Diskon khusus pembaca blog! Gunakan kode ADRIANSIARIL untuk dapat diskon 20% di kursus C4: Cari Cuan Kartu Kredit.

Akseleran IPO: Peluang atau Ancaman P2P Lending

Akseleran IPO, sebuah platform fintech peer-to-peer (P2P) lending, baru-baru ini melakukan Initial Public Offering (IPO) di bursa saham Indonesia. Meskipun langkah ini diharapkan membawa perubahan positif bagi industri P2P lending di Indonesia, masih ada beberapa pertanyaan dan kekhawatiran yang perlu dipertimbangkan. Artikel ini akan membahas IPO Akseleran, laporan keuangan terakhir mereka, alasan di balik IPO, serta dampaknya terhadap industri P2P lending.

I. Kondisi Keuangan Akseleran IPO

Pertama-tama, perlu diperhatikan bahwa laporan keuangan selama tiga tahun terakhir menunjukkan kerugian secara konsisten. Hal ini menimbulkan kecurigaan terhadap IPO mereka, dengan beberapa spekulasi menyebutkan bahwa ini mungkin menjadi exit strategy bagi pemegang saham. Namun, ketika dikonfirmasi, Akseleran menjelaskan bahwa dana yang terkumpul dari IPO akan digunakan untuk mengakuisisi bisnis multifinance.

II. Tujuan Akseleran IPO

Dalam upayanya untuk memperluas pangsa pasar peminjam, Akseleran berencana mengakuisisi sebuah bisnis multifinance. Langkah ini memberikan keleluasaan lebih besar dalam menyalurkan dana, karena mereka tidak lagi terbatas oleh aturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang membatasi jumlah pinjaman maksimal sebesar 2 miliar per peminjam. Percaya bahwa dengan akuisisi ini, mereka dapat mencapai profitabilitas jangka panjang. Dana IPO akan digunakan untuk mengakuisisi bisnis multifinance tersebut

III. Kondisi Industri P2P Lending

Industri P2P lending di Indonesia saat ini menghadapi sejumlah tantangan, termasuk tingkat gagal bayar yang meningkat dan kendala dalam pencairan klaim asuransi bagi para pemberi pinjaman. Hal ini menimbulkan kekhawatiran di kalangan pengamat terkait keberhasilan IPO Akseleran. Meskipun begitu, langkah ini memberikan harapan baru bagi industri P2P lending di Indonesia, menunjukkan bahwa sektor ini masih berkembang dan berinovasi.

IV. Nilai Kompetitif Akseleran dibanding Pemain Lainnya

Dalam perbandingan dengan pemain P2P lending lainnya di Indonesia, Akseleran dapat dikatakan sebagai market leader di segmen P2P lending produktif. Mereka telah membangun reputasi yang kuat sebagai pemain yang terpercaya dan memiliki kinerja yang solid.

Keberhasilan Mencairkan Asuransi Kredit Salah satu keunggulan Akseleran adalah kemampuannya dalam mencairkan asuransi kredit bagi para pemberi dana. Hal ini menjadi langka di industri P2P lending di Indonesia, di mana banyak pemain mengalami kendala dalam mencairkan klaim asuransi. Akseleran menjadi pengecualian dengan catatan yang luar biasa, menunjukkan komitmen mereka terhadap keamanan dan perlindungan bagi para pemberi dana.

Transparansi dalam penagihan dan eksekusi jaminan di Akseleran terkenal tinggi. Mereka menerapkan praktik yang cermat dan adil, memberikan kepercayaan kepada pemberi dana bahwa pinjaman akan dikelola baik dan kebijakan penagihan akan transparan. Sebagai pendana, Anda bahkan dapat melakukan bidding offer untuk membeli aset peminjam yang dilikuidasi – ini hanya dilakukan oleh Akseleran.

Dengan performa yang luar biasa ini, tidak mengherankan jika Akseleran dianggap sebagai pemain P2P lending produktif yang paling terpercaya saat ini. Mereka telah mengambil langkah-langkah proaktif untuk memastikan keberhasilan investasi bagi para pemberi dana dan memberikan ketenangan pikiran bagi mereka yang ingin berpartisipasi dalam industri P2P lending.

V. Analisa dan Opini Pribadi

Saya berpendapat bahwa Akseleran memang layak mendapatkan predikat sebagai pemain P2P lending produktif paling beres saat ini. Performa TKB90 mereka yang solid, kemampuan mencairkan asuransi kredit, serta transparansi dalam penagihan dan eksekusi jaminan peminjam, semuanya menjadikan mereka sebagai contoh yang patut diikuti oleh pemain industri lainnya. Akseleran telah membuktikan diri mereka sebagai pemimpin pasar yang dapat dipercaya dan diandalkan dalam industri P2P lending di Indonesia.


Sebagai seorang yang turut berpartisipasi dalam proses bookbuilding Akseleran, dengan dana yang terbatas, saya melihat IPO ini sebagai kesempatan bagi investor kecil untuk ikut serta dalam industri fintech yang sedang berkembang. Meskipun terdapat risiko dan ketidakpastian, ada potensi untuk mendapatkan keuntungan dalam jangka panjang.

Kesimpulan

IPO Akseleran sebagai fintech P2P lending pertama yang melantai di bursa saham Indonesia menimbulkan berbagai pandangan. Meskipun laporan keuangan yang merugi dan tantangan dalam industri P2P lending menjadi kekhawatiran, langkah ini memberikan angin segar bagi industri ini, menunjukkan adanya inovasi dan perkembangan di masa depan. Bagi investor kecil, IPO ini mungkin memberikan peluang yang menarik, meskipun perlu dilakukan analisis yang cermat terhadap risiko yang terlibat (baca: ARB di hari pertama)

Disclaimer: Artikel ini hanya memberikan pandangan umum terkait IPO Akseleran dan bukan merupakan rekomendasi investasi. Sebelum membuat keputusan investasi, disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional keuangan yang kompete (bukan saya)

Baca juga : PerbedaanTKB90 dan TKB Total

Ingin belajar memilih kartu kredit terbaik sesuai dengan kebutuhan dan kondisi anda?

pabila kamu pemula di dunia kartu kredit dan ingin mulai mengumpulkan cuan dari kartu kredit, maka kamu akan cocok bergabung di kursus C4: Cari Cuan Credit Card, dimana kita akan belajar:

  1. Bagaimana orang bisa naik pesawat gratis dari penggunaan kartu kredit
  2. Bagaimana kartu kredit bisa membuat kita berhemat ratusan ribu sampai jutaan rupiah setiap bulan
  3. Bagaimana cara agar tidak membayar biaya kartu kredit sama sekali

Ayo cek dan gabung sekarang dengan klik tombol dibawah!

C4: Cari Cuan Credit Card
C4: Cari Cuan Credit Card
Adrian Siaril
Adrian Siaril

The boss

Articles: 611

CATATAN!

karena tingginya spam, kolom komentar saya tutup sementara. Untuk menghubungi saya, dm saya di Instagram, Telegram, Tiktok (@adriansiaril), atau isi formulir dibawah ini.