Cara Memilih Reksadana Terbaik di Bibit

Mencari kode referral Bibit untuk dapat modal gratis? Pakai kode saya saja UCLEIAF

Sering sekali di grup Telegram, Instagram, maupun media lainnya banyak orang bertanya REKSADANA APA YANG PALING BAGUS di Bibit.

Biasanya ada dua jenis jawaban yang kita temui:

  1. “Saya gabisa jawab karena tergantung kebutuhan anda, harus belajar cara memilih sendiri”.
  2. Menyarankan untuk mengikuti pilihan pribadi.

Saya jujur termasuk golongan yang kedua, karena saya yakin pilihan saya cukup oke, jadi apa salahnya berbagi? Tapi ya saya selalu bilang risiko ditanggung sendiri.

Nah di tulisan kali ini saya akan sedikit berbagi bagaimana sih memilih reksadana terbaik di Bibit dan juga mungkin anda bisa menerapkannya di APERD lain (APERD adalah singkatan dari Agen Penjual Reksa Dana). Karena APERD itu bukan cuma Bibit lho.

Memangnya ada yang Jelek di Bibit?

Hal pertama yang harus kita akui pertama kali adalah bahwa Bibit sangat selektif dan bahkan bisa dibilang sombong oleh beberapa manajer investasi. Bibit menyeleksi ketat manajer investasi serta produk yang boleh dijual di Bibit. Manajer investasinya harus memiliki reputasi perusahaan yang sudah kuat, dan produk yang mau dijual harus memiliki performa yang bagus juga secara historikal.

Jadi berdasarkan hal ini sebenarnya aman untuk mengatakan bahwa semua produk di Bibit bagus.

Jadi yang kita perlu pilih adalah produk yang terbaik untuk kita.

Caranya?

Kalau anda tidak mau repot repot, pilih saja produk yang diberi tanda bintang oleh Bibit seperti contoh dibawah ini.

obligasi
Contoh disini Manulife Obligasi Negara Indonesia II yang menjadi pilihan top si Robo

Produk yang diberi bintang oleh Bibit biasa memang yang terbaik dari segi return dan konsistensi.

Dengan bantuan robo yang sudah membantu kamu memilih rasio portofolio terbaik, rasanya tidak perlu khawatir lagi dengan tingkat risiko yang bisa kita toleransi. Jadi sekalipun Bibit memilihkan reksadana saham yang performanya sedang naik-turun, pasti return portofolionya diseimbangkan di pasar uang dan obligasi.

Bagaimana kalau mau memilih sendiri?

Saya mulai dari yang paling sederhana dan masuk akal dulu,

Pilih produk reksadana yang bank penampungnya sama dengan rekening yang kamu daftarkan di Bibit.

Hal ini untuk menghindari biaya transfer sebesar 2.500 sd 4.500 yang dikenakan oleh manajer investasi (bukan Bibit) ketika kamu mencairkan reksadana.

Biaya dibawah Rp5.000 mungkin saja kecil sekali untuk beberapa orang, namun bagi orang seperti saya yang investasi receh ratusan ribu, Rp5.000 berarti 5% dari Rp100.000 rupiah, yakni jumlah yang cukup besar! Bayangkan saja jika investasi saya Rp100.000 returnnya hanya 10 persen setahun, berarti yang saya terima bersih returnnya hanya 5% karena terpotong biaya transfer.

Bibit adalah satu satunya APERD yang sangat peduli soal biaya transfer ini, sampai repot-repot menginformasikan kita soal bank penampung setiap produk reksadana. Tidak ada APERD lain yang memiliki informasi ini.

Apa bedanya bank penampung dan bank kustodian?

Bank penampung digunakan manajer investasi untuk mentransfer hasil penjualan reksadana kita. Di Ajaib (kompetitor Bibit), mereka memiliki bank penampung untuk menerima dana karena semua rekening tujuannya adalah rekening BCA, sedangkan di Moinves semua rekening bank penampungnya jelas Bank Mandiri.

Sedangkan bank kustodian adalah bank yang berhak menyimpan uang kelolaan manajer investasi. Jadi uang kita hanya parkir sebentar di bank penampung sebelum pindah ke bank kustodian.

Alur nya kira-kira seperti ini saat proses pembelian reksadana:

Rekening kita –> Rekening penampung APERD –> Bank kustodian produk terkait (karena setiap produk bisa memiliki kustodian berbeda meskipun manajer investasinya sama).

Sedangkan saat penjualan alurnya seperti ini:

Bank Kustodian –> Rekening penampung APERD –> Rekening kita

Menurut saya siapa Bank kustodian nya tidak terlalu penting, yang penting bank penampungnya sama dengan rekening yang kita daftarkan di Bibit.

Lalu bagaimana mengecek bank penampung dan mengubah reksadana pilihan si robo sesuai dengan keinginan kita? Ikuti caranya dibawah ini:

bibit
Langkah pertama geser kebawah halaman utama Bibit sampai terlihat seperti ini, lalu tekan salah satu kolom di angka persentase
pasar uang
Langkah kedua akan muncul tampilan seperti ini. Anda bisa memilih yang tersaji disini atau menggeser kebawah sampai muncul tombol DISCOVER MORE untuk melihat lebih banyak pilihan
schroder dana likuid
Langkah ketiga: dengan menekan tulisan LIHAT DETAIL pada halaman sebelumnya, anda akan disajikan halaman informasi ini yang ada informasi bank penampung

Bagaimana dengan Saya?

Rekening yang saya daftarkan di Bibit adalah BCA , sehingga produk pilihan saya adalah:

Pinnacle Money Market Fund (Pasar Uang), Schroder Dana Mantap Plus II (Obligasi), Sri Kehati Lestari (saham). Semuanya memiliki bank Penampung BCA.

Jadi hanya itu Saja?

Tentu saja tidak, masih banyak faktor lain yang akan kita bahas dibawah

  • Compound Annual Growth Rate dalam interval 3,5, bahkan 10 tahun
  • Melihat kewajaran AUM
  • Melihat track record manajer investasi
  • Mempelajari prospektus dan fund fact sheet

Pembahasan selanjutnya bersifat lebih berat dan kompleks, jadi kalau anda malah makin bingung, sementara pilihlah dulu reksadana berdasarkan bank penampungnya saja.

Compound Annual Growth Rate (CAGR)

Data retur satu tahun itu sebenarnya tidak memberitahu kita informasi yang penting, karena bisa saja tahun lalu suatu reksadana memiliki persentase retur bombastis karena dua tahun sebelumnya dia justru jatuh parah.

CAGR ini mengambil rata-rata return tahunan lalu dibagi dengan jumlah tahun yang berjalan. Misalnya CAGR5 itu melihat data retur selama 5 tahun terakhir dan dirata-ratakan, sehingga memberikan gambaran yang lebih masuk akal tentang performa reksadana tersebut di jangka panjang.

Bagaimana CAGR yang bagus? Ya sama seperti return, makin tinggi persentasenya, makin bagus dan konsisten performa reksadananya.

Saya selalu merekomendasikan untuk meninjau CAGR 3 tahun, 5 tahun, 10 tahun, dan since inception, lalu semuanya dibandingkan. Apabila semua hasilnya positif dan konsisten maka sudah jelas reksadana tersebut sangat oke.

Misalnya untuk reksadana yang menunjukkan CAGR 3 tahun nya 15 persen, berarti satu tahun kira-kira dia dapat 5 persen maka CAGR 5 tahun nya saya harapkan menunjukkan angka setidaknya 25 persen atau lebih. Kalau dibawah 20 persen berarti ada yang salah dalam 5 tahun terakhir.

Untuk saham yang lebih volatile (tidak konsisten), biasanya saya akan lebih fokus ke CAGR 5 tahun dan since inception, yaitu CAGR yang memperhitungkan umur reksadana tersebut dari awal lahir. Alasannya reksadana saham itu memang untuk jangka panjang sehingga kita kurang bisa menggunakan CAGR 3 tahun yang kemungkinan besar menunjukkan persentase minus.

Melihat Kewajaran AUM

Indikator kali ini adalah yang paling subjektif karena setiap orang punya pendapat masing-masing perihal AUM yang ideal untuk produk reksadana.

Terlalu tinggi AUM berarti reksadana tersebut tidak bisa bergerak gesit untuk bertumbuh, namun bila terlalu rendah patut dicurigai kenapa tidak banyak yang berinvestasi disana (apalagi jika umur reksadananya sudah tua)

Bicara soal AUM terlalu tinggi, hal ini disebabkan adanya aturan dari OJK yang melarang suatu reksadana untuk memiliki terlalu banyak porsi saham tertentu dalam portfolio mereka, agar tidak memiliki bentrok kepentingan (conflict of interest). Sehingga bila AUM terlalu tinggi, bisa dibilang manajer investasi akan ‘kebingunan’ atau ‘kehabisan pilihan’ untuk memilih mau menaruh uang nya kemana. Hal ini bisa membuat mereka terpaksa menaruh kelebihan uangnya ke saham yang sebenarnya kurang optimal.

AUM yang sangat tinggi juga menyeramkan karena memberikan exit load yang berat untuk manajer investasi tersebut. Maksudnya, apabila suatu hari mendadak semua investor mau mencairkan porsi mereka di reksadana tersebut, pasti manajer investasi akan kesulitan mencairkan aset-aset mereka untuk membayar para investor. Karena adanya aturan dari OJK bahwa penjualan harus dibayar maksimal 7 hari kerja, maka pasti akan terjadi banting-banting harga agar asetnya bisa cair ke tangan investor

Ingat, pasar memiliki hukum supply dan demand. Penjualan instrumen secara besar-besaran tentu akan menurunkan harga instrumen tersebut sehingga NAV pencairan reksadana bisa berkurang drastis.

Bagi saya pribadi, AUM yang ideal adalah diatas 100 milyar namun dibawah 10 triliun.

Melihat Track Record Manajer Investasi

Seperti yang sudah saya bahas paling atas bahwa semua manajer investasi yang kerjasama dengan Bibit sudah diseleksi yang terbaik, jadi tidak perlu dibahas disini. Apabila anda memang kepo dan mau research lebih lanjut maka tentu bisa melihat umur manajer investasi tersebut, reputasi perusahaannya, serta berita-berita yang terkait dengan mereka. Melihat banyaknya manajer investasi yang sekarang menjadi sorotan karena melakukan tindakan kurang terpuji, langkah ini rasanya menjadi lebih penting. Untungnya, belum ada manajer investasi di Bibit yang pernah tersangkut kasus aneh-aneh.

Bagi saya pribadi, manajer investasi yang merupakan perusahaan lokal (lahir di Indonesia dan dimiliki orang Indonesia) memiliki nilai plus.

Mempelajari Prospektus dan Fund Fact Sheet serta Laporan Bulanan

Ini adalah yang paling dasar tapi paling malas dilakukan semua orang, padahal di dalam dokumen-dokumen tersebut dijabarkan strategi investasi reksadana tersebut, aset-aset utama yang dimiliki, sejarah retur sejak lahir, komentar manajer investasi, dan informasi lainnya seperti bank kustodian dan umur reksadana tersebut.

Karena CAGR biasanya sudah disajikan diluar dokumen dokumen itu, maka informasi yang menurut saya paling penting adalah top holdings dan investment strategy.

Top holdings memberitahu aset apa saja yang menjadi komposisi utama reksadana tersebut, misalnya saham blue chips, mid cap, atau small cap. Apabila reksadana tersebut mengandung banyak saham blue chips maka kemungkinan besar volatilitasnya lebih terkontrol, sedangkan kalau banyak small caps kemungkinan akan sering naik turun karena saham small caps identik dengan materi gorengan.

Sedangkan investment strategy memberikan gambaran soal strategi manajer investasi yang diterapkan di reksadana tersebut, misalnya mencoba mengikuti gerakan index, atau mencoba mengalahkan index.

