Diskon khusus pembaca blog! Gunakan kode ADRIANSIARIL untuk dapat diskon 20% di kursus C4: Cari Cuan Kartu Kredit.

Kartu Kredit Cashback Indonesia – Mana yang Terbaik?

Bicara tentang kartu kredit cashback Indonesia biasanya identik dengan jalan-jalan (traveling) sehingga kartu kredit yang kerap dibahas konten kreator dan influencer adalah kartu kredit yang memberikan manfaat travelling seperti perolehan miles yang banyak.

Padahal, tidak semua orang punya privilege waktu dan dana untuk jalan-jalan. Meskipun terbang nya gratis, tapi masih perlu meluangkan waktu dan mengeluarkan uang untuk makan, transportasi, dan menginap (meskipun ada juga kartu kredit yang membuat menginap bisa gratis).

Selain itu, banyak orang lupa bahwa butuh limit kartu kredit cukup besar dan pengeluaran untuk bisa mendapatkan perolehan miles yang berarti. Orang yang baru terjun ke dunia kartu kredit dengan limit seiprit mungkin tidak bisa memanfaatkan kartu kredit travel dengan baik.

Nah, sebenarnya ada jenis kartu kredit lain yang memang dikhususkan untuk orang-orang yang jarang travel atau dengan pengeluaran kecil, yakni kartu kredit CASHBACK. Sayangnya, jenis kartu kredit ini memang jarang sekali dilirik oleh dunia per-kartu-kredit-an.

Oleh karenanya, dalam tulisan ini saya akan membagikan kartu kredit cashback apa saja yang tersedia di Indonesia, serta apa saja keunggulan mereka.

Top 7: Kartu Kredit Cashback terbaik di Indonesia

Berikut adalah Kartu Kredit Cashback terbaik di Indonesia beserta dengan kegunaan masing-masing dari saya.

Kartu Kredit CIMB Niaga Wave n Go

Terbaik untuk: Belanja Online

image (11)

Kartu ini memberikan cashback 10% untuk transaksi online – terbesar seluruh Indonesia, meskipun dibatasi 50k/transaksi dan 100k/bulan. Cocok untuk belanja kebutuhan bulanan atau transaksi receh lainnya, dan manfaatnya bisa dimaksimalkan sekalipun dengan limit kecil sekalipun.

Pengajuannya juga cukup mudah karena merupakan kartu kredit entry level, bebas biaya tahunan seumur hidup. What else are you asking for? Bahkan saya tetap merekomendasikan kartu ini kepada sepuh kartu kredit sekalipun, karena kartu ini bisa ditinggal dirumah (supaya tidak menuh-menuhin dompet) dan hanya tinggal digunakan ketika akan belanja online saja.

Kartu Kredit CIMB Niaga Octo Card

Terbaik untuk: Belanja online dan transaksi QRIS

image (10)

Mirip seperti Wave n Go, namun tidak memiliki kartu fisik. “Kartu kredit” ini hanya bisa diakses melalui aplikasi OCTO Mobile untuk pembayaran QRIS ataupun pembayaran online. Bedanya, cashback 10% diberikan untuk transaksi online maupun pembayaran QRIS. Namun perlu dicatat bahwa limit maksimal cashback digabung antara transaksi QRIS maupun transaksi online. Bila ingin memaksimalkan cashback, gunakan kartu ini hanya untuk transaksi QRIS saja, dan alihkan transaksi online ke Wave n Go. Juga bebas iuran tahunan selamanya.

Kartu Kredit CIMB Niaga Syariah Platinum

Terbaik untuk: Transaksi QRIS, terutama dalam jumlah besar

image (9)

Kartu kredit ini memiliki cashback berjenjang 0.5% di penggunaan 1 juta, sampai 3% di penggunaan 5 juta untuk transaksi apapun yang dilakukan (baik online maupun offline). Meskipun perhitungannya cukup ribet, uniknya cashback ini memperhitungkan transaksi QRIS yang menggunakan kartu ini sebagai sumber dana (lewat aplikasi OCTO Mobile), sehingga cocok digunakan untuk transaksi QRIS dalam nominal besar agar bisa mendapatkan tiering tertinggi setiap bulannya.

Kartu kredit ini juga cukup mudah di apply karena merupakan kartu mid-tier serta juga memberikan gratis iuran tahunan seumur hidup.

HSBC VISA Cashback Platinum

Terbaik untuk: Makan / FnB dan Belanja bulanan (groceries)

image (8)

Kartu ini baru saja mengalami rework atau perombakan manfaat total. Dan menurut saya perombakan ini membuat kartu ini jadi cukup oke (sebelumnya sangat jelek). Saat ini, kartu kredit ini memberikan cashback flat 5% untuk transaksi restoran dan groceries bila memenuhi transaksi minimum 2 juta per bulan DAN mendaftarkan kartu ini sebagai salah satu pembayaran layanan streaming seperti Netflix atau Spotify. Bila syarat aneh tersebut tidak dipenuhi, kartu ini tidak perlu digunakan karena hanya memberikan cashback flat 0.5% saja. Cukup mudah di apply karena merupakan kartu kredit entry level namun harus mengajukan waive annual fee setiap tahunnya.

Kartu Kredit Mayapada Gold, Platinum, atau Signature

Terbaik untuk: Rumah Sakit, Bensin, dan Belanja Bulanna (Groceries)

image (7)
image (7)

Kartu ini memiliki kombinasi kategori cashback unik yang tidak dimiliki kartu kredit lainnya, dengan rasio flat 5% selama memenuhi minimum spending setiap bulannnya – berbeda jumlahnya tergantung kelas kartu anda (Gold, Platinum, Signature) Semakin tinggi kelas kartu, semakin besar maksimum cashback dan minimum spending. Cukup mudah di apply (kecuali Signature yang membutuhkan penempatan dana) dan dulu bisa mendapat free annual fee seumur hidup. Saat ini gratis annual fee sepertinya hanya diberikan untuk 3 tahun saja.

Kartu Kredit Permata Shopping Card

Terbaik untuk: Transaksi umum dengan jumlah cukup besar (generalis big spender)

image (6)

Kartu kredit ini memberikan cashback flat 5% selama memenuhi minimum spending yang dipisahkan antara offline dan online.  Untuk bisa memaksimalkan cashback kartu kredit ini, anda perlu bertransaksi 5 juta rupiah setiap bulannya di offline maupun online. Cocok untuk big spender yang melakukan transaksi online dan offline dalam jumlah cukup besar setiap bulannya. Annual fee bisa diajukan dihapus, namun kartu ini cukup sulit di apply karena diposisikan sebagai ‘premium’ offering dari Bank Permata. Saya sendiri mendapatkan kartu ini secara otomatis karena merupakan segmen nasabah Permata Preferred.

Kartu Kredit Permata Cashback

Terbaik untuk: Pemula dengan spending cukup kecil

image (5)

Kartu kredit ini memberikan cashback flat 1% untuk transaksi dimanapun dan 1.5% untuk “minimarket, supermarket, hypermarket”, dengan minimum spending cukup rendah yakni hanya 2 juta per bulan, sehingga cocok untuk pemula yang spendingnya belum besar dan malas melakukan perhitungan dan kategorisasi transaksi. Annual fee bisa dihapuskan dengan transaksi yang sangat kecil, dan sangat mudah diajukan karena merupakan kartu kredit entry level. 

Apabila sudah memiliki kartu kredit cashback lain yang disebutkan diatas lainnya, maka tidak perlu lagi mengajukan kartu ini.

Bonus: kartu kredit cashback terburuk di Indonesia

image (4)

Kartu kredit UOB One Card memenangkan award “kartu kredit cashback terburuk” dari saya, karena menjadi satu-satunya kartu kredit yang melakukan perhitungan cashback berdasarkan nomor urutan dan frekuensi transaksi, ketimbang nominal per transaksi atau akumulatif per bulan. Anda bingung membacanya? Mungkin saya kutip langsung dari website UOB perhitungannya dibawah ini:

uob one card

Nah ribet kan? Lebih parahnya lagi, ada cashback minimal yang harus dicapai. Apabila nominal cashback setiap bulannya tidak mencapai nilai tertentu, maka nilainya dihanguskan! Selain itu, transaksi yang eligible untuk mendapatkan cashback adalah dengan nominal 100rb keatas. Sangat sulit memaksimalkan cashback kartu ini, jadi sama sekali tidak perlu appy kartu ini.

Honorable Mentions

Kartu kredit dibawah ini juga merupakan kartu kredit cashback namun tidak masuk rekomendasi karena beberapa alasan

image (3)

Kartu Kredit UOB TMRWCard

Cashback yang ditawarkan cukup kecil (cashback 1% untuk kategori restoran, supermarket & minimarket, dan transportasi, dan cashback 0,2% untuk pengeluaran di kategori lainnya.) Bisa dinaikkan sampai dengan 6% untuk kategori tertentu (kita yang pilih) tapi butuh buka rekening dan melakukan syarat tambahan agar cashback nya bertambah (lakukan 2x bayar QRIS + 2x bayar tagihan atau topup). Buat saya terlalu ribet untuk mengejar cashback yang terlalu kecil.

image (2)

Kartu Kredit DBS Live Fresh

Memberikan cashback 5% untuk transaksi online namun dengan syarat harus transaksi offline untuk klaim cashback nya. Buat saya terlalu ribet juga apalagi proses klaim cashback nya harus menggunakan SMS. Akibatnya nominal cashback efektif yang diterima juga akan menjadi dibawah 5%. Untungnya, seluruh transaksi online dan offline juga memberikan poin live fresh yang bisa ditukarkan menjadi voucher.

image (1)

Kartu Kredit OCBC NYALA

Sama persis dengan DBS Live Fresh dimana perlu melakukan transaksi offline agar eligible mendapat cashback. Untungnya, cashback yang didapatkan dari transaksi online adalah 8%, jadi masih lebih baik daripada DBS Live Fresh.

Kesimpulan

Kartu kredit cashback memang tidak semenarik kartu kredit travel yang bisa membuat kita jalan-jakan (hampir) gratis, namun kartu kredit cashback membantu kita menghemat pengeluaran sampai dengan 10% bila digunakan secara bijak. Tidak ada salahnya memulai perjalanan kartu kredit anda dengan kartu kredit cashback terlebih dahulu sebelum terjun ke dunia travelling. Apabila anda sudah punya banyak kartu kredit, maka tidak ada salahnya juga menambahkan satu atau dua kartu kredit “cabe” untuk meningkatkan ketebalan dompet anda.

Rekomendasi Pengajuan

Apabila anda pemula yang baru saja mau ‘mengoleksi’ kartu kredit, saya sarankan anda untuk mengikuti langkah dibawah ini:

  1. Apply dulu kartu kredit CIMB Wave n Go. Anda akan otomatis diberikan kartu Octo digital juga, dan nantinya anda bisa mengajukan syariah platinum sebagai kartu tambahan
  2. Setelah sudah memiliki 3 kartu CIMB (dengan limit gabungan) anda mungkin boleh mengincar kartu Mayapada atau HSBC Visa Platinum Cashback. Pilihan diantara keduanya bergantung pada kebutuhan anda – lebih sering bayar untuk makan atau bensin? Kedua kartu tersebut memberikan cashback untuk groceries jadi yang menjadi pertimbangan anda adalah kategori cashback lainnya (restoran VS rumah sakit & bensin)
  3. Apabila anda sudah memiliki kartu kredit dari CIMB Niaga dan HSBC atau Mayapada, saya rasa anda sudah tidak perlu menambah kartu kredit cashback lainnya. Mungkin yang bisa dipertimbangkan adalah Permata Shopping card bila pengeluaran anda meningkat dan merasa cashback yang diberikan 4 kartu sebelumnya tidak cukup lagi (selalu kena batas maksimal)

Ingin belajar tentang Kartu Kredit dan Mendapatkan Cuan Besar?

Apabila kamu pemula di dunia kartu kredit dan ingin mulai mengumpulkan cuan dari kartu kredit, maka kamu akan cocok bergabung di kursus C4: Cari Cuan Credit Card, dimana kita akan belajar:

  1. Bagaimana orang bisa naik pesawat gratis dari penggunaan kartu kredit
  2. Bagaimana kartu kredit bisa membuat kita berhemat ratusan ribu sampai jutaan rupiah setiap bulan
  3. Bagaimana cara agar tidak membayar biaya kartu kredit sama sekali

Ayo cek dan gabung sekarang disini –> C4: Cari Cuan Credit Card

Ingin belajar memilih kartu kredit terbaik sesuai dengan kebutuhan dan kondisi anda?

pabila kamu pemula di dunia kartu kredit dan ingin mulai mengumpulkan cuan dari kartu kredit, maka kamu akan cocok bergabung di kursus C4: Cari Cuan Credit Card, dimana kita akan belajar:

  1. Bagaimana orang bisa naik pesawat gratis dari penggunaan kartu kredit
  2. Bagaimana kartu kredit bisa membuat kita berhemat ratusan ribu sampai jutaan rupiah setiap bulan
  3. Bagaimana cara agar tidak membayar biaya kartu kredit sama sekali

Ayo cek dan gabung sekarang dengan klik tombol dibawah!

C4: Cari Cuan Credit Card
C4: Cari Cuan Credit Card
Adrian Siaril
Adrian Siaril

The boss

Articles: 607

CATATAN!

karena tingginya spam, kolom komentar saya tutup sementara. Untuk menghubungi saya, dm saya di Instagram, Telegram, Tiktok (@adriansiaril), atau isi formulir dibawah ini.