Konflik AXA Mandiri dan Nasabah

Konflik AXA Mandiri dan Nasabah

Apabila anda butuh panduan untuk meminimalkan kerugian asuransi, anda mungkin tertarik membaca pembahasan saya soal MEMINIMALKAN KERUGIAN ASURANSI. Sedangkan halaman ini lebih bersifat informasi bagi orang yang tidak tahu soal permasalahan AXA Mandiri.

Ini adalah kedua kalinya saya membahas drama institusi finansial di blog saya, setelah sebelumnya membahas soal Crowde. Tapi skala drama AXA Mandiri jauh lebih besar daripada Crowde, meskipun Crowde sendiri sudah tergolong cukup parah. Masalah AXA Mandiri sudah sampai diliput berita, sampai mengundang press release dari pimpinan AXA Mandiri, dan punya grup Facebook beranggotakan ribuan orang (Crowde hanya sampai ratusan). Saya sendiri juga tergabung di grup Facebook tersebut meskipun tidak aktif menyuarakan pendapat, sebab meskipun saya juga merasa ‘tertipu’ oleh AXA Mandiri, namun kerugian saya masih bisa ditolelir.

Disini saya tidak akan fokus untuk memperkeruh situasi, melainkan mencoba memberikan pembahasan objektif tentang kesalahan AXA Mandiri sebagai seorang penyedia asuransi maupun kesalahan para nasabahnya (saya termasuk ya). Seperti yang selalu saya tegaskan di blog ini, tidak ada produk asuransi yang jelek. Permasalahannya hanyalah apakah produk asuransi yang kita miliki sesuai kebutuhan kita atau tidak.

Kesalahan AXA Mandiri

Kebanyakan Agen AXA Mandiri Memang Tidak Etis

Saya tidak suka menyudutkan pihak tertentu apalagi seorang individual, tapi pengalaman saya menghadapi agen AXA Mandiri memang beresonansi (mirip-mirip) dengan apa yang orang-orang ceritakan di grup Facebook Info Korban Penipuan dan Kejahatan AXA Mandiri.

Dalam kasus saya, agen saya gagal menjelaskan tentang adanya biaya spread bid offer yang akan mengurangi nilai efektif modal saya setiap kali berinvestasi. Ketika saya mengklarifikasi biaya tersebut, cooling off period sudah lewat sehingga saya tidak bisa membatalkan polis saya tanpa biaya. Banyak hal lain yang cukup menyesatkan dari agen saya, antara lain soal biaya switching yang terpaksa saya klarifikasi langsung ke atasan ybs, ketidaktahuan ybs soal fund offshore USD, dan tidak paham bahwa ISTILAH SWITCHING SAMA SAJA DENGAN PENGALIHAN. Tentu hal ini sudah sangat kritis dan menunjukkan bobroknya kualitas agen AXA Mandiri.

Dalam cerita-cerita nasabah lainnya, banyak yang merasa ‘ditipu’ karena mau memiliki ‘produk tabungan pendidikan’ dan malah dibukakan produk unit link. Padahal seperti yang kita semua tahu, unit link itu tidak bersifat fixed income, apalagi jika dipilihkan fund dengan basis saham! Asuransi pendidikan yang oke tentu bersifat fixed return meskipun returnnya kecil, misalnya seperti Manulife Income Protector dan AIA Retirement Plan.

Sayangnya, seperti yang saya pernah bahas disini tentang hal-hal sesat yang sering disampaikan agen asuransi, saya yakin 90% agen AXA Mandiri memilihkan fund jenis saham dengan iming-iming retur tertinggi tanpa menjelaskan tingkat risikonya yang sangat tinggi pula. Because why not? Ilustrasi nasabah akan kelihatan paling bagus jika memilih fund jenis saham, meskipun ilustrasi bukan bagian dari kontrak asuransi yang mengikat. Penyedia asuransi juga paling diuntungkan dengan fund jenis saham karena biaya manajemennya paling tinggi.

Bukannya sombong nih, tapi bila saya yang melek asuransi saja bisa ‘tertipu’ oleh seorang agen AXA Mandiri, apalagi masyarakat luas diluar sana yang masih baru terjun ke dunia investasi dan asuransi?

Kesalahan Nasabah

Kondisi Dunia Investasi Memang Sedang Buruk

Semua orang yang melek dunia investasi tentu tahu bahwa karena COVID-19, hampir semua instrumen investasi terdampak secara buruk. Tentu AXA Mandiri sebagai institusi finansial juga terkena dampaknya. Disaat kondisi ekonomi sedang buruk seperti ini tentu sebagian orang mau mencairkan tabungan mereka karena butuh dana darurat, dan mungkin mereka berniat mencairkan polis AXA Mandiri mereka. Sayangnya, tentu nilai polis AXA Mandiri mereka juga sedang anjlok karena underlying nilai sahamnya sedang turun drastis. Wajar saja banyak nasabah yang merasa dirugikan karena nilai ‘investasi’ nya turun jauh dibawah nilai modal awal mereka, apalagi jika ada potongan lain seperti biaya akuisisi dan penalti pencairan awal.

Kenapa saya bilang ini salah nasabah? Karena seharusnya mereka tidak terburu-buru mencairkan investasi mereka saat kondisi dunia investasi sedang buruk seperti ini. Seandainya mereka menunda pencairan sampai pasar saham pulih, tentu nilai investasi mereka akan membaik dan mungkin berhasil mencetak keuntungan.

Jadi memang, AXA Mandiri disini memang lagi ketiban sial. Banyak nasabah mau mencairkan dana, dan banyak yang tidak paham tentang fluktuasi nilai investasi, namun tentu masalah ini berasal dari kesalahan sebelumnya yaitu agen-agen yang tidak transparan dalam menjelaskan.

Kesalahan AXA Mandiri

Produk AXA Mandiri Memang Biasa Saja

Kalau ini memang bukan kesalahan agen ataupun nasabah, tapi tim pengembangan produk di kantor pusat AXA. Sebagai agen penjual tentu diajarkan untuk menutupi kekurangan suatu produk dan hanya fokus pada kelebihannya saja, itu wajar.

Dibandingkan secara objektif, tidak ada produk AXA Mandiri yang menonjol dibandingkan penyedia asuransi lainnya. Tidak ada satupun produk AXA Mandiri yang lolos masuk daftar asuransi terbaik menurut Adrian Siaril, karena memang di segala aspek produk tetangga sebelah jauh lebih bagus karena satu dan lain hal, antara lain:

  • Performa fund yang lebih unggul
  • Pilihan fund yang lebih luas dan bervariatif
  • Biaya akuisisi yang lebih rendah
  • Cakupan perlindungan yang lebih luas
  • Rekanan rumah sakit yang lebih banyak

Kesalahan Nasabah

Menggunakan cara yang salah dalam menyuarakan keluhan

Sepengetahuan saya, sampai detik ini, para nasabah AXA Mandiri yang mengaku ‘korban’ hanya sekedar koar-koar di media sosial saja. Tidak ada satupun yang mengirim keluhan kepada otoritas yang seharusnya berwenang terhadap masalah ini, misalnya Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) atau Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi wajar saja kalau AXA Mandiri memang kalem-kalem saja dalam menghadapi nasabah-nasabah marah ini, karena memang suaranya tidak solid dan tepat sasaran.

Padahal kalau memang bukti-bukti terkumpul secara rapi, mereka mungkin bisa membuat AXA Mandiri didenda keras oleh AAJI dan OJK, bilamana memang benar AXA Mandiri melakukan sesuatu yang melanggar kode etis seperti memaksa membuka polis baru dan memberikan penjelasan yang tidak jujur kepada nasabah.

Lebih parahnya, malah banyak nasabah yang marah ini melakukan posting identitas para agen AXA Mandiri, sampai KTP dan nomor HP nya disebarluaskan dan dicap penipu. Tentu ini ngawur sekali dan malah bisa dituntut balik oleh polisi karena masuk kategori pencemaran nama baik, apalagi mungkin saja agen-agen tersebut tidak lagi bekerja di AXA Mandiri! Maklum, seperti yang sudah pernah saya bahas, agen bancassurance memang memiliki loyalitas rendah.

Kesalahan AXA Mandiri

Tidak memenuhi keinginan dan kebutuhan nasabah

Saya paham asuransi memang tidak boleh pandang bulu dan diskriminatif, harus menjangkau semua orang seperti prinsip resmi yang diiklankan negara kita: MARI BERASURANSI. Namun sekali lagi kita perlu ingat bahwa kebutuhan asuransi setiap orang berbeda-beda, dan tidak semua orang cocok memiliki produk unit link dengan biaya yang tinggi dan nilai yang fluktuatif.

Orang yang masih belum memiliki dana darurat tidak mungkin disuruh membuka asuransi unit link, dan lebih cocok memiliki dahulu asuransi mikro atau asuransi tahunan dengan biaya murah. Asuransi seumur hidup dan asuransi unit link cocok apabila seseorang sudah cukup mapan secara keuangan dan memiliki alokasi dana untuk rutin berinvestasi setiap bulannya.

Sayangnya hal ini sepertinya tidak diterapkan oleh agen-agen AXA Mandiri, semua orang disodorkan produk unit link tanpa dijelaskan risikonya, terlihat dari bukti curhatan-curhatan di grup Facebook yang saya ikuti. Padahal AXA Mandiri juga menyediakan produk asuransi tahunan dan asuransi mikro, kenapa malah menawarkan produk unit link kepada orang yang jelas-jelas tidak siap menerima risiko investasi?

Kalau jawabannya karena untuk mengejar komisi dan target penjualan, sudah jelas ada sistem yang sesat didalam AXA Mandiri, jadi wajar saya agen-agennya tidak etis dalam menjual produk mereka.

Kesalahan Nasabah

Tidak memahami baik-baik ketentuan polis

Kita semua pasti pernah merasakan menyesal membuka suatu polis asuransi karena tidak paham betul tentang syarat dan ketentuan yang tertera di polis kita. Dan biasanya kita langsung menyalahkan agen penjual yang tidak menjelaskan kepada kita. Memang betul sih, 90% agen yang salah karena menutup-nutupi keburukan suatu produk. Tapi 10% nya adalah kesalahan kita sendiri karena kita tidak teliti membaca, malu bertanya, asal percaya, dan tidak mau tahu soal detil-per-detil buku polis kita.

Padahal, semua asuransi memberikan tenggang waktu 14 hari untuk mempelajari buku polis secara detil, dan bahkan beberapa asuransi seperti Manulife menghubungi langsung via telepon untuk memastikan kepada nasabah bahwa agen mereka sudah menjelaskan tentang risiko terhadap polis asuransi anda. Apabila saat telepon tersebut anda memutuskan batal atau menjawab ‘tidak tahu’, maka polis bisa langsung dibatalkan dan agen nya akan dihukum keras! Saya rasa tanpa bermaksud mempromosikan Manulife, semua perusahaan asuransi harusnya mencontoh hal ini.

Kesimpulan

Memang dalam drama ini kedua belah pihak salah. AXA Mandiri salah karena tenaga penjualnya banyak yang tidak jujur, bahkan ada teman dekat saya di Medan yang mengaku ditipu untuk membuka polis baru saat menutup polis lamanya, dan sudah jelas ini bukan kasus yang terisolasi karena banyak cerita serupa yang bisa anda baca sendiri di grup Facebook Korban AXA Mandiri. Tidak membantu juga bahwa produk AXA Mandiri memang kurang bagus dibanding kompetitor.

Namun di sisi lain banyak juga nasabah yang bertindak kurang rasional dengan mencairkan polis asuransi mereka disaat kondisi pasar sedang buruk karena COVID-19. Seandainya mereka menunda pencairan sampai pasar saham pulih, mungkin kerugiannya akan lebih kecil dan bisa saja malah untung.

Apakah AXA Mandiri melakukan tindakan penipuan?

Secara keseluruhan tidak. Perusahaan AXA Mandiri belum melakukan tindakan illegal yang bisa ditindaklanjuti secara pidana. Apabila memang AXA Mandiri melakukan penipuan resmi, maka sudah pasti otoritas negara seperti OJK, AAJI, dan Bank Indonesia melakukan tindakan sanksi tegas.

Apa yang harus saya lakukan bila merasa dirugikan?

Anda bisa melaporkan agen atau FA anda ke AXA Mandiri atas tuduhan misselling. Praktek misselling adalah tindakan yang tidak dibenarkan dalam dunia asuransi dan perusahaan asuransi akan menindak tegas agen atau FA mereka yang terbukti melakukan misselling.

Apa contoh misselling?

Menyampaikan ke calon nasabah perihal informasi yang tidak benar. Misalnya menutup-nutupi biaya yang ada di dalam polis, penyampaian bahwa tidak ada risiko sama sekali, atau membuat informasi yang salah terhadap suatu produk yang ditawarkan.

Bagaimana membuktikan misselling?

Hal ini adalah yang paling sulit, karena biasanya membutuhkan rekaman suara atau penjelasan tertulis, sedangkan korespondensi FA/agen asuransi biasanya bersifat instant dan tentu kita tidak kepikiran untuk merekam segalanya. Apabila korespondensi anda bersifat percakapan pesan singkat atau email, maka bisa digunakan sebagai bukti.

Bagaimana jika agen/FA nya sudah pindah kerja?

Kita hanya bisa komplain ke customer service dan pasrah terhadap kebijakan perusahaan asuransi terkait.

97 thoughts on “Konflik AXA Mandiri dan Nasabah

  1. mas, saya adalah nasabah axa mandiri yg terbilang baru. baru mulai desember 2019, dengan keadaan sekarang, saya lebih baik segera memutus kontrak atau tetap lanjut ya?

    1. Halo. Tergantung produknya apa mas, harus ditinjau dulu. Kalau batalkan sekarang sih berarti sudah lewat masa peninjauan polis 14 hari. Dalam masa peninjauan polis tersebut uang masih bisa balik seutuhnya, tapi kalau sudah sekarang harusnya akan ada denda pencairan.

      1. saya kemarin mengajukan pembatalan polis di AXA MANDIRI namun sudah berjalan hampir 2 tahun dengan periode asuransi 5 tahun dan dana yg masuk sudah sekitar 3jutaan, saat saya ingin batalkan, info dari agen jika membatalkan di tengah jalan seluruh uang hangus alias tidak ada refund premi, saya merasa ditipu dan dirugikan, saat di tanyakan alasannya, jawaban dari mereka sangat tidak memuaskan hanya menjawab itu sudah prosedur dari kami, padahal saat menawarkan sama sekali tidak menjelaskan dari awal, bahkan saya tidak menerima polis nya sampai hari ini.

  2. Mas.. Saya mau tanya.. Saya hari ini kan baru ditawarin asuransi pendidikan.. Tp setelah saya terima polis nya kok tetep ya asuransi jiwa dimana masa premi nya sampe 10th lg. Kalo saya batalkan sekarang uang yg sudah ke debet hari ini bs balik ga ya.. Karena baru baca2 review org2 setelah dari bank.. Heheh

    1. Kebanyakan produk asuransi pendidikan memang aslinya pendidikan jiwa sih kak, hanya saja bedanya mereka ada pembayaran berjangka kepada nasabah. Nah kalau mau membatalkan pastikan dibawah 14 hari setelah terima buku polis ya. Kalau dibatalkan sebelum 14 hari, uangnya bisa balik hanya dipotong 100rb.

      1. saya nasabah axa mandiri sudah 2th, bulan januari saat saya membaca ini artikel saya merasa ada keanehan di axa saya, yaitu tidak adanya surat kontrak yg terlampir saat saya menerima nomor poliss,saya ingat2 lagi bahwasannya marketingnya yang akan datang ke perusahaan untuk memberikan surat2 kontrak tersebut.namuntidak kunjung datang dan bulan berikutnya saya sudah otomatis terdebit.akhirnya saya sengaja kosongkan atm saya agar gagal debit, namun yg terjadi malah pemutusan kontrak.apakah uang premi yg saya bayarkan selama ini bisa di ambil atau tidak ya?

        1. kak Siska, untuk dokumen polis cetak itu hak setiap nasabah dan wajib diserahkan perusahaan kepada nasabah untuk bukti yang sah. Memang betul apabila terjadi gagal debit beberapa kali maka otomatis pemutusan kontrak, nah untuk pengembalian premi tergantung kebijakan produknya bagaimana. Kalau ada sisa nilai tunai biasanya dikembalikan namun hanya sedikit

  3. Halo Mas saya mau tanya.. Belakangan ini saya banyak membaca ilikut asuransi AXA rugi dan AXA penipu. Hariini saya ke kantor AXA ingin menanyakan bagaimana kalo tutup pokis dan berapa yang saya dapat setelah 7 tahun ikut asuransi pendidikan dimana perbulannya 400.000 rupiah. Tetapi kalo saat ini saya tutup dana yang dibayarkan hanya 13.000.000 ( dana yg disetorkan sudah 33.000.000). Bagaimana baiknya ya Mas apakah tetap lanjutkan dulu atau ditutup polisnya? Terimakasih

    1. Halo mbak Siti. Ini perlu dicek dulu 13 jt tersebut adalah nilai tunai atau reksadana. Kalau reksadana, lebih baik tahan dulu karena kita bisa berharap nilainya akan naik nanti ketika ekonomi indonesia membaik (saham naik, nilainya ikut naik). Boleh tau nama produknya agar bisa saya riset?

      1. Sama kak..dengan masalah aku..sdh ikut axamandiri selama 12 thn..perbulan 300 rb..tp saya cek cuma 22 juta ..solusinya gimana ya??terima kasih

  4. Hanya bisa berharap dan berharap, nasi telah menjadi bubur,…. tulisan di atas sy merasakan, dan ikut asuransi bagi saya pribadi adalah kebodohan saya… tdk punya pengetahuan yg baik ttg asuransi….tdk tahu resiko apa yg terjadi jika ekonomi dunia jatuh,…. dan tdk ada penjelasan yg jujur dari agen, yg dijelaskan keuntungan keuntungan nya saja,

    1. Saya cukup sedih mendengar kak Bronto punya pengalaman buruk di dunia asuransi. Dunia investasi itu tidak jahat sebenarnya, hanya sayangnya beberapa orang menyalahgunakan sehingga merugikan banyak orang

  5. tanggal 22 kemarin saya ditawarkan axa secara tidak sadar saya dibuatkan polis untuk 3 jiwa, saya merasa informasi yang di berikan oleh mereka tidak sesuai, maka dari itu di hari itu pun saya melakukan pembatalan, namun pada kenyataanya di tgl 24 mereka masukan auto debet kredit saya biaya polis mereka, saya merasa di tipu, namun saya tidak punya bukti percakapan atau apapun, bagaimana saya melakukan pengaduan kepada ojk atau lainnya, dan saya ingin memastikan bahwa polis saya nonaktif per hari ini tgl 25, namun mereka tidak memberikan bukti tertulis , hanya berikan no polis saya saja., bagaimana ya saran mas agar saya bisa terbebas ? karna khawatir di bulan berikut nya tercetak kembali tagihan, padahal saya sudah ajukan pembatalan

    1. Untuk komunikasi dengan pihak asuransi saya sarankan selalu menggunakan media email supaya ada bukti percakapan tertulis. Di masa COVID 19 ini kebetulan AXA Mandiri juga menerima komunikasi via Whatsapp jadi saya sarankan selain email juga hubungi mereka via Whatsapp. Ini belum 14 hari sejak rekening anda didebet, jadi harusnya anda masih punya kesempatan membatalkan polis tanpa dikenakan potongan. Pastikan secepat mungkin dilakukan ya. Anda bisa juga menyerahkan form pembatalan ke cabang Mandiri terdekat, lalu minta tanda terima sebagai bukti. dan foto pihak yang menerima form yang anda serahkan

      1. 1 lagi apakah saat nanti ke gerai mandiri mereka akan menolak saya saat memberikan form pembatalan polis tersebut ? , apakah dengan mereka memberikan tanda terima sudah cukup bagi saya sebagai bukti bahwa sudah melakukan pembatalan polis? apabila tidak ada jawaban dari mereka bagaimana saya follow up nya? dan apabila mereka berdalih bahwa pembatalan tidak ada bisakah saya buktikan hanya dengan tanda terima tersebut ?

        1. Mereka ga berhak menolak sih. Kalau memang anda takut dipersulit, bisa kirimkan formulirnya langsung ke kantor pusat mereka di gedung Axa Mandiri. Untuk follow up paling melalui telpon atau email. Sedangkan untuk hal terakhir harus di cek di ketentuan polisnya, apa yg menyebabkan gabisa dibatalkan

  6. Trus inti dari tulisan anda aph
    Dan solusi nya seperti aph ?

    Sedangkan saya sendiri merasakan karna benar” ditipu
    Jauh sebelum corona terjadi pun saya yg sudah berjalan menuju 4thn
    Suka ada sms yg masuk dan memberi tahukan soal saldo yg sudah masuk
    Itupun kerugian sudah 6jt lbh
    Apalagi ibu saya tdk beranjak dari 8.5jt sblm kejadian corona

    Dan jelas” kesalahan full dari pihak axa yg memasukan ke unit link pdhl qta tidak tau
    Saya Sebagai orang awam yg hanya pemikiran itu seperti tabungan biasa yg jika di cek akan sesuai dengan apa yg di setorkan dan itu semua nya zonk

    Asuransi manapun di rasa tidak ada yg menguntungkan kalo buntung sih iya

    Seperti kk ipar qu jauh sblm kejadian corona pada setahun yg lalu mencairkan asuransi prudential yg harus nya ada 30jt dalam jangka waktu 8thn dan karna berbagai faktor minta di ambil alhasil hanya ada 9jt nah dari situ saya ber inisiatif tutup polis karna takut lbh besar lgi kerugian nya

  7. saya kurang setuju kalau anda bilang asuransi semua pasti buntung. kalau dicairkan ya memang kebanyakan buntung. tapi pada dasarnya asuransi bukan aset investasi jangka pendek yang anda bisa cairkan kapan saja. asuransi itu baru bisa dirasakan keuntungannya ketika manfaat proteksinya berjalan. Kalau memang mau menabung, ya pilihlah produk tabungan seperti deposito atau reksadana, bukan asuransi. Kalaupun mau produk asuransi yang tujuannya jangka pendek, saya sudah membahas di tulisan lain bahwa ada produk jenis dwiguna yang memang sasarannya untuk menabung, bukan proteksi.

    Kalau sudah rugi, solusinya ada beberapa: justru anda topup average down (silakan google istilah ini) untuk meminimalkan kerugian unit link, atau minta menurunkan manfaat proteksi sehingga investasinya bisa naik lagi, atau minta cuti premi dan dibiarkan saja sampai nilainya naik lagi.

    1. Pagi mas, saya nasabah asuransi axa mandiri, masalah saya sama dengan mba Kurnia Fitriani, gimana cara cek saldo jika no.hp saya yang pertama kali sudah tidak aktif, dulu xl sekarang Tri ??? Selama ini pemberitahuan melalui
      surat tapi itu kebanyakan mengingatkan jatuh Tempo asuransi saya?

      1. Mau tanya lagi bolehkan mas 🙏 saya sudah 6 tahun 7 bulan ikut asuransi, saya pikir dulu seperti menabung, ( karena saya pernah jadi nasabah asuransi bumi putra, selama 5 tahun uang kembali full, ternyata benar
        ) yang mau saya tanyakanhari ini, siang tadi tgl 27 Juli 2020, saya dapat surat tentang saldo asuransi saya, kagetnya bukan main per Januari 2020 ( 9 jt ), tapi Juli 2020 jadi 8 jt, lah yang 7 bulan kemana uang premi yang saya bayarkan??? Katanya setelah diatas 5 tahun, uang premi tidak sepenuhnya, jadi hanya kalau gak salah 20 ribu jadi apa? Yang 300 ribu jadi tabungan? Kalau tak hitung hitung kerugian saya tambah banyak dong, kalau berdasarkan nilai nominal diatas yang ditambahkan 20 rb itu jadi tabungan ( padahal saya menganggap nilai nominal yang tertera itu nilai tabungan, sedang sisanya investasi) saya langsung kekantor Bank mandiri, menanyakan langsung, katanya nilai yang tertera adalah nilai investasi apabila ditutup atau dicairkan semua ya 8 juta itu. Yang saya tanyakan jumlah saldo saya yang tabungan berapa? Dia jawab tidak bisa memberitahu, hadeuhhh bingung saya. Saya kan maunya yang jelas nilai investasi berapa, nilai tabungan berapa,. Katanya IU ni karena pandemi jadi turun, bodo amat pandemi yang penting uang saya kembali semua.

        1. Maaf kak aku agak bingung bacanya hehe. Pertanyaannya gimana? Untuk premi saya rasa ga akan kembali seperti nominal yang dibayarkan karena sebenernya uang yang kakak bayarkan itu banyak potongan biaya asuransi, biaya akuisisi, dll

      2. Halo. Untuk cek saldo bisa datangi bank mandiri langsung atau telpon ke +62 21 3005 9999 . Bisa juga minta ganti no hp melalui telepon ke nomor tersebut.

  8. Selamat siang mas,maaf mengganggu.. mengenai topik anda drama axa mandiri vs nasabah. Menurut saya memang sangat masuk akal, bahwa 90% adlh salah dari misselling fa axa dan 10% salah nasabah yang terlalu percaya dan kurang faham tentang asuransi dan isi polis. saya pun nasabah axa mandiri namun sudah tutup polis bulan kemarin. Pertanyaan saya pak, bisa kah saya mengadu ke OJK atau AAJI untuk memperjuangkan sisa uang sy pak? Atas misselling fa axa mandiri kerugian saya 40jt,nominal yang tidaklah sedikit buat saya. Polis saya sudah berjalan selama 5tahun.adakah saran agar saya bisa memperoleh sisa uang saya itu. 50% uang saya hilang. Mohon bantuannya.. Dana tersebut merupakan polis asuransi jiwa investasi. Pada 2015 saya berniat mendepositokan uang tsb d mandiri, namun saat saya mengungkapkan niat saya pada security bank mandiri, saya lantas di arahkan pada fa axa, disana saya di iming2 persentase laba yang tinggi dg memperlihatkan simulasi bahwa pada tahun sekian uang saya bs jadi sekian dan sekian. Tanpa ada penjelasan bahwa polis saya itu juga mempunyai resiko tinggi. Adakah yang bisa saya perbuat dalam kasus saya ini pak?? Terima kasih banyak sebelumnya..

    1. Halo kak ely. Terimakasih sharingnya. Bisa sih eskalasi ke AAJI dan Ojk, tapi buktinya harus kuat yang mengindikasikan misselling. Bukti misselling ini terkadang sulit, misalnya rekaman pembicaraan. FA biasanya juga jeli untuk tidak meninggalkan jejak yang bisa dijadikan bukti misselling. Sayapun kesal krn tidak diberitahu soal potongan bid offer sebesar 5 persen yang sangat merugikan.

  9. Hallo Mas! Terima kasih atas tulisannya yang mencerahkan. Kebetulan aplikasi AXA Mandiri Solusi Dana Hari Tua saya baru di-approve hari ini dan akan mendapatkan polisnya sekitar 5 hari ke depan. Rencananya setiap bulan saya hanya membayar Rp. 500.000 per bulan selama 10 tahun. Dana bisa dicairkan pada tahun ketujuh. Jadi itu rinciannya bundling asuransi jiwa Rp. 150.000 dan Rp. 350.000 investasi (reksadana kalau tidak salah). Saya mendengar penjelasan FA waktu itu cukup meyakinkan dengan pertimbangan risiko dan keuntungannya. Tapi setelah membaca pengalaman dari orang2, saya jadi ragu2 untuk melanjutkan kontrak tsb. Saya memohon pertimbangannya dong Mas. Apakah lebih baik saya batalkan saja itu produk Solusi Hari Tua? Terima kasih banyak atas atensinya, Mas 🙏

    1. Halo mas fikri. Komitmen 10 tahun itu sangat panjang sekali ya. Kalau memang rencananya mau nabung reksadana lebih baik jangan lewat asuransi, karena reksadana standar kita bisa beli dan jual kapan saja jadi lebih fleksibel (apalagi kalau paham pergerakan harga). Saran saya sih mending dibatalkan saja. Lalu beli asuransi jiwa tradisional (tanpa komponen investasi) sebagai penggantinya. Sisa uangnya mas bisa investasikan di reksadana non asuransi. Semoga membantu

      1. saya juga kena miselling sama fa axa gan,awal saya datang hanya niat untuk menabung karna saat itu saya lulusan sma dan niatnya mau nyimpan duit aja untuk kebutuhan tak terduga jangka panjang , ada beberapa pertanyaan saya saya ajukan ke fa seperti potongan biaya dan pengembalian dana saya tidak berpikir akan kena miselling karna lokasinya di bank bkan di pasar jadii membuat saya percaya dengan fa axa.,saya ikut yg unit link sdahh berjalan selama 3 tahun
        lebih baik tutup polish di alihkan ke reksadana atau tetap di lanjutkan ?
        setelah saya hitung2 mau lanjutin atau tutup pun hitunganya masih rugi soalnya biaya potonganya sangat besar.

        parah banget miselling di lakukan fa axa, saya udah tanyakan secara detail, tapi sangat berbalik di lapangan.

        menurut saya, walaupun nyelamatin duit menggunakan methode down averge ngga worth menurut saya dengan biaya potongan yg sangat besar, mendingan duitnya di pakai down averge di bidang lain yg jelas kenaikanya lebih signifkan…

        sejujurnya pengen lanjut tapi dengan miselling di lakukan FA axa menurut ane krg bagus jangka panjang axa mandiri karna semakin lama menurut ane bakalan ngerusak nama axa mandiri khsusus unit link

        alangkah baiknya saya tutup polis di saat harga maga membaik atau saya lanjutin sampai masa kontrak 5

        1. Halo kak salsa. Nama produknya apa? Diizinkan cuti premi sebelum 5 tahun ga? Kalau unitlink nya berbasis saham sih Ada baiknya sih cuti premi dulu nanti baru minta dicairkan setelah harga saham membaik. Tapi kalau gabisa ya boleh aja sekalian tutup skrg supaya ga makin merugi. Oh iya untuk average down itu biasanya masuk itungannya premi topup jd tidak dikenakan biaya akuisisi, paling biaya sebesar 5 persen aja.

  10. saya juga dibohongi FA axa, karena saya baru baca isi buku polis nya skrng.
    Mau menanyakan apakah asuransi axa mandiri sejahtera mapan di buku polis nya tidak dituliskan akhir kontraknya?

    1. Untuk asuransi unit link itu masa kontrak seumur hidup kak. Kalau investasi nya masih cukup membayari biaya asuransi bulanan, maka akan berjalan terus sampai tutup usia. Pilihan kak Yadi adalah dua: tutup di awal dan mencairkan sisa investasi, atau minta cuti premi agar tidak bayar lagi. Tapi kalau cuti premi ada risiko polisnya tertutup otomatis karena biayanya tak terbayar

      1. Mau nanya mas,klo mengajukan cuti premi dan misalkan polisnya tertutup apakn jumlah uang nya dapat kita terima langsung (ke rekening tab.mandiri)

        1. Halo kak Heni. Harus dipahami ada dua perbedaan nih antara cuti premi dan tutup polis. Kalau tutup polis kita stop bayar, asuransinya diberhentikan, dan sisa uangnya dikembalikan ke kita. Kalau cuti premi kita berhenti bayar tapi asuransi tetap jalan. Nah tapi kalau cuti premi itu kan biayanya memotong sisa uang kita terus terusan, jadi kalau nilainya habis, ya dipaksa tutup dan kita jadi tidak mendapatkan apa apa sama sekali. Strateginya kalau mau cuti premi, harus mengurangi biaya asuransi sekecil kecilnya. Saya jelaskan caranya di artikel saya yang berjudul MEMINIMALKAN KERUGIAN ASURANSI

  11. Saya sedang mencari asuransi kesehatan swasta yang cocok dengan saya (yg murni). Tanpa investasi atau link unit. Setelah banyak search di google saya memutuskan untuk memilih AXA. Tetapi setelah menemukan blog ini dan membacanya saya urungkan niat memilih axa. Apakah dari bapak Asiaril mau membantu saya memilihkan asuransi yang tepat untuk saya dan keluarga ? Saya terbilang awam dan baru mencari tau tentang asuransi kesehatan swasta seperti apa, karena saya ingin paham betul asuransi yg akan saya pilih.
    Terima kasih 🙏

    1. Halo pak. Untuk asuransi kesehatan tanpa unit link sebenarnya sangat umum disediakan oleh hampir semua perusahaan asuransi di indonesia. Metode bayarnya tahunan tanpa ada komponen investasi. Umumnya sih semuanya memiliki skema serupa, jadi apapun penyedianya sebenarnya sama saja. AXA Mandiri untuk produk yang ini juga oke oke saja. Yang cenderung dipermasalahkan produk Axa Mandiri yang unit link

    2. Selamat Pagi Pak Miftakhul Jannah…
      Saran saya untuk Asuransi buat bapak dan keluarga bisa gunakan AIA nama programnya PHS Plus. Saya dan anak saya sudah ikut program ini sudah 2 tahun. Asuransi kesehatan dengan sistem cashless deposit 11.2 M untuk Wilayah indonesia untuk wilayah luar indonesia deposit cashless lebih tinggi lagi dan juga rekanan RS lebih banyak dan memakai Medix(bagi yg belum tw boleh browsing). Ketika anak saya sakit saya langsung tanya agentnya dan dia langsung tanya alamat saya dan mencari RS kelas I rekanan dan alhasil anak saya masuk di RS Siloam. Saya sendiri sampai megerti program yg saya ikuti dikarenakan penjelasan agent saya. Dibandingkan di perusahaan asuransi lain rata2 hanya menawarkan investasi dan jiwa sementara orang2 perlu asuransi tradisional. Mungkin penggalan dari pengalaman saya bisa jadi pertimbangan buat pak Miftakhul. Asuransi sangat penting dan membantu kita dari biaya yang besar asal kita tau program yang kita ikuti.

      Hanya membantu saya bagi siapa yang membutuhkan atau sekedar ingin tahu asuransi Tradisional bisa hub Agent Saya :

      Randy : 0813 7528 9008 (WA)

  12. Hallo Pak. Saya sudah membaca ulasan dari Bapak beserta komentar dari teman-teman yang lain disini. Saya akhirnya seperti menemukan teman senasib. Jujur saya memang buta banget soal investasi. Join dengan axa mandiri sejahtera harapannya saya ada tuntutan untuk nabung tapi ternyata melihat saldo, malah berkurang banyak. Jika melihat kondisi sekarang yang masih pandemi covid, menurut Bapak kan jangan dulu ditutup polisnya. Terus bagaimana cara kita bisa mengetahui ‘oh ini adalah waktu yang tepat untuk menutup polis’, harus cek atau searching apa gitu Pak? Mohon maaf saya betul betul awam banget soal ekonomi. Terima kasih.

    1. Halo kak Vera. Patokan saya sih kalau nilai polisnya sudah sama dengan modal yang kita bayarkan, seharusnya sudah ok untuk ditutup. Tp ada kalanya memang sulit mencapai hal ini karena dalam asuransi unit link banyak biaya yang memotong nilai investasi kita. Apabila mau meminimalkan biaya ini maka bisa minta ke pihak asuransinya untuk menurunkan nominal uang pertanggungan, dan juga bila tidak mau bayar lagi lebih baik minta cuti premi ketimbang ditutup dalam posisi rugi

      1. Saya sudah mencoba mengirim email konfirmasi ke pihak axa. Mereka menjawab dg melampirkan tabel alokasi investasi dan alokasi asuransi. Mulai tahun keenam, 100% alokasi investasi, 0% alokasi asuransi. Itu maksudnya apa ya Pak. Kebetulan si saya sudah ikut 6 tahun lebih.

    2. Hai kak…. Ini saya sudah ikut asuransi pendidikan sudah jalan hampir 6 taun…dan diperjanjian baru bisa dicairkan disaat 7 taun keatas …dengan info yg seperti ini apa yg harus saya lakukan ?? Sedangkan sudah dijelaskan Dr awal kalo pencairan dibawah 7 taun itu Qt pasti rugi.. dan kemari sebelum covid sempat datang dan menanyakan soal pencairan ..kata cs nya kalo bisa dicairkan pada waktu saham baik dan tidak buruk agar tidak merugi…. Lah ini saya harus gimana kak..dgn infonyg seperti ini ..trimakasih

    1. Betul, memang ada risiko polis lapse (tertutup otomatis). Namun hal ini bisa dihindari kalau pertumbuhan investasinya lebih tinggi drpd biaya asuransinya. Makanya saya sarankan agar minta penurunan manfaat supaya biaya asuransinya sekecil mgkn.

  13. Pak mau tanya dong. Jadi saya sedang pertimbangkan untuk beli asuransi kesehatan. Setelah browsing dan banding2kan, salah satu asuransi kesehatan yg menjadi pilihan saya adalah Axa Mandiri SmartCare Executive Individu.

    Tapi setelah baca tulisan Bapak saya jadi ragu. Mohon masukannya, apakah asuransi Axa Mandiri ini recommended? atau mungkin Bapak bisa sharing asuransi kesehatan apa yg bagus dengan budget Rp3jt – Rp4jt per tahun.

    Saya hanya perlu asuransi kesehatan (bukan yg di gabung dgn investasi) utk proteksi diri.

    Terima kasih.

    1. Halo. Smartcare Executive itu setau saya produk AXA General Insurance (MAGI) yang tidak memiliki komponen investasi apapun, jadi sebenarnya oke saja sih. Kebanyakan masalah yang dibahas di tulisan ini untuk produk kolaborasi AXA dan Mandiri yang merupakan produk unit link (dengan komponen investasi).

