Diskon khusus pembaca blog! Gunakan kode ADRIANSIARIL untuk dapat diskon 20% di kursus C4: Cari Cuan Kartu Kredit.

Bank UOB: Kenapa Kalian Parah Sekali?

Bila membahas tentang siapa yang terbaik dan siapa yang terburuk, jawaban setiap orang pasti berbeda. Namun berdasarkan pengalaman dan bukti-bukti yang saya kumpulkan, saya cukup yakin menyatakan bahwa bank UOB Indonesia adalah bank yang paling banyak mengecewakan.

Selama hidup hampir 30 tahun, saya sudah setidaknya empat kali coba mengajukan kartu kredit UOB – semuanya ditolak. Padahal, saya memiliki lebih dari 20 kartu kredit dari lebih dari 15 bank, dengan limit yang tidak kecil juga. Kartu kredit yang saya ajukan juga merupakan kartu kredit entry level mereka, yang tidak memiliki syarat khusus apapun.

Selain masalah kartu kredit, produk tabungan mereka TMRW juga tidak bisa saya gunakan selama bertahun-tahun. Seperti yang anda bisa lihat di halaman review digital banking, UOB TMRW tidak pernah ada karena saya tidak bisa menggunakannya. Saya sudah mencoba mencari bantuan lewat CS email maupun telepon, tapi solusi yang mereka berikan tidak ada yang membantu saya. Saya belum mencoba datang ke cabang UOB secara langsung karena di domisili saya jarang ada cabang UOB.

Tidak adil bila menilai UOB hanya berdasarkan pribadi saya saja, jadi saya juga harus menyertakan masalah UOB yang dirasakan oleh orang lain. Berdasarkan pengamatan saya di sosial media serta forum diskusi komunitas penggiat travel/poin/miles, bank UOB khususnya produk kartu kredit mereka juga dinilai memiliki banyak masalah seperti:

Penolakan pengajuan kartu kredit bahkan sebelum masuk tahap analis.

Untuk masalah satu ini, menurut saya masih wajar. Bila menurut data NIK dan BI Checking seseorang punya riwayat kredit buruk, maka akan terjadi penolakan otomatis bahkan sebelum masuk penilaian analis. Masalahnya, dalam satu kesempatan saya apply kartu kredit UOB di event, dan pengajuan form manual tersebut tidak diproses sama sekali!

Pemberian limit kartu kredit yang tidak sesuai dengan kemampuan finansial seseorang

Ketika curhat soal penolakan kartu kredit UOB, teman saya menyatakan bahwa meskipun pengusaha dengan omzet milyaran rupiah per bulan hanya diberikan limit 5 juta oleh UOB, analis UOB memang terkenal konservatif.

Penutupan kartu kredit sepihak

Ada sharing dari member komunitas bahwa tiba-tiba mendapatkan pemberitahuan dari bank UOB bahwa kartu kredit mereka ditutup sepihak karena “melanggar syarat dan ketentuan”. Kalau memang melanggar syarat dan ketentuan kenapa malah diberikan di awal?

Penurunan limit kartu kredit mendadak

Sudah ada cerita bahwa seseorang yang jarang menggunakan kartu kredit UOB mendapatkan pemberitahuan bahwa limitnya diturunkan. Sangat jarang sekali terjadi bahwa bank melakukan penurunan limit hanya karena kartu kredit jarang digunakan. Biasanya limit diturunkan bila memiliki riwayat kredit macet.

Kurs mata uang asing yang buruk

Kartu kredit UOB memiliki rate penukaran mata uang asing yang bisa dibilang salah satu terburuk di Indonesia.

Promo multiplier poin kartu kredit yang tidak adil

Sama seperti bank HSBC, UOB terkadang mengadakan promo bonus poin kartu kredit apabila digunakan diluar negeri. Berbeda dengan bank HSBC yang transparan dan komitmen memberikan bonus poin, bonus poin UOB sering tidak diberikan dengan alasan “tidak memenuhi syarat dan ketentuan”, meskipun kurs penukaran mata uang asing UOB sangat buruk sehingga peserta akan merugi.

Penutup

Saya jelas ada ketidaksukaan personal pada bank UOB, namun tulisan ini tidak bermaksud menjatuhkan atau merusak nama baik. Saya justru berharap ada pihak UOB yang membaca tulisan ini agar dijadikan masukan demi perbaikan.

Jujur saja saya sebagai pemegang kartu kredit Citibank sangat khawatir terhadap berita akuisisi bank Citibank oleh bank UOB, karena justru Citibank memiliki produk kartu kredit yang sangat bagus dan diidolakan. Jangan sampai akusisi UOB menimbulkan kerugian dan penurunan kualitas produk bank Citibank.

Ingin belajar tentang Kartu Kredit dan Mendapatkan Cuan Besar?

Apabila kamu pemula di dunia kartu kredit dan ingin mulai mengumpulkan cuan dari kartu kredit, maka kamu akan cocok bergabung di kursus C4: Cari Cuan Credit Card, dimana kita akan belajar:

  1. Bagaimana orang bisa naik pesawat gratis dari penggunaan kartu kredit
  2. Bagaimana kartu kredit bisa membuat kita berhemat ratusan ribu sampai jutaan rupiah setiap bulan
  3. Bagaimana cara agar tidak membayar biaya kartu kredit sama sekali

Ayo cek dan gabung sekarang disini –> C4: Cari Cuan Credit Card

C4: Cari Cuan Credit Card
C4: Cari Cuan Credit Card

Ingin belajar memilih kartu kredit terbaik sesuai dengan kebutuhan dan kondisi anda?

pabila kamu pemula di dunia kartu kredit dan ingin mulai mengumpulkan cuan dari kartu kredit, maka kamu akan cocok bergabung di kursus C4: Cari Cuan Credit Card, dimana kita akan belajar:

  1. Bagaimana orang bisa naik pesawat gratis dari penggunaan kartu kredit
  2. Bagaimana kartu kredit bisa membuat kita berhemat ratusan ribu sampai jutaan rupiah setiap bulan
  3. Bagaimana cara agar tidak membayar biaya kartu kredit sama sekali

Ayo cek dan gabung sekarang dengan klik tombol dibawah!

C4: Cari Cuan Credit Card
C4: Cari Cuan Credit Card
Adrian Siaril
Adrian Siaril

The boss

Articles: 609

CATATAN!

karena tingginya spam, kolom komentar saya tutup sementara. Untuk menghubungi saya, dm saya di Instagram, Telegram, Tiktok (@adriansiaril), atau isi formulir dibawah ini.