Kebijakan Ulasan

  1. Ulasan dan saran didalam blog ini sepenuhnya pendapat pribadi saya. Saya bukanlah seorang profesional yang memiliki kualifikasi finansial. Apabila mengikuti saran saya, maka sepenuhnya menjadi risiko anda.
  2. Blog ini tidak pernah dan tidak akan menerima kompensasi finansial untuk meningkatkan penilaian dalam suatu ulasan. Kalaupun ada apresiasi dalam bentuk lain, akan dituliskan dalam ulasan tersebut. (Contoh: Asetku)
  3. Paska pertemuan dengan perwakilan dari institusi yang diulas, ulasan biasanya memang kelihatan lebih bagus. Hal ini bukan karena mereka mempengaruhi pandangan saya, namun karena mereka mengklarifikasi beberapa informasi yang salah dalam ulasan saya atau menyampaikan pembaharuan yang telah menyelesaikan masalah yang saya tuliskan dalam ulasan saya. (Contoh: Crowdo)
  4. Karena industri tekfin sangat cepat berkembang dan berubah setiap waktu, saya belum tentu bisa mengejar pembaharuan ulasan saya dengan faktual. Oleh karenanya dalam setiap ulasan saya, saya selalu mencantumkan tanggal terakhir tulisan tersebut diperbaharui. Apabila sudah terlalu lama tidak diperbaharui, maka lebih baik mencari ulasan di website lain yang lebih baru dan gunakan ulasan saya sebagai perbandingan historikal.
  5. Ada kalanya anda menemukan informasi yang konflik satu sama lain dari artikel yang berbeda. Hal ini bisa terjadi bila dalam tulisan yang lebih lama pendapat saya belum diubah namun dalam tulisan yang lebih baru pendapat saya sudah mencerminkan situasi terkini. Anda bisa membantu mengingatkan saya dengan meninggalkan komentar.
  6. Seiring berjalannya waktu ulasan saya mulai dibantu oleh analisa dan pendapat pihak ketiga (contoh: Uangme dan Amartha) Pihak ketiga yang saya ijinkan membantu adalah pihak yang TIDAK memiliki hubungan langsung dengan institusi terkait atau kompetitornya. Misalnya untuk ulasan P2P lending maka tidak boleh dibantu oleh pegawai atau manajemen P2P lending perusahaan apapun.

Keterbukaan Penghasilan Referral

Dibawah ini saya jabarkan institusi – institusi yang paling banyak memberikan saya penghasilan referral, secara berurutan (nomor 1 berarti penghasilan terbanyak). Tujuannya agar anda bisa membuat penilaian, apakah insitusi – insitusi dibawah ini mendapatkan nilai lebih bagus hanya karena mereka memberikan saya pemasukan?

  1. Akseleran
  2. Bibit
  3. Ajaib
  4. Uangme
  5. iGrow
  6. Investree
  7. Gradana
  8. Sweet Escape
  9. Modalrakyat
  10. Danalaut

About asiaril

Tulisan saya adalah opini pribadi yang tidak memiliki kredibilitas apapun. Kerugian dalam bentuk apapun yang timbul akibat membaca tulisan saya (misalnya buang buang waktu) sepenuhnya menjadi tanggung jawab anda. Apabila anda tidak suka dengan karya saya, janganlah marah kepada saya, namun pukullah layar komputer anda dengan linggis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.