Konflik AXA Mandiri dan Nasabah

Apabila anda butuh panduan untuk meminimalkan kerugian asuransi, anda mungkin tertarik membaca pembahasan saya soal MEMINIMALKAN KERUGIAN ASURANSI. Sedangkan halaman ini lebih bersifat informasi bagi orang yang tidak tahu soal permasalahan AXA Mandiri. Per 2

Ini adalah kedua kalinya saya membahas drama institusi finansial di blog saya, setelah sebelumnya membahas soal Crowde. Tapi skala drama AXA Mandiri jauh lebih besar daripada Crowde, meskipun Crowde sendiri sudah tergolong cukup parah. Masalah AXA Mandiri sudah sampai diliput berita, sampai mengundang press release dari pimpinan AXA Mandiri, dan punya grup Facebook beranggotakan ribuan orang (Crowde hanya sampai ratusan). Saya sendiri juga tergabung di grup Facebook tersebut meskipun tidak aktif menyuarakan pendapat, sebab meskipun saya juga merasa ‘tertipu’ oleh AXA Mandiri, namun kerugian saya masih bisa ditolelir.

Disini saya tidak akan fokus untuk memperkeruh situasi, melainkan mencoba memberikan pembahasan objektif tentang kesalahan AXA Mandiri sebagai seorang penyedia asuransi maupun kesalahan para nasabahnya (saya termasuk ya). Seperti yang selalu saya tegaskan di blog ini, tidak ada produk asuransi yang jelek. Permasalahannya hanyalah apakah produk asuransi yang kita miliki sesuai kebutuhan kita atau tidak.

Kesalahan AXA Mandiri

Kebanyakan Agen AXA Mandiri Memang Tidak Etis

Saya tidak suka menyudutkan pihak tertentu apalagi seorang individual, tapi pengalaman saya menghadapi agen AXA Mandiri memang beresonansi (mirip-mirip) dengan apa yang orang-orang ceritakan di grup Facebook Info Korban Penipuan dan Kejahatan AXA Mandiri.

Dalam kasus saya, agen saya gagal menjelaskan tentang adanya biaya spread bid offer yang akan mengurangi nilai efektif modal saya setiap kali berinvestasi. Ketika saya mengklarifikasi biaya tersebut, cooling off period sudah lewat sehingga saya tidak bisa membatalkan polis saya tanpa biaya. Banyak hal lain yang cukup menyesatkan dari agen saya, antara lain soal biaya switching yang terpaksa saya klarifikasi langsung ke atasan ybs, ketidaktahuan ybs soal fund offshore USD, dan tidak paham bahwa ISTILAH SWITCHING SAMA SAJA DENGAN PENGALIHAN. Tentu hal ini sudah sangat kritis dan menunjukkan bobroknya kualitas agen AXA Mandiri.

Dalam cerita-cerita nasabah lainnya, banyak yang merasa ‘ditipu’ karena mau memiliki ‘produk tabungan pendidikan’ dan malah dibukakan produk unit link. Padahal seperti yang kita semua tahu, unit link itu tidak bersifat fixed income, apalagi jika dipilihkan fund dengan basis saham! Asuransi pendidikan yang oke tentu bersifat fixed return meskipun returnnya kecil, misalnya seperti Manulife Income Protector dan AIA Retirement Plan.

Sayangnya, seperti yang saya pernah bahas disini tentang hal-hal sesat yang sering disampaikan agen asuransi, saya yakin 90% agen AXA Mandiri memilihkan fund jenis saham dengan iming-iming retur tertinggi tanpa menjelaskan tingkat risikonya yang sangat tinggi pula. Because why not? Ilustrasi nasabah akan kelihatan paling bagus jika memilih fund jenis saham, meskipun ilustrasi bukan bagian dari kontrak asuransi yang mengikat. Penyedia asuransi juga paling diuntungkan dengan fund jenis saham karena biaya manajemennya paling tinggi.

Bukannya sombong nih, tapi bila saya yang melek asuransi saja bisa ‘tertipu’ oleh seorang agen AXA Mandiri, apalagi masyarakat luas diluar sana yang masih baru terjun ke dunia investasi dan asuransi?

Kesalahan Nasabah

Terburu-buru mencairkan polis mereka

Semua orang yang melek dunia investasi tentu tahu bahwa karena COVID-19, hampir semua instrumen investasi terdampak secara buruk. Tentu AXA Mandiri sebagai institusi finansial juga terkena dampaknya. Disaat kondisi ekonomi sedang buruk seperti ini tentu sebagian orang mau mencairkan tabungan mereka karena butuh dana darurat, dan mungkin mereka berniat mencairkan polis AXA Mandiri mereka. Sayangnya, tentu nilai polis AXA Mandiri mereka juga sedang anjlok karena underlying nilai sahamnya sedang turun drastis. Wajar saja banyak nasabah yang merasa dirugikan karena nilai ‘investasi’ nya turun jauh dibawah nilai modal awal mereka, apalagi jika ada potongan lain seperti biaya akuisisi dan penalti pencairan awal.

Kenapa saya bilang ini salah nasabah? Karena seharusnya mereka tidak terburu-buru mencairkan investasi mereka saat kondisi dunia investasi sedang buruk seperti ini. Seandainya mereka menunda pencairan sampai pasar saham pulih, tentu nilai investasi mereka akan membaik dan mungkin berhasil mencetak keuntungan.

Jadi memang, AXA Mandiri disini memang lagi ketiban sial. Banyak nasabah mau mencairkan dana, dan banyak yang tidak paham tentang fluktuasi nilai investasi, namun tentu masalah ini berasal dari kesalahan sebelumnya yaitu agen-agen yang tidak transparan dalam menjelaskan.

Kesalahan AXA Mandiri

Produk AXA Mandiri Memang Biasa Saja

Kalau ini memang bukan kesalahan agen ataupun nasabah, tapi tim pengembangan produk di kantor pusat AXA. Sebagai agen penjual tentu diajarkan untuk menutupi kekurangan suatu produk dan hanya fokus pada kelebihannya saja, itu wajar.

Dibandingkan secara objektif, tidak ada produk AXA Mandiri yang menonjol dibandingkan penyedia asuransi lainnya. Tidak ada satupun produk AXA Mandiri yang lolos masuk daftar asuransi terbaik menurut saya, karena memang di segala aspek produk tetangga sebelah jauh lebih bagus karena satu dan lain hal, antara lain:

  • Performa fund yang lebih unggul
  • Pilihan fund yang lebih luas dan bervariatif
  • Biaya akuisisi yang lebih rendah
  • Cakupan perlindungan yang lebih luas
  • Rekanan rumah sakit yang lebih banyak

Kesalahan Nasabah

Menggunakan cara yang salah dalam menyuarakan keluhan

Sepengetahuan saya, sampai detik ini, para nasabah AXA Mandiri yang mengaku ‘korban’ hanya sekedar koar-koar di media sosial saja. Tidak ada satupun yang mengirim keluhan kepada otoritas yang seharusnya berwenang terhadap masalah ini, misalnya Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) atau Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi wajar saja kalau AXA Mandiri memang kalem-kalem saja dalam menghadapi nasabah-nasabah marah ini, karena memang suaranya tidak solid dan tepat sasaran. Malah ada yang berniat melaporkan ke Mabes Polri, yang menurut saya ga nyambung sama sekali.

Padahal kalau memang bukti-bukti terkumpul secara rapi, mereka mungkin bisa membuat AXA Mandiri didenda keras oleh AAJI dan OJK, bilamana memang benar AXA Mandiri melakukan sesuatu yang melanggar kode etis seperti memaksa membuka polis baru dan memberikan penjelasan yang tidak jujur kepada nasabah.

Lebih parahnya, malah banyak nasabah yang marah ini melakukan posting identitas para agen AXA Mandiri, sampai KTP dan nomor HP nya disebarluaskan dan dicap penipu. Tentu ini ngawur sekali dan malah bisa dituntut balik oleh polisi karena masuk kategori pencemaran nama baik, apalagi mungkin saja agen-agen tersebut tidak lagi bekerja di AXA Mandiri! Maklum, seperti yang sudah pernah saya bahas, agen bancassurance memang memiliki loyalitas rendah.

Kesalahan AXA Mandiri

Tidak memenuhi keinginan dan kebutuhan nasabah

Saya paham asuransi memang tidak boleh pandang bulu dan diskriminatif, harus menjangkau semua orang seperti prinsip resmi yang diiklankan negara kita: MARI BERASURANSI. Namun sekali lagi kita perlu ingat bahwa kebutuhan asuransi setiap orang berbeda-beda, dan tidak semua orang cocok memiliki produk unit link dengan biaya yang tinggi dan nilai yang fluktuatif.

Orang yang masih belum memiliki dana darurat tidak mungkin disuruh membuka asuransi unit link, dan lebih cocok memiliki dahulu asuransi mikro atau asuransi tahunan dengan biaya murah. Asuransi seumur hidup dan asuransi unit link cocok apabila seseorang sudah cukup mapan secara keuangan dan memiliki alokasi dana untuk rutin berinvestasi setiap bulannya.

Sayangnya hal ini sepertinya tidak diterapkan oleh agen-agen AXA Mandiri, semua orang disodorkan produk unit link tanpa dijelaskan risikonya, terlihat dari bukti curhatan-curhatan di grup Facebook yang saya ikuti. Padahal AXA Mandiri lewat perusahaan MAGI (General Insurance) juga menyediakan produk asuransi tahunan dan asuransi mikro, kenapa malah menawarkan produk unit link kepada orang yang jelas-jelas tidak siap menerima risiko investasi?

Kalau jawabannya karena untuk mengejar komisi dan target penjualan, sudah jelas ada sistem yang sesat didalam AXA Mandiri, jadi wajar saya agen-agennya tidak etis dalam menjual produk mereka.

Kesalahan Nasabah

Tidak memahami baik-baik ketentuan polis

Kita semua pasti pernah merasakan menyesal membuka suatu polis asuransi karena tidak paham betul tentang syarat dan ketentuan yang tertera di polis kita. Dan biasanya kita langsung menyalahkan agen penjual yang tidak menjelaskan kepada kita. Memang betul sih, 90% agen yang salah karena menutup-nutupi keburukan suatu produk. Tapi 10% nya adalah kesalahan kita sendiri karena kita tidak teliti membaca, malu bertanya, asal percaya, dan tidak mau tahu soal detil-per-detil buku polis kita.

Padahal, semua asuransi memberikan tenggang waktu 14 hari untuk mempelajari buku polis secara detil, dan bahkan beberapa asuransi seperti Manulife menghubungi langsung via telepon untuk memastikan kepada nasabah bahwa agen mereka sudah menjelaskan tentang risiko terhadap polis asuransi anda. Apabila saat telepon tersebut anda memutuskan batal atau menjawab ‘tidak tahu’, maka polis bisa langsung dibatalkan dan agen nya akan dihukum keras! Saya rasa tanpa bermaksud mempromosikan Manulife, semua perusahaan asuransi harusnya mencontoh hal ini.

Kesimpulan

Memang dalam drama ini kedua belah pihak salah. AXA Mandiri salah karena tenaga penjualnya banyak yang tidak jujur, bahkan ada teman dekat saya di Medan yang mengaku ditipu untuk membuka polis baru saat menutup polis lamanya, dan sudah jelas ini bukan kasus yang terisolasi karena banyak cerita serupa yang bisa anda baca sendiri di grup Facebook Korban AXA Mandiri dan diliput masuk berita. Tidak membantu juga bahwa produk AXA Mandiri memang kurang bagus dibanding kompetitor.

Namun di sisi lain banyak juga nasabah yang bertindak kurang rasional dengan mencairkan polis asuransi mereka disaat kondisi pasar sedang buruk karena COVID-19. Seandainya mereka menunda pencairan sampai pasar saham pulih, mungkin kerugiannya akan lebih kecil dan bisa saja malah untung.

Apakah AXA Mandiri melakukan tindakan penipuan?

Saya tidak bisa memastikan karena kekurangan bukti. Meskipun banyak yang merasa dirugikan, Perusahaan AXA Mandiri sepertinya belum terbukti melakukan tindakan illegal yang bisa ditindaklanjuti secara pidana. Apabila memang AXA Mandiri melakukan penipuan resmi, maka sudah pasti otoritas negara seperti OJK, AAJI, dan Bank Indonesia melakukan tindakan sanksi tegas.

Apa yang harus saya lakukan bila merasa dirugikan?

Anda bisa melaporkan agen atau FA anda ke AXA Mandiri atas tuduhan misselling. Praktek misselling adalah tindakan yang tidak dibenarkan dalam dunia asuransi dan perusahaan asuransi akan menindak tegas agen atau FA mereka yang terbukti melakukan misselling.

Apa contoh misselling?

Menyampaikan ke calon nasabah perihal informasi yang tidak benar. Misalnya menutup-nutupi biaya yang ada di dalam polis, penyampaian bahwa tidak ada risiko sama sekali, atau membuat informasi yang salah terhadap suatu produk yang ditawarkan.

Bagaimana membuktikan misselling?

Hal ini adalah yang paling sulit, karena biasanya membutuhkan rekaman suara atau penjelasan tertulis, sedangkan korespondensi FA/agen asuransi biasanya bersifat instant dan tentu kita tidak kepikiran untuk merekam segalanya. Apabila korespondensi anda bersifat percakapan pesan singkat atau email, maka bisa digunakan sebagai bukti.

Bagaimana jika agen/FA nya sudah pindah kerja?

Kita hanya bisa komplain ke customer service dan pasrah terhadap kebijakan perusahaan asuransi terkait. Lebih baik jadikan pembelajaran hidup agar kedepannya tidak dirugikan lagi.

Adrian Siaril
Adrian Siaril

The boss

Articles: 591

316 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

  1. mas, saya adalah nasabah axa mandiri yg terbilang baru. baru mulai desember 2019, dengan keadaan sekarang, saya lebih baik segera memutus kontrak atau tetap lanjut ya?

    • Halo. Tergantung produknya apa mas, harus ditinjau dulu. Kalau batalkan sekarang sih berarti sudah lewat masa peninjauan polis 14 hari. Dalam masa peninjauan polis tersebut uang masih bisa balik seutuhnya, tapi kalau sudah sekarang harusnya akan ada denda pencairan.

      • saya kemarin mengajukan pembatalan polis di AXA MANDIRI namun sudah berjalan hampir 2 tahun dengan periode asuransi 5 tahun dan dana yg masuk sudah sekitar 3jutaan, saat saya ingin batalkan, info dari agen jika membatalkan di tengah jalan seluruh uang hangus alias tidak ada refund premi, saya merasa ditipu dan dirugikan, saat di tanyakan alasannya, jawaban dari mereka sangat tidak memuaskan hanya menjawab itu sudah prosedur dari kami, padahal saat menawarkan sama sekali tidak menjelaskan dari awal, bahkan saya tidak menerima polis nya sampai hari ini.

          • Kak mau tanya, saya ikut program axa mandiri kesehatan, jikalau tidak ada klaim dalam waktu 5 tahun maka saya akan mendapatkan no clqim bonus 100 persen , jika saya mulai mei 2016 maka april ini adalah premi 5 tahunnsaya, rencananya saya mau cairkan di bulan mei, sepengetahuan masnya, program ini masuk kategori fixed atau fluktuatif

          • Yth pak Muklas, semua program asuransi di seluruh dunia bisa memiliki skema “bayar 1.6 juta 5 tahun”, jadi mustahil mencari tahu apa nama programnya berdasarkan informasi seperti itu

          • Bang minta sarannya saya sudah ikut axa mandiri selama 10 tahun pas, dan baru tahu ternyata dana saya itu dibuat bermain saham nama produk yg saya miliki Dynamix money. Karena sudah lama mau saya cairkan tatapi saldonya hanya setengah dari inves yg saya storkan perbulannya. Apakah saya harus menunggu biar IHSG naik atau normal kembali?!
            Kalau tidak di ambil takut malah tambah habis saldo saya. Tolong solusinya.

