Diskon khusus pembaca blog! Gunakan kode ADRIANSIARIL untuk dapat diskon 20% di kursus C4: Cari Cuan Kartu Kredit.

Ingin Coba P2P Lending tapi Takut? Koinrobo bisa jadi solusi.

Sejak tahun 2021, banyak hal telah berubah dalam ekosistem Koinworks, terutama dengan hadirnya berbagai produk baru dan penyesuaian dalam fokus pemasaran. Di tahun 2023, perubahan-perubahan signifikan tersebut memengaruhi cara kita melihat dan menggunakan platform ini.

Salah satu perubahan paling mencolok adalah fokus utama Koinworks pada produk bernama Koinrobo. Meskipun masih ada penawaran seperti Koinp2p (p2p lending), koingold (emas digital), dan koinbonds (surat berharga negara), Koinworks sepertinya telah memutuskan untuk “go all in” pada Koinrobo. Dalam promosi mereka, hampir semua perhatian ditujukan pada Koinrobo. Bahkan bagi para afiliasi atau top referral Koinworks, termasuk saya sendiri, kami diinstruksikan untuk hanya mengajak teman untuk mendanai Koinrobo saja, bukan Koinp2p ataupun produk lainnya – meskipun produk terbaru Koinworks sebenarnya merupakan Koin Deposito.

Namun, perlu diperhatikan bahwa tingkat pengembalian yang ditawarkan oleh Koinrobo telah mengalami penurunan sejak tahun 2021. Dulu, kita bisa mendapatkan tingkat pengembalian sekitar 11-12 persen per tahun dengan menempatkan dana minimal 50 juta rupiah, bahkan dengan bonus tambahan berupa saldo GoPay atau voucher lainnya. Namun, sekarang, tingkat pengembalian maksimal yang bisa kita harapkan hanya sekitar kurang dari 10 persen, belum termasuk potongan pajak!

Jangan lupa, pada tahun 2022, pendanaan p2p lending dikenai pajak sebesar 15 persen di muka, dan ada potensi pembayaran pajak tambahan tahunan tergantung pada kelas penghasilan Anda (dalam kasus saya sampai 30%). Dalam skenario terburuk, tingkat pengembalian bersih dari Koinrobo bisa mencapai hanya sekitar 7 persen per tahun, kalah dibandingkan dengan surat berharga negara, obligasi, surat utang, atau reksadana pendapatan tetap. Tidak perlu lagi menyebut pasar saham, kripto, atau trading yang bisa menghasilkan lebih tinggi lagi.

Apa itu Koinrobo?

Koinrobo adalah produk Koinworks yang menawarkan tiga aspek: return pasti, bebas risiko, dan kemudahan penggunaan. Produk ini bukan beroperasi dibawah izin p2p lending, karena kita tidak memilih sendiri si peminjam. Mirip dengan cara kerja deposito bank, dimana kita memilih tenor dan jumlah dana yang ingin kita investasikan, lalu di tanggal jatuh tempo kita menerima pengembalian modal beserta bunganya.

Sejak 2021 sampai saat ini, Koinrobo memang belum pernah ada kejadian telat bayar maupun gagal bayar, sehingga bisa dibilang alternatif yang lebih baik daripada deposito (cara kerja sama, tingkat pengembalian lebih tinggi, risikonya belum kelihatan)

Kelebihan Koinrobo

Kemudahan Penggunaan

Salah satu fitur unggulan dan inti dari KoinRobo adalah kemampuannya dalam menyederhanakan proses pendanaan di platform Koinworks. Platform ini menangani tantangan utama yang dihadapi oleh banyak pendana, yaitu melimpahnya pilihan pinjaman yang tersedia secara bersamaan. Sementara banyaknya pilihan ini memberikan keuntungan bagi para pendana yang berpengalaman, hal tersebut bisa menjadi rumit bagi pemula yang belum terbiasa dengan proses seleksi peminjam.

Retur dan Jangka Waktu yang Terjamin

Salah satu kelemahan yang seringkali dihadapi dalam dunia P2P lending produktif adalah tingkat ketidakpastian yang tinggi. Risiko keterlambatan pembayaran atau bahkan gagal bayar selalu mengintai, dan tingkat pengembalian yang dijanjikan bisa saja tidak tercapai atau bahkan berakhir dengan kerugian. Sama halnya dengan P2P lending konsumtif, namun risikonya bisa diminimalkan melalui diversifikasi yang luas sehingga pendana tidak harus menanggung seluruh risiko ini.

Beruntungnya, KoinRobo mampu bersaing dalam hal ini dengan menawarkan tingkat pengembalian dan jangka waktu yang pasti. Lebih jauh lagi, pengembalian yang dijanjikan tidak lagi dikenai biaya tambahan seperti yang seringkali diterapkan oleh platform P2P lending lainnya. Pendekatan yang digunakan tetap sama, yaitu dengan melakukan diversifikasi yang luas terhadap dana yang telah kita investasikan.

Hal ini merupakan sebuah langkah positif yang tidak selalu bisa dilakukan oleh P2P lending produktif lainnya karena keterbatasan jumlah pinjaman yang mereka tawarkan. Bahkan, dalam beberapa kasus pesaing, pendana seringkali tidak memiliki kesempatan untuk berinvestasi sama sekali, sehingga dana yang dimiliki berisiko menganggur

Minim Risiko – untuk Saat Ini

Menemukan P2P lending produktif yang dapat menjamin keamanan modal hingga 100% bisa menjadi tugas yang cukup menantang, walaupun setiap perusahaan memiliki pendekatan uniknya sendiri untuk mengurangi risiko gagal bayar. Sejak awal berdirinya, Koinworks telah menjadi salah satu pengecualian langka yang memberikan jaminan penuh terhadap modal yang diinvestasikan dalam pinjaman kategori A mereka. Untungnya, mereka memperluas jaminan ini ke dalam produk KoinRobo.

Sebelumnya, Koinworks mengandalkan induk perusahaan mereka untuk menanggung kerugian pendana jika terjadi gagal bayar. Tetapi dalam KoinRobo, mereka telah mengambil tindakan ekstrim dengan menjalin kemitraan dengan tiga perusahaan asuransi sekaligus untuk memberikan perlindungan kredit yang melindungi pendana dari risiko gagal bayar.

Mengapa harus tiga perusahaan asuransi? Mengapa tidak cukup satu? Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, banyak platform P2P lending lainnya juga bekerjasama dengan perusahaan asuransi untuk memberikan jaminan atas risiko kredit, tetapi mayoritas dari mereka hanya dapat menjamin sekitar 70% hingga 90% dari modal. Dengan melibatkan lebih dari satu perusahaan asuransi, Koinworks memastikan bahwa seluruh modal yang diinvestasikan dalam produk KoinRobo terlindungi hingga 100%. Selain itu, beberapa jenis pinjaman mungkin tidak mendapatkan perlindungan dari perusahaan asuransi tertentu. Dengan bermitra dengan tiga perusahaan asuransi, Koinworks memastikan bahwa setiap pinjaman dalam produk KoinRobo akan mendapatkan perlindungan dari setidaknya satu perusahaan asuransi.

Bebas Memilih Tenor / Jangka Waktu

Saya selalu menekankan bahwa salah satu keunggulan utama dari P2P lending adalah fleksibilitas dan likuiditasnya. Di dalam P2P lending, kita memiliki kebebasan untuk memilih tenor yang sesuai dengan preferensi kita, mulai dari tenor pendek hanya beberapa belas hari hingga tenor super panjang hingga dua tahun. Sayangnya, seringkali kita kesulitan mendapatkan pinjaman dengan tenor yang kita inginkan, atau pinjaman dengan tenor favorit kita dapat memiliki tingkat risiko yang lebih tinggi dari yang kita harapkan. Hal ini karena pinjaman dengan tenor pendek cenderung lebih diminati daripada yang berjangka panjang.

Namun, KoinRobo berhasil mengatasi masalah ini dengan menyediakan beragam pilihan tenor yang pasti. Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, di KoinRobo, tidak ada risiko keterlambatan pembayaran, sehingga tenor yang Anda pilih adalah tetap dan dijamin. Hal ini membuat perencanaan keuangan menjadi lebih mudah karena Anda tahu kapan modal Anda akan kembali bersama dengan bunganya. KoinRobo menyediakan berbagai pilihan tenor, mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 9 bulan, hingga 12 bulan, sehingga Anda dapat memilih sesuai dengan preferensi Anda.

Kekurangan Koinrobo

Return yang Rendah

Meskipun KoinRobo menawarkan tingkat keamanan yang tinggi, kenyataannya return yang ditawarkan terkadang kurang menggugah. Contohnya, untuk tenor 1 bulan, KoinRobo hanya menyediakan return sebesar 5% p.a nett, yang sebanding dengan tingkat bunga deposito bank. Meskipun tingkat bunga deposito bank dikenai potongan pajak sekitar 20%, jika Anda adalah wajib pajak yang jujur, return dari P2P lending juga akan dikenai pajak penghasilan lain-lain sekitar 15%, sehingga pada akhirnya, nett return dari KoinRobo tenor 1 bulan tidak jauh berbeda dengan deposito bank.

Jika Anda lebih suka tenor yang lebih panjang, return yang ditawarkan oleh KoinRobo sedikit lebih baik, mencapai 13% p.a nett untuk 12 bulan atau 11% untuk 9 bulan. Namun, jika Anda merasa return yang ditawarkan oleh KoinRobo masih kurang menarik, Anda dapat menghubungi tim Koinworks untuk mencari tahu apakah ada penawaran khusus dari Relationship Manager mereka. Selain itu, Anda juga dapat mempertimbangkan produk Roboprime yang menawarkan return yang lebih tinggi.

Tentu saja, ini menghadirkan sebuah dilema, karena produk P2P lending standar Koinworks dengan grade A menawarkan return yang jauh lebih tinggi, sambil tetap memberikan perlindungan modal 100%. Kelemahannya hanya terletak pada likuiditas, karena ada jeda waktu dalam penggalangan dana dan waktu yang dibutuhkan oleh Koinworks untuk menyalurkan dana ke peminjam. Namun, pendanaan dengan grade A di Koinworks, terutama yang memiliki tenor 1 bulan, cukup langka dan cepat habis saat muncul.

Butuh Penempatan Dana Besar untuk Hasil Optimal

Untuk bisa mendapatkan return diatas 8% gross di Koinrobo, anda harus mengambil paket khusus bernama Roboprime atau RoboPro, yang masing masing memiliki minimum investasi di 20 juta rupiah dan 50 juta rupiah. Ini adalah satu satunya cara untuk mendapatkan return yang lebih optimal, karena bila tidak, maka return Koinrobo bahkan jauh dibawah produk depositoBPR Komunal.

Kesimpulan

Koinrobo, menurut saya, adalah solusi win-win bagi lender dan Koinworks sebagai penyelenggara. Lender mendapatkan investasi dengan tingkat pengembalian yang pasti (meskipun lebih rendah daripada p2p konsumtif), sementara Koinworks dapat mengambil komisi lebih besar dari penyaluran dana ke borrower (p2p lending mendapatkan keuntungan dari selisih bunga yang dikenakan ke borrower dan lender).

Namun, Koinrobo hanya layak dilirik apabila anda siap menginvestasikan setidaknya 50 juta rupiah ke produk ini, karena bila tidak, maka lebih baik anda menginvestasikan uang anda di instrumen investasi lain yang memiliki tingkat pengembalian lebih tinggi.

Apabila anda tertarik mencoba produk Koinrobo dari Koinworks, maka bisa mencoba menggunakan link afiliasi saya di https://koinworks.onelink.me/LgVI/5drfqsav atau masukkan kode 62507 saat pendaftaran.

Ingin belajar memilih kartu kredit terbaik sesuai dengan kebutuhan dan kondisi anda?

pabila kamu pemula di dunia kartu kredit dan ingin mulai mengumpulkan cuan dari kartu kredit, maka kamu akan cocok bergabung di kursus C4: Cari Cuan Credit Card, dimana kita akan belajar:

  1. Bagaimana orang bisa naik pesawat gratis dari penggunaan kartu kredit
  2. Bagaimana kartu kredit bisa membuat kita berhemat ratusan ribu sampai jutaan rupiah setiap bulan
  3. Bagaimana cara agar tidak membayar biaya kartu kredit sama sekali

Ayo cek dan gabung sekarang dengan klik tombol dibawah!

C4: Cari Cuan Credit Card
C4: Cari Cuan Credit Card
Adrian Siaril
Adrian Siaril

The boss

Articles: 611

CATATAN!

karena tingginya spam, kolom komentar saya tutup sementara. Untuk menghubungi saya, dm saya di Instagram, Telegram, Tiktok (@adriansiaril), atau isi formulir dibawah ini.