Rumor: Koinworks Bayar THR Menggunakan ESOP.

Berdasarkan bocoran komunitas pemantau startup Ecommurz, ada salah seorang karyawan Koinworks yang membocorkan bahwa mereka baru saja menjalani meeting dimana manajemen atas Koinworks memutuskan untuk membagikan THR dalam bentuk ESOP, bukan uang tunai.

ESOP adalah bentuk penyertaan modal untuk karyawan, umumnya dilakukan di dunia startup. ESOP bukan berbentuk uang tunai dan tidak bisa ditransaksikan. Sehingga, apabila kabar ini benar, maka Koinworks akan melanggar hak karyawan yang diatur dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan.

Apakah kabar ini berdampak bagi kita sebagai pengguna atau lender Koinworks?

Jawaban singkatnya adalah tidak. Bagi anda yang sudah memahami baik model bisnis p2p lending, maka anda paham bahwa kinerja keuangan perusahaan tidak berpengaruh pada tingkat risiko pinjaman yang ditawarkan di platform.

Kendati demikian, anda perlu ingat bahwa Koinworks menggunakan dana provisi sebagai bentuk mitigasi risiko. Selain itu, meskipun Koinrobo menggunakan asuransi kredit, namun kita juga tahu bahwa asuransi kredit yang saat ini berlaku di industri P2P lending seluruhnya menggunakan skema AUTO STOP LOSS yang saya jelaskan di tulisan ini.

Selain itu, berita ini menunjukkan bahwa Koinworks berarti sedang kekurangan uang kas lancar. Hal ini sedikit banyak bisa jadi berpengaruh pada seleksi pengajuan pinjaman di sisi borrower. Logikanya, Koinworks butuh pemasukan tambahan. Cara P2P lending menambah pemasukan adalah dengan meningkatkan disbursement sehingga bisa mendapatkan provisi/fee/spread lebih banyak. Meningkatnya target disbursement ini bisa jadi berdampak pada meningkatnya jumlah pinjaman buruk yang sebenarnya tidak lolos kriteria namun ‘dikatrol’ demi mengejar target.

Tentunya hal tersebut hanya dugaan dan spekulasi saya saja.Pengguna Koinp2p merasakan telatnya pencairan dana provisi sejak 2 tahun lalu. Namun, saya yakin berita ini tidak akan mempengaruhi performa Koinrobo setidaknya selama 6 bulan ke depan. Selain itu, Koinworks akan segera meluncurkan produk deposito yang dapat berdampak positif pada performa perusahaan mereka.

Adrian Siaril
Adrian Siaril

The boss

Articles: 599

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.