          • Kalo ga ada kebutuhan uang mendesak sih mending tunggu IHSG naik lagi. Kalo males bayar lagi minta cuti premi aja dulu, dan turun uang pertanggungan

          • Selamat pagi, Suami saya ikut axxa mandiri sudah 4thn… Dan thun ini tahun ke 5, keluar premi bulan depan. Dan dapat sms bahwa saldo 13jt700, padahal saya sudah bayar total kurleb 24jt an…. Baiknya saya tutup aja sekarang atau gimana ya… Coz mau meneruskan takut kejadian seperti teman2 yg lain. Saya ikut yg program progressive money dan dynamic money. Terima kasih

            Pada tanggal Sen, 26 Okt 2020 07.53, Adrian Siaril menulis:

            > asiaril commented: “Kalo ga ada kebutuhan uang mendesak sih mending tunggu > IHSG naik lagi. Kalo males bayar lagi minta cuti premi aja dulu, dan turun > uang pertanggungan” >

          • Haloooo selamat pagi. Sebenernya progressive money dan dynamic money tuh BUKAN NAMA PROGRAM ya bu, itu JENIS INVESTASI. Sehingga untuk mengambil keputusan itu sebenernya ibu perlu tau programnya apa, fungsinya apa, dan baru ditentukan mau ditutup atau lanjut sesuai kebutuhan

          • Mo tanya mas! Saya ikut asuransi AXA mandiri produknya asuransi pendidikan ke -3 anak saya. Masa kontrak 10 THN, dengan premi sebesar 1 jt perbulan dan saat ini sudah berjalan 8 tahun, tapi ketika saya minta cek saldo ke FA total saldo cuma 60 jt per anak,sedang menurut hitungan saya total uang yg sudah saya setor (12 jt x 8 THN = 96 per anak). Kemudian 2 bulan yang lalu sebelum saya tau berita kasus ini, FA menyarankan saya untuk melakukan permintaan swicthing agar nilai investasi naik. Mohon saran langkah apa yang harus saya lakukan untuk menyelamatkan uang saya,sementara tiap bulan saya masih didebit 3 jtan buat 3 polis anak saya. Trimks

          • Apa yang anda setorkan memang tidak mungkin seluruhnya masuk ke nilai polis karena ada potongan berupa biaya akuisi saat pembayaran dan biaya asuransi setiap bulannya. Switching tidak akan otomatis memulihkan potongan tersebut tapi kalau dikekola dengan baik memang bisa membantu menaikkan nilai investasinya

          • Sy bergabung sbg Nasabah AXA Mandiri 2011 dgn biaya premi Rp 1.015.205/bln, Sy alokasikan dana tsb dr uang belanja yg diberi Suami agar ada persiapan tabungan untuk kuliah Anak. Awalnya saat ngurus tabungan di CS, ada penawaran produk lalu diarahkan ke FA, saat di dpn FA, Sy sdh jlskan kebutuhan menyiapkan dana pendidikan kuliah anak, singkat crita diberi produk Asuransi Rencana Mandiri Sejahtera Plus berbonus proteksi asuransi jiwa, kesehatan tertanggung, tanpa menjlskan investasi yg dberikan yaitu UNITLINK. Stelah 9thn lbh blm terlihat janji pertbhan nilai malah saldo yg terbentuk merugi, status polis msh aktif. Saat pengajuan yg isi form FA, Sy TTD aj tdk membaca krn data msh kosong, FA menawarkan mengisi, tak ada sdikitpun curiga krn melihat nama besar Bank Mandiri BUMN dan AXA Mandiri ada dlm nauangannya. Ternyata ada data yg tdk sesuai, penghasilan dipalsukan sbsar 5jt,ditulis py butik, yg nyatanya itu ga benar, tdk ada crosscheck di lapangan untuk kebenarannya,hanya via tlp yg blm diangkat saat itu(krn sibuk ngurus kerjaan RT n anter jemput skolah) krn Sy IRT. Saat itu FA sempat ks tau spy di ACC, FA ijin menulis datanya, krn awam Sy IYA aj, dibenak Sy, mungkin itu prosedurnya. Sy tertarik krn iming2 yg dijanjikan dgn pertambhan nilai + bonus proteksi, yg ada dlm pikiran Sy, dana yg dialokasikan untuk pendidikan pasti aman krn dikelola di tempat yg tepat. Dana yg dikelola akan sesuai dgn janji FA,krn biaya kuliah semakin bertbh,apalagi 10 thn akan dtg,yg Sy pikirkan saat di dpn FA sperti itu.Kesalahan Fatal FA yaitu : tdk pernah menjlskan adanya resiko yg tinggi dlm investasi UNITLINK tsb. FA jg menjlskan jika buku polis tiba dsuruh simpan tuk pengajuan klaim tanpa menyuruh membaca dan ada masa 14 hr bs dibatalkan apabila tdk sesuai,tdk pernah ks tau, sempat baca isi polis dgn bhs ambigu yg multi tafsir tergantung pembaca dan kepentingannya apa……., menurut penafsiran Sy apa yg dijlskan FA adalah benar, krn FA tdk pernah sampaikan ilustrasi kerugian, yg ditonjolkan hanya benefitnya.Mudah2an 2 thn ke dpn dana pendidikan Anak kembali normal sesuai yg terdebet,tdk muluk2 dgn janji FA, tp apabila msh merugi stelah kondisi membaik,pasti ada keanehan dlm pengelolaan dana??? Untuk saat ini msh wait n see, sambil nunggu anak msk kuliah 2 thn lg,Nanti Sy akan cairkan dana dgn TUPOL, tp tetap slalu cek saldo tiap bln, agar tdk merugi saat tupol tiba.

          • Hallo mas, saya mau minta saran. Saya sudah ikut asuransi axa mandiri jenis mandiri sejahtera mapan dari tahun 2018 sampai sekarang, nah saya sering menanyakan jumlah investasi yang saya dapat dan memang itu anjlok banget dan ketika saya mau tutup polis jumlah investasi yang saya dapat kan harus di jual dulu di pasar saham ya. Saya minta saran, apakah saat ini saham axa meningkat atau anjlok. Saya takut ketika nanti saya penutupan polis ternyata nilai saham masih tetap anjlok.

          • Mbak desi kan tanyanya soal harga saham, kalau gitu saya perlu tau nama fundnya, bukan nama produk asuransinya. Krn dalam produk asuransi ada pilihan fund, dan komposisi setiap fund beda beda. Gitu lho

          • Ok baik kak. Attractive money rupiah saya cek mainnya di saham blue chip. Kita ambil asumsi index acuannya idx30 ya. Menurut saya idx 30 ini uda mendekati harga sebelum pandemi. Masi ada potensi sedikit untuk ruang naik tapi terbatas sih. Jadi memang masih bisa naik harganya tapi harusnya ga terlalu banyak

          • Mas saya minta saran dengan kondisi saham yang mekarang itu, saya meniding penutupan polis sekaranv atau gimna ya

        • mas… saya dari tahun 2016 sudah ikut axxa mandiri… dan tahun ini bulan november premi saya yg ke 5… saya ikut asuransi axxa mandiri sejahtera mapan… apakah jika saya tutup polis sekarang saya juga kena tmbahan biaya penalti….????

        • Waduh ko kita Sama kasusnya saya jg ikut asuransi yg premi tahunan 1’3 pertahun dan skr trlat bayar beberapa bulan gbisa ngajuin pemulihan LG sedangkan uang udh msk 4 jutaan ,parah gbisa d aktifkan LG mereka blg sudah d tutup dan udang TDK bisa dkemblikan LG astagfirulloh nyesel bgt ikutan ini saya ngerasa tertipu mentah2 .

        • Waduh ko kita Sama kasusnya saya jg ikut asuransi yg premi tahunan 1’3 pertahun dan skr trlat bayar beberapa bulan gbisa ngajuin pemulihan LG sedangkan uang udh msk 4 jutaan ,parah gbisa d aktifkan LG mereka blg sudah d tutup dan udang TDK bisa dkemblikan LG astagfirulloh nyesel bgt ikutan ini saya ngerasa tertipu mentah2 .

        • Saya ditawari tabungan rencana solusi hari tua selama 6 tahun periodenya dengan didalamnya ada asuransinya. Apakah saya harus lanjut atau dibatalkan? Mohon sarannya baru seminggu kemarin kejadian nya

          • Yang bisa menjawab adalah bu Tuti sendiri. Anda buka asuransi ini tujuannya menabung atau memang butuh asuransi? Kalau trnyata untuk menabung sih mending batalkan saja daripada nyesel

      • mas maaf mau tanya boleh,, barutadi sore saya ditelp sama telemarketing axa mandiri nah diawal saya setuju karna menawarkan untuk kesehatan tetapi saat konfirmasi terakhir saya tidak jadi setuju karna saya takut,, saya konsul ke ibu saya bhkan telermarketing juga menjelaskan ke ibu saya dan keputusan konfirmasi akhir saya bilang tidak setuju,, telp kemudian putus. nah saya ingin bertanya apakah jika seperti itu kita tetap lanjit atau cancel ya mas ? terimakasih

        • Saya ga yakin juga ya bu, tapi umumnya kalau lewat telepon itu sudah bilang setuju mereka berhak lanjutkan, karena bisa saja omongan yang “tidak setuju” nya tidak direkam. Saran saya konfirmasi ke call center nya saja minta pembatalan

          • Saya ingin membatalkan ikut asuransi ini yg 90 ribu perbulan,saya ke bank mandiri untuk membatalkan nya,dr bank mandiri di kasih call center pas saya tlp,ngobrol sama pihak call centernya kok tiba” mati,karna apa pulsa yg baru ku isi tiba” habis karna menghubungi call center tersebut,padahal ngobrol nya g lama,INTI nya AKU INGIN MEMBATALKAN IKUT ASURANSI tersebut

          • Halo pak. Mungkin iya, karena kalau telpon ke nomor premium seperti itu biaya nya memang mahal. Coba hubungi lewat email dulu saja pak supaya gratis

        • Kak tanya, saya ikut axa mandiri dulu wktu masih mahasiswa, hiks, ditawain yg produk attractove money kalo ga salah, di tahuj ke 3 saya mau ambil aja krn ngerasa ga untung, dijelasin thun ke 5 bsa balik modal, saya ganti dynamic money, di tahun ke 5 dg premi 500 rbuan per bulan, smpe skrg cuma dpt 19 jt, padahal udah taun ke 5, gimana ya kak ????

          • Maaf mas mau tanya….sy ikut axa mandiri elit plan 4x setoran perthn,,, dan ini sudah masuk thn ke 5 berarti kan sudah selesai, la knp og sy masih hrs byr lagi di thn ke 5….padahal diawal buka FA nya bilang cuman 4x setoran aja……trs apa yg hrs sy lakukan?

          • Mau nanya kan di tabungan deposito ada 400 jt ke dapat perbulannya 1jt300 terus sya ikut asuransi axa mandiri dipotong setiap tahunnya 100 jt apakah otomatis pendapatan perbulannya 1jt300 jd berkurang misalnya cuman 1jt saja perbulannya

      • Saya ..ikut propolis pendidikan anak.axa mandiri.uda mau 2 thn .kira2 kalau saya berhenti skarang..uang bisa balik g

          • gan mau tanya ,saya mengikuti pilis axsa ,yang melindungi jiwa selama 12 tahun ,tapi saya hanya di suruh membayar premi selama 4 tahun saja ,saya sudah berjalan 2 tahun ini dengan premi 560perbulan
            jikalao saya ingin menutup kira kira saya akan dapatkan premi saya kembali atau tidak
            jika dapat apakah ada pemotongan pengembalian premi berapa % ,atau ada potongan lain ,dan kira kira saya akan mendapat pengembalian premi brapa %

          • wah kalau itu saya juga gatau ya pak Dery karena saya kan ga baca polis bapak. Ketentuan biaya ada di polis bapak dan setiap polis beda-beda, tidak mungkin saya tahu (saya bukan cenayang hehe).

        • Lho coba lihat buku polis ibu Frida dong, ketentuannya gimana? Memang betul ada polis yang kalau ditutup di tahun pertama potong 80 persen, tp polis setiap produk kan beda beda. Jadi ga sama semua nya ya bu Frida

      • Maaf saya mau tanya. Saya ikut program inves msm.. Perbulan 350 start dari Januari 2018 di perjanjian awal sy mau kontrak 3 th aja tp sm FA dibikin 5 th.itu sy baru tahu 1th kemudian …. Saya malas mau sambung premi sbb keluhan dari masyarakat yang udah lebih 5 th aja duit yg disetor ama nilai inves susut nya banyak.. Kemaren sy tutup polisi… Duit yg terdebit total selama 34 bukan 11.9 jt.. Axa jkrta hanya mengganti 4.7 jt aja.. Mmg saya salah terlalu percaya pd org fA pdhal sy awam soal inves.. Saya rugi 7.2 jt. Sy mau lapor ke ojk gimana caranya ya.

      • Mas apakah bisa kasih pendapat, saya ikut asuransi C*gna oktober 2019 , tahunan harusnya jatuh tempo bulan oktober ini,saya juga ditelpon CS mereka untuk menyediakan saldo yg cukup untuk pendebetan. saya pertengahan september ini ada coba claim kecelakaan cm 400rban aja, disuruh tunggu 14hari kerja, uda ditunggu email lg tungu lagi 14hari kerja, trakhir tgl 27oct saya email lg disruh tunggu45hari lg. Nah hari ini tiba2saya dapat email kalau asuransi saya dinonaktifkan karena dari bulan agustus 2020 mereka gagal debit 3bulan, padahal jatuh temponya oktober 2020. kondisi asuransi saya sekarang tidak aktif dan mereka cuma membalas akan dihubungi pihak terkait, cuma tidak ada kabar. jangankan claim saya, hangus asuransi 1tahun saya cuma karena gagal debit ,padahal kalau menurut buku panduan masa grace saya sampai november. email mereka sama dengan kosong cuma robot yang balas ,” akan dihubungi bagian terkait saja dan harap sabar menunggu”

          • terima kasih untuk reply nya, ternyata ada aturan seperti itu ya kalau unit link bisa non aktif tiba2, karena corona nilai investasiny jadi min semua. tapi saya ditelpon CS mereka untuk menyiapkan saldo yang cukup dibulan oktober untuk auto debit dan terakhir cek sisa investasi dibulan agustus sisa 15ribu rupiah. Saat saya ikut asuransi , saya ingin fokus di kesehatan, jadi namanya C*gna Multiproteksi Extra dgn tambahan Healthcare. kalau non aktif ya sudah bye2 , bahkan agen yg memasukan saya juga binggung asuransi saya kenapa bisa non aktif sebelum jatuh tempo. saya ada claim kecelakaan pun mereka suruh tunggu 14 hari 14hari dan 45 hari tidak ada bilang polis saya tidak aktif. baru hari ini dapat kabar polis saya tidak aktif

          • Nah iya bu jadi kalau unit link itu biaya asuransinya memotong nilai investasi. Karena pasar saham lgi jatuh mungkin nilai investasi ibu jadi anjlok dan ga cukup bayar biayanya, jadi nonaktif

          • Saya bayarnya tahunan, apakah mereka boleh mendebit tabungan saya sebelum jatuh tempo? Karena kalau dalam setengah tahun nilai investasi abis, saya bisa2 1tahun di autodebit sama mereka 2kali? Karena mereka bilang mereka mencoba auto debit tabungan saya bulan agustus, saya jadi binggung kok mereka boleh akses tabungan saya seenak mereka

          • Ya makanya, saya kaget customer servis nya bilang mereka mencoba auto debit dari agustus september oktober gagal makanya polis saya dinon aktifkan, padahal jatuh temponya oktober. Makasih banget sudah menjawab pertanyaan saya. Agen yang memasukan saya ke c*gna malah tidak tahu apa2, cuma mereka ada berusaha membantu saya dengan menanyakan ke c*gna pusat.

      • Saya pemegang polis AXA mandiri “Asuransi mandiri jaminan kesehatan” saya masuk sudah 5 tahun lebih, bulan mei tahun depan sudah 5 tahun. Saya masuk via marketing telp AXA mandiri dapat polis berbentuk e-polis, Premi asuransi yg ditarik dari rekening saya berbeda dari jumlah premi di polis ntah sejak kapan. Kalau begini pas jatuh tempo saya harus klaim dimana dan bagaimana klaim? Telp ke cs AXA mandiri tidak memberikan tanggapan jelas. Dan banyak kasus AXA mandiri yg bermasalah dalam proses klaim saya lihat.

        • Beda2 sih tergantung kebijakan perusahaan asuransi. Ada yang menghitung sejak polis elektronik dikirimkan, ada juga yang menghitung sejak polis fisik diterima

      • Hallo mas… Saya ikut axa mandiri jenis pendidikan… Di awal di beritahu kalau sudah 5th bisa klaim asuransinya. Pas sudah 5th lebih, mau saya klaim, tapi ngga bisa karna agen asuransi pindah cabang, terus saya disuruh ke pusat, pas sampai sana cs bilang bisa di klaim setelah 10th. Kalo maksa mau pencairan cuma dapet 3.7jt dari total pembayaran 15jt an. Akhirnya saya lanjutin, sekarang sudah hampir 8th. Ini saya yg ketipu, misskom, atau gmna ngga ngerti deh. Mana disini lagi heboh banyak yang ketipu sama “AXA”. Baiknya gmna ya… Saya awam banget sama asuransi kaya gini… ? Mohon pencerahannya… Makasih

        • Menurut perkiraan saya sih sekalipun anda tunggu sampai tahun ke 10, nilainya ga akan sama dengan total pembayaran anda, krn potongannya kan banyak didepan

      • Saya sudah ikut asuransi axa selama 2thun lebih seharusnya modal saya sudah 13jt tp diliat hasil tiap bulannya baru 7jt itu gimana ya dy ngitung Ny ?? Kok merugikan skali

        • Minta laporan transaksi tahunan aja. Nanti kelihatan bahwa setoran bapak dipotong biaya akuisisi, dan setiap bulannya dipotong biaya admin dan biaya asuransi

      • Mas asuransi ku sdh jln 10 th 8bln jenis asuransi attractif money syariah minta saran nya mas pandemi2 gini ada rd2 gamang sm asuransi takut saldo investasi habis gitu aja langkah apa yg bgs sy ambil mas tetap lanjut ato keluar dr asuransi axa mandiri ??

      • Hallo mas, saya mau minta saran. Saya sudah ikut asuransi axa mandiri jenis mandiri sejahtera mapan dari tahun 2018 sampai sekarang, nah saya sering menanyakan jumlah investasi yang saya dapat dan memang itu anjlok banget dan ketika saya mau tutup polis jumlah investasi yang saya dapat kan harus di jual dulu di pasar saham ya. Saya minta saran, apakah saat ini saham axa meningkat atau anjlok. Saya takut ketika nanti saya penutupan polis ternyata nilai saham masih tetap anjlok.