      Kalau saya lihat lihat keterangan produknya sebenernya cukup oke kok karena sudah memiliki penggantian biaya sesuai tagihan,tapi yang cukup disayangkan masih pakai sistem klaim jadi agak repot saja. kalau kompetitor banyak yang sudah sistem cashless jadi uang kita ga keluar sepeserpun di rumah sakitnya.

    2. Hallo..
      Saran saya untuk Asuransi buat bapak dan keluarga bisa gunakan AIA nama programnya PHS Plus. Saya dan anak saya sudah ikut program ini sudah 2 tahun. Asuransi kesehatan dengan sistem cashless deposit 11.2 M untuk Wilayah indonesia untuk wilayah luar indonesia deposit cashless lebih tinggi lagi dan juga rekanan RS lebih banyak dan memakai Medix(bagi yg belum tw boleh browsing). Ketika anak saya sakit saya langsung tanya agentnya dan dia langsung tanya alamat saya dan mencari RS kelas I rekanan dan alhasil anak saya masuk di RS Siloam. Saya sendiri sampai megerti program yg saya ikuti dikarenakan penjelasan agent saya. Dibandingkan di perusahaan asuransi lain rata2 hanya menawarkan investasi dan jiwa sementara orang2 perlu asuransi tradisional. Mungkin penggalan dari pengalaman saya bisa jadi pertimbangan buat pak Miftakhul. Asuransi sangat penting dan membantu kita dari biaya yang besar asal kita tau program yang kita ikuti.

      Hanya membantu saya bagi siapa yang membutuhkan atau sekedar ingin tahu asuransi Tradisional bisa hub Agent Saya :

      Randy : 0813 7528 9008 (WA)

  14. Saya baru aja tutup polis asuransi pendidikan AXA yang baru berjalan 2,5 tahunan. Soalnya yah baca2 milis banyak yg meskipun udah lewat 5 atau 10 tahun masih rugi juga loh maksudnya kalau dibandingkan sama premi yang dibayarkan masihjauh lebih besar premi. Saya pun hanya dapat < 40% dari total premi yang sudah saya bayangkan. Sebel banget iya. Saya juga tahu emang kondisi pasar saham sedang anjlok. Cuma saya tetep tutup polis, khawatir semakin banyak uang yang saya bayarkan melalui premi, nilai returnnya juga tetap tidak sesuai yang diharapkan.
    Saya anggap itu sebagai loss saya saja. Dan kapok gak mau ikut asuransi unit link lagi.

    1. Nama produknya apa pak? Memang sulit sih pak mengharapkan investasinya balik ke nilai modal awal, tapi kalau memang mau ditunggu biasanya saya sarankan minta cuti premi, alihkan ke reksadana pendapatan tetap, dan minta nilai pertanggungannya dikecilkan sekecil mungkin, jadi polisnya seakan-akan berubah jadi tabungan reksadana gitu, dengan harapan nilainya naik pelan-pelan menutupi kerugian.

      Betul pak, asuransi tidak harus unit link juga banyak yang bagus. malah untuk asuransi jiwa yang terbaik menurut saya yang tradisional.

  15. itu pasti membahas biaya akuisisi. Produk asuransi ada yang memiliki biaya akuisisi, saya jelaskan di artikel ini (https://adriansiaril.com/2019/09/15/kenali-biaya-biaya-asuransi/). Biaya akuisisi adalah alasan utama kenapa investasi di asuransi itu jadi susah balik modal apalagi untung. Berarti di tahun keenam ini kalau bayar premi tidak dipotong biaya akuisisi lagi. Nah perlu di cek polis kak Vera ada bonus loyalitas ga? Kalau ada sebaiknya tutup setelah bonus loyalitas sudah cair, karena bonus loyalitas biasanya ‘menutupi’ atau menggantikan kerugian potongan akuisisi didepan.

    1. Kak aku udah ikut axa mandiri sejahtera mapan sejak tgl 24feb 2015. Dan ini sudah tahun ke 5 lebih 5 bulan. Tiap bulan saya dikirimi laporan transaksi ada mandiri tersebut. Sejujurnya saya kaget bukan main ketika melihat pertama kali, total investasi tidak sesuai dengan uang yang saya setor setiap bulan sebanyak 500ribu. Yang seharusnya sudah terkumpul 30juta lebih. Sedangkan laporan terakhir yang saya terima per Juni 2020 total investasi masih hanya sebesar 15juta. Awal awal saya berpikir oh mungkin saham lagi turun, oh mungkin kurs dollar lgi naik rupiah turun. Tapi lama2 saya jadi ragu, apalagi melihat berita banyak nasabah axa mandiri yang kecewa. Saya mau tanya, lebih baik saya tutup polis atau saya lanjutkan 10tahun ? Mohon sarannya. Terimakasih.

      1. Dan pada awalnya saya ditawari kalo itu asuransi pendidikan , ternyata saya cek polis nama produknya AXA mandiri sejahtera mapan. Itu bagaimana kak? Mohon pencerahannya

      2. hi kak Khristy. Saham turun memang ada kaitan dengan rendahnya nilai tunai yang terdapat pada polis. Namun perlu diingat juga bahwa polis asuransi punya banyak biaya yang memotong nilai investasi anda. Terutama yang namanya biaya AKUISISI itu sangat besar sekali potongannya, jadi 500rb yang kakak setorkan tidak seluruhnya masuk ke saldo investasi. Saran saya sih ajukan cuti premi dulu supaya gausa setor premi lebih lanjut, tapi jangan langsung dicairkan. Tunggu saham kembali ke level normal lagi di harga IHSG 6000-an, baru dicairkan. Minta juga penurunan uang pertanggunan supaya biaya bulanannya turun ya. Panduan Selengkapnya bisa dibaca di –> https://adriansiaril.com/2020/07/07/rugi-asuransi-harus-bagaimana/

  16. Saya sdh ikut asuransi 6 thn 5 bln dgn premi per bulan 489.000 dana saya yg masuk sdh 37jt, tp setelah saya cek cuma 17jt, kemarin saya ikut asuransi u/pendidikan anak . . Bagaimana apa saya lnjut apa stop . .

  17. Sama kak..dengan masalah aku..sdh ikut axamandiri selama 12 thn..perbulan 300 rb..tp saya cek cuma 22 juta ..solusinya gimana ya??terima kasih

      1. Kak saya mau tanya saya ikut axa mandiri sudah hampir 7 tahun.
        Per tahun saya membayar 6juta asuransi jiwa.
        Januari saya kasih buku polis ke axa mandiri selang 3mingguan ada tlf dan menyarankan saya bulan 5 tutup polisnya.
        Bilangnya 2mingguan buku polis Akan dikirim kembali pada saya tapi nyatanya sampai mei tidak dikirim akhirnya saya ke axa mandiri lagi berniat langsung ttup polis namun pihak axa mandiri bilang harus menunggu buku polis datang disuruh tunggu lagi sampai 2minggu.
        Dan sampai saat inipun buku polis tak kunjung datang.
        Saya bingung kak…uang yg sudah Masuk 36juta pas januari aku tanyakan hanya tinggal 23juta tapi sekarang malah gak bisa kuambil.
        Gmana ya kak cara bisa cepet cairin soalnya uang mau buat biaya ibuk lagi sakit dan saya pun butuh biaya untuk biaya persalinan 3bulan lagi.

        1. Halo. Saya ga paham masalahnya. Kenapa waktu januari buku polisnya dikasih ke axa mandiri? Syarat penutupan polis dimulai dari isi formulir terlebih dahulu. Jadi kalau memang mau ditutup sekarang langsung isi dan serahkan formulir penutupan polis saja

  18. Asuransi axa mandiri pendidikan kak..bagaimana ya jalan keluarnya..apa harus diambil sekarang atau menunggu keadaan membaik..yg menjadi pertanyaan saya..apa mungkin uang yang saya setorkan akan sama dengan jumlah yang akan saya ambil.suatu saat nanti kak?

    1. Yang namanya Perlindungan Sejahtera atau Tabungan Rencana? Sekarang statusnya masih bayar premi terus? Kalau unit linknya berbasis saham lebih baik tunggu kondisi ekonomi membaik deh. Lalu ajukan cuti premi aja kalau gamau bayar lagi

      1. Pak, maksudnya meminta uang pertanggungan diminimalkan bagaimana??
        Kita bisa mengajukan begtu ke axa???
        Saya sudah 9 tahun ikut perlindungan syariah…ga sampai 50% investasinya…. Kalo menurut bapak ditutup setelah covid, takutnya makin kecil lagi investasinya….

  19. Pak, maksudnya meminta uang pertanggungan diminimalkan bagaimana??
    Kita bisa mengajukan begtu ke axa???
    Saya sudah 9 tahun ikut perlindungan syariah…ga sampai 50% investasinya…. Kalo menurut bapak ditutup setelah covid, takutnya makin kecil lagi investasinya….

    1. Halo kak isti. Untuk asuransi unit link bisa minta perkecil pertanggungan. Misalnya awalnya nilai pertanggungan 500jt, kita bisa minta turunkan sekecil mungkin sehingga biaya bulanannya pun menurun. Mgkn bisa ajukan cuti premi dulu kak supaya ga keluar uang lagi

  20. Kak saya dan ibu saya ikut polis Asuransi Mandiri Sejahtera Mapan. Nah sudh jalan tahun ke 4 dengan biaya perbulannya 350ribu. Awalnya ibu saya tergiur karena FAnya bilang ini seperti tabungan, jdi nnt setelah tahun ke 5, kita dapat kembali uang yg sudah dibayar perbulannya. Tapi, setelah dibaca2 dan bertanya dengan CS AXA ternyata kita hanya akan dapat dana jumlah investasi saja. Jumlah invest hanya 7 juta saat ini. Padahal harapan saya dan keluarga bisa dpt kurleb 21juta ditahun kelima. Sebaiknya apa yg harus saya lakukan ya? trims

  21. Pa mau tanya klo ngembatalin polis persyaratannya apa ajah yah ? Apakahh nanti di perumit lagi klo mengajukan pembatalan polis tersebut ?

  22. Utk diketahui bagi semua nasabah axa mandiri apapun programnya saya harap utk stop dan tdk melanjutkan semua kegiatan yg berhubungan dgn axa. Apapun programnya apapun iming iming yg ditawarkannya. Saya adalah salah satu korban kekecewaan pt. Axa yg baru saja saya alami dan bahkan saat ini blm selesai. Dan saya jg berharap kpd semua korban utk secara bersama” melaporkan kasus yg kita alami bersama. Saya jg berteima kasih kpd p. Adriansiaril yg ud mengingatkan kita semua akan permasalahan axa. Dan saya jg berharap kalo p adriansiaril tdk keberatan kami berharap bisa membantu menjembatani utk menyelesaikan permasalahan kami dgn tujuan agar tidak lg ad korban lebih banyak.

    1. Halo pak Yadi. apabila ada yang bisa saya bantu maka dengan senang hati saya usahakan. Sejauh ini sudah beberapa orang menghubungi saya juga melalui email untuk saya tinjau polisnya. Saran saya dimulai dari laporan ke otoritas dulu yaitu AAJI dan OJK.

  23. Halo Mas, saya mau nanya.
    Saya baru mulai ikut investasi di AXA Mandiri untuk jenis investasi Dynamic Money Rupiah di bulan Mei 2020. Waktu awal saya mulai investasi memang salah saya kurang melakukan riset terlebih dahulu. Tapi sekarang saya baru sadar kalo produknya ini lebih banyak merugikan daripada menguntungkan, atau setidaknya ya nggak untung tapi nggak rugi. Karena saya baru jalan 3 bulan, jadi dana yang saya invest juga belum terlalu besar. Seingat saya, dananya baru bisa dicairkan setelah 7 tahun, dan kalau sebelum itu memang akan dikenakan denda. Lebih mending saya hentikan sekarang kali ya daripada makin rugi?

    1. Halo Mas Hafiz. Dynamic money rupiah itu adalah jenis reksadana investasinya. Yang lebih penting saya perlu tahu nama produk asuransinya, misalnya mandiri sejahtera atau mandiri elite plan? Karena disitulah kita bisa pelajari ketentuan dan biaya nya

        1. Mas hafiz buka produk ini untuk proteksi atau investasi? Kalau memang ada tujuan mau proteksi jiwa sih ya pertahankan aja. Tapi kalau tujuan awalnya mau menabung mending stop sekarang karena mending nabung di reksadana atau deposito pasti lebih tinggi hasilnya

        2. Saya sdh ikut asuransi sejak september 2012 kira” sdh 8 tahun, dg ansuran 1 jt/bln, sy ikut program yg 5 thn pas jatuh tempo 5 thn uang yg sdh msk kira” 60jt mau sy cair kan tp saldo kira” 46 jt sy merasa rugi. CS nya blg mmg blm kelihatan kalau 5 thn suruh lanjutin kira” smpai thn ke 8 br kelihatan. Skrg sdh th ke 8, sy ke bank saldo terakhir 64,9jt pdhl uang sy sdh masuk 93jt. Sebaiknya bagaimana, minta solusinya. Asuransi yg sy ikuti Mandiri Rencana Sejahtera Plus (HONM). Saya sgt mengharapkan solusinya, sy merasa sgt dirugikan

          1. Saran saya cuti premi dulu supaya ga keluar uang lagi. Tapi jangan langsung ditutup. Minta turun uang pertanggungan saja lalu jadikan itu sebagai tabungan Reksadana. Nanti ketika nilainya sudah naik baru dicairkan. info lengkapnya ada di artikel saya yang judulnya MEMINIMALKAN KERUGIAN ASURANSI.

  24. Halo Mas Saya Mau Tanya.

    Saya baru 1 bulan ikut axa mandiri,, baru2 ini saya baru tahu beritanya tentang axa mandiri.

    Kalau saldo rekening mandirinya gk diisi otomatis dinonaktifkan atau bagaimana ya? dan ada masalah kedepannya gk ya?

    Terimakasih

    1. halo kak Ian, menutup rekening atau mengosongkan saldo sebenarnya akan membuat masalah, karena jika terjadi gagal debit terus-terusan, anda dianggap surrender/menutup polis anda secara otomatis, dan itupun juga dikenakan denda (bila ada).

  25. Kak @asiaril, saya juga ikut Asuransi Mandiri Sejahtera Mapan, sudah mau jalan 5 tahun dan saya lihat laporan berkala bulan Juni kemarin baru sampai 8jutaan, tapi kalau dihitung yang sudah masuk dari Agustus 2015 (biaya per bulan 350k), seharusnya 21jt. Maaf kenapa bisa begitu ya? Sebaiknya apa yang harus saya lakukan ya? Terima kasih banyak infonya.

    1. Karena di produk asuransi, uang yang kita setorkan tidak seluruhnya dimasukkan jadi investasi. ada biaya biaya yang memotong uang kita misalnya biaya akuisisi, biaya asuransi, biaya admin dan lain lain.
      Kalau soal “apa yang harus saya lakukan” ini kembali ke kebutuhan mbak Lia. Mbak lia ketika buka produk ini tujuannya mau nabung atau butuh perlindungan asuransi? Kalau memang masih butuh perlindungannya ya dipertahankan saja. Kalo menyesal dan merasa rugi, mgkn tulisan terakhir saya soal meminimalkan kerugian asuransi bisa membantu

  26. Saya salah satu nasabah axa mandiri dari juli 2017, saya akui saya bodoh karena saya begitu saja percaya pada agen axa mandiri..bahkan saya tak tau axa mandiri yg saya ikuti ini adalah investasi…
    Saat agen tersebut menawarkan pada saya..dya menawarkan sebuah asuransi untuk menabung…jadi setiap bulan kita menabung dengan jumlah yg sama selama 5 tahun dan setelah 5 tahun kita akan dapatkan uang kita tabung tapi di Potong asuransi kesehatan beberapa ratus ribu…
    Ohh pikir saya gak ada slahnya ikut asuransi ini..toh juga nabung…apa lagi dapet asuransi kesehatan juga…bahkan si agen tak pernah menyatakan bahwa di akhir uang yg saya dapat akan bisa lebih banyak…apa lagi lebih sedikit..
    Sangat terkejut saat mendengar berita tentang axa…
    Kecewa iya..kesal iya..tapi saya menyadari ada kesalahan saya juga disana..karena tak teliti…
    Niat nabung malah seperti ini…
    Semoga ada solusi untuk kasus ini..
    Dan pelajaran buat saya tentang semua ini.

    1. Halo kak anggy. Menurut saya sih tidak perlu disesali, karena sebenarnya selama ini kak anggy bayar asuransi untuk proteksi diri.
      Yang perlu menyesal sebenarnya adalah bila seseorang membuka polis asuransi dengan harapan menjadi investasi yang untung, nah kalau ini jelas pasti menyesal

  27. Malam Kak barangkali ada yg domisil Pasuruan dan Malang kita bisa bersama-sama melaporkan ke OJK Malang dan tembusan ke Polres terdekat dengan axa mandiri yg kita ikuti programnya. Saya ikut 2 axa mandiri yg 1 sudah berjalan 11 th dan 1 nya 8 th awalnya saya tertarik karena agen bilang ini adalah tabungan pendidikan buat anak dan anak2 yg kita ikutkan program axa mandiri mendapatkan manfaat kesehatan sedangkan saya sendiri mendapatkan asuransi jiwa. Jenis axa yg saya ikuti Mandiri Rencana Sejahterah dan bulan ini rencana saya mau tutup axa saya tapi sangat tidak saya harapkan jumlahnya karena ada selisih sekitar 30 jt an yg saya terima dari yg seharusnya jika saya total 60 jt. Agen axa dulunya bilang pada tahun ke 7 dana bisa diambil semua ato sebagian tapi kenyataannya beda. Dan hanya dijelaskan keuntungan tidak dijelaskan resiko pada nasabah. OJK sudah saya hubungi dan jawabannya juga tidak memuaskan saya dinas dikepolisian rencana senin besok saya adukan ke Polres, tembusan ke Bank Mandiri dan OJK serta LSM. Monggo jika ada yang mau bergabung dengan saya untuk melaporkan hal ini bisa contac saya di 081252717147. Mohon bantuan petunjuk Mas Asiaril…

    1. Halo mas Hasanudin. Mas Hasanudin apakah masih memerlukan manfaat asuransi kesehatan dan jiwa nya? Bila tidak maka saya sarankan agar produknya dijadikan tabungan reksadana saja supaya pelan2 kerugiannya bisa tertutupi (dijelaskan di artikel saya yang berjudul MEMINIMALKAN KERUGIAN ASURANSI). Untuk pelaporan ke pihak berwenang harus mencantumkan bukti yang cukup kuat yang bisa membuktikan Misselling alias informasi palsu yang melanggar UU perlindungan konsumen.

      1. Haloo, mas asiaril dari penjelasan diatas saya juga merasa tertipu saya ikut asuransi axa mandiri sejak maret 2009, saya mengikuti asuransi pendidikan yang setiap bulannya saya harus membayar asuransi senilai 525.000 rb,, dan kemarin bulan april saya ingin menutup asuransi nya dengan harapan uang nya sesuai ternyata hanya cair sebesar 38 jt an,, dulu waktu ikut asuransi memang tidak dijelaskan soal hal terburuknya,, apa kira-kira yang harus saya lakukan barangkali ada saran
        Terimakasih

        1. Hi mbak Indri. Kalau mbak butuh uangnya cepat2 sih maka ga ada yang bisa dilakukan ya selain mengikhlaskan. Tapi kalau mba mau nunggu dan ga buru2 perlu uang, maka ada strategi untuk mengurangi kerugiannya (bukan menghilangkan ya, hanya mengurangi) ini saya jelaskan caranya di artikel lain saya yang judulnya “meminimalkan kerugian asuransi”

  28. Mulanya saya mau ajukan asuransi pendidikan untuk anak saya. Tp saya malah di sodorkan pada program mandiri sejahtera mapan. Saya tidak tahu kalau kontraknya selama itu. Salah saya juga polisnya tidak saya baca. Saya baru ikut baru 4 tahun. Kalau saya tutup polisnya bulan sekarang lebih baik mengingat harga saham makin anjok terus. Mohon sarannya.

    1. Hi kak Lina. Statusnya sudah bisa cuti premi belum? Kalau sudah bisa cuti premi sih saya sarankan cuti premi dulu daripada cutloss dalam kondisi rugi parah

  29. Pak bulan kmaren saya di telpondari pihak axa, trus saya setuju, padahal saya belum jelas ngerti, dan baru aja terauto debet, klo saya membatalkan polis apa uang akan kembali?

  30. Dan pada awalnya saya ditawari kalo itu asuransi pendidikan , ternyata saya cek polis nama produknya AXA mandiri sejahtera mapan. Itu bagaimana kak? Mohon pencerahannya

  31. Mas Asriaril, mohon saran. Saya juga mengalami hal yang sama, yaitu pegawai AXA Mandiri menjelaskan produk tersebut investasi sehingga saya masuk menjadi nasabah. Padahal saat itu saya menjelaskan pegawai tersebut mencari reksadana. Waktu tersebut pegawai bilang produk tersebut investasi reksadana dan selanjutnya petugas minta data saya, dan saat polis diberikan saya untuk ditanda tangan waktu itu sudah lewat 14 hari. Saya baru sada setelah saya ttd dan polis saya baca ternyata yang saya ttd tersebut ” Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera”. Dan saya baca dari internet banyak keluhan.Kemudian karena sudah terlanjur saya tunggu satu tahun sambil berpikir, kemudian kemaren waktu tanggal sudah jatuh tempo untuk membayar yaitu tanggal 26 Juni 2020 saya ragu dan membaca info dari internet tapi saat itu saya tidak menemukan tuisan yang dapat memutuskan untuk menstop dan tidak meneruskan, sehingga saya masih mebayar. Kemudian baru sekarang saya membaca artikel ini. Mohon sarannya Mas Asriaril, berikutnya apa langkah saya.

  32. Saya juga ikut Axa Mandiri Rencana Sejahtera dengan embel2 asuransi pendidikan. Jujur nyesel banget karena udah ikut 7 tahun lalu dan belum paham produknya. Nilao investasi sedang anjlok, dan kemarin semapat di hubungi untuk “pengalihan” polis, pengalihan yg mereka maksud itu sama sana suruh tutup polis lama untuk buka polis baru. Padahal kita lagi rugi-rugi nya saat ini malah suruh tutup dan bukanproduk baru, dengan embel2 pengalihan. Untung saya cancel semua. Mereka bilang bahwa ada biaya pinalti kalau polis dicairkan sebelum 10 tahun. Padahal setelah saya hub customer service pusat jelas tidak ada biaya pinalti. Merasa dipermainkan dan ditipu sih. Informasinha bias dan cara mereka jual produk sangat tidak etis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.