Mengikuti gerakan index berarti strateginya lumayan pasif untuk memastikan stabilitas jangka panjang. Misalnya ingin mengikut index IDX30, maka manajer investasi akan melihat IDX30 mengandung saham industri apa saja. Contohnya 6 perbankan, 4 konstruksi dan 2 konsumen. Maka index tersebut mungkin juga memasukkan 3 saham perbankan, 2 konstruksi, dan 1 konsumen (jumlah berbeda namun rasio sama yaitu 3:2:1).

Apabila ingin mengalahkan index berarti manajer investasinya akan bermain sedikit agresif dengan memanfaatkan saham mid caps dengan volatilitas yang lebih tinggi. Sesuai dengan prinsip high risk high return, berarti risikonya akan meningkat namun kemungkinan imbal hasilnya lebih tinggi juga.

Satu hal yang saya juga suka pelajari dari dua dokumen tersebut adalah: Apakah reksadana tersebut bersifat tematik? Tematik maksudnya reksadana tersebut memiliki tema investasi tertentu atau tidak. Misalnya, ada reksadana tertentu yang memiliki tema ESG (berinvestasi pada perusahaan yang dampak sosialnya baik), atau malah hanya berinvestasi di sektor usaha tertentu (konsumen atau infrastruktur). Tema investasi ini penting bila anda mau mendiversifikasi portfolio investasi anda, supaya uang anda tersebar ke banyak sektor usaha.

Expense Ratio

Soal hal ini, saya rasa penjelasan sangat bagus telah diberikan oleh Pak Doddy yang bisa ditonton disini. Intinya carilah reksadana yang expense ratio nya rendah namun CAGR nya tinggi, misalnya ABF Bond Fund dan Reksadana IDX30 dari BNI, Pinnacle, atau Avrist.

Terimakasih sudah membaca tulisan ini sampai bawah. Kalau anda masih juga belum menggunakan Bibit, mohon mendukung kelangsungan blog ini dengan mendaftar menggunakan kode referral UCLEIAF . 25rb gratis untuk anda dan untuk saya juga sangat berarti.

Adrian Siaril
Adrian Siaril

The boss

Articles: 591

70 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

      • Selain melirik tujuan investasi untuk mengecek tema investasi yang dipakai reksadana, Pak Adrian ada tips untuk mengeceknya? soalnya gak setiap reksadana menyampaikan juga.

        • Memang tidak setiap reksadana memiliki tema investasi. Reksadana yang memiliki tema biasanya disebut reksadana tematik (istilah informal) misalnya Sri Kehati kan untuk dampak sosial, lalu ada juga BNP paribas khusus infrastruktur, Mawar Konsumen 10

  1. Saya juga termasuk ga setuju kalau melihat reksadana terbaik di bibit hanya berdasarakan bank custodian saja, karena toh biaya transfer kustodian nilainya kecil sekali

      • Halo kak, mengenai RD Obligasi Danamas Stabil, mengapa returnnya fixed hampir kyk RDPU ya? Apakah ini akal”an MI saja atau mmg pengelolaannya sebagus itu? Terlepas dr minimumnya hrs 10jt, apakah ini RDPT yg baik untuk menaruh investasi? Thanks.

        • Halo. Pertanyaan yang sangat bagus. Saya gabisa memberikan jawaban pasti sih, jadi saya kasih hipotesa saja ya. Sebenernya rd tersebut bukan satu2nya yang memiliki karakteristik seperti itu. Danamas unggulan pun memiliki retur tinggi dengan kenaikan yang sangat stabil. Kenapa bisa seperti itu – hanya mi nya yang tahu. Namun saya menduga karena underlying assetsnya, yang mayoritas merupakan corporate bond, harganya “dijaga” oleh grup sinarmas sendiri. Ingat, harga bond bergerak sesuai permintaan pasar layaknya saham, namun dalam kasus Bond lebih tidak volatile dan volumenya tidak tinggi, jadi bisa saja mayoritas lembar nya diserap satu MI dan ga diperdagangkan dimana2. Bila harga bond nya stabil maka naik nya murni dari kupon saja, makanya bisa seperti itu. sekali lagi saya tegaskan itu hanya analisa saya, belum tentu benar ya

  2. Kalau untuk sucorinvest equity fund bagaimana ? Sy lihat performa nya cukup baik dan bs mengalahkan ihsg 3thn terahkir . Tp expenses rationya cukup tinggi . Kalau seperti ini bagaimana ya ? Apakah kira” ada produk yg lebih baik yg bisa di rekomendasikan?

    • Hi kak Jeje. Saya pribadi kurang suca sucor equity fund karena dia komposisi pakai LQ45 tapi strategi pengelolaannya aktif sehingga betul yang kakak katakan bahwa expense ratio nya tinggi. Ketimbang itu saya lebih pilih RD index sekalian misalnya BNI IDX30 karena lebih rendah management fee nya (dikelola secara pasif). Atau kalau seleranya mau yang lebih agresif daripada index, mungkin lebih cocok di sucor maxi fund yang ga berpacu pada index.

  3. Terima kasih Pak untuk bahasannya. Saya ingin bertanya, kalo nggak salah return yang tertulis di RD itu sudah net dari fee reksadana, jadi apakah kita masih perlu mengurangi return yang tertulis di fund fact sheet dengan expense rationya utk menghitung real returnnya ?

    • Halo. Ada perbedaan antara fee reksadana dan expense ratio. Fee itu merujuk pada komisi yg diterima MI untuk mengelola uang kita, sedangkan expense ratio mencakup biaya operasional dibandingkan NAB.
      Untuk yg dicantumkan di bibit itu NAB bersih dari expense ratio. Dan net return yg bersih dr fee pengelolaan
      Jadi strictly speaking memang ga ada rumus net return = return – xpense ratio. Rumus tersebut saya pakai hanya untuk membandingkan dua reksadana, karena expense ratio tinggi membuat saya tidak nyaman dengan MI atau produk tersebut.

      Juga terimakasih atas pertanyaannya. Saya jadi sadar kalau kalimat saya menimbulkam persepsi salah, jadi akan saya ganti

      • Terima kasih banyak Pak atas fast responsenya. Really appreciate it. Saya pembaca baru blog ini dan tulisan2nya semua sangat bermanfaat :))

  4. Kalau beli reksadana di bibit gopay, sementara produk reksadana bank penampung adalah BRI. Apakah setiap transaksi pembelian saya akan dikenakan potongan biaya oleh bank penampung?

  5. Mau berinvestasi?segera download bibit.id dan Dapatkan cashback sebesar Rp.50,000 dengan memasukan ‘ucleiaf’ (tanpa petik) di kolom kode promo/kode voucher pada saat registrasi.

    • karena posisi index acuannya memang sedang stagnan bu. kalau diperhatikan gerakan harga saham lagi ga naik ga turun signifikan juga. Kalau saya sih didiamkan ya

  6. saya awam bgt ttg reksadana ini. kalau bank kustodian dan bank penampung berbeda keduanya, ditambah lg bank saya jg beda dgn keduanya apakah berpengaruh besar? lalu jika bank kusto dan penampung sama tp bank saya beda apakah beda pengaruhnya dgn pertanyaan saya sblmnya?
    lalu, expense ratio yg tinggi itu pengaruh ke apa ya pak nantinya? terimakasih sekali atas tulisannya jg jawabannua pak??

    • Tidak berpengaruh besar bagaimanapun kombinasinya. Paling hanya dikenakan biaya transfer bila rek bank anda beda dengan si kustodian. Expense ratio menilai kepiawaian manajer investasi dalam memberikan retur maksimal dengan biaya sekecil mgkn (biaya yg dimaksud misalnya gaji karyawan, biaya analis, dll)

  7. Waktu tepat untuk berinvestasi Reksadana di bibit, dapatkan cashback sebesar Rp.50,000 dengan memasukan ‘ucleiaf’ (tanpa petik) di kolom kode promo/kode voucher pada saat registrasi.

  8. Wah lengkap banget penjelasannya, lumayan tercerahkan wkwk!
    Oiya numpang titip kode referral juga buat yang mau daftar, bisa pakai kode ini ya : “ucleiaf”
    Sama mau tanya sih mas, itu bener kalau kita jual ada biaya transaksi lagi? Belum pernah jual sih soalnya, kirain sepenuhnya gratis krna tulisannya ya jg biaya jual gratis

    • Sebenarnya dividen bukan bagian dari mekanisme reksadana. Reksadana prinsipnya adalah naik turun NAV (harga unit). Meskipun demikian, ada beberapa reksadana yang ‘mengorbankan’ kenaikan NAV namun menggantinya dengan transfer bulanan ke rekening anda, jadi cara kerjanya mirip dividen. Contohnya adalah Ashmore Dana Obligasi Unggulan Nusantara.

    • Kalau bicara “cepat untung” sih tentu tidak ya, bahkan modal kakap pun tidak bisa melipatgandakan aset instan lewat Reksadana. Return reksadana kan kisarannya 6 sampai 11 persen pertahun

    • Saran saya sih pilih saja satu atau dua dari masing masing kategori. Jadi total ada 3 sampai 6 reksadana. Kalau kebanyakan nanti repot memantaunya dan ketika mencairkan harus berkali kali

  9. Hi kak, aku newbie banget baru download bibit. Mau tanya, untuk pemula lebih baik saham atau obligasi ? kalau aku mau beli bbca gmn ? kok gak ada. Makasih

    • Kak Sinta harus paham ya beli reksadana itu beda dengan beli saham. Kalau mau beli saham bbca salah tempat bukan di bibit. Mungkin bisa mampir ke stockbit atau ajaib untuk beli saham.

  10. Saya pemula sekali. Suka bingung kalau mau memilih reksadana saham yang seperti apa yg dipilih. Contoh, saya sudah menemukan yang expense rationya rendah, tetapi nilai total aumnya belum yang besar. Atau harus melihat lagi dari nilai return? Atau cagr? Boleh minta bantuannya. Sekarang ini saya sedang membandingkan 3 reksadana.

    • Kalau saran saya sih dimulai dulu dari reksadana IDX30 ya. Di bibit ini ada dari 3 perusahaan yaitu principal, bni, dan avrist. Pilih aja salah satu, kalau bisa yang bank penampung nya sama dengan rekening anda supaya mengurangi biaya transfer saat penarikan

  11. Saya pemula sekali. Suka bingung kalau mau memilih reksadana saham yang seperti apa yg dipilih. Contoh, saya sudah menemukan yang expense rationya rendah, tetapi nilai total aumnya belum yang besar. Atau harus melihat lagi dari nilai return? Atau cagr? Boleh minta bantuannya. Sekarang ini saya sedang membandingkan 3 reksadana.

  12. I discovered your blog site on google and check a few of your early posts. Continue to keep up the very good operate. I just additional up your RSS feed to my MSN News Reader. Seeking forward to reading more from you later on!…

  13. Wow! This could be one particular of the most helpful blogs We have ever arrive across on this subject. Actually Magnificent. I am also an expert in this topic therefore I can understand your hard work.

  14. Great goods from you, man. I have understand your stuff previous to and you’re just extremely magnificent. I actually like what you’ve acquired here, really like what you’re stating and the way in which you say it. You make it enjoyable and you still take care of to keep it smart. I can’t wait to read much more from you. This is actually a wonderful site.

  15. Skąd mam wiedzieć, z kim mój mąż lub żona rozmawia na WhatsApp, to już szukasz najlepszego rozwiązania. Podsłuchiwanie przez telefon jest znacznie łatwiejsze, niż myślisz. Pierwszą rzeczą do zainstalowania aplikacji szpiegowskiej w telefonie jest uzyskanie telefonu docelowego.

  16. Thanks for the good writeup. It if truth be told was once a enjoyment account it. Look advanced to far added agreeable from you! However, how could we be in contact?

  17. The next time I read a blog, I hope that it doesnt disappoint me as much as this one. I mean, I know it was my choice to read, but I actually thought youd have something interesting to say. All I hear is a bunch of whining about something that you could fix if you werent too busy looking for attention.

  18. Great ?V I should certainly pronounce, impressed with your web site. I had no trouble navigating through all tabs and related information ended up being truly simple to do to access. I recently found what I hoped for before you know it in the least. Reasonably unusual. Is likely to appreciate it for those who add forums or anything, site theme . a tones way for your customer to communicate. Nice task..