A shining Day-Date replica watch is a luxury model to add stylish sophistication to any wardrobe. A newly-established and popular fake watch with a replica rolex yellow gold bracelet and white dial, this outstanding collector's piece will show you a new and fresh scene.
Beranda » Moneydiary Talks Januari 2020 by Koinworks
Moneydiary Talks Januari 2020 by Koinworks

Moneydiary Talks Januari 2020 by Koinworks

 

Dibawah ini adalah transkrip (hasil pembicaraan yang dibuat tulisan) dari acara yang diadakan Koinworks pada 2020 silam. Saya hanya menyajikan pertanyaan yang saya jawab, tidak mengikutsertakan jawaban dari Mas Sonny selaku narasumber lainnya karena belum izin.

Moderator: Adrian, sebagai milenial – menurutmu perlu tidak “melek” isu update ini ?

Saya kira semua orang harusnya melek isu ya, namun terlebih lagi millenial karena kita punya sosmed, internet, jadi seharusnya jauh lebih peka dan concern terhadap isu, apalagi yang menyangkut uang. Contohnya, reksadana yang berpuluh-puluh tahun dianggap investasi paling aman malah belakangan ini banyak masalah. Isu kesehatan seperti virus Corona bisa mempengaruhi saham habis-habisan. Masalah Amerika-Tiongkok mempengaruhi harga emas, suku bunga mempengaruhi performa obligasi. Semua isu pasti ada kaitannya dengan dunia investasi dan keuangan!

Moderator: Beberapa kebiasaan para milenial itu adalah TIDAK BISA LEPAS dari GADGET, terutama dalam seluruh transaksi maupun kebutuhan finansial mereka. Ada concern mengenai ini ?

Gadget nya sendiri menurut saya bukan merupakan masalahnya, namun PENGGUNAAN gadget itu sendiri. Apakah produktif untuk mengatur keseharian, membantu perencanaan, mencari informasi, atau malah hiburan yang tidak ada habisnya. Hiburan ini bahayanya bukan hanya menghabiskan waktu tapi malah kadang-kadang uang juga. Harusnya gadget yang semakin cerdas membantu kita untuk semakin cerdas juga dalam merencanakan masa pendek maupun panjang.

Moderator: Menurut blog mu, isu P2P lending sering dlbicarakan karena sedang hangat2nya akhir2 ini – kenapa memilih instrument P2P lending ini sebagai pembahasannya ?

Blog saya fokus ke P2P lending karena daridulu sampai sekarang belum banyak orang yang mau berbagi ilmu membahas p2p lending, padahal P2P lending ini merupakan salah satu inovasi investasi yang seharusnya banyak dilirik terutama untuk kaum milenial. Karakteristik P2P lending yang mudah dipelajari, mudah diakses, serta ramah kantong (butuh modal terjangkau) berperan sebagai faktor utama yang menurut saya patut direkomendasikan ke banyak orang.

Moderator: Dalam blogmu, pernah share juga mengenai risiko dari investasi P2P lending, TINGKAT PINJAMAN, PENYELENGGARA, REGULASI, maupun EKONOMI, boleh share disini maksud dari RESIKO TINGKAT EKONOMI ?

Kalau bicara investasi memang setiap instrumen punya risiko tersindiri. Dalam P2P lending ini menurut analisa pribadi saya (tanpa basis teori atau penelitian ilmiah) ada beberapa tingkat risiko seperti yang mas Angga katakan. Tingkat pinjaman alias produk adalah risiko dimana satu peminjam mengalami gagal bayar, penyelenggara adalah misalnya suatu perusahaan p2p lending bangkrut, regulasi adalah misalnya OJK tiba tiba menerapkan bunga maksimal yang bisa dikenakan sehingga menurunkan potensi return, sedangkan ekonomi adalah faktor paling makro yang kita tidak bisa hindari, misalnya amit amit terjadi resesi yang menimbulkan banyak kredit macet seperti 98 dan 2008, tentu yang terdampak bukan hanya P2P lendingtapi juga pasti saham, obligasi, dan produk investasi lainnya. Tapi saya rasa jangan terlalu fokus dengan risiko seperti ini. Beberapa P2P lending seperti Koinworks ini memiliki suatu program yang melindungi pokok modal kita kalau terjadi gagal bayar.

Moderator: Kemudahan teknologi ini berbanding lurus dengan pengeluaran, untuk itu para milenial perlu cerdas dalam mengelola keuangan, terutama hal INVESTASI. Ada saran mengenai ini ?

Kemudahan teknologi berbanding lurus dengan pengeluaran, tapi menurut saya harusnya berbanding lurus juga dengan pemasukan! Dengan teknologi banyak potensi side job seperti online shop dan jasa freelance, dan karena hadirnya banyak fintech termasuk P2P lending seperti Koinworks ini, teknologi juga memudahkan kita mengalokasikan investasi. Dulu ketika kita punya uang lebih rasanya bingung itu uang mau dikemanain. Dimasukin tabungan biaya adminnya lebih tinggi daripada bunganya, deposito dan reksadana mesti ke banknya isi form sedangkan kalau kita kerja mana mungkin sempat ke bank? Nah kalau seperti Koinworks ini kan kita setelah terima gaji tinggal langsung transfer untuk investasi. Buka akun nya pun semua full online tanpa keluar rumah.

Peserta: Bagaimana peraturan soal gagal bayar di P2P lending? Siapa yang bertanggung jawab?

Pada dasarnya OJK belum memberikan peraturan tentang mekanisme penanganan gagal bayar. OJK hanya mewajibkan bahwa pinjaman yang sudah macet lebih dari 90 hari dinyatakan default alias gagal bayar. Soal bagaimana penyelenggara P2P lending menghadapinya, itu terserah masing-masing P2P lending. Ada yang bodo amat (risiko investor tanggung sendiri), ada yang klaim ke garansi, ada yang nalangin pakai uang pribadi. Nah, Koinworks ini termasuk yang terakhir. Kalau sampai ada gagal bayar, mereka akan gantiin modal (tanpa bunga) sesuai dengan grade pinjamannya. Saya pribadi tidak akan pernah mau investasi di P2P lending yang tidak memberikan jaminan modal.

LOOKING FOR ENGLISH CONTENT?

Except for the literature, all my Bahasa contents are translator-friendly, so you can summon the might of Google Translate below.

HUBUNGI SAYA

asiaril@ymail.com

Hak cipta dilindungi oleh undang-undang. Dilarang menerbitkan, menyiarkan, menulis ulang, atau menyebarkan konten situs ini tanpa izin tertulis dari pemilik blog ini (Adrian Siaril)

Isi blog ini bukan ajakan investasi dan bukan saran profesional. Saya tidak memiliki kualifikasi apapun, jadi jangan mudah percaya dengan omongan saya.

KODE REFERRAL

Akseleran: AKSLADRIA13403
ALAMI: ASIARI
Allianz Smart Poin: rvam2zmw
Ajaib : asia625
Amartha: IL035033
Asetku:WVQXQ
BCA Credit Card (Kartu Kredit BCA): ADRIA0002117
Bibit: ucleiaf
Bizhare: ASA8KHDU

Bmoney: REF-KRJI0
Bukalapak: BAMBANGRAHARJA13YJ
By.u: Klik link disamping atau masukkan BYADRI8439991
Canva: klik link disamping
Cashbac: adr01ak
Catchplay: langsung klik link tersebut
Crowdo: U051549
Crowde: FNYTMZK
DANA: bltuDi
danaIN: 12552
Danamart: asiaril

Deposito BPR by Komunal: AS2333
DNA PRO: ADRIANSI0512
EA-50 : ASIAR8548
Easycash: WRo7Rsw
Ebay.blanja.com: 25CN5E949CBD
E-mas: 9D3CEDUY
Esta Kapital: ZTVINT
Fahrenheit – Lotus International: adriansiaril
Fazzcard: 36baeb7a01
FIN888: adriansi0512
Flip: SHIA6755
Fore Coffee: 5BA015
Fundtastic: FUN10287
Gradana: AS0302191555
Getplus: DWNXM6GDM
Halofina: AIE74C
Hangry!: ADRINALD
iGrow: IGWSIA1980
Indogold: 98532
Investree: LJGZ3
Invisee: @AS0e99d
Jackhammer Co (via TADA): langsung klik link disamping
Jenius: $asiaril
Jurnal: ADRIA21895 atau klik link disamping
Kapital Boost: BAT6M2
Kaspro: E57u7c
KoinWorks: 62507
Koingold by Koinworks: KG-62507
Komunal: 1CE8460
Lakuemas: adrian2128
Levi’s VIP Indonesia: 31A8KL2
Lotus International – Fahrenheit: adriansiaril
Mekar: ADRIA2476
Modalku: jdq73oc9
Modal Rakyat:AS1817506638
NYALA: klik link disamping
OCBC NISP One Mobile: klik link disamping
OY: langsung klik link disamping
Pegadaian: PDS4ED81
Pluang: ADRI667294
Qoala Plus: XM3KSRAL
Raiz Invest (Indonesia): MDA2P7
Shopback: us3h2G
Shopee: ASIAR252
SmartX: asiaril
Sweet Escape : 1FSRH
Tamasia: MIK97TR
Tanamduit: ADRIA00INH7
Talenta: talenta641
Tanifund: ADRR20
Tiktok: A729133701
Tokopedia: TPADR8548
Tunaiku: SASIARIL
Uangme: 7627
Yesdok: ADRIANS1U
Yukk: asia48