A shining Day-Date replica watch is a luxury model to add stylish sophistication to any wardrobe. A newly-established and popular fake watch with a replica rolex yellow gold bracelet and white dial, this outstanding collector's piece will show you a new and fresh scene.
Beranda ยป Paham Literasi Keuangan, Auto Mapan di Masa Depan!

Paham Literasi Keuangan, Auto Mapan di Masa Depan!

Literasi keuangan bisa diartikan sebagai pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan seseorang dalam membaca, menganalisis, mengelola, serta mengkomunikasikan keadaan keuangan pribadi untuk mencapai kesejahteraan hidup. Selaras juga dengan apa yang diartikan oleh OJK, bahwa literasi keuangan ialah ilmu, keahlian, dan keyakinan yang mempengaruhi tingkah laku manusia sebagai bentuk peningkatan kualitas pengelolaan keuangan dan pengambilan keputusan sehingga tercapainya kesejahteraan hidup.

Indikator Literasi Keuangan

Pada tahun 2013, OJK melakukan survei yang menghasilkan adanya empat tingkatan literasi keuangan penduduk Indonesia sebagai indikator terkait kemampuan literasi keuangan, yakni:

Well literate: memiliki pengetahuan dan keyakinan kepada lembaga keuangan termasuk segala fitur, manfaat, risiko, hak, dan kewajiban di dalamnya. Serta memiliki keterampilan dalam menggunakan produk dan jasa keuangan.
Sufficient literate: memiliki pengetahuan dan keyakinan tentang lembaga jasa keuangan beserta segala fitur, manfaat, risiko, hak, dan kewajiban di dalamnya terkait produk dan jasa keuangan.
Less literate: hanya memiliki pengetahuan tentang lembaga jasa, produk, dan jasa keuangan.
Not literate: tidak memiliki pengetahuan, keyakinan dan keterampilan dalam menggunakan produk dan jasa keuangan.

Apa Dampaknya Bila Belum Melek Literasi?

Ada 4 akibat yang bisa muncul jika Anda kurang dalam literasi keuangan, menurut Kepala Departemen Literasi dan Inklusi Keuangan OJK;

Tidak memiliki perencanaan keuangan yang baik
Dengan tingkat literasi yang tinggi, tentunya Anda akan semakin mudah, rinci, dan seimbang dalam merencanakan keuangan. Begitu pun sebaliknya, jika Anda kurang memahami literasi keuangan, kemungkinan besar Anda akan gegabah dalam pengambilan keputusan untuk keuangan Anda.

Tidak ada tujuan keuangan
Jika Anda sudah memiliki dan memahami literasi keuangan yang tinggi, pastinya Anda sudah tahu akan digunakan untuk apa uang serta aset yang Anda miliki, sehingga tidak akan terpakai secara sia-sia. Namun akan berbeda halnya dengan seseorang yang tingkat literasinya rendah, ia cenderung tidak tahu atau bingung apa yang harus ia lakukan terhadap uang yang dimilikinya, sehingga akan cenderung tidak bijak dalam pengelolaan keuangannya.

Penempatan instrumen investasi yang kurang tepat
Dengan literasi keuangan yang tinggi, akan membantu Anda dalam menentukan instrumen investasi yang sesuai dengan rencana dan karakter yang Anda perlukan.

Terjerat praktik penipuan investasi
Anda tentunya tidak ingin menjalankan investasi untuk masa depan Anda, yang justru hanya menjadi harapan belaka dikarenakan Anda tidak memahami sehingga Anda tidak cermat dalam memilih tempat berinvestasi. Maka dari itu, sudah seharusnya Anda meningkatkan literasi keuangan agar terhindar dari kondisi yang justru akan merugikan.

Pentingnya Literasi Keuangan

Seberapa penting sebenarnya memahami literasi keuangan dalam kehidupan di masa sekarang ini? Silakan disimak;

Mengetahui Macam-Macam Produk Keuangan
Pentingnya literasi keuangan yang pertama yakni agar masyarakat menjadi lebih mengetahui berbagai macam produk keuangan. Semakin luas pengetahuan finansialnya, maka masyarakat akan semakin familiar dan mengenal produk keuangan di pasaran. Dan setelah mengetahuinya, masyarakat akan mampu menikmati manfaat dari masing-masing layanan finansial yang ada.

Tahu Cara Memanfaatkan Produk Keuangan
Pentingnya literasi keuangan adalah agar masyarakat mengetahui cara memanfaatkan dan menggunakan produk keuangan. Setelah mempunyai wawasan cukup terkait produk dan jasa keuangan, masyarakat akