjamanGo, hal tersebut sangatlah wajar karena dalam investasi P2P lending, risiko telat bayar dan gagal bayar memang ada sehingga bukan murni merupakan kesalahan PinjamanGo.

Jadi, jelas PinjamanGo bukan penipu (maaf, saya hanya curi SEO disini)

Untuk memahami risiko dan keamanan dalam P2P lending, baca artikel ini

RM dan Customer Service PinjamanGo

Belum bisa komentar karena saya tidak pernah ada korespondensi dengan cs. Bagian ini akan saya perbaharui lebih lanjut.

Mitigasi Risiko di PinjamanGo

Beberapa website P2P lending memiliki perlindungan atau jaminan terhadap nilai modal anda sehingga kerugian anda terbatasi bila terjadi gagal bayar.

Sama seperti Danamas, bekerjasama memberlakukan asuransi kredit dengan Simas Insurtech. P2P lending dibawah naungan Sinarmas semuanya memiliki keunggulan dimana klaim asuransi akan langsung dicairkan di hari ke 91 bila suatu pinjaman telat bayar.

Biasanya di p2p lending lain, suatu pinjaman baru akan diurus asuransinya bila sudah macet diatas 90 hari sesuai ketentuan OJK, lalu di hari ke 91 baru akan dimulai proses klaim asuransi yang bisa memakan 90 hari lagi. Jadi totalnya anda menunggu 180 hari untuk digantikan rugi, itupun klaim asuransinya ada risiko ditolak atau tidak menggantikan seluruh modal anda.

Hal ini tidak berlaku bila anda mendanai di p2p lending grup Sinarmas, karena asuransi maupun p2p lendingnya satu grup, maka mereka punya kerjasama khusus yang memberikan ganti rugi modal 100% tanpa proses yang berbelit-belit.

Promosi dan Program Referral PinjamanGo

Tidak ada apapun.

Hal Lainnya

Aplikasinya sih mudah digunakan, namun sayangnya memusingkan karena bahasa Indonesianya kelihatan seperti terjemahan ga karuan. Selain itu data yang disajikan atas peminjam juga sulit dipahami, karena menyebutkan retur dalam satuan harian namun memberikan komisi tambahan untuk pendana, sehingga retur efektif harus dihitung secara berbelit-belit.

Kesimpulan

Kelebihan

  • Preposisi unik karena konsumtif namun bisa memilih peminjam sendiri
  • Tidak pernah kehabisan pendanaan
  • Plafon pinjaman variatif
  • Tenor cenderung singkat
  • Retur cukup oke

Kekurangan

  • Desain aplikasi yang memusingkan dan sulit dipahami
  • Perhitungan retur yang ribet
  • Harus punya rekening bank Sinarmas

Rekomendasi

Sangat layak dicoba bila anda nasabah bank Sinarmas.

Siapa yang Cocok Mendanai di PinjamanGo?

  • Orang yang sudah mempunyai rekening bank Sinarmas

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

LOOKING FOR ENGLISH CONTENT?

Except for the literature, all my Bahasa contents are translator-friendly, so you can summon the might of Google Translate below.

AUTO-TRANSLATE
CATATAN TERPOPULER