Diskon khusus pembaca blog! Gunakan kode ADRIANSIARIL untuk dapat diskon 20% di kursus C4: Cari Cuan Kartu Kredit.

Masih Pake Deposito? Mending Coba Ini: Return Pasti 11% per tahun!

Teman-teman mungkin sudah familiar dengan istilah inflasi, dimana nilai uang yang kita miliki berkurang dari tahun ke tahun karena naiknya harga barang. Cara terbaik dengan melawan inflasi tentunya dengan mengembangkan uang kita melalui instrumen investasi yang memiliki indikasi return diatas laju inflasi.

Sebagai informasi, ini adalah data laju inflasi terbaru sesuai publikasi bank Indonesia:

Melihat tangka tersebut, sebenarnya banyak dari produk deposito perbankan yang memiliki indikasi return diatasnya, sehingga saat ini relative mudah bagi kita melawan laju inflasi.

Kendati demikian, saat berinvestasi tentunya kita ingin bahwa pertumbuhan nilai uang kita jauh diatas inflasi agar kita juga memperoleh keuntungan dari investasi kita. Sayangnya, bila kita melihat bunga rata-rata yang ditawarkan produk deposito dan Tabungan saat ini, sulit untuk mendapatkan keuntungan yang berarti setelah memperhitungkan tabel inflasi diatas. Sebagai informas,l berikut adalah persentase return tertinggi dari produk Tabungan yang masih dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan)

Banyak dari orang  yang berusaha mendapatkan return lebih besar dari instrumen investasi dengan tingkat risiko yang lebih tinggi seperti reksadana dan saham, namun keduanya memiliki sifat fluktuatif dimana bisa terjadi kerugian di jangka pendek. Akan sangat menarik sekali bila ada instrumen investasi yang memiliki sifat fixed return (tidak fluktuatif) serta indikasi return nya jauh diatas laju inflasi.

Return sampai dengan 11% (PASTI) & Dijamin oleh Negara!

Ya, saya tidak typo dan anda tidak salah baca. Ada instrumen investasi yang memiliki karakteristik seperti itu, yaitu obligasi negara. Obligasi negara adalah surat utang yang diterbitkan oleh pemerintah Indonesia untuk bisa dibeli oleh masyarakat maupun investor asing yang ingin ‘meminjamkan uang’ pada pemerintah Indonesia.

Obligasi negara dicatatkan dalam APBN (anggaran) negara sehingga tidak akan terjadi gagal bayar, kecuali bila Indonesia tiba-tiba mengalami musibah ekonomi (amit-amit, jangan sampai ya guys!). Jadi, bisa dibilang tingkat risiko obligasi negara ini jauh lebih rendah daripada reksadana maupun saham.

Harga beli dan jual obligasi negara memang bisa juga mengalami penurunan dan kenaikan karena bisa diperdagangkan di pasar sekunder layaknya saham, namun perubahan harga ini umumnya tidak terlalu tinggi (bila dibandingkan dengan investasi seperti saham dan cryptocurrency). Selain itu, kamu juga bisa memilih untuk tidak memperjualbelikan obligasi sampai masa jatuh temponya selesai, sehingga kamu tidak akan terpengaruh pada kenaikan dan penurunan harga obligasi tersebut di pasar sekunder.

Tapi, perlu saya informasikan bahwa ada banyak jenis obligasi negara yang pernah diterbitkan oleh pemerintah Indonesia. Salah satu yang saya rekomendasikan dengan return 11% adalah FR0040 yang mulai diperdagangkan di 22 September 2006 dan memiliki tanggal jatuh tempo 25 September 2025 – jadi, selain memiliki return tinggi, seri obligasi ini juga cukup likuid karena sudah hampir jatuh tempo!

Obligasi FR0040 dibanding dengan Deposito

Kita sudah tahu bahwa indikasi return obligasi FR0040 jauh diatas deposito. Tapi tahukah kamu bahwa pajak final yang dikenakan atas obligasi juga jauh lebih rendah dari deposito? Lebih tepatnya, pajak obligasi adalah setengah dari pajak deposito, alias hanya 10% saja. Jadi, selain memiliki indikasi return 2x lipat lebih tinggi, pajak obligasi juga lebih rendah 100% dibandingkan deposito!

Bila kita simulasikan investasi sejumlah 100.000.000 dengan jangka waktu satu tahun, berikut adalah tabel perbandingan yang saya buat.

 Deposito bank konvensionalDeposito BPRObligasi FR0040
Nilai Investasi100.000.000
Indikasi Return4.25%6.75%11%
Pajak final20%20%10%
Nett Return3.4%5.49.9%
Hasil 1 tahun3.400.0005.400.0009.900.000
Simulasi penempatan modal 100 juta rupiah di deposito dan obligasi FR0040

Dari situ, kita bisa lihat bahwa bila dibandingkan dengan imbal hasil deposito BPR saja, obligasi FR0040 memberikan lebih dari 2x lipat nett return dalam satu tahun, dan hampir 3x lipat dibandingkan bank konvensional!

Hal lain yang perlu diketahui adalah, obligasi negara sebenarnya memiliki likuiditas lebih tinggi daripada deposito. Di banyak bank, deposito tidak bisa dicairkan sebelum jatuh tempo, atau kalaupun bisa dicairkan, ada denda cukup besar yang harus dibayarkan sebagai penalti.

Sedangkan obligasi negara, bila memang terdesak membutuhkan cash, maka bisa dijual di pasar sekunder kapan saja, meskipun harga jualnya mengikuti harga yang terbentuk dari penawaran pembeli. Tentunya harga ini bisa turun sehingga menjadi kerugian, namun juga bisa naik sehingga menjadi keuntungan capital gain! Sebagai informasi, capital gain adalah keuntungan yang didapatkan dari selisih harga jual dan harga beli sesuatu.

Cara Termudah Membeli Obligasi FR0040 100% Online

Setelah sudah mengetahui seberapa besar potensi keuntungan obligasi FR0040 serta perbandingannya dengan deposito, mungkin kamu menjadi tertarik memulai investasi obligasi secepat mungkin.

Saya sendiri merekomendasikan kamu untuk mencoba Ajaib, tempat dimana saya memulai investasi sejak 2019. Di Ajaib sendiri, saya sudah berinvestasi saham, reksadana, Aset Kripto (di Ajaib Kripto), dan sekarang akan juga mencoba investasi obligasi.

Cuma di Ajaib, kamu beli Obligasi FR0040 dengan return pasti 11% per tahun!

Apabila kamu belum memiliki akun Ajaib, kamu bisa mulai dengan mengunduhnya di App Store (Apple) atau Play Store (Google). Ketika proses pendaftaran, kamu bisa memasukkan kode referral aku asia625 untuk bisa mendapatkan 1 lot saham sebagai hadiah pendaftaran!

Setelah menyelesaikan proses pendaftaran dan proses KYC, kamu bisa mulai mengakses menu obligasi di halaman utama aplikasi Ajaib sebagai berikut. Disana, kamu bisa membandingkan dan memilih obligasi yang sesuai dengan preferensi kamu. Atau, kamu juga bisa langsung beli obligasi FR0040 sesuai yang aku rekomendasikan.

Kebetulan saat ini Ajaib Sekuritas mengadakan program cashback 1%  hingga Rp25 juta untuk pembelian obligasi FR0040 periode 10-24 Mei 2024, baca syarat dan ketentuannya di website Ajaib ya. Semoga kamu beruntung dan terpilih ya. Investasi obligasi mudah, praktis, dan pasti return-nya cuma di Ajaib!

Adrian Siaril
Adrian Siaril

The boss

Articles: 611

CATATAN!

karena tingginya spam, kolom komentar saya tutup sementara. Untuk menghubungi saya, dm saya di Instagram, Telegram, Tiktok (@adriansiaril), atau isi formulir dibawah ini.