A shining Day-Date replica watch is a luxury model to add stylish sophistication to any wardrobe. A newly-established and popular fake watch with a replica rolex yellow gold bracelet and white dial, this outstanding collector's piece will show you a new and fresh scene.
Beranda » Bakmi Orpa tak peduli kata kalian
photo of person s hand getting noodles using chopstick

Bakmi Orpa tak peduli kata kalian

Tulisan saya kali ini memang agak random, bukan review, bukan juga sastra. Mungkin campuran keduanya?

Bagi yang tidak tahu, dan pasti banyak yang tidak tahu. Bakmi Orpa adalah salah satu bakmi ayam legendaris di daerah Pejagalan Jakarta yang sudah ada sejak jaman kakek saya masih ganteng seperti saya. Sedari bocah saya suka makan disini, dan sampai sekarang pun demikian

Hari ini, Bakmi Orpa bernasib sama seperti Asetku dan buah durian, memiliki dua kubu yang mati-matian membela dan membenci.

Mengulas makanan memang sulit karena selera tergantung dari masing-masing lidah orang, namun alasan Bakmi Orpa memiliki banyak haters bukan karena rasanya yang kontroversial, namun karena beberapa faktor yang memang secara objektif pun tidak masuk akal.

Harga

Satu mangkok bakmi ayam dihargai 60.000. Iya, serius. Memang bukan yang paling mahal di seluruh Indonesia sih, tapi jelas menjadi salah satu yang termahal. Saya ingat betul, dulu teman baik saya bernama Nadia pernah sampai marah-marah di Instagram dan media sosial gara-gara dia dan teman-temannya bela-belain jauh-jauh kesini demi nyicip dan shock begitu melihat tagihannya.

Jangan anggap harga tersebut dibalas dengan porsi, karena porsinya lumayan kecil, dagingnya cukup pelit juga.

Pelayanan

Sama seperti gerai bakmi rintisan keluarga lainnya, dan usaha kuliner warisan keluarga pada umumnya, jangan berharap banyak soal pelayanan disini. Meskipun harganya bintang 5, namun pelayanan mas-mas gerobak pinggir jalan bisa jauh lebih baik.

Banyak cerita horor yang bisa kamu lihat sendiri di Zomato, Google Maps, dan platform lain tempat influencer nongkrong. Mulai dari sifat pemilik yang arogan, harga yang tidak pasti alias bisa dinaikin dan diturunin seenak jidat oleh pemiliknya. sambal dan kondimen yang pelit, dan yang terbaru adalah menolak ‘dine-in’ alias makan di tempat sekalipun sudah diizinkan oleh otoritas.

Nothing Special

Tidak ada yang spesial dari tempatnya. Akses jalannya sempit, parkirnya sedikit, temperatur ruangannya panas, tempat nya sederhana dan ga instagramable sama sekali.

Tapi bodo amat, karena…

Bakmi Orpa selalu laku, masih laku, dan rasanya akan tetap laku sampai setidaknya 10 tahun kedepan. Hukum permintaan dan penawaran berlaku disini.

Kenapa dia harus turunin harga kalau memang masih banyak orang yang mau membayar harga segitu?

Kenapa dia harus dengerin kritik dari para reviewer kalau masih banyak yang ga kapok-kapok datang kesana?

Kenapa dia harus inovasi dan merubah diri kalau memang tidak dibutuhkan?

Siapa sih memang pelanggannya?

Sangat umum menemui supercar parkir di gerai Bakmi Orpa, dan bila anda penasaran dengan wujud asli konglomerat konglomerat bermata sipit, maka sering-sering saja mampir kesini, saya jamin mudah menemukan mereka dengan mata kepala anda sendiri.

Meskipun pelanggan setia Bakmi Orpa tersebut suatu hari akan tutup usia, saya jamin ada warisan yang diteruskan oleh generasi kedua dan seterusnya, sama seperti saya yang mewarisi rasa cinta Bakmi Orpa dari kakek saya yang sudah tiada.

Bagaimana dengan saya?

Sekalipun harganya naik dua kali lipat, sekalipun saya harus membayar ekstra cuma untuk setitik sambal, dan sekalipun saya harus parkir 1km dari lokasi lalu berjalan kaki, saya masih akan tetap rela makan disini, bukan sekali dua kali, namun berulang kali sampai akhir hayat saya.

Saya bukan konglomerat sukses bermata sipit, namun saya sudah jatuh cinta selama berpuluh-puluh tahun terhadap rasa khas Bakmi Orpa. Makan Bakmi Orpa, menurut saya sama saja dengan makan brunch kekinian yang malah ga enak dan porsinya sedikit.

Bedanya, di Bakmi Orpa kita bayar 90% untuk rasanya yang legendaris, sedangkan di tempat kekinian kita bayar 90% untuk foto-foto dan pamer status sosial.

Saran

Untuk Bakmi Orpa: tidak ada masukan apa-apa, karena mereka tidak akan baca dan tidak akan peduli anyway. Food blogger legendaris saja dikacangin, apalagi saya. Toh kalau memang saya mau ngasitau, mendingan saya bicara langsung ketika saya makan disana sebulan dua kali.

Untuk orang yang baca tulisan ini: bila rela membayar 60rb demi semangkuk bakmi, saya benar-benar menyarankan anda untuk mencoba mie kontroversial ini, supaya anda bisa menentukan golongan anda: mau di sisi lover atau hater

Apabila ada satu hal yang bisa saya pelajari dari Bakmi Orpa, bahwa untuk sukses tidak selalu harus mendengarkan apa kata orang.

LOOKING FOR ENGLISH CONTENT?

Except for the literature, all my Bahasa contents are translator-friendly, so you can summon the might of Google Translate below.

HUBUNGI SAYA

asiaril@ymail.com

Hak cipta dilindungi oleh undang-undang. Dilarang menerbitkan, menyiarkan, menulis ulang, atau menyebarkan konten situs ini tanpa izin tertulis dari pemilik blog ini (Adrian Siaril)

Isi blog ini bukan ajakan investasi dan bukan saran profesional. Saya tidak memiliki kualifikasi apapun, jadi jangan mudah percaya dengan omongan saya.

KODE REFERRAL

Akseleran: AKSLADRIA13403
ALAMI: ASIARI
Allianz Smart Poin: rvam2zmw
Ajaib : asia625
Amartha: IL035033
Asetku:WVQXQ
BCA Credit Card (Kartu Kredit BCA): ADRIA0002117
Bibit: ucleiaf
Bizhare: ASA8KHDU

Bmoney: REF-KRJI0
Bukalapak: BAMBANGRAHARJA13YJ
By.u: Klik link disamping atau masukkan BYADRI8439991
Canva: klik link disamping
Cashbac: adr01ak
Catchplay: langsung klik link tersebut
Crowdo: U051549
Crowde: FNYTMZK
DANA: bltuDi
danaIN: 12552
Danamart: asiaril

Deposito BPR by Komunal: AS2333
DNA PRO: ADRIANSI0512
EA-50 : ASIAR8548
Easycash: WRo7Rsw
Ebay.blanja.com: 25CN5E949CBD
E-mas: 9D3CEDUY
Esta Kapital: ZTVINT
Fahrenheit – Lotus International: adriansiaril
Fazzcard: 36baeb7a01
FIN888: adriansi0512
Flip: SHIA6755
Fore Coffee: 5BA015
Fundtastic: FUN10287
Gradana: AS0302191555
Getplus: DWNXM6GDM
Halofina: AIE74C
Hangry!: ADRINALD
iGrow: IGWSIA1980
Indogold: 98532
Investree: LJGZ3
Invisee: @AS0e99d
Jackhammer Co (via TADA): langsung klik link disamping
Jenius: $asiaril
Jurnal: ADRIA21895 atau klik link disamping
Kapital Boost: BAT6M2
Kaspro: E57u7c
KoinWorks: 62507
Koingold by Koinworks: KG-62507
Komunal: 1CE8460
Lakuemas: adrian2128
Levi’s VIP Indonesia: 31A8KL2
Lotus International – Fahrenheit: adriansiaril
Mekar: ADRIA2476
Modalku: jdq73oc9
Modal Rakyat:AS1817506638
NYALA: klik link disamping
OCBC NISP One Mobile: klik link disamping
OY: langsung klik link disamping
Pegadaian: PDS4ED81
Pluang: ADRI667294
Qoala Plus: XM3KSRAL
Raiz Invest (Indonesia): MDA2P7
Shopback: us3h2G
Shopee: ASIAR252
SmartX: asiaril
Sweet Escape : 1FSRH
Tamasia: MIK97TR
Tanamduit: ADRIA00INH7
Talenta: talenta641
Tanifund: ADRR20
Tiktok: A729133701
Tokopedia: TPADR8548
Tunaiku: SASIARIL
Uangme: 7627
Yesdok: ADRIANS1U
Yukk: asia48