      • Maha benar anda dengan segala ulasannya…
        Saya sempat bertanya².. apakah semua agen telah dilatih untuk melakukan semua jurus ngeles hingga alih profesi ?!

        Duh… Jan apes

        • Waduh, itu sindiran atau beneran ya? Smoga saja ulasan saya benar-benar membantu ya kak. Btw Iya, pasti sebelum jadi agen memang ada latihan khusus nya untuk mempromosikan produk sedemikian rupa tanpa kelihatan kekurangannya. Ilmu marketing dan sales gitu deh, bisa menjual sesuatu yang buruk kelihatan bagus.

    • Mas mau tnya suami saya dulu sebelum menikah tepat nya tahun 2017 ikut asuransi axa mandiri produk nya mandiri sejahtera cerdas 25…perbayaran setoran dilakukan auto debit tiap bulan nya sekitar 500san perbulan…namun smpai saat ini suami saya tidak mengerti dgn asuransi axa mandiri yg diambil nya…mohon bantuan penjelasan nya mas…dgn cara sesederhana mungkin…krna kmrn prnh hbngi agen nya untuk penjelasan tp rasa nya gk puas dan gk mengerti…bantu jelasin kelebihan dan kekurangan nya mas…sekalian baik nya seperti apa…terima kasih sebelumnya mas…

    • Jgn mjd orang yg tertipu selanjutnya pak. Hari ini 6 jan 2021 saya klaim setelah pas 10 th premi saya. Ternyata kerugian atas 2 polis anak kembar saya mjd hampir 25 jt, tubuh saya lemas dn saya lsg menangis di cs bank mandiri tsb. Beruntungnya saya bertemu dengan agen yg jujur dn memberi solusi utk saya namun tdk menjamin uang saya kembali. Uang inves utk pendidikan anak saya yg tidak punya bapak sejak kecil ternyata ditipu oleh axa dg alasan saham. Dan saya bener2 merasa tertipu, sedih dan Sakitnya hati saya, uang itu setara gaji saya setahun lebih. Saya lsg kirim email ke akun axa 2x utk menyatakan sakit hati krn telah ditipu oleh mereka… Sedih nya.. KemanA sya harus mengadu agar uang saya kembali. Mohon kita bersatu utk hal ini

    • saya baru baca-baca postingan setelah saya merasa di tipu, sudah berhenti yah dariasuransinya, klalu belum saran saya berhenti sekarang, karena asuransi axa, sudah mendarah daging untuk tujuan penipuan, seperti yang saya alami, pagi jam 9 saya ke kantor axa untuk cek saldo, saldo saya ada 50 juta kata admin, stelah saya katakan mau berhenti, mereka seakan, tidak senang, dana menyuruh saya mengisi form pembatalan asuransi, dan mengambil buku kontrak asuransi saya, setelah jam 2 siang, dari jakarata konfrimasi untuk proses pencairan, tapi mereka bilng dana saya saldonya 15 jt, dalam waktu 7 jam saldo saya bisa berkurang drastis, setelah konfrimasi sini sana jawaban pihak axa miss komunikasi, saldo saya memang hanya 15 jt, pihak admin makssar salah info, jadi yg punya asurasni axa lebih baik berhenti,

      • memang satu hal yang cukup disayangkan dari AXA mandiri adalah kualitas tenaga kerjanya, seringkali menyampaikan komunikasi yang serba salah dan tidak konsisten.

    • Assalamualaikum, Kak.
      Saya juga ikut asuransi axa mandiri tabungan pendidikan dalam jangka 11 tahun. Saya kaget sekali membaca permasalahan asuransi ini, saya pun mencocokkan dengan dana di rekening koran memang tidak sama jumlah uang saya dengan seharusnya. Saya ga tahu tentang unit link, karyawan axa yang menguruskan dulu udah resign. Gimana sebaiknya yang saya lakukan, Kak?🙏

  2. Mas.. Saya mau tanya.. Saya hari ini kan baru ditawarin asuransi pendidikan.. Tp setelah saya terima polis nya kok tetep ya asuransi jiwa dimana masa premi nya sampe 10th lg. Kalo saya batalkan sekarang uang yg sudah ke debet hari ini bs balik ga ya.. Karena baru baca2 review org2 setelah dari bank.. Heheh

    • Kebanyakan produk asuransi pendidikan memang aslinya pendidikan jiwa sih kak, hanya saja bedanya mereka ada pembayaran berjangka kepada nasabah. Nah kalau mau membatalkan pastikan dibawah 14 hari setelah terima buku polis ya. Kalau dibatalkan sebelum 14 hari, uangnya bisa balik hanya dipotong 100rb.

      • saya nasabah axa mandiri sudah 2th, bulan januari saat saya membaca ini artikel saya merasa ada keanehan di axa saya, yaitu tidak adanya surat kontrak yg terlampir saat saya menerima nomor poliss,saya ingat2 lagi bahwasannya marketingnya yang akan datang ke perusahaan untuk memberikan surat2 kontrak tersebut.namuntidak kunjung datang dan bulan berikutnya saya sudah otomatis terdebit.akhirnya saya sengaja kosongkan atm saya agar gagal debit, namun yg terjadi malah pemutusan kontrak.apakah uang premi yg saya bayarkan selama ini bisa di ambil atau tidak ya?

        • kak Siska, untuk dokumen polis cetak itu hak setiap nasabah dan wajib diserahkan perusahaan kepada nasabah untuk bukti yang sah. Memang betul apabila terjadi gagal debit beberapa kali maka otomatis pemutusan kontrak, nah untuk pengembalian premi tergantung kebijakan produknya bagaimana. Kalau ada sisa nilai tunai biasanya dikembalikan namun hanya sedikit

  3. Halo Mas saya mau tanya.. Belakangan ini saya banyak membaca ilikut asuransi AXA rugi dan AXA penipu. Hariini saya ke kantor AXA ingin menanyakan bagaimana kalo tutup pokis dan berapa yang saya dapat setelah 7 tahun ikut asuransi pendidikan dimana perbulannya 400.000 rupiah. Tetapi kalo saat ini saya tutup dana yang dibayarkan hanya 13.000.000 ( dana yg disetorkan sudah 33.000.000). Bagaimana baiknya ya Mas apakah tetap lanjutkan dulu atau ditutup polisnya? Terimakasih

    • Halo mbak Siti. Ini perlu dicek dulu 13 jt tersebut adalah nilai tunai atau reksadana. Kalau reksadana, lebih baik tahan dulu karena kita bisa berharap nilainya akan naik nanti ketika ekonomi indonesia membaik (saham naik, nilainya ikut naik). Boleh tau nama produknya agar bisa saya riset?

      • Sama kak..dengan masalah aku..sdh ikut axamandiri selama 12 thn..perbulan 300 rb..tp saya cek cuma 22 juta ..solusinya gimana ya??terima kasih

      • Kakak tolong bantu pencerahan donk
        Cerita awalnya saya ingin ikut tabungan berjangka dari bank mandiri jd saya antri di CS nya g tau gmn no urutan saya di panggil yg saya baru sadar sekarang stelah 4 tahun kalo dia bukan CS bank mandiri tp marketing dr axa sy bilang ingin buka tabungan rencana dengan masa 4 tahun dgn nominal 2 jt per bulan tp ternyata
        Saya diikutkan investasi tunjangan hari tua yg sebulan terdebet 2 jt sudah masuk 4 tahun tgl 21 oktober bulan ini. Krn saya TKI luar negri dan kena imbas corona juni kmrn di rumah kan dan menganggur saya berencana mencair kan dana saya untuk keperluan hidup dan shock krn ternyata itu bukan tabungan dan berupa saham.. dan di cek saldo kemaren uang saya hanya terkumpul 57.771.000 yg se harus nya 96 juta total yang yg saya setor
        Saya meraung raung nangis krn shock dan sy menghujani bnyk Pertanyaan kpd marketing axa tp slalu ada jawaban nya dan mmg benar dia beralasan bahwa saham sedang turun efek corona dan sy di suruh meneruskan investasi dgn membayar 2 jt tiap bulan setidak nya 2-3 thn lagi tp dia jg tidak bs menjamin bahwa uang saya akan kembali sesuai nilai modal yg sudah saya setor. Krn saya tidak paham urusan perbankan apa lagi masalah saham, bagaimana baik nya kak? Mohon pencerahan
        Terima kasih sbanyak banyak nya

        • Keputusan terbaik sih sebenernya minta cuti premi dulu dan cairkan nanti kalau saham sudah membaik, namun h tersebut berarti menunda pencairan dana untuk saat ini

          • Saya juga nasabah axa mandiri dengan produk asuransi mandiri sejahtera mapan. Awal setuju buat polis karena tergiur dengan hasil investasi. Tetapi setelah tahun ini banyak masalah yang saya baca di internet, akhirnya saya mendalami cara kerja investasi axa mandiri yang ternyata uang kita yang masuk itu dikonversi menjadi lembar saham dan apesnya nilai saham axa mandiri terus menurun. Nilai saham tertinggi selama saya jadi nasabah sampai saat ini adalah sekitar Rp 175 per lembar saham, sekarang nilainya hanya Rp 125 per lembar saham.
            Saya sempat menghubungi CS axa mandiri melalui fitur chat dan mendapatkan penjelasannya sbb:
            Tahun Alokasi Investasi Alokasi Asuransi
            1 20% 80%
            2 40% 60%
            3 70% 30%
            4 80% 20%
            5 90% 10%
            6,dst 100% 0%
            Tahun 2020 merupakan tahun ke 5 saya, jika mengacu pada angka di atas, 90% premi untuk investasi (saham), 10% untuk asuransi (uang pertanggungan Rp 100 juta). Tahun ke 6, 100% premi akan masuk ke investasi.
            Perlu teman-teman ketahui juga, bahwa setiap bulan ada potongan tetap (biaya admin, biaya asuransi, biaya atas premi) yang jumlahnya berbeda beda tergantung nilai premi yang dibayarkan. Kalau punya saya, dengan premi Rp 1 juta, total biaya tetap adalah Rp 71,150 (7% dari nilai premi).
            Jika kita mengajukan cuti premi, tentu biaya tetap ini tetap akan dipotong dari saldo yang kita miliki dan pastinya akan mengurangi saldo kita.
            Dengan kondisi saat ini, menurut saya pribadi memang lebih baik kita menutup polis dan mengiklaskan kerugian yang kita alami. Jika tetap bertahan, maka kerugian akan semakin bertambah karena kenaikan nilai saham axa mandiri sendiri tidak signifikan bahkan cenderung stagnan atau turun.

          • Yang disampaikan pak Danny ini memang benar. Saya sendiri sih menyarankan strategi pasif dengan menurunkan up sekecil mungkin agar biaya asuransi bulanan berkurang. Karena posisi index saham sekarang memang lagi suram sekali. Bilamana mau sabar nunggu sampai ke level 5500 sudah beda sekali nilai pencairannya

  4. Hanya bisa berharap dan berharap, nasi telah menjadi bubur,…. tulisan di atas sy merasakan, dan ikut asuransi bagi saya pribadi adalah kebodohan saya… tdk punya pengetahuan yg baik ttg asuransi….tdk tahu resiko apa yg terjadi jika ekonomi dunia jatuh,…. dan tdk ada penjelasan yg jujur dari agen, yg dijelaskan keuntungan keuntungan nya saja,

    • Saya cukup sedih mendengar kak Bronto punya pengalaman buruk di dunia asuransi. Dunia investasi itu tidak jahat sebenarnya, hanya sayangnya beberapa orang menyalahgunakan sehingga merugikan banyak orang

  5. tanggal 22 kemarin saya ditawarkan axa secara tidak sadar saya dibuatkan polis untuk 3 jiwa, saya merasa informasi yang di berikan oleh mereka tidak sesuai, maka dari itu di hari itu pun saya melakukan pembatalan, namun pada kenyataanya di tgl 24 mereka masukan auto debet kredit saya biaya polis mereka, saya merasa di tipu, namun saya tidak punya bukti percakapan atau apapun, bagaimana saya melakukan pengaduan kepada ojk atau lainnya, dan saya ingin memastikan bahwa polis saya nonaktif per hari ini tgl 25, namun mereka tidak memberikan bukti tertulis , hanya berikan no polis saya saja., bagaimana ya saran mas agar saya bisa terbebas ? karna khawatir di bulan berikut nya tercetak kembali tagihan, padahal saya sudah ajukan pembatalan

    • Untuk komunikasi dengan pihak asuransi saya sarankan selalu menggunakan media email supaya ada bukti percakapan tertulis. Di masa COVID 19 ini kebetulan AXA Mandiri juga menerima komunikasi via Whatsapp jadi saya sarankan selain email juga hubungi mereka via Whatsapp. Ini belum 14 hari sejak rekening anda didebet, jadi harusnya anda masih punya kesempatan membatalkan polis tanpa dikenakan potongan. Pastikan secepat mungkin dilakukan ya. Anda bisa juga menyerahkan form pembatalan ke cabang Mandiri terdekat, lalu minta tanda terima sebagai bukti. dan foto pihak yang menerima form yang anda serahkan

      • 1 lagi apakah saat nanti ke gerai mandiri mereka akan menolak saya saat memberikan form pembatalan polis tersebut ? , apakah dengan mereka memberikan tanda terima sudah cukup bagi saya sebagai bukti bahwa sudah melakukan pembatalan polis? apabila tidak ada jawaban dari mereka bagaimana saya follow up nya? dan apabila mereka berdalih bahwa pembatalan tidak ada bisakah saya buktikan hanya dengan tanda terima tersebut ?

        • Mereka ga berhak menolak sih. Kalau memang anda takut dipersulit, bisa kirimkan formulirnya langsung ke kantor pusat mereka di gedung Axa Mandiri. Untuk follow up paling melalui telpon atau email. Sedangkan untuk hal terakhir harus di cek di ketentuan polisnya, apa yg menyebabkan gabisa dibatalkan

    • Saya mau tanya… saya ikut axa sdh 2 thn… setiap tahun di debit 150 juta selama 4 thn.. Oktober 2020 ini saya akan didebit tahun ke 3.. tgl 24 agustus saya cek saldo saya cm 220 jt dr seharusnya sdh 300 jt. Saya agak kecewa dan saya putus kan utk hold debit saya okt nanti dan berhenti di axa tsb. Tp saya di infoin kl stop akan kena pinalty 25%.. berarti polis saya cm kembali lebih kurang 170 jt an.. hampir separuh rugi saya. Jd saya agak takut kl saya terusin sampe selesai(4 thn) uang saya hrsnya 600 nanti kembali cm 300 jt. Saya butuh advice dr mas, apakah y polis ini saya stop atau lanjut. Agak ngeri jg. Mohon sarannya.

          • Assalamu’alaikum kk, saya ikut nabung AXA mandiri selama 5 taun awalnya, trnyata setelah saya ada kebutuhan mendadak saya mau ambil uang saya berkurang banyak, jadi saya tanya ke cs nya kata cs nya kalau 10 taun udh bisa kembali lagi kerugian ibu senilai itu, jadi saya teruskan slma 10 taun ini, gimana kk saran nyaa

        • Mas mau tanya tanya nie saya kan ikut axa mandiri sejahtera mapan. Nah ini saya sudah berjalan 6th 1 bulan. Waktu itu saya bertanya infonya tahun pertama sampai ke 5 itu 50% uang sebagian di bayarkan untuk asuransi kesehatan 5 thn ke atas disampaikan uang asuransi akan diterima utuh tapi sampai sekarang saldo saya jauh saya anggunan setiap bulannya 497.737.60 saldo saya baru 19.687.943.15 kalau seperti itu saya harus bagaimana tetap lanjut sampai 10th atau bagaimana. Seharusnya yang saya dapat 35.837.107.20. Mohon sarannya? Terima kasih

          • Ya itu 5 tahun pertama sebenarnya ada biaya yang namanya biaya akuisisi dan tiap bulan investasi anda dipotong biaya administrasi dan asuransi jadi wajar sih kalau sekarang nilainya cuma segitu. Lanjut atau ngga itu tergantung anda kuat atau ngga liat rugi terus2an

  6. Trus inti dari tulisan anda aph
    Dan solusi nya seperti aph ?

    Sedangkan saya sendiri merasakan karna benar” ditipu
    Jauh sebelum corona terjadi pun saya yg sudah berjalan menuju 4thn
    Suka ada sms yg masuk dan memberi tahukan soal saldo yg sudah masuk
    Itupun kerugian sudah 6jt lbh
    Apalagi ibu saya tdk beranjak dari 8.5jt sblm kejadian corona

    Dan jelas” kesalahan full dari pihak axa yg memasukan ke unit link pdhl qta tidak tau
    Saya Sebagai orang awam yg hanya pemikiran itu seperti tabungan biasa yg jika di cek akan sesuai dengan apa yg di setorkan dan itu semua nya zonk

    Asuransi manapun di rasa tidak ada yg menguntungkan kalo buntung sih iya

    Seperti kk ipar qu jauh sblm kejadian corona pada setahun yg lalu mencairkan asuransi prudential yg harus nya ada 30jt dalam jangka waktu 8thn dan karna berbagai faktor minta di ambil alhasil hanya ada 9jt nah dari situ saya ber inisiatif tutup polis karna takut lbh besar lgi kerugian nya

  7. saya kurang setuju kalau anda bilang asuransi semua pasti buntung. kalau dicairkan ya memang kebanyakan buntung. tapi pada dasarnya asuransi bukan aset investasi jangka pendek yang anda bisa cairkan kapan saja. asuransi itu baru bisa dirasakan keuntungannya ketika manfaat proteksinya berjalan. Kalau memang mau menabung, ya pilihlah produk tabungan seperti deposito atau reksadana, bukan asuransi. Kalaupun mau produk asuransi yang tujuannya jangka pendek, saya sudah membahas di tulisan lain bahwa ada produk jenis dwiguna yang memang sasarannya untuk menabung, bukan proteksi.

    Kalau sudah rugi, solusinya ada beberapa: justru anda topup average down (silakan google istilah ini) untuk meminimalkan kerugian unit link, atau minta menurunkan manfaat proteksi sehingga investasinya bisa naik lagi, atau minta cuti premi dan dibiarkan saja sampai nilainya naik lagi.

    • Pagi mas, saya nasabah asuransi axa mandiri, masalah saya sama dengan mba Kurnia Fitriani, gimana cara cek saldo jika no.hp saya yang pertama kali sudah tidak aktif, dulu xl sekarang Tri ??? Selama ini pemberitahuan melalui
      surat tapi itu kebanyakan mengingatkan jatuh Tempo asuransi saya?

      • Mau tanya lagi bolehkan mas ? saya sudah 6 tahun 7 bulan ikut asuransi, saya pikir dulu seperti menabung, ( karena saya pernah jadi nasabah asuransi bumi putra, selama 5 tahun uang kembali full, ternyata benar
        ) yang mau saya tanyakanhari ini, siang tadi tgl 27 Juli 2020, saya dapat surat tentang saldo asuransi saya, kagetnya bukan main per Januari 2020 ( 9 jt ), tapi Juli 2020 jadi 8 jt, lah yang 7 bulan kemana uang premi yang saya bayarkan??? Katanya setelah diatas 5 tahun, uang premi tidak sepenuhnya, jadi hanya kalau gak salah 20 ribu jadi apa? Yang 300 ribu jadi tabungan? Kalau tak hitung hitung kerugian saya tambah banyak dong, kalau berdasarkan nilai nominal diatas yang ditambahkan 20 rb itu jadi tabungan ( padahal saya menganggap nilai nominal yang tertera itu nilai tabungan, sedang sisanya investasi) saya langsung kekantor Bank mandiri, menanyakan langsung, katanya nilai yang tertera adalah nilai investasi apabila ditutup atau dicairkan semua ya 8 juta itu. Yang saya tanyakan jumlah saldo saya yang tabungan berapa? Dia jawab tidak bisa memberitahu, hadeuhhh bingung saya. Saya kan maunya yang jelas nilai investasi berapa, nilai tabungan berapa,. Katanya IU ni karena pandemi jadi turun, bodo amat pandemi yang penting uang saya kembali semua.

        • Maaf kak aku agak bingung bacanya hehe. Pertanyaannya gimana? Untuk premi saya rasa ga akan kembali seperti nominal yang dibayarkan karena sebenernya uang yang kakak bayarkan itu banyak potongan biaya asuransi, biaya akuisisi, dll

          • saya ambil yg Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera. Kalau di buku potongan akuisisi hanya ada di tahun pertama sebesar maksimal 70% dan selanjutnya tidak ada potongan akuisisi.

            Mau tanya, bedanya premi dasar dan premi top up berkala itu apa ya? Karena premi dasar saya 30% dari total jumlah premi dan premi top up berkalanya 70%. Apakah premi top up berkala itu yg dimaksud dengan akusisinya ya?

            Supaya saya bisa sinkronkan dengan total jumlah investasi yg saya miliki sekarang ini

          • akuisisi hanya mengenakan premi dasar saja, untuk premi topup seluruhnya masuk ke nilai investasi setelah dipotong biaya bid offer sebesar 5% (bila ada di produknya)

      • Halo. Untuk cek saldo bisa datangi bank mandiri langsung atau telpon ke +62 21 3005 9999 . Bisa juga minta ganti no hp melalui telepon ke nomor tersebut.

  8. Selamat siang mas,maaf mengganggu.. mengenai topik anda drama axa mandiri vs nasabah. Menurut saya memang sangat masuk akal, bahwa 90% adlh salah dari misselling fa axa dan 10% salah nasabah yang terlalu percaya dan kurang faham tentang asuransi dan isi polis. saya pun nasabah axa mandiri namun sudah tutup polis bulan kemarin. Pertanyaan saya pak, bisa kah saya mengadu ke OJK atau AAJI untuk memperjuangkan sisa uang sy pak? Atas misselling fa axa mandiri kerugian saya 40jt,nominal yang tidaklah sedikit buat saya. Polis saya sudah berjalan selama 5tahun.adakah saran agar saya bisa memperoleh sisa uang saya itu. 50% uang saya hilang. Mohon bantuannya.. Dana tersebut merupakan polis asuransi jiwa investasi. Pada 2015 saya berniat mendepositokan uang tsb d mandiri, namun saat saya mengungkapkan niat saya pada security bank mandiri, saya lantas di arahkan pada fa axa, disana saya di iming2 persentase laba yang tinggi dg memperlihatkan simulasi bahwa pada tahun sekian uang saya bs jadi sekian dan sekian. Tanpa ada penjelasan bahwa polis saya itu juga mempunyai resiko tinggi. Adakah yang bisa saya perbuat dalam kasus saya ini pak?? Terima kasih banyak sebelumnya..

    • Halo kak ely. Terimakasih sharingnya. Bisa sih eskalasi ke AAJI dan Ojk, tapi buktinya harus kuat yang mengindikasikan misselling. Bukti misselling ini terkadang sulit, misalnya rekaman pembicaraan. FA biasanya juga jeli untuk tidak meninggalkan jejak yang bisa dijadikan bukti misselling. Sayapun kesal krn tidak diberitahu soal potongan bid offer sebesar 5 persen yang sangat merugikan.

  9. Hallo Mas! Terima kasih atas tulisannya yang mencerahkan. Kebetulan aplikasi AXA Mandiri Solusi Dana Hari Tua saya baru di-approve hari ini dan akan mendapatkan polisnya sekitar 5 hari ke depan. Rencananya setiap bulan saya hanya membayar Rp. 500.000 per bulan selama 10 tahun. Dana bisa dicairkan pada tahun ketujuh. Jadi itu rinciannya bundling asuransi jiwa Rp. 150.000 dan Rp. 350.000 investasi (reksadana kalau tidak salah). Saya mendengar penjelasan FA waktu itu cukup meyakinkan dengan pertimbangan risiko dan keuntungannya. Tapi setelah membaca pengalaman dari orang2, saya jadi ragu2 untuk melanjutkan kontrak tsb. Saya memohon pertimbangannya dong Mas. Apakah lebih baik saya batalkan saja itu produk Solusi Hari Tua? Terima kasih banyak atas atensinya, Mas ?

    • Halo mas fikri. Komitmen 10 tahun itu sangat panjang sekali ya. Kalau memang rencananya mau nabung reksadana lebih baik jangan lewat asuransi, karena reksadana standar kita bisa beli dan jual kapan saja jadi lebih fleksibel (apalagi kalau paham pergerakan harga). Saran saya sih mending dibatalkan saja. Lalu beli asuransi jiwa tradisional (tanpa komponen investasi) sebagai penggantinya. Sisa uangnya mas bisa investasikan di reksadana non asuransi. Semoga membantu

      • saya juga kena miselling sama fa axa gan,awal saya datang hanya niat untuk menabung karna saat itu saya lulusan sma dan niatnya mau nyimpan duit aja untuk kebutuhan tak terduga jangka panjang , ada beberapa pertanyaan saya saya ajukan ke fa seperti potongan biaya dan pengembalian dana saya tidak berpikir akan kena miselling karna lokasinya di bank bkan di pasar jadii membuat saya percaya dengan fa axa.,saya ikut yg unit link sdahh berjalan selama 3 tahun
        lebih baik tutup polish di alihkan ke reksadana atau tetap di lanjutkan ?
        setelah saya hitung2 mau lanjutin atau tutup pun hitunganya masih rugi soalnya biaya potonganya sangat besar.

        parah banget miselling di lakukan fa axa, saya udah tanyakan secara detail, tapi sangat berbalik di lapangan.

        menurut saya, walaupun nyelamatin duit menggunakan methode down averge ngga worth menurut saya dengan biaya potongan yg sangat besar, mendingan duitnya di pakai down averge di bidang lain yg jelas kenaikanya lebih signifkan…

        sejujurnya pengen lanjut tapi dengan miselling di lakukan FA axa menurut ane krg bagus jangka panjang axa mandiri karna semakin lama menurut ane bakalan ngerusak nama axa mandiri khsusus unit link

        alangkah baiknya saya tutup polis di saat harga maga membaik atau saya lanjutin sampai masa kontrak 5

        • Halo kak salsa. Nama produknya apa? Diizinkan cuti premi sebelum 5 tahun ga? Kalau unitlink nya berbasis saham sih Ada baiknya sih cuti premi dulu nanti baru minta dicairkan setelah harga saham membaik. Tapi kalau gabisa ya boleh aja sekalian tutup skrg supaya ga makin merugi. Oh iya untuk average down itu biasanya masuk itungannya premi topup jd tidak dikenakan biaya akuisisi, paling biaya sebesar 5 persen aja.

    • Pak Fikri,

      Apakah jadi menutup polisnya?

      April lalu saya juga membuka polis Solusi Dana Hari Tua waktu ke bank Mandiri. Saya sangat percaya karena pembahasannya di dalam bank, oleh tellernya sendiri (saya datang ke bank karena ingin mengganti nomor handphone yg terdaftar di online banking).

      Setelah baca-baca, saya baru sadar banyak yang saya missed dan tidak tahu mengenai polis ini, hal-hal apa saja yg perlu diperhatikan, dana-dana yang perlu diperhatikan.

      Saya jadi berfikir apakah sebaiknya saya tutup sekarang saja dan fokuskan dana saya ke reksadana.

  10. saya juga dibohongi FA axa, karena saya baru baca isi buku polis nya skrng.
    Mau menanyakan apakah asuransi axa mandiri sejahtera mapan di buku polis nya tidak dituliskan akhir kontraknya?

    • Untuk asuransi unit link itu masa kontrak seumur hidup kak. Kalau investasi nya masih cukup membayari biaya asuransi bulanan, maka akan berjalan terus sampai tutup usia. Pilihan kak Yadi adalah dua: tutup di awal dan mencairkan sisa investasi, atau minta cuti premi agar tidak bayar lagi. Tapi kalau cuti premi ada risiko polisnya tertutup otomatis karena biayanya tak terbayar

      • Mau nanya mas,klo mengajukan cuti premi dan misalkan polisnya tertutup apakn jumlah uang nya dapat kita terima langsung (ke rekening tab.mandiri)

        • Halo kak Heni. Harus dipahami ada dua perbedaan nih antara cuti premi dan tutup polis. Kalau tutup polis kita stop bayar, asuransinya diberhentikan, dan sisa uangnya dikembalikan ke kita. Kalau cuti premi kita berhenti bayar tapi asuransi tetap jalan. Nah tapi kalau cuti premi itu kan biayanya memotong sisa uang kita terus terusan, jadi kalau nilainya habis, ya dipaksa tutup dan kita jadi tidak mendapatkan apa apa sama sekali. Strateginya kalau mau cuti premi, harus mengurangi biaya asuransi sekecil kecilnya. Saya jelaskan caranya di artikel saya yang berjudul MEMINIMALKAN KERUGIAN ASURANSI

  11. Saya sedang mencari asuransi kesehatan swasta yang cocok dengan saya (yg murni). Tanpa investasi atau link unit. Setelah banyak search di google saya memutuskan untuk memilih AXA. Tetapi setelah menemukan blog ini dan membacanya saya urungkan niat memilih axa. Apakah dari bapak Asiaril mau membantu saya memilihkan asuransi yang tepat untuk saya dan keluarga ? Saya terbilang awam dan baru mencari tau tentang asuransi kesehatan swasta seperti apa, karena saya ingin paham betul asuransi yg akan saya pilih.
    Terima kasih ?

    • Halo pak. Untuk asuransi kesehatan tanpa unit link sebenarnya sangat umum disediakan oleh hampir semua perusahaan asuransi di indonesia. Metode bayarnya tahunan tanpa ada komponen investasi. Umumnya sih semuanya memiliki skema serupa, jadi apapun penyedianya sebenarnya sama saja. AXA Mandiri untuk produk yang ini juga oke oke saja. Yang cenderung dipermasalahkan produk Axa Mandiri yang unit link

    • Selamat Pagi Pak Miftakhul Jannah…
      Saran saya untuk Asuransi buat bapak dan keluarga bisa gunakan AIA nama programnya PHS Plus. Saya dan anak saya sudah ikut program ini sudah 2 tahun. Asuransi kesehatan dengan sistem cashless deposit 11.2 M untuk Wilayah indonesia untuk wilayah luar indonesia deposit cashless lebih tinggi lagi dan juga rekanan RS lebih banyak dan memakai Medix(bagi yg belum tw boleh browsing). Ketika anak saya sakit saya langsung tanya agentnya dan dia langsung tanya alamat saya dan mencari RS kelas I rekanan dan alhasil anak saya masuk di RS Siloam. Saya sendiri sampai megerti program yg saya ikuti dikarenakan penjelasan agent saya. Dibandingkan di perusahaan asuransi lain rata2 hanya menawarkan investasi dan jiwa sementara orang2 perlu asuransi tradisional. Mungkin penggalan dari pengalaman saya bisa jadi pertimbangan buat pak Miftakhul. Asuransi sangat penting dan membantu kita dari biaya yang besar asal kita tau program yang kita ikuti.

      Hanya membantu saya bagi siapa yang membutuhkan atau sekedar ingin tahu asuransi Tradisional bisa hub Agent Saya :

      Randy : 0813 7528 9008 (WA)

  12. Hallo Pak. Saya sudah membaca ulasan dari Bapak beserta komentar dari teman-teman yang lain disini. Saya akhirnya seperti menemukan teman senasib. Jujur saya memang buta banget soal investasi. Join dengan axa mandiri sejahtera harapannya saya ada tuntutan untuk nabung tapi ternyata melihat saldo, malah berkurang banyak. Jika melihat kondisi sekarang yang masih pandemi covid, menurut Bapak kan jangan dulu ditutup polisnya. Terus bagaimana cara kita bisa mengetahui ‘oh ini adalah waktu yang tepat untuk menutup polis’, harus cek atau searching apa gitu Pak? Mohon maaf saya betul betul awam banget soal ekonomi. Terima kasih.

    • Halo kak Vera. Patokan saya sih kalau nilai polisnya sudah sama dengan modal yang kita bayarkan, seharusnya sudah ok untuk ditutup. Tp ada kalanya memang sulit mencapai hal ini karena dalam asuransi unit link banyak biaya yang memotong nilai investasi kita. Apabila mau meminimalkan biaya ini maka bisa minta ke pihak asuransinya untuk menurunkan nominal uang pertanggungan, dan juga bila tidak mau bayar lagi lebih baik minta cuti premi ketimbang ditutup dalam posisi rugi

      • Saya sudah mencoba mengirim email konfirmasi ke pihak axa. Mereka menjawab dg melampirkan tabel alokasi investasi dan alokasi asuransi. Mulai tahun keenam, 100% alokasi investasi, 0% alokasi asuransi. Itu maksudnya apa ya Pak. Kebetulan si saya sudah ikut 6 tahun lebih.

        • Mas suami saya ikutan asuransi axa mandiri dari tahun 2015 dengan 2 kali penyetoran yang pertama 25 juta, keduA sama 25 juta. Katanya kalo nanti sudah 5 tahu, kalo suami saya meninggal saya akan mendapat 100 juta. Dan kalo tidak meninggal akan dapat 70 juta. Tapi pas akhir Juli kemarin waktu nya pencairan. Pas ke bank dari pihak axa nya katanya sudah ada 2 kali penarikan . Padahal suami saya belum pernah sama sekali menarik uang nya . Dan sisa nya cuma 8 juta mas. Mereka seolah angkat tangan.. apa yang harus suami saya lakukan ya mas ? Uang yang di asuransikan nya besar kalo menurut kami yang hanya rakyat biasa.. tolong bantu mas. Harus mengadu kemana lagi.

    • Hai kak…. Ini saya sudah ikut asuransi pendidikan sudah jalan hampir 6 taun…dan diperjanjian baru bisa dicairkan disaat 7 taun keatas …dengan info yg seperti ini apa yg harus saya lakukan ?? Sedangkan sudah dijelaskan Dr awal kalo pencairan dibawah 7 taun itu Qt pasti rugi.. dan kemari sebelum covid sempat datang dan menanyakan soal pencairan ..kata cs nya kalo bisa dicairkan pada waktu saham baik dan tidak buruk agar tidak merugi…. Lah ini saya harus gimana kak..dgn infonyg seperti ini ..trimakasih

    • Betul, memang ada risiko polis lapse (tertutup otomatis). Namun hal ini bisa dihindari kalau pertumbuhan investasinya lebih tinggi drpd biaya asuransinya. Makanya saya sarankan agar minta penurunan manfaat supaya biaya asuransinya sekecil mgkn.

  13. Pak mau tanya dong. Jadi saya sedang pertimbangkan untuk beli asuransi kesehatan. Setelah browsing dan banding2kan, salah satu asuransi kesehatan yg menjadi pilihan saya adalah Axa Mandiri SmartCare Executive Individu.

    Tapi setelah baca tulisan Bapak saya jadi ragu. Mohon masukannya, apakah asuransi Axa Mandiri ini recommended? atau mungkin Bapak bisa sharing asuransi kesehatan apa yg bagus dengan budget Rp3jt – Rp4jt per tahun.

    Saya hanya perlu asuransi kesehatan (bukan yg di gabung dgn investasi) utk proteksi diri.

    Terima kasih.

    • Halo. Smartcare Executive itu setau saya produk AXA General Insurance (MAGI) yang tidak memiliki komponen investasi apapun, jadi sebenarnya oke saja sih. Kebanyakan masalah yang dibahas di tulisan ini untuk produk kolaborasi AXA dan Mandiri yang merupakan produk unit link (dengan komponen investasi).

      Kalau saya lihat lihat keterangan produknya sebenernya cukup oke kok karena sudah memiliki penggantian biaya sesuai tagihan,tapi yang cukup disayangkan masih pakai sistem klaim jadi agak repot saja. kalau kompetitor banyak yang sudah sistem cashless jadi uang kita ga keluar sepeserpun di rumah sakitnya.

    • Hallo..
      Saran saya untuk Asuransi buat bapak dan keluarga bisa gunakan AIA nama programnya PHS Plus. Saya dan anak saya sudah ikut program ini sudah 2 tahun. Asuransi kesehatan dengan sistem cashless deposit 11.2 M untuk Wilayah indonesia untuk wilayah luar indonesia deposit cashless lebih tinggi lagi dan juga rekanan RS lebih banyak dan memakai Medix(bagi yg belum tw boleh browsing). Ketika anak saya sakit saya langsung tanya agentnya dan dia langsung tanya alamat saya dan mencari RS kelas I rekanan dan alhasil anak saya masuk di RS Siloam. Saya sendiri sampai megerti program yg saya ikuti dikarenakan penjelasan agent saya. Dibandingkan di perusahaan asuransi lain rata2 hanya menawarkan investasi dan jiwa sementara orang2 perlu asuransi tradisional. Mungkin penggalan dari pengalaman saya bisa jadi pertimbangan buat pak Miftakhul. Asuransi sangat penting dan membantu kita dari biaya yang besar asal kita tau program yang kita ikuti.

      Hanya membantu saya bagi siapa yang membutuhkan atau sekedar ingin tahu asuransi Tradisional bisa hub Agent Saya :

      Randy : 0813 7528 9008 (WA)

  14. Saya baru aja tutup polis asuransi pendidikan AXA yang baru berjalan 2,5 tahunan. Soalnya yah baca2 milis banyak yg meskipun udah lewat 5 atau 10 tahun masih rugi juga loh maksudnya kalau dibandingkan sama premi yang dibayarkan masihjauh lebih besar premi. Saya pun hanya dapat < 40% dari total premi yang sudah saya bayangkan. Sebel banget iya. Saya juga tahu emang kondisi pasar saham sedang anjlok. Cuma saya tetep tutup polis, khawatir semakin banyak uang yang saya bayarkan melalui premi, nilai returnnya juga tetap tidak sesuai yang diharapkan.
    Saya anggap itu sebagai loss saya saja. Dan kapok gak mau ikut asuransi unit link lagi.

    • Nama produknya apa pak? Memang sulit sih pak mengharapkan investasinya balik ke nilai modal awal, tapi kalau memang mau ditunggu biasanya saya sarankan minta cuti premi, alihkan ke reksadana pendapatan tetap, dan minta nilai pertanggungannya dikecilkan sekecil mungkin, jadi polisnya seakan-akan berubah jadi tabungan reksadana gitu, dengan harapan nilainya naik pelan-pelan menutupi kerugian.

      Betul pak, asuransi tidak harus unit link juga banyak yang bagus. malah untuk asuransi jiwa yang terbaik menurut saya yang tradisional.

  15. itu pasti membahas biaya akuisisi. Produk asuransi ada yang memiliki biaya akuisisi, saya jelaskan di artikel ini (https://adriansiaril.com/2019/09/15/kenali-biaya-biaya-asuransi/). Biaya akuisisi adalah alasan utama kenapa investasi di asuransi itu jadi susah balik modal apalagi untung. Berarti di tahun keenam ini kalau bayar premi tidak dipotong biaya akuisisi lagi. Nah perlu di cek polis kak Vera ada bonus loyalitas ga? Kalau ada sebaiknya tutup setelah bonus loyalitas sudah cair, karena bonus loyalitas biasanya ‘menutupi’ atau menggantikan kerugian potongan akuisisi didepan.

    • Kak aku udah ikut axa mandiri sejahtera mapan sejak tgl 24feb 2015. Dan ini sudah tahun ke 5 lebih 5 bulan. Tiap bulan saya dikirimi laporan transaksi ada mandiri tersebut. Sejujurnya saya kaget bukan main ketika melihat pertama kali, total investasi tidak sesuai dengan uang yang saya setor setiap bulan sebanyak 500ribu. Yang seharusnya sudah terkumpul 30juta lebih. Sedangkan laporan terakhir yang saya terima per Juni 2020 total investasi masih hanya sebesar 15juta. Awal awal saya berpikir oh mungkin saham lagi turun, oh mungkin kurs dollar lgi naik rupiah turun. Tapi lama2 saya jadi ragu, apalagi melihat berita banyak nasabah axa mandiri yang kecewa. Saya mau tanya, lebih baik saya tutup polis atau saya lanjutkan 10tahun ? Mohon sarannya. Terimakasih.

      • Dan pada awalnya saya ditawari kalo itu asuransi pendidikan , ternyata saya cek polis nama produknya AXA mandiri sejahtera mapan. Itu bagaimana kak? Mohon pencerahannya

      • hi kak Khristy. Saham turun memang ada kaitan dengan rendahnya nilai tunai yang terdapat pada polis. Namun perlu diingat juga bahwa polis asuransi punya banyak biaya yang memotong nilai investasi anda. Terutama yang namanya biaya AKUISISI itu sangat besar sekali potongannya, jadi 500rb yang kakak setorkan tidak seluruhnya masuk ke saldo investasi. Saran saya sih ajukan cuti premi dulu supaya gausa setor premi lebih lanjut, tapi jangan langsung dicairkan. Tunggu saham kembali ke level normal lagi di harga IHSG 6000-an, baru dicairkan. Minta juga penurunan uang pertanggunan supaya biaya bulanannya turun ya. Panduan Selengkapnya bisa dibaca di –> https://adriansiaril.com/2020/07/07/rugi-asuransi-harus-bagaimana/

  16. Saya sdh ikut asuransi 6 thn 5 bln dgn premi per bulan 489.000 dana saya yg masuk sdh 37jt, tp setelah saya cek cuma 17jt, kemarin saya ikut asuransi u/pendidikan anak . . Bagaimana apa saya lnjut apa stop . .

  17. Sama kak..dengan masalah aku..sdh ikut axamandiri selama 12 thn..perbulan 300 rb..tp saya cek cuma 22 juta ..solusinya gimana ya??terima kasih

      • Kak saya mau tanya saya ikut axa mandiri sudah hampir 7 tahun.
        Per tahun saya membayar 6juta asuransi jiwa.
        Januari saya kasih buku polis ke axa mandiri selang 3mingguan ada tlf dan menyarankan saya bulan 5 tutup polisnya.
        Bilangnya 2mingguan buku polis Akan dikirim kembali pada saya tapi nyatanya sampai mei tidak dikirim akhirnya saya ke axa mandiri lagi berniat langsung ttup polis namun pihak axa mandiri bilang harus menunggu buku polis datang disuruh tunggu lagi sampai 2minggu.
        Dan sampai saat inipun buku polis tak kunjung datang.
        Saya bingung kak…uang yg sudah Masuk 36juta pas januari aku tanyakan hanya tinggal 23juta tapi sekarang malah gak bisa kuambil.
        Gmana ya kak cara bisa cepet cairin soalnya uang mau buat biaya ibuk lagi sakit dan saya pun butuh biaya untuk biaya persalinan 3bulan lagi.

        • Halo. Saya ga paham masalahnya. Kenapa waktu januari buku polisnya dikasih ke axa mandiri? Syarat penutupan polis dimulai dari isi formulir terlebih dahulu. Jadi kalau memang mau ditutup sekarang langsung isi dan serahkan formulir penutupan polis saja

  18. Asuransi axa mandiri pendidikan kak..bagaimana ya jalan keluarnya..apa harus diambil sekarang atau menunggu keadaan membaik..yg menjadi pertanyaan saya..apa mungkin uang yang saya setorkan akan sama dengan jumlah yang akan saya ambil.suatu saat nanti kak?

    • Yang namanya Perlindungan Sejahtera atau Tabungan Rencana? Sekarang statusnya masih bayar premi terus? Kalau unit linknya berbasis saham lebih baik tunggu kondisi ekonomi membaik deh. Lalu ajukan cuti premi aja kalau gamau bayar lagi

      • Pak, maksudnya meminta uang pertanggungan diminimalkan bagaimana??
        Kita bisa mengajukan begtu ke axa???
        Saya sudah 9 tahun ikut perlindungan syariah…ga sampai 50% investasinya…. Kalo menurut bapak ditutup setelah covid, takutnya makin kecil lagi investasinya….

  19. Pak, maksudnya meminta uang pertanggungan diminimalkan bagaimana??
    Kita bisa mengajukan begtu ke axa???
    Saya sudah 9 tahun ikut perlindungan syariah…ga sampai 50% investasinya…. Kalo menurut bapak ditutup setelah covid, takutnya makin kecil lagi investasinya….

    • Halo kak isti. Untuk asuransi unit link bisa minta perkecil pertanggungan. Misalnya awalnya nilai pertanggungan 500jt, kita bisa minta turunkan sekecil mungkin sehingga biaya bulanannya pun menurun. Mgkn bisa ajukan cuti premi dulu kak supaya ga keluar uang lagi

  20. Kak saya dan ibu saya ikut polis Asuransi Mandiri Sejahtera Mapan. Nah sudh jalan tahun ke 4 dengan biaya perbulannya 350ribu. Awalnya ibu saya tergiur karena FAnya bilang ini seperti tabungan, jdi nnt setelah tahun ke 5, kita dapat kembali uang yg sudah dibayar perbulannya. Tapi, setelah dibaca2 dan bertanya dengan CS AXA ternyata kita hanya akan dapat dana jumlah investasi saja. Jumlah invest hanya 7 juta saat ini. Padahal harapan saya dan keluarga bisa dpt kurleb 21juta ditahun kelima. Sebaiknya apa yg harus saya lakukan ya? trims

  21. Pa mau tanya klo ngembatalin polis persyaratannya apa ajah yah ? Apakahh nanti di perumit lagi klo mengajukan pembatalan polis tersebut ?

  22. Utk diketahui bagi semua nasabah axa mandiri apapun programnya saya harap utk stop dan tdk melanjutkan semua kegiatan yg berhubungan dgn axa. Apapun programnya apapun iming iming yg ditawarkannya. Saya adalah salah satu korban kekecewaan pt. Axa yg baru saja saya alami dan bahkan saat ini blm selesai. Dan saya jg berharap kpd semua korban utk secara bersama” melaporkan kasus yg kita alami bersama. Saya jg berteima kasih kpd p. Adriansiaril yg ud mengingatkan kita semua akan permasalahan axa. Dan saya jg berharap kalo p adriansiaril tdk keberatan kami berharap bisa membantu menjembatani utk menyelesaikan permasalahan kami dgn tujuan agar tidak lg ad korban lebih banyak.

    • Halo pak Yadi. apabila ada yang bisa saya bantu maka dengan senang hati saya usahakan. Sejauh ini sudah beberapa orang menghubungi saya juga melalui email untuk saya tinjau polisnya. Saran saya dimulai dari laporan ke otoritas dulu yaitu AAJI dan OJK.

  23. Halo Mas, saya mau nanya.
    Saya baru mulai ikut investasi di AXA Mandiri untuk jenis investasi Dynamic Money Rupiah di bulan Mei 2020. Waktu awal saya mulai investasi memang salah saya kurang melakukan riset terlebih dahulu. Tapi sekarang saya baru sadar kalo produknya ini lebih banyak merugikan daripada menguntungkan, atau setidaknya ya nggak untung tapi nggak rugi. Karena saya baru jalan 3 bulan, jadi dana yang saya invest juga belum terlalu besar. Seingat saya, dananya baru bisa dicairkan setelah 7 tahun, dan kalau sebelum itu memang akan dikenakan denda. Lebih mending saya hentikan sekarang kali ya daripada makin rugi?

    • Halo Mas Hafiz. Dynamic money rupiah itu adalah jenis reksadana investasinya. Yang lebih penting saya perlu tahu nama produk asuransinya, misalnya mandiri sejahtera atau mandiri elite plan? Karena disitulah kita bisa pelajari ketentuan dan biaya nya

        • Mas hafiz buka produk ini untuk proteksi atau investasi? Kalau memang ada tujuan mau proteksi jiwa sih ya pertahankan aja. Tapi kalau tujuan awalnya mau menabung mending stop sekarang karena mending nabung di reksadana atau deposito pasti lebih tinggi hasilnya

        • Saya sdh ikut asuransi sejak september 2012 kira” sdh 8 tahun, dg ansuran 1 jt/bln, sy ikut program yg 5 thn pas jatuh tempo 5 thn uang yg sdh msk kira” 60jt mau sy cair kan tp saldo kira” 46 jt sy merasa rugi. CS nya blg mmg blm kelihatan kalau 5 thn suruh lanjutin kira” smpai thn ke 8 br kelihatan. Skrg sdh th ke 8, sy ke bank saldo terakhir 64,9jt pdhl uang sy sdh masuk 93jt. Sebaiknya bagaimana, minta solusinya. Asuransi yg sy ikuti Mandiri Rencana Sejahtera Plus (HONM). Saya sgt mengharapkan solusinya, sy merasa sgt dirugikan

          • Saran saya cuti premi dulu supaya ga keluar uang lagi. Tapi jangan langsung ditutup. Minta turun uang pertanggungan saja lalu jadikan itu sebagai tabungan Reksadana. Nanti ketika nilainya sudah naik baru dicairkan. info lengkapnya ada di artikel saya yang judulnya MEMINIMALKAN KERUGIAN ASURANSI.

  24. Halo Mas Saya Mau Tanya.

    Saya baru 1 bulan ikut axa mandiri,, baru2 ini saya baru tahu beritanya tentang axa mandiri.

    Kalau saldo rekening mandirinya gk diisi otomatis dinonaktifkan atau bagaimana ya? dan ada masalah kedepannya gk ya?

    Terimakasih

    • halo kak Ian, menutup rekening atau mengosongkan saldo sebenarnya akan membuat masalah, karena jika terjadi gagal debit terus-terusan, anda dianggap surrender/menutup polis anda secara otomatis, dan itupun juga dikenakan denda (bila ada).

  25. Kak @asiaril, saya juga ikut Asuransi Mandiri Sejahtera Mapan, sudah mau jalan 5 tahun dan saya lihat laporan berkala bulan Juni kemarin baru sampai 8jutaan, tapi kalau dihitung yang sudah masuk dari Agustus 2015 (biaya per bulan 350k), seharusnya 21jt. Maaf kenapa bisa begitu ya? Sebaiknya apa yang harus saya lakukan ya? Terima kasih banyak infonya.

    • Karena di produk asuransi, uang yang kita setorkan tidak seluruhnya dimasukkan jadi investasi. ada biaya biaya yang memotong uang kita misalnya biaya akuisisi, biaya asuransi, biaya admin dan lain lain.
      Kalau soal “apa yang harus saya lakukan” ini kembali ke kebutuhan mbak Lia. Mbak lia ketika buka produk ini tujuannya mau nabung atau butuh perlindungan asuransi? Kalau memang masih butuh perlindungannya ya dipertahankan saja. Kalo menyesal dan merasa rugi, mgkn tulisan terakhir saya soal meminimalkan kerugian asuransi bisa membantu

      • Bagaimana dengan produk AXA mandiri yg ditawarkan via telfon / telemarketing, saya sudah jalan 2 tahun dan 2 bulan terakhir ini nominal yg di deposit naik yg awalnya 262.900 menjadi 326.000 jika berhenti apakah bs kembali walaupun tidak full? Sy mulai tahun 2018 bln Oktober jangka waktunya 5 thn

  26. Saya salah satu nasabah axa mandiri dari juli 2017, saya akui saya bodoh karena saya begitu saja percaya pada agen axa mandiri..bahkan saya tak tau axa mandiri yg saya ikuti ini adalah investasi…
    Saat agen tersebut menawarkan pada saya..dya menawarkan sebuah asuransi untuk menabung…jadi setiap bulan kita menabung dengan jumlah yg sama selama 5 tahun dan setelah 5 tahun kita akan dapatkan uang kita tabung tapi di Potong asuransi kesehatan beberapa ratus ribu…
    Ohh pikir saya gak ada slahnya ikut asuransi ini..toh juga nabung…apa lagi dapet asuransi kesehatan juga…bahkan si agen tak pernah menyatakan bahwa di akhir uang yg saya dapat akan bisa lebih banyak…apa lagi lebih sedikit..
    Sangat terkejut saat mendengar berita tentang axa…
    Kecewa iya..kesal iya..tapi saya menyadari ada kesalahan saya juga disana..karena tak teliti…
    Niat nabung malah seperti ini…
    Semoga ada solusi untuk kasus ini..
    Dan pelajaran buat saya tentang semua ini.

