Panduan Lengkap Belajar P2P Lending

Fungsi halaman ini adalah sebagai index/menu terhadap semua konten blog ini yang berhubungan dengan p2p lending. Namun sekarang semua isinya sudah digabungkan menjadi EBOOK GRATIS yang bisa anda download di halaman ini.

Kalau anda malas bolak balik halaman ini, lebih baik download ebook nya saja untuk disimpan di hp/laptop, tapi halaman ini tentu akan lebih sering diperbaharui daripada e-book nya.

Jangan lupa bergabung ke grup Telegram KOMUNITAS P2P LENDER.

1.0 Pengetahuan Dasar P2P Lending

Bagian ini berisi pemahaman dasar tentang p2p lending. Saya tidak membahas sejarah dan definisi dasar p2p lending karena hal tersebut bisa dengan mudah dicari di Wikipedia. Kita akan fokus membahas industri p2p di Indonesia.

1.1 Kamus Istilah P2P Lending

Penting mengetahui istilah-istilah penting di dunia p2p sebelum melanjutkan membaca

1.2 Pertanyaan Yang Sering Diajukan Tentang P2P Lending

Disini saya mengumpulkan daftar pertanyaan yang paling sering diajukan tentang p2p lending.

1.3. Kontroversi dan Kritik P2P Lending

Bagian ini tidak terlalu penting, namun bisa memberikan persepsi lain dari pihak kontra yang sebenarnya memiliki argumen valid

1.4. Mitos P2P Lending

Bila di poin 1.3 kita membahas alasan valid dari sisi kontra, maka di artikel ini kita membahas opini yang kurang valid dari sisi kontra

1.5. P2P lending dulu dan sekarang

Apabila anda pembaca baru blog ini dan baru terjun ke dunia p2p lending, maka tulisan ini bisa menjadi catatan sejarah yang bagus untuk anda baca.

2.0 Risiko P2P Lending

Dengan bunganya yang cenderung tinggi dan minimnya sosialisasi pihak berwenang tentang jenis investasi baru ini, wajar saja banyak yang skeptis terhadap model investasi ini, belum lagi mengingat banyaknya trauma investasi bodong dan penipuan yang tejadi belakangan ini. Pada bagian ini kita kupas tentang risiko p2p lending.

2.1 Amankah Berinvestasi di P2P Lending?

Tulisan ini membahas secara objektif tentang keamanan model bisnis ini, sehingga anda bisa memutuskan sendiri apakah cocok ikut-ikutan investasi model ini.

2.2. Mengapa bunga P2P lending bisa tinggi?

Prinsip “tinggi hasil tinggi risiko” adalah hukum alam yang tidak bisa dipatahkan oleh teknologi maupun ilmu apapun, sehingga retur p2p lending yang tinggi pun pasti diiringi oleh risiko yang tinggi. Disini akan dijelaskan bagaimana p2p lending bisa menawarkan bunga yang tinggi.

2.3. Bagaimana P2P Lending Menangani Gagal Bayar

Tulisan ini menjelaskan apa yang akan terjadi bila investasi anda gagal bayar (pinjaman default). Karena berbeda dengan saham atau reksadana yang nilai investasi nya naik turun, maka perusahaan-perusahaan P2P lending memiliki metode yang berbeda beda untuk mengatasi gagal bayar.

2.4 Pendapat saya soal P2P Lending saat Resesi

Tulisan ini ditulis sebelum resesi terjadi di tahun 2020, jadi tidak terlalu penting dibaca karena resesinya sudah terjadi. Prediksi saya ada yang benar dan ada yang salah. Lebih baik baca tulisan selanjutnya.

2.5 Kondisi Terkini P2P Lending Menghadapi Resesi

Tulisan ini ditulis setelah resesi sudah terjadi, dan mengkompilasi data tentang perubahan dan adaptasi yang dilakukan berbagai p2p untuk menghadapi resesi di Indonesia.

2.6 Restrukturisasi: Solusi Terbaik bila P2P Macet?

Penyelenggara seringkali berkata bahwa restrukturisasi adalah solusi terbaik yang menguntungkan baik pendana maupun peminjam. Benarkah seperti itu?

3.0 Manajemen Risiko di P2P Lending

Setelah memahami benar risiko investasi model ini di bagian sebelumnya, anda harus belajar meminimalkan risiko melalui proses seleksi maupun diversifikasi yang akan dijelaskan di bagian ini.

3.1. Bagaimana Diversifikasi di P2P Lending

Diversifikasi memang berlaku untuk semua instrumen investasi, namun dalam P2P lending ada sedikit perbedaaan yang perlu anda pelajari disini.

3.2. Jangan percaya grade P2P Lending

Di tulisan ini saya akan menjelaskan bahwa sesungguhnya anda tidak perlu terlalu memperhatikan penilaian grade yang diberikan kepada suatu pinjaman.

3.3. Pendanaan selektif P2P lending

Setelah paham bahwa grade dan metriks dalam P2P lending sulit dipercaya, maka anda perlu memberikan penilaian sendiri terhadap pinjaman yang anda akan danai, menggunakan metode yang dijelaskan di tulisan ini.

3.4. Menggunakan pendanaan otomatis di p2p lending

Fitur pendanaan otomatis makin marak ditawarkan oleh p2p lending, namun anda perlu pahami kelebihan dan kekurangannya, yang akan dijelaskan disini.

4. Memilih P2P Lending Terbaik

Setelah sudah paham dasar-dasarnya, saatnya untuk terjun ke investasi P2P lending ini. Namun dimanakah anda harus mulai investasi? Banyaknya pilihan website yang tersedia pasti memusingkan pemula, belum lagi tidak semua website tersebut legal dan aman.

4.1 Mengevaluasi P2P Lending

Di tulisan satu ini saya menjelaskan bagaimana menilai suatu website P2P lending menggunakan beberapa kriteria

4.2. Dua Jenis P2P Lending

Dalam menentukan pilihan, anda juga perlu tahu bahwa ada dua jenis P2P lending dan keduanya memiliki model bisnis yang cukup berbeda. Beberapa orang hanya ingin mendanai di satu jenis, meskipun saya merekomendasikan untuk mendanai di dua-duanya.

4.3. Jenis sektor p2p lending

Bagi yang memiliki kepedulian khusus terhadap suatu industri, anda bisa membuat pendanaan anda memiliki dampak sosial. Pelajari berbagai jenis sektor industri yang disasar oleh p2p lending disini. Bila tidak memiliki kepedulian khusus, anda bisa melewatkan tulisan ini,

Setelah membaca dua tulisan tersebut anda seharusnya bisa memilih sendiri website P2P lending apa yang cocok untuk anda. Namun bila anda tidak ada waktu atau malas, tenang saja, saya sudah merangkum sebagian besar website P2P lending di Indonesia di tulisan selanjutnya:

4.4. Perbandingan Semua P2P Lending di Indonesia

Kalau tulisan tersebut terlalu panjang untuk anda, ada versi singkatnya:

4.5. P2P Lending Terbaik Indonesia menurut saya

dan juga alat interaktif untuk menemukan pilihan terbaik anda sendiri:

4.6. Fillena – Filter Lending Anda, membantu mencari jodoh p2p lending anda

Selesai. Seharusnya semua tulisan tersebut bisa membekali anda untuk berinvestasi di P2P lending

4.7. Perbedaan P2P Lending Syariah

Pelajari perbedaan dan klasifikasi p2p lending syariah disini.

5. Topik Lanjutan

Bagian ini tidak esensial, dan saya tidak merekomendasikan anda membaca bagian ini sebelum merasakan menggunakan p2p lending setidaknya satu bulan, karena yang dibahas di bagian ini sulit dipahami.

5.1. Jenis – Jenis pendana di p2p lending

Tidak semua pendana di p2p lending adalah kaum umum seperti kita, dan disini saya akan jelaskan identitas mereka.

5.2. Ciri – ciri P2P lending sayang retail

Setelah memahami bahwa pendanaan kita hanyalah uang receh yang tidak berarti, maka kita perlu memilah p2p lending yang menghormati hak kita sebagai lender individual

5.3. Borrower Lebih penting daripada Lender

Disini saya menjelaskan bahwa bagi suatu p2p lending, jumlah borrower jauh lebih penting daripada jumlah lender, apalagi bagi p2p konsumtif.

6.0 Keluar dari P2P Lending

Bila karena suatu alasan anda ingin berhenti investasi p2p lending, saya siapkan panduannya disini:

6.1. Bagaimana Berhenti Investasi P2P Lending

7.0 Alternatif Investasi Lainnya

Apabila setelah membaca tulisan ini anda merasa bahwa P2P lending bukan investasi yang tepat untuk anda, maka saya juga punya beberapa tulisan yang mungkin berguna untuk anda:

Investasi Apa yang Tepat untuk Saya?

Bagaimana Mulai Berinvestasi

Rekomendasi Website untuk Investasi

Equity Crowdfunding – Samakah dengan P2P lending?

Adrian Siaril
Adrian Siaril

The boss

Articles: 591

9 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

  1. Excellent blog here! Also your website loads up fast! What web host are you using? Can I get your affiliate link to your host? I wish my site loaded up as fast as yours lol

  2. BINGUNG MAU MULAI INVESTASI TAPI GAK ADA ILMUNYA ??
    DOWNLOAD APLIKASI BIBIT APLIKASI INVESTASI REKSADANA BUAT PEMULA!
    PAKAI KODE REFERAL ucleiaf SAAT REGISTRASI BIBIT DAN TOP UP MINIMAL
    100K LANGSUNG DAPAT CASHBACK 50K MASUK KE PORTO INVESTASIMU!
    GAK ADA RUGINYA GUYS MULAI INVESTASI REKSADANA DI BIBIT!
    INGAT REFERALNYA : ucleiaf

  3. Howdy would you mind letting me know which hosting company you’re working with? I’ve loaded your blog in 3 different internet browsers and I must say this blog loads a lot quicker then most. Can you suggest a good hosting provider at a honest price? Thank you, I appreciate it!

  4. you’re really a good webmaster. The web site loading speed is amazing. It seems that you’re doing any unique trick. Also, The contents are masterpiece. you’ve done a great job on this topic!

  5. Whats Going down i am new to this, I stumbled upon this I have found It positively useful and it has aided me out loads. I hope to contribute & aid other customers like its helped me. Great job.