Diskon khusus pembaca blog! Gunakan kode ADRIANSIARIL untuk dapat diskon 20% di kursus C4: Cari Cuan Kartu Kredit.

Update Review: Koinworks di akhir 2022

Ini hanya merupakan update singkat. Untuk review Koinworks yang lebih mendetail dan ketinggalan jaman, baca review asli saya disini.

Berdasarkan hasil observasi saya, Koinworks masih mempertahankan mayoritas RM dan karyawan mereka. Hal ini berarti secara fundamental perusahaan, Koinworks tidak ketar ketir potong biaya dan bertumbuh cukup positif.

Model bisnis mereka juga tidak lagi hanya bergantung pada p2p lending saja, tapi juga menjadi aggregator untuk surat berharga ritel, emas, dan bahkan meluncurkan produk personal loan dalam wujud Koinworks Neo. Artinya, Model usaha mereka cukup sustainable dan tidak hanya bergantung pada satu industri saja. Umurnya harusnya masih panjang.

Dari segi segi pelayanan dan transparansi, RM mereka masih aktif berkomunikasi di forum publik, dan petinggi mereka pun tidak ada gelagat mencurigakan. Banyak dari ‘orang lama’ masih bertahan di posisi atas maupun tengah. Hal ini menandakan belum ada internal shakeup yang merupakan gejala penyakit p2p lending. Meskipun Koinworks memang tak luput dari telat dan gagal bayar, tapi masalah nya masih dalam batas wajar dan tidak signifikan. BIla masalahnya sudah diluar kendali, pasti akan muncul tekanan pada staf mereka dan mengakibatkan banyaknya pergantian karyawan.

Bagaimana dengan Produk Koinrobo?

Belum ada laporan telat bayar maupun gagal bayar untuk produk Koinrobo. Masih recommended. Namun, tidak pernah gagal dan telat bayar bukan berarti tanpa risiko. Sudah menjadi rahasia umum bahwa Koinrobo sendiri merupakan pool dari pendanaan p2p lending di Koinworks, dan laporan yang saya terima, untuk produk p2p nya sering bermasalah: dana provisi tidak cair, grade diubah tanpa izin, dan restrukturisasi tanpa izin. Artinya, meskipun produk Koinrobo kelihatannya 0 risiko, tapi kita bisa liha sebenarnya ‘dalamannya’ tidak seindah itu.

Selain itu, dulu saat saya meliput Koinrobo, mereka bilang bahwa bermitra dengan 3 asuransi yang berbeda-beda. Saat ini, informasi ‘3 asuransi’ tidak lagi tertulis di web mereka. Tidak pernah disebutkan juga siapa saja mitra tersebut dan bagaimana mekanisme 3 asuransi tersebut bekerja. Dikhawatirkan, skema asuransi yang digunakan tidak ada bedanya dengan model Stop Loss seperti yang diterapkan Tanifund. Apabila skema asuransinya memang salah, maka mitigasi risikonya tidak sustainable dan berpotensi menjadi bom waktu.

Kesimpulan

  • Secara fundamental perusahaan, Koinworks sehat dan masih bertumbuh positif. Dugaan saya umurnya panjang.
  • Produk Koinrobo memang tidak pernah bermasalah untuk saat ini, tapi tidak bisa dibilang risikonya 0 untuk selama-lamanya.
  • produk P2P nya sulit saya rekomendasikan karena banyak track record yang kurang baik terutama saat pandemi.
  • Silakan lanjut gunakan Koinworks, tapi pantau terus performa p2p nya meskipun kamu hanya pakai Koinrobo . Produk lainnya ok ok saja.

Ingin belajar memilih kartu kredit terbaik sesuai dengan kebutuhan dan kondisi anda?

pabila kamu pemula di dunia kartu kredit dan ingin mulai mengumpulkan cuan dari kartu kredit, maka kamu akan cocok bergabung di kursus C4: Cari Cuan Credit Card, dimana kita akan belajar:

  1. Bagaimana orang bisa naik pesawat gratis dari penggunaan kartu kredit
  2. Bagaimana kartu kredit bisa membuat kita berhemat ratusan ribu sampai jutaan rupiah setiap bulan
  3. Bagaimana cara agar tidak membayar biaya kartu kredit sama sekali

Ayo cek dan gabung sekarang dengan klik tombol dibawah!

C4: Cari Cuan Credit Card
C4: Cari Cuan Credit Card
Adrian Siaril
Adrian Siaril

The boss

Articles: 607

CATATAN!

karena tingginya spam, kolom komentar saya tutup sementara. Untuk menghubungi saya, dm saya di Instagram, Telegram, Tiktok (@adriansiaril), atau isi formulir dibawah ini.