    • Halo kak anggy. Menurut saya sih tidak perlu disesali, karena sebenarnya selama ini kak anggy bayar asuransi untuk proteksi diri.
      Yang perlu menyesal sebenarnya adalah bila seseorang membuka polis asuransi dengan harapan menjadi investasi yang untung, nah kalau ini jelas pasti menyesal

  27. Malam Kak barangkali ada yg domisil Pasuruan dan Malang kita bisa bersama-sama melaporkan ke OJK Malang dan tembusan ke Polres terdekat dengan axa mandiri yg kita ikuti programnya. Saya ikut 2 axa mandiri yg 1 sudah berjalan 11 th dan 1 nya 8 th awalnya saya tertarik karena agen bilang ini adalah tabungan pendidikan buat anak dan anak2 yg kita ikutkan program axa mandiri mendapatkan manfaat kesehatan sedangkan saya sendiri mendapatkan asuransi jiwa. Jenis axa yg saya ikuti Mandiri Rencana Sejahterah dan bulan ini rencana saya mau tutup axa saya tapi sangat tidak saya harapkan jumlahnya karena ada selisih sekitar 30 jt an yg saya terima dari yg seharusnya jika saya total 60 jt. Agen axa dulunya bilang pada tahun ke 7 dana bisa diambil semua ato sebagian tapi kenyataannya beda. Dan hanya dijelaskan keuntungan tidak dijelaskan resiko pada nasabah. OJK sudah saya hubungi dan jawabannya juga tidak memuaskan saya dinas dikepolisian rencana senin besok saya adukan ke Polres, tembusan ke Bank Mandiri dan OJK serta LSM. Monggo jika ada yang mau bergabung dengan saya untuk melaporkan hal ini bisa contac saya di 081252717147. Mohon bantuan petunjuk Mas Asiaril…

    • Halo mas Hasanudin. Mas Hasanudin apakah masih memerlukan manfaat asuransi kesehatan dan jiwa nya? Bila tidak maka saya sarankan agar produknya dijadikan tabungan reksadana saja supaya pelan2 kerugiannya bisa tertutupi (dijelaskan di artikel saya yang berjudul MEMINIMALKAN KERUGIAN ASURANSI). Untuk pelaporan ke pihak berwenang harus mencantumkan bukti yang cukup kuat yang bisa membuktikan Misselling alias informasi palsu yang melanggar UU perlindungan konsumen.

      • Haloo, mas asiaril dari penjelasan diatas saya juga merasa tertipu saya ikut asuransi axa mandiri sejak maret 2009, saya mengikuti asuransi pendidikan yang setiap bulannya saya harus membayar asuransi senilai 525.000 rb,, dan kemarin bulan april saya ingin menutup asuransi nya dengan harapan uang nya sesuai ternyata hanya cair sebesar 38 jt an,, dulu waktu ikut asuransi memang tidak dijelaskan soal hal terburuknya,, apa kira-kira yang harus saya lakukan barangkali ada saran
        Terimakasih

        • Hi mbak Indri. Kalau mbak butuh uangnya cepat2 sih maka ga ada yang bisa dilakukan ya selain mengikhlaskan. Tapi kalau mba mau nunggu dan ga buru2 perlu uang, maka ada strategi untuk mengurangi kerugiannya (bukan menghilangkan ya, hanya mengurangi) ini saya jelaskan caranya di artikel lain saya yang judulnya “meminimalkan kerugian asuransi”

  28. Mulanya saya mau ajukan asuransi pendidikan untuk anak saya. Tp saya malah di sodorkan pada program mandiri sejahtera mapan. Saya tidak tahu kalau kontraknya selama itu. Salah saya juga polisnya tidak saya baca. Saya baru ikut baru 4 tahun. Kalau saya tutup polisnya bulan sekarang lebih baik mengingat harga saham makin anjok terus. Mohon sarannya.

    • Hi kak Lina. Statusnya sudah bisa cuti premi belum? Kalau sudah bisa cuti premi sih saya sarankan cuti premi dulu daripada cutloss dalam kondisi rugi parah

  29. Pak bulan kmaren saya di telpondari pihak axa, trus saya setuju, padahal saya belum jelas ngerti, dan baru aja terauto debet, klo saya membatalkan polis apa uang akan kembali?

  30. Dan pada awalnya saya ditawari kalo itu asuransi pendidikan , ternyata saya cek polis nama produknya AXA mandiri sejahtera mapan. Itu bagaimana kak? Mohon pencerahannya

  31. Mas Asriaril, mohon saran. Saya juga mengalami hal yang sama, yaitu pegawai AXA Mandiri menjelaskan produk tersebut investasi sehingga saya masuk menjadi nasabah. Padahal saat itu saya menjelaskan pegawai tersebut mencari reksadana. Waktu tersebut pegawai bilang produk tersebut investasi reksadana dan selanjutnya petugas minta data saya, dan saat polis diberikan saya untuk ditanda tangan waktu itu sudah lewat 14 hari. Saya baru sada setelah saya ttd dan polis saya baca ternyata yang saya ttd tersebut ” Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera”. Dan saya baca dari internet banyak keluhan.Kemudian karena sudah terlanjur saya tunggu satu tahun sambil berpikir, kemudian kemaren waktu tanggal sudah jatuh tempo untuk membayar yaitu tanggal 26 Juni 2020 saya ragu dan membaca info dari internet tapi saat itu saya tidak menemukan tuisan yang dapat memutuskan untuk menstop dan tidak meneruskan, sehingga saya masih mebayar. Kemudian baru sekarang saya membaca artikel ini. Mohon sarannya Mas Asriaril, berikutnya apa langkah saya.

  32. Saya juga ikut Axa Mandiri Rencana Sejahtera dengan embel2 asuransi pendidikan. Jujur nyesel banget karena udah ikut 7 tahun lalu dan belum paham produknya. Nilao investasi sedang anjlok, dan kemarin semapat di hubungi untuk “pengalihan” polis, pengalihan yg mereka maksud itu sama sana suruh tutup polis lama untuk buka polis baru. Padahal kita lagi rugi-rugi nya saat ini malah suruh tutup dan bukanproduk baru, dengan embel2 pengalihan. Untung saya cancel semua. Mereka bilang bahwa ada biaya pinalti kalau polis dicairkan sebelum 10 tahun. Padahal setelah saya hub customer service pusat jelas tidak ada biaya pinalti. Merasa dipermainkan dan ditipu sih. Informasinha bias dan cara mereka jual produk sangat tidak etis.

  33. Kak tadi saya ditelfon, dia menawarkan asuransi kesehatan. Dia nanya terus saya bilang setuju kemudian saya bilang ga setuju itu nanti saldo rekening saya terpotong gak yah ka.

    • Hehe hati hati saja sih, sekalinya bilang setuju biasanya langsung dipotong. Ketika diminta bukti dia bisa saja potong rekaman kakak yang bilang “setuju” lalu sisanya dibuang.

  34. Kak.. saya kan ikut juga asuransi AXA MANDIRI sejahtera mulai febuari 2020 dgn iuran 500 rb per bulan.. trtulis di polis dynamic money rupiah sbesar 100 %.. dana investasi saya sampai saat ini msh di angka 1.9 jtann
    Mnurut kaka saya tutup saja atau gmn yaa.. krna byk sekali kerugian dr tmn” di atas.. kalau tutup saya psti rugi krna biata penutupan max 75 %. Tp kalo saya mau lanjut trus ngerri jg kak

  35. Baru ditrf pencairan asuransi krn benar² butuh uang tp tdk sesuai dg jumlah ketika sy mengajukan tutup polis asuransi krn ga sanggup byr lg untuk bulan² kedepannya. Ketika itu gd 15jt, katanya saham sedang turun dan ada potongan asuransi di 5 thn pertama. Ngelus dada krn shock, dr th 2010 ikut asuransi pendidikan 500rb perbulan sampe bulan Juli kmrn hanya dpt 31jt sudah hilang hampir 20jt. Kenapa total yg sy terima ga sesuai sm yg saya ajukan saat itu? Bener² merasa ditipu, mereka bilang invest ibu akan berkembang trs, dan ketika kmrn pihak ada konfirmasi mau tutup atau ibu trskan dengan invest yg akan berkembang dan lbh bsr lg ktnya. Sudah gada rasa percaya sm sekali, ga amanah…lalu kmn uang sy yg 20jt?? Dan saat buka media online ternyata byk dan sama nasabah yg mengalami kerugian seperti saya.

  36. Baru ditrf pencairan asuransi krn benar² butuh uang tp tdk sesuai dg jumlah ketika sy mengajukan tutup polis asuransi krn ga sanggup byr lg untuk bulan² kedepannya. Ketika itu gd 15jt, katanya saham sedang turun dan ada potongan asuransi di 5 thn pertama. Ngelus dada krn shock, dr th 2010 ikut asuransi pendidikan 500rb perbulan sampe bulan Juli kmrn hanya dpt 31jt sudah hilang hampir 20jt. Kenapa total yg sy terima ga sesuai sm yg saya ajukan saat itu? Bener² merasa ditipu, mereka bilang invest ibu akan berkembang trs, dan ketika kmrn pihak ada konfirmasi mau tutup atau ibu trskan dengan invest yg akan berkembang dan lbh bsr lg ktnya. Sudah gada rasa percaya sm sekali, ga amanah…lalu kmn uang sy yg 20jt?? Dan saat buka media online ternyata byk dan sama nasabah yg mengalami kerugian seperti saya.

  37. Pak, beda Axa Mandiri dgn Axa Financial Ind. apa ya , krn sy ditawari asuransi Axa Mandiri oleh bank Mandiri, sedangkan Axa Fimancial sy ditawari oleh temen yg jg agen . Tks.

  38. Hai Kak mohon pencerahan juga…
    Saya ikutan axa mandiri jangka waktu 5 tahun dan jatuh tempo bulan Juli 2020.
    Dulu di janjikan uangnya kembali 100% kalau tidak ada claim dan akan otomatis masuk ke rekening. Tapi sampai sekarang belum ada.
    Biasanya berapa lama ya kak rentang waktu pencairan dananya?
    Terimakasih

    • Salam kenal mas, saya ikut mandiri elite plan seperti yang mas asiaril ikuti,baru tahun pertama. Melihat kondisi sekarang dengan adanya covid, nilai investasi jadi turun. Karena baru tahun pertama, sebaiknya dilanjut, cuti premi dulu, apa bagaimana ya mas…..
      Saya liat, biaya asuransi akan dipotong pada tahun pertama saja , tahun selanjutnya full investasi, betul seperti itu ya?
      Terimakasih sebelumnya

      • Betul akuisisi hanya tahun pertama tapi tahun selanjutnya tetap ada potongan 5 persen dalam bentuk biaya bid offer. Untuk cuti premi harus setelah tahun kelima nih rese banget memang

  39. Maaf nih ya, Mau ada covid-19 atau pun enggak tetap (-) portofolio nya.
    Orang tua saya ikut program axa mandiri investasi sejumlah 100 juta sudah dari 6 tahun yang lalu, yang pastinya saat itu belum ada covid-19. 3 tahun berjalan portofolio nya ada di angka 55 Juta dan sekarang ada di posisi 44 juta.
    Jika alasannya karena covid-19 5 tahun sebelumnya ngapain aja hingga portofolio bisa (-) 45% lalu saat ada covid-19 gak di cut loss atau di alihkan ke saham lain?
    Yang ngatur portofolio gak punya sertifikat internasional ini ya? Salam tesla-apple-amazon itu naiknya.
    Ini mandiri mem-pekerjakan siapa untuk mengatur portofolio orang?

  40. Halo Mas saya mau tanya, Saya ikut unit link axa mandiri program Mandiri Sejahtera Mapan (HONMN) sejak 2018. Tujuan awal tabungan pendidikan tp ternyata diikutkan unit link asuransi jiwa. Perbulan 500rb. Alokasi investasi Dynamic Money Rupiah. Saldo yg bisa diambil saat ini 6 juta dari total 12juta yg sudah saya bayar selama ini. Setelah terima polis saya merasa ditipu karena tidak sesuai tujuan awal saya. Dan saya yakin asuransi jiwa tdk akan dpt dicairkan karena di polis terkait kondisi kesehatan di isi “tidak” semua pdhl saya jelas pernah operasi sinus menginap 7 hari di RS. Apa yg harus saya lakukan? Apakah menutup dan menerima kerugian 6juta? Terimakasih sebelumnya

    • Halo, saya kurang paham kalimat anda tentang ‘asuransi jiwa tdk akan dpt dicairkan karena di polis terkait kondisi kesehatan di isi “tidak” semua pdhl saya jelas pernah operasi sinus menginap 7 hari di RS’. Uang pertanggungan Asuransi jiwa otomatis cair apabila tutup usia/meninggal, sedangkan kalau tutup polis itu yang cair hanya nilai investasi yang selama ini terbentuk. Kalau melihat cerita anda buka polis 2018 harusnya masih dalam periode bayar akuisi dan akan dikenakan denda apabila mencairkan sebelum tahun ke 5.

      • Lalu apakah jika menutup polis sebelum 5tahun itu uang asuransinya juga akan hilang ? Dan yg kembali hanya uang investasinya saja ?

        • Ini bahas asuransi unit link atau asuransi tradisional? Kalau asuransi unit link maka ada nilai investasi yang bisa dicairkan. Kalau asuransi tradisional beberapa juga memiliki nilai tunai.

          Untuk uang pertanggungan tentu hanya cair kalau tutup usia saja

          • Yang asuransi unit link kak, minggu kemarin temenku ada yg ttup polis.ikut polis yang sejahtera mapan itu, tapi uang yg kembali hanya beberapa persen aja, lalu sisanya kan masuk asuransi jiwa. Lah yg saya tanyakan apakan uang asuransi jiwa itu langsung hangus atau bagaimana ?

          • “uang asuransi jiwa” ini maksudnya apa sih kak cindy? Biaya akuisisi? Tentu tidak ikut dicairkan. Biaya asuransi? Tentu tidak ikut dicairkan. Uang pertanggungan? Tenu juga tidak dicairkan .

            Istilah “uang asuransi jiwa” yang anda sebutkan tersebut sangat ambigu dan tidak ada dalam kamus dunia asuransi. Kemungkinan agen asuransi anda menggunakan istilah tersebut hanya untuk memusingkan anda saja

  41. Hallo mas salam . . .
    Aku masih bingung bedanya unit link dan engga tu seperti apa ya ?saya ikut asuransi mandiri sejahtera cerdas untuk pendidikan anak saya . Ikut dr tahun 2017 saat anak saya usia 3 tahun . Apakah lama nya saya harus membayar premi 25 tahun atau bisa hanya 5 tahun saja ya mas ?soalnya di polis masa tanggungan 25/17 tahun tapi kata FA nya bisa hanya sampai 5 tahun aja lalu minta ditutup bisa . Apakah benar demikian ?

    • Unit link ada komponen investasinya, kalau asuransi tradisional ga ada. Masa tanggungan memang beda dengan periode bayar premi. Bisa saja bayar 5 tahun tapi perlindungan jalan sampai 25 tahun.

  42. Apa ini termasuk unit link ya mas ?saran dr mas lebih baik dilanjut atau tidak yah ?soalnya bnyak asuransi yg mengalami masalah di axa. Saya Jd raguuu juga mas ???. Apakah lebih baik dilanjut sampai tahun kelima dlu aja baru minta stop kah mas ?

    Soalnya kmren juga saya ikut asuransi axahealthy bulanan 600 dan 500 anakku karena pandemi aku tdk bayar 3 bulan Jd cuti. Saat cuti aku memilih stop aja karena memang setelah dipikir kurang baik . Uang dah masuk 13 juta tp gda yg bisa ditarik juga samaaaa kaya kasus temen2 yg lain .tp udh kuikhlaskan aja GPP karena memang penaltiii berhentiii sebelum waktunya .

    Thanks sebelumya udh mau jawab ya mas ???

    • sepenglihatan saya sih iya unit link. Untuk saran sih perlu banyak pertimbangan kak. uda berapa lama bayar, total setoran berapa dan sekarang nilainya berapa. email saya aja

  43. Selamat pagi mas. Terima kasih artikelnya, sangat informatif dan banyak sepertinya pembaca yang terbantu dengan replynya di kolom komentar. Saya tidak tahu apakah komen saya dibaca dan dijawab juga karena sudah banyak sekali yg komen ?

    Saya mau tanya, saya 2 minggu lalu mencairkan AXA Mandiri Sejahtera Mapan. Bulan Agt kmrn saya sudah 6 thn inves, per bulan 350 rb. Kalau di total, jumlah disetor 25 jt. Tapi waktu saya mencairkan kmrn perkiraan dapatnya 11 jt. Katanya dulu memang 5 thn pertama akan ada potongan premi untuk kesehatan (?) sisanya investasi (?).
    Saya mencairkan jg krn takut ada cerita2 tdk bisa cair. Sampai skrg, AXA blm menghubungi saya lagi, tp pendebetan sdh distop. Apa menurut mas saya terlalu cepat menutup asuransi?
    Terima kasih mas, jika berkenan mohon dapat dibalas. Semoga sukses dan sehat selalu ?

    • “terlalu cepat” atau tidak itu tentu jawabannya berbeda untuk tiap2 orang. Secara umum saya selalu anjurkan untuk tidak cepat2 mencairkan polis asuransi apalagi dalam posisi rugi banyak. Tapi bilamana memang ada kebutuhan uang dan asuransi bisa dicairkan, maka keputusan ini juga tidak bisa dibilang salah.

  44. Saya sdh mjd nasabah axa selama 7 th lebih, bulan juni lalu saya dirawat keluar rs tgl 19 dan ketika pengajuan klaim dari tgl 26 sampai sekarang blm ada kabar,kecewa bgt.

  45. Selamat siang pak

    Mau cerita dan butuh saran pak

    Salam kenal, nama saya yuni.
    Per hari ini, Rabu 02 September 2020, saya ke bank mandiri, kemudian di tawarin untuk ikut Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera.
    Ketika di jelaskan, ini semacam menabung untuk jangka panjang dan ada bunga nya.
    Setelah membaca di web bapak dan komentar teman² yg lain nya, saya jadi ragu, apalagi kerugian yg teman² alami.
    Saya mau urungkan niat saya mengikuti asuranasi tersebut.

    Tetapi, saya tadi sudah isi data formulir, kata nya nanti akan di telepon atau di email. Kalo saya abaikan apakah secara tidak langsung saya memang membatalkan apa gimana ya pak?

    Mohon saran nya pak, yg jelas saya tadi sudah menandatangani di atas materai 6.000, apakah secara tidak langsung saya menyetujui utk tiap bulan di potong Rp 500.000?

    Terimakasih banyak sebelumnya pak

      • Mau nanya kan di tabungan deposito ada 400 jt ke dapat perbulannya 1jt300 terus sya ikut asuransi axa mandiri dipotong setiap tahunnya 100 jt apakah otomatis pendapatan perbulannya 1jt300 jd berkurang misalnya cuman 1jt saja perbulannya

  46. Saya punya 2 asuransi di axa mandiri mulai mei 2015 dan september 2015, jatuhtempo 7 dan 8 oktober 2020. Nama produk Asuransi Mandiri Sejahtera Mapan. Jenis investasi attractive Money Rupiah dan Excellent Equity Rupiah. Setiap bulan polis 1 : 500rb total investasi skrg hanya Rp. 15jutaan; polis 2: 1juta total investasi Rp.30jutaan. Apakah saya harus tutup tgl 8 oktober, dg nilai tsb sehingga saya merugi 50% utk masing2 polis, ataukah saya biarkan aja dulu sampai kapan ya mas? mohon pencerahannya

  47. jangan percaya produk axa titil, jangan banyak bacot! saya nasabah axa mandiri financial asuransi pendidikan, mana saya rugi 20 jutaan lebih, kalau ditabung normal 45 jutaan, bayangkan amblas 50%, coba bayangkan invest 100 juta, bukan untung amblas 50% , anda masih mau dibujuk rayu, ! saya akan tutup kalau saldo saya sudah agak enak, titik, jangan percaya AXA ..!

      • Om saya barusan di telefon orang axa nawarin asuransi kesehatan. Setelah dipikiran lagi sepertinya saya tidak membutuhkan asuransi tersebut. Gimana cara buat batalinnya ya om? Sedangkan polisnya belom saya terima, butuh waktu berapa lama untuk polis tersebut sampe ke kita? Dan perhitungan 14 hari masa pembatalan saat pembelajaran polis itu dihitung mulai kapan yaa om?

    • Mas, mau tanya, minggu lalu saya ditawarin produk axa asuransi mandiri perlindungan sejahtera yang alokasi dana nya ditujukan ke MANDIRI EQUITY MONEY RUPIAH. setiap bulannya di auto debit 700k selama minimal 6 tahun. Katanya biaya akuisidi pada tahun ke 1 maksimal 70% dari premi dasar dan untuk tahun ke 2 dan seterusnyactidak dikenakan biaya.
      Saya masuk produk ini diiming imingi pasti untung dan paling rendah dapat imbal hasilnya 5%, setalah saya browsing ternyata axa mandiri punya banyak masalah… sebaiknya saya gimana ini mas? Mengingat saya baru di auto debet sejumlah 700.000 saja… tujuan saya untuk investasi.
      Sebaiknya saya batalkan atau bagaimana mas?

  48. Saya ikut axa mandiri yang money dinamic rupiah dari januari 2020
    Tiap bulan saya mendapat email tentang besaran investasi saya..
    Sebagai orang awam saya merasa heran, karena saya membayar 500rb/bl sampai agustus harusnya 4jt.. Tapi di email besaran investasi saya kok hanya 2.353.504
    Saya harus bagaimana? Tetap lanjut atau berhenti saja?
    Bagai buah simalakama kalo saya lanjut takut lebih besar kerugian yg saya dapat. Tapi kalo berhenti takut juga kena pinalti.. Mohon masukannya….

    • kalau liat umur polisnya masih muda ya belum genap satu tahun. Sepertinya kalaupun anda stop sekarang, akan ada denda pencairan deh. Jadi 2 juta nya dipotong denda lagi.

        • bapak merasa perlu perlindungan nya ga? Kalau merasa perlu ya lanjutin aja, jangan anggap asuransi namun anggap benar2 beli asuransi

          Namun kalau bapak menyesal ya sudah batalkan saja dan relakan kerugian nya karena gabisa diapa2in lagi

  49. Saya ikut axa mandiri pendidikan..sudah 11 tahun..uabg yang saya setor sudah 40 juta an..tp saldo 23 juta saja..saya bingung mau saya ambil rugi..diteruskan juga gak nambah2 saldonya..mau cuti premi katanya kena administrasi mengurangi uang..aku harus bagaimana ya pak..tolong dibantu..

  50. Saya ikut axa mandiri pendidikan..sudah 11 tahun..uang yang saya setor sudah 40 juta an..tp saldo 23 juta saja..saya bingung mau saya ambil rugi..diteruskan juga gak nambah2 saldonya..mau cuti premi katanya kena administrasi mengurangi uang..aku harus bagaimana ya pak..tolong dibantu..

      • Mas saya mau tanya,,, saya ikut asuransi axa mandiri kesehatan, pertahunnya saya 1.8jt,ditahun keenam ni saya tutup polis saya d tgl 7 sep 2020, pdhl jatuh tempo nya 21 sep. Setelah saya cek lwt atm, knp kok blm cair ya? Kn sudah jtuh tempo per tgl 21 sep… Kpn kira2 cairnya ya. Terus saya butuh kepastian krna buat biaya lahiran….

        • Kalau untuk hal tersebut saya juga tidak tahu bu karena tergantung SOP mereka sedangkan saya tidak bekerja di Axa Mandiri. Saran saya Coba telpon cs mereka untuk ditanyakan

  51. Salam mas asiaril,
    Saya single mom dgn 2 org putri msh kecil + saya nasabah mandiri. Saya minta saran untuk asuransi jiwa dan kesehatan baiknya pake mereka atau apa yah? ( liat artikelnya jadi ragu), Soalnya mengajukan ke manul*f* karena ada thyroid saya tdk dicover tiroidnya dan dapt info klo di axa di th ke 4 baru dicover. Mohon sarannya yah. Trims sebelum dan sesudahnya

    • Untuk penyedia asuransi apapun biasanya mereka memang ga cover penyakit atau kondisi yang sudah ada sebelum pengajuan. Untuk asuransi jiwa saran saya pilih yang whole life saja

  52. Saya ikut axa mandiri, dengan uang 20.000.000, udah berjalan 5 TAHUN, dan sekarang saya mau putus axa mandiri, sekarang saya terima uang nya dengan di potong 3.500.000 dikarenakan katanya ada corona 3 bulan terakhir ini, itu yang 5 tahun kemana, itung2 annya gimana ni..? Saya pribadi tidak terima dengan ini dan sangat kecewa sama axa mandiri. Saya mohon penjelasannya itu bagaimana, ngomong nya aja manis ……

    • Kemungkinan krn ada biaya akuisisi dan biaya asuransi bulanan. Menurut saya dengan kondisi investasi saat corona, kerugian bapak justru termasuk cukup kecil (coba baca komentar2 lain ruginya lebih parah). Kalau mau sabar ya tunggu bentar investasinya diharapkan pulih dulu barangkali bisa balik modal bahkan siapa tau untung

  53. Permisi mas,
    saya coba share problem yg d alami saat ini,

    saat ini saya lg ikut asuransi kesehatan axa mandiri, dan yg saya ikuti ada 5 asuransi kesehatan milik AXA,
    Nah, karena masa pandemi ini – saya sejak bln juni kemaren udah ga nyetor lg.
    dan dr pihak axa sudah beberapa kali nelpon nanya ttg hal tsb.

    saya pun udah jelaskn, saya blum dpat memenuhi kewajiban utk nyetor…

    terakhir axa nelpon kalo ga salah hari sabtu kemaren utk aktifkn kembali polis saya, dg tenggat waktu sd november.

    yg ingin saya tanyakn, apakah jika sampai tenggat wkt november saya ga bisa nyetor, apakah polis saya hangus..??

    • tergantung ini asuransi unit link atau tradisional. kalau asuransi tradisional ya sudah pasti hangus.
      kalau unit link coba aja tanya bisa cuti premi ga

  54. Saya ingin bertanya. saya sudah terdaftar di axa mandiri 2thn pembayaran ada 2 polis total 560. jika saya stop apakah dana saya akan kembali atau hangus ?

    Noted: sy awam juga di tawarin produk via call iya2 ajah smpe skrng malah belum dapet nmr polisnya juga ga berasa di potong terus tiap bulan. baru keritis ketika saldo di atm udah menipis sisa sejuta malah kebabat potong otomatis axa hihihi

  55. Mohon masukan, saya awam masalah asuransi, barusan saya di tilpon kakak yang suaminya baru saja meninggal 2 minggu yang lalu. Katanya barusan dari bank mandiri, ternyata mengikuti Asuransi Mandiri Proteksi Penyakit Tropis selama 3 th dan berakhir 19 Sep 2020, dan Asuransi Mandiri Jaminan Kesehatan Data Polis selama 5 th berakhir Februari 2021. Karena saya awam…saya broshing Info Mandiri kok sepertinya tertutup, akhirnya menemukan artikel Bapak Asiaril dan saya baca mulai atas…kasus-kasus yang ada…ternyata seperti itu. Saya mohon pencerahannya karena kakak saya tinggal di Pasuruan, saya tingga di Malang, sama-sama Jawa Timur. Yang saya inginkan pencerahannya, berdasarkan informasi yang saya terima, tadi kakak dari Bank mandiri disarankan oleh petugasnya untuk yang 3 th distop saja (dihentikan) tapi yang 5 tahun karena tinggal beberapa bulan dilanjutkan saja, padahal petugasnya sudah tahu kalau kakak tadi membawa surat kematian. Apakah langkah ini sudah tepat dan benar? terimakasih. Karena kakak saya tadi saya tanya ndak bisa berfikir panjang…dan ndak tau kondisi AXA seperti ini. Saya saja baru nggeh saat baca artikel ini. Matur nuwun

    • Halo pak Junaidi. Mohon maaf saya kurang paham pertanyaan nya apa ya? Karena ini banyak informasi yang kurang relevan. Apa bisa dijabarkan ulang secara singkat, apa yang ingin ditanyakan?

  56. oh ya tambahan, untuk yang 3 tahun, jika sampai 19 oktober 2020 tidak dihentikan akan perpanjang secara otomatis, info petugasnya

  57. Selamat sore kak,
    Saya termasuk entah korban atau emang saya yg salah sendiri.. karna baru saja tadi siang saya mengiyakan untuk bergabung asuransi kesehatan polis selama 3 thn yg ditawarkan via telepon, dengan biaya autodebet perbulannya 200rb yg katanya itu diwajibkan utk semua nasabah mandiri secara paksa dengan suara mbak2 yg begitu manis *katanya.
    Kemudian saya menyesal dan ingin membatalakan, mencari info lewat internet dan membaca artikel ini, dan benar banyak masalah/keluhan/penipuan.
    Saya mau tanya untuk membatalkan dengan cepat bagaimana ya? apa boleh dengan cara mengosongkan atm mandiri selama 3 bulan akan batal secara otomatis?
    Sebelumnya ini saya sudah kontak cs via email yaa dan mencoba telepon cs axa tetapi tidak bisa nyambung.
    Terimakasih

  58. Maaf saya mau tanya. Saya ikut program inves msm.. Perbulan 350 start dari Januari 2018 di perjanjian awal sy mau kontrak 3 th aja tp sm FA dibikin 5 th.itu sy baru tahu 1th kemudian …. Saya malas mau sambung premi sbb keluhan dari masyarakat yang udah lebih 5 th aja duit yg disetor ama nilai inves susut nya banyak.. Kemaren sy tutup polisi… Duit yg terdebit total selama 34 bukan 11.9 jt.. Axa jkrta hanya mengganti 4.7 jt aja.. Mmg saya salah terlalu percaya pd org fA pdhal sy awam soal inves.. Saya rugi 7.2 jt. Sy mau lapor ke ojk gimana caranya ya.

    • Pak, saya 5 tahun lalu saya ikut Axa Mandiri dengan Autodebet 500ribu/bulan kalau gak salah nama programnya VCS, tapi setelah membaca keluhan-keluhan korban Axa Mandiri saya jadi takut meneruskannya, dulu saya hanya ditelepon kemudian diprospek Setuju dengan iming-iming keuntungan lebih besar dari deposito, kemudian tabungan saya berkurang terus tiap bulan ditarik 500ribu. Apa yg harus saya lakukan? Kalau diteruskan sampai 10tahun saya takut bernasib lebih parah lagi? Bisa-bisa ribut dengan isteri karena salah masuk asuransi?

  59. Pak, saya tgl 15 okt 2020 jam 10 kemarin membuka rekening di mandiri, setelah cs selesai memroses rekening saya dan saya tinggal setor utk pembukaan rekening,cs mengarahkan dokumen saya ke salah satu meja petugas. Disitu saya dijelaskan mengenai produk2 bank mandiri,saya berfikir itu tabungan rencana Krn disitu dia menjelaskan tidak ada admin dan pajak,tidak ada penjelasan yg mengarah ke asuransi. Dari situ saya setuju (Krn berfikir tabungan rencana bukan asuransi)ambil dgn jngka waktu 2thn dgn iuran 500rb. Tetapi jam 3 sore saya mendapat email dr AXA mandiri dan ternyata yg saya ikuti td asuransi,saya kaget Krn sedikit tau kalo nasabah asuransi banyak ruginya. Keesokan harinya saya TLP costumer care yg dijakarta utk pembatalan tetapi data saya blm masuk,saya diarahkan lngsung ke FA tempat saya daftar. Dan saya baru aktif hari ini tgl 16. Sama FA saya dilarang TLP atau kirim email ke AXA mandiri.tetapi sebelumnya saya sudah kirim email pembatalan ke AXA mandiri. Dan saya mendapat balasan kalo bisa dibatalkan tetapi dana yg dikembalikan dipotong biaya 300rb dari jumlah iuran 500rb padahal baru sehari aktif.
    Bagaimana biar dana saya bisa kembali paling tidak nggak rugi sebanyak itu?

    • halo mba Nurul. setau saya kalau 14 hari dibatalkan masih bisa balik hanya dipotong 100rb, kalau potongannya 300rb sih ya berarti sudah lewat masa ‘free look’

      kalau memang mau dibatalkan ya relakan saja uang 300rb tersebut, daripada kedepannya rugi makin banyak.

  60. pagi kak
    saya sudah ikut unit link di axa mandiri dengan jenis investasi Attractive Money syariah terhitung januari 2011 per bulan 1juta dan di debet setiap 3 bulan sekali, jika di hitung secara normal jumlah dana yang saya setor 120 juta, krn bulan ini baru saja di debet 3juta , artinya genap 10th saya ikut AXA mandiri, tetapi saat ini laporan transaksi yang saya terima hanya Rp 65..377.065 atau rugi 55Juta..Mohon sarannnya apakah saya tarik dg kerugian ini atau saya biarkan sampai minimal jumlah saldo sama dg nilai investasi saya. tks

    • Bagi korban Axa Mandiri, saya sarankan tutup saja asuransi Axa Mandiri. Tarik uang yg masih tersisa, Asuransi itu Penipu. Lihat saja kasus Jiwasyraya bangkrut, Bumi Putra Gagal bayar, Axa Mandiri menipu klien. 3 kasus asuransi hancurkan nasabah, kalian masih percaya dengan asuransi? Sampai kapan kalian hidup dengan harapan palsu dari para marketing Asuransi? Kalau mau investasi, investasilah di tempat yg benar, investasi kok di Asuransi? Yg kelola uang pun gak benar main di saham sahamnya gorengan. Kalian tau uang asuransi itu berasal dari mana? Dari main Saham. Itu yg diiming-imingi pihak asuransi kepada calon nasabahnya kalau untung. Faktanya trader saham asuransi kelas anak SMA baru lulus semua, dibelilah saham-saham gorengan, hancurlah saham digoreng bandar. Asuransi itu bisnis mafia, tapi wajarlah saya pernah ngobrol dengan perampok di terminal, mereka bilang cari uang Haram saja susah Bang, Apalagi uang Halal? Mulai sekarang bos-bos terhormat, catat kata-kata Perampok itu. Asuransi hanya penipuan yg terorganisasi, 10-15 tahun lagi anda-anda akan menangisi keputusan anda ikut asuransi karena ditipu habis-habisan. Kalau mau investasi di tanah, emas, mata uang dollar. Nilai tanah selalu naik, nilai Emas selalu naik, nilai dollar selalu naik. Sekarang saya tanya, modal anda-anda balik gak? Anda untung dari asuransi? Nol besar, asuransi itu SAMPAH. Orang-orang yg bekerja di asuransi itu SAMPAH. Lebih kasihannya Polis perjanjian omong kosong yg diiming-imingi pihak asuransi akhirnya jadi SAMPAH bersama hilangnya harapan dan uang klien. KASIHAN. Bos Jangan Hapus ini, biar semua orang baca betapa SAMPAHnya Asuransi itu, Atau anda tergolong Antek-Antek Asuransi? Asuransi SAMPAH

  61. Hi Kak Adrian, saya Daniel.

    Saya juga ikut AXA mandiri tabungan pendidikan kontrak 7 tahun, start Jul 2018 sampai sekarang, premi 1jt/bln.
    Banyak juga teman teman yg mau cairin dana, tapi seperti yg sudah kakak info agar bersabar dan menunggu hingga kondisi membaik.
    Kapan kita tahu kalau saham sudah/akan membaik? Mohon advice nya kak.
    Terimakasih sebelumnya.

      • Jika sudah di atas 5500, besar kemungkinan saldo AXA kita akan kembali 99%?
        soalnya di tahun ke 2 ini saldo saya hanya 14jt, yg harusnya 20an.
        Thanks kak

        • Hi pak Daniel. Kalau bicara “kembali 99 persen”, jujur saja MUSTAHIL. Kecuali ada keajaiban atau mujizat yang sifatnya magis ya (misalnya index loncat ke 700 Karena kan selama ini nilai polisnya sudah dipotong biaya asuransi, biaya akuisisi, biaya administrasi, dll.

          Jadi saran saya hanya untuk meminimalisir kerugiannya, bukan menghilangkan total ya.

          Inipun saya menganjurkan turun uang pertanggungan supaya biaya bulanannya ga berat.

          • Hi Pak Adrian, kalau MUSTAHIL ngapain diterusin ya ?
            Program ini hanya untuk merugikan nasabah dong, dengan kerugian minimal! masih ga paham Pak 🙂

          • Ya terserah pak Daniel strateginya gimana. Kalau strategi saya ya minimalkan (bukan menghilangkan) kerugian dengan cara nunggu saham pulih. Tapi misalnya pak Daniel memang mau mencairkan sekarang ya monggo aja. Tapi jangan menyesal kemudian hari, misalnya seandainya bapak mau sabar nunggu mgkn ruginya hilang atau paling jadi 5 persen doang. Sekali lagi, itu uang anda. Bukan urusan saya, saya cuma kasih saran yang menurut saya terbaik. Mau percaya, ga percaya, keputusan ditangan anda. Toh saya ga dibayar dan ga dapet keuntungan apa apa kan?

  62. wah info bermanfaat nih pak. mau baca polis saya dulu. kebetulan kemarin kk saya yg bukain nih polis, posisi saya sedang di luar negeri waktu itu.

  63. bang saya ada kirim email, terkait asuransi axa mandiri sejahtera cerdas 25, tipe investasi, saya dah berjalan 3 tahun, apakah ini bisa di tutup, dan berapakah yg bisa saya klaim. terimakasih banget bantuannya

  64. mas mau tanya emang kalo di asuransi itu apakah kita bisa lihat uang kita itu di taruh di saham apa aja katakanlah seperti di reksadana

  65. Kak mau tanya ini saya bilang setuju di telphone kalau misal di 3 bulan kedepan saya kosongkan dana di rekening agar tidak terpotong otomatis apakah masih aktif atau bagaimana ? Terimakasih

  66. Halo kak, Hari ini tgl 30 Nov 2020 saya ke bank mandiri dan di tawarkan program simpanan dana hari tua oleh mandiri, sebenernya saya agak bingung dan saya pikir itu investasi makanya saya iyain aja dan td saya sudah isi formulir. Tapi sesudah dirumah saya mencari tahu tentang program yg tadi ditawarkan, ternyata banyak masalah dan kasusnya. Saya jadi ingin membatalkan, saya belum bayar premi sama sekali, karna td saya bilang bulan depan aja bayarnya dan akan di autodebet ke rekening mandiri saya. Saya bingung harus bagaimana skrg? Apa saya tutup aja rekeningnya, buat baru? Tp td pas saya isi formulir dan tanda tangan “dia” hanya liat ktp. Kalo saya buat rekening mandiri yg baru, apa akan ke detect dan ke auto debet jg ga ya? Mohon bantuannya.

  67. Mas, mau tanya, minggu lalu saya ditawarin produk axa asuransi mandiri perlindungan sejahtera yang alokasi dana nya ditujukan ke MANDIRI EQUITY MONEY RUPIAH. setiap bulannya di auto debit 700k selama minimal 6 tahun. Katanya biaya akuisidi pada tahun ke 1 maksimal 70% dari premi dasar dan untuk tahun ke 2 dan seterusnyactidak dikenakan biaya.
    Saya masuk produk ini diiming imingi pasti untung dan paling rendah dapat imbal hasilnya 5%, setalah saya browsing ternyata axa mandiri punya banyak masalah… sebaiknya saya gimana ini mas? Mengingat saya baru di auto debet sejumlah 700.000 saja… tujuan saya untuk investasi.
    Sebaiknya saya batalkan atau bagaimana mas?

    • Kalau memang tujuan anda untuk investasi sih ya jangan di asuransi mas, rugi. Meskipin 70 persen doang di tahun pertama tapi itu berarti, jangan lupa juga axa mandiri ada selisih 5 persen harga masuk dan harga keluar. Lebih baik batalin aja, relakan 700rb nya hangus lalu silakan mas Alfian nabung di reksadana yang jauh lebih menguntungkan

      • Itu hangus semua berarti ya mas? Mengingat saya jadi nasabah belum genap 7 hari mas?
        Di internet ada yang bilang coolinh off, maksudnya apa ya mas?

        • Kalau belum 7 hari harusnya dikembalikan mas, paling dipotong 100rb saja untuk denda. Hubungi secepatnya mas via form maupun email agar diurus sebelum 14 hari

  68. Min, mau nanya
    saya kan baru ikut produk axa mandiri yg solusi dana hari tua, dengan premi 500rb per bulan.
    saya ikut dari januari 2021 yang lalu. Melihat banyak komen” negatif. Apakah lebih baik saya tutup polis saja ? dan jika tutup polis berarti premi yang telah disetorkan akan hangus ?

    • Tidak hangus seratus persen, tp denda potongannya bisa 80 sd 90 persen. Kalau memang menyesal mending tutup skrg sebelum kerugiannya lebih banyak

  69. Kak saya mau tanya dari artikel kakak dan setelah baca komen2nya, ada di sarankan tidak terlalu cepat menarik uang karena mungkin sahamnya lagi turun maka nilai investasi juga turun. Cara tau saldo kita tinggal berapa agar tau saat tepat menarik saldo gimana sih kak? saya pernah coba cek saldo via sms dg ketik SAL NO.polis ke 67999 namun malah menerima balasan ” Maaf, No polis yang anda masukkan salah”.
    saya sendiri juga ditawarkan oleh agen FA Produk asuransi dg investasi yg dikatakan bahwa uang bisa diambil minimal 5 tahun, nanti 4 tahun pertama akan ada biaya administrasi, jadi kalau diambil pada tahun ke-5 jelas belum ada keuntungan karena yg 4 tahun pertama masih kepotong administrasi banyak.
    karena ini sudah 5 tahun saya sebenarnya ingin menarik saldo saja jika kerugian hanya sekitar 5-8 juta, namun kalau kerugian lebih dari itu saya rasa juga masih belum mau saya tarik, ingin mengambil saran dr artikel kakak yg jangan terlalu cepat menarik uangnya itu.
    dan jika saya belum ingin menarik, jika saya ajukan cuti premi, apa yg terjadi kak? apakah uang yg saya inves masih diputarkan ? atau hanya diam?
    Terimakasih sebelumnya kak.

    • Tergantung perusahaan asuransi nya ya, namun pada umumnya sih dikirimkan mutasi transaksi setiap bulannya seperti rekening bank. Disana bisa dilihat nilai unit link serta biaya bulanannya. Bisa juga dengan email atau telpon ke customer service perusahaan asuransi terkait. Lebih baik email sih supaya gratis ga buang pulsa

      • memang benar kurangnya literasi asuransi itu nyata adanya ya Mas. setelah saya cek email memang dikirimkan laporan setiap bulannya berapa nilai investasi saya. sampai akhir bulan ini nilai investasi saya hanya 22jutaan, padahal kalau menabung biasa bisa 36juta.

  70. Hati-hati dengan Axa Mandiri, apalagi jika dibuat direct debit pembayaran dari rekening. Setelah diberikan janji manis di awal pada saat pembukaan polis, mereka akan mencari cara-cara tertentu untuk bs mengambil dana secara paksa tanpa konfirmasi. Pada saat diminta pencairan, akan disengaja untuk ditunda semaksimal mungkin dengan alasan “tidak bs menghubungi nasabah untuk konfirmasi” atau “pengisian formulir salah”dan “sistem nya memang seperti itu” padahal permintaan konfirmasi melalui telpon selalu dilakukan mendadak tanpa janji dan formulir sdh dicek di awal pada saat diterima pihak Axa Mandiri. Setiap kali ada kesalahan akan dibilang dibutuhkan tujuh hari kerja lagi dihitung bkn dari awal melainkan dari waktu penelponan akhir yang terus sengaja ditunda2 sampai berminggu2. Ini strategi yg sangat tidak etis untuk delay semaksimal mungkin pencairan dana supaya pihak asuransi bisa terus mendapatkan return dari uang nasabah.

  71. Selamat sore, kak mau nanya kan saya bukakan asuransi ibu saya, awalnya mau buka deposito tpi di tawarkan asuransi mandiri secure wealth plan 5, apakan pas jatuh tempo d thn k 10, dana kembali 100%, soalnya ini asuransi baru dri axa mandiri dan banyak yg sudah cap jelek asuransi axa mandiru jadi makin takut. Mohon bantuannya kak🙏🏻

  72. Mau tanya pak…saya nasabah axa mandiri sejak 2013. Dg berbagai pertimbangan akhirnya skrg kami rencana memutuskan utk berhenti pak karena sudah kehilangan uang sekitar 16jutaan. Tapi ternyata ada opsi cuti premi. Tp kami kurang paham tentang cuti premi ini pak. Katanya dari saldo yg tersisa sekitar 21 juta, akan ditinggalkan 5 juta namun kami tidak kehilangan manfaat nya. Ini mksdnya sampai kapan y pak? Apakah ada batasan waktunya? Atau bagaimana pak?
    Terima kasih atas penjelasannya pak..

    • Iya, ada batasan waktunya.
      jadi sisa 5 juta itu uangnya akan berkurang terus untuk membayar biaya asuransi bulanannya.
      Kalau nanti 5 juta nya sudah habis semua, maka manfaat asuransinya juga akan berhenti

  73. Izin bertanya pak, awalnya saya ikut axa mandiri untuk biaya pendidikan anak saya cuma karena ini asuransi pertama jadi saya ga tau jenisnya apa. Hanya saja pada saat ditawarkan informasi Agennya setelah 5 tahun uang akan kembali sesuai yg kita setor. Akan tetapi belakangan saya cek ternyata namanya Dynamic money rupiah, apakah uang saya masih bisa kembali sesuai yg saya setor atau tidak karena bulan ini tepat 5tahun saya ikuti. Dan ketika saya cek saldo terakhir angkanya masih jauh.

    • Pada dasarnya sih untuk nilai tabungan di asuransi seperti itu, tidak pernah dijamin bisa kembali 100% dalam jangka waktu tertentu, apalagi banyak biaya biaya yang memotong nilai tabungan seperti biaya asuransi dan biaya akuisisi.

  74. Hari ini saya mau buka tabungan deposito mandiri 100jt tp oleh pihak FA diarahkan utk ikut asuransi axa mandiri secure wealth yg 10th per thn 12jt. Jd 12jt sdh saya bayarkan ke Axa melalui bank mandiri. Saya tergiur karena penjelasannya setelah thn ke 11, 12, 13, 14 saya dpt pengembangan 5jt dan di thn 15 saya dpt 50% dr UP 96jt. Jd thn ke 15 saya dpt 150jt an dan lgsg cair ke rekening. Apabila selama masa asuransi berjalan meninggal dunia maka saya dpt UP sebesar 96jt dan apabila meninggal krn kecelakaan dpt 144jt. Tp setelah saya baca komen mengenai axa mandiri saya jd ragu, tp saya bingung kan uang saya sdh masuk 12jt. Sedangkan polis blm saya dapatkan krn tunggu konfirmasi via tlp dlu katanya. Pertanyaan saya sebaiknya apa saya lanjutkan atau batal saja? Klo lanjut apakah aman? Klo ga lanjut apakah uang 12jt saya bisa kembali?

    • maaf nanya Bu
      saya barusan ditawarin produk yang sama dengan Ibu dan saya memutuskan untuk ikut per tgl 28 Juni 2022 dengan setoran awal 12jt
      mohon masukannya apa yang harus saya lakukan?
      jika polis saya batalkan apakah uang 12jt saya bisa kembali?
      terimakasih

  75. Mas mau tanya kalo ikt asuransi mandiri secure wealth dari Axa mandiri itu termasuk obligasi ya? Dan itu aman atau gk ya mas? Klo bole di share resiko nya apa aja sepengetahuan mas?

  76. Mohon arahan
    Saya menabung di axa diawal kami sdh menyampaikan tidak ikut asuransi jiwa tapi di tawari asuransi pendidikan tanpa asuransi jiwa dan kami ikut axa tabungan pendidikan utk 2 anak dgn nilai premi @650rb/anak

    Setelah berjalan 8 tahun anak pertama kami kuliah dan membutuhkan dana dan nilai manfaat atau tabungan kami selama 8 tahun hanya di hitung terkumpul 41 jt-an saja yg bisa diambil dgn alasan nilainya kursnya menurun disini kmi sangat dirugikan ternyata diam2 diikutkan asuransi jiwa sepihak yg beban/potongannya sangat besar

    Dan kmi memutuskan utk menutup polis 2 anak2 kmi … mohon saran apakah kami bisa melayangkan pengaduan kmi kmn atas ketidaknyamanan ini
    Trimakasih atas responnya

  77. Selamat malam kak, saya baru mengikuti axa mandiri, dana tanggungan yg saya ikuti 60jt/THN dibayar selama 5 thn, dan akan cair utuh pada THN ke 10, dan pada hari ini baru berjalan 16 hari dari polis elektronik diterbitkan. Dan saya tidak diberitahukan akan ada diberikan tenggat 14 hari utk mempelajarinya dan bisa dibatalkan dg kurun waktu minimal 14 hari, dan hari ini masuk hari ke 16, dan saya ingin membatalkannya. Dan saya udh menemui agen nya di bank. Dr PHK bank mengatakan bisa dibatalkan tp dana 60jt hangus.. jdi sebaiknya dilanjutkan.. katanya udh diberikan tenggat waktu 14 hari utk mempelajarinya. Pada saat pengajuan PHK agen tidak memberitahu sama sekali perihal ini. Bahkan polis elektronik n polis bentuk fisik yg dikirim pun tidak tercantum sama sekali pasal-pasal nya, berbeda dg bank swasta yg lain.. bagaimana cara saya utk membatalkan nya tanpa harus kehilangan dana saya.. bahkan saya menelpon k cs pusatnya setidaknya mengurangi limit dananya.. itupun katanya tidak bisa..

    • saya paham ini produknya seperti apa. Kak Mariana bisa saja melakukan komplain dengan alasan bahwa agen tidak menjelaskan dengan benar soal produknya, tapi tetap saja ini tergantung kebijakan asuransinya bersedia memberikan pembatalan atau tidak. Kalau memang tidak bisa, dan masih sanggup bayar, menurut saya tidak apa apa lanjutkan bayar saja daripada hangus segitu besar uangnya.

      • Assalamualaikum, Kak.
        Saya juga ikut asuransi axa mandiri tabungan pendidikan dalam jangka 11 tahun. Saya kaget sekali membaca permasalahan asuransi ini, saya pun mencocokkan dengan dana di rekening koran memang tidak sama jumlah uang saya dengan seharusnya. Saya ga tahu tentang unit link, karyawan axa yang menguruskan dulu udah resign. Gimana sebaiknya yang saya lakukan, Kak?🙏

  78. Hi there! I just wanted to ask if you ever have any issues with hackers? My last blog (wordpress) was hacked and I ended up losing many months of hard work due to no data backup. Do you have any solutions to protect against hackers?

  79. Some software will detect the screen recording information and cannot take a screenshot of the mobile phone. In this case, remote monitoring can be used to view the screen content of another mobile phone.