P2P Lending Dengan Risiko Minim

Di tahun 2022 jumlah gagal bayar P2P lending meningkat drastis, dan banyak yang ternyata macet dalam melakukan pencairan asuransi kredit. Selidik sedikit, ternyata hampir seluruh p2p lending menggunakan skema asuransi ASO, dimana klaim asuransi yang dicairkan tidak bisa melebihi jumlah premi yang diterima oleh mitra asuransi.

Fakta tersebut cukup menggegerkan karena berarti selama ini kita sebagai lender/pendana dikelabui tentang tingkat risiko p2p lending yang sesungguhnya. Tanpa asuransi kredit yang efektif, tingkat risiko p2p lending tidak lagi sebanding dengan tingkat returnnya yang terus menerus turun.

Dalam tulisan ini, saya ingin memberikan beberapa produk p2p lending yang menurut saya masih menawarkan risiko wajar dan sebanding dengan tingkat returnnya. Perlu dicatat bahwa bukan berarti produk-produk dibawah ini BEBAS RISIKO, karena tetap saja ada risiko dalam setiap investasi.

Koinrobo dari Koinworks

Berbeda dengan KoinP2P, produk ini memiliki rate yang jauh lebih rendah namun bisa dibilang “bebas risiko”. Tidak pernah ada kasus telat bayar maupun gagal bayar untuk produk ini. Tenor pendanaan sangat fleksibel dan pembayaran modal maupun bunga dikembalikan di akhir tenor.

Produk ini juga memiliki banyak penawaran khusus jalur RM kalau dana investasi kamu cukup besar.

Review Koinrobo selengkapnya pernah saya bahas disini.

Pinjaman Terproteksi dari Modalku

Modalku juga memiliki versi pendanaan ‘bebas risiko’ dengan nama Pinjaman Terproteksi. Dengan rate yang rendah dan tenor yang Panjang, produk ini lebih baik digunakan bila kamu berencana melakukan compounding jangka Panjang, sebab produk ini memberikan pengembalian modal secara rutin (biasanya p2p lending lain hanya mengembalikan bunga saja, dan pokok dibelakang)

Review lengkap produk ini pernah saya bahas disini.

Esta Quickly

Esta Kapital memiliki 3 jenis produk pendanaan, dan Esta Quickly adalah favorit saya karena tenornya hanya hitungan minggu. Meskipun Esta tidak pernah meng klaim bahwa jenis produk ini ‘bebas risiko’, namun jenis produk ini belum pernah ada kejadian telat bayar maupun gagal bayar.

Investree VIP

Investree memiliki penawaran khusus pendanaan untuk lender yang memiliki kategori “VIP”. Meskipun pendanaan ini tidak memiliki proteksi atau skema khusus, namun RM Investree menginformasikan bahwa penawaran VIP ini merupakan borrower yang sangat diseleksi ketat dan minim risiko.

Menimbang reputasi perlu dijaga dimata lender VIP, saya yakin bahwa kemungkinan telat bayar apalagi gagal bayar untuk pendanaan VIP ini sangat kecil sekali sehingga lolos ke list ini.

P2P Konsumtif

Semua yang disebutkan diatas adalah p2p produktif. P2P Konsumtif sejak dulu tidak pernah telat bayar maupun gagal bayar. Jadi kalau kamu memang percaya bahwa p2p konsumtif itu ‘bebas risiko’, maka silakan pilih saja satu diantara p2p ini

  • Asetku
  • Uangme
  • Easycash
  • Rupiahcepat

Adrian Siaril
Adrian Siaril

The boss

Articles: 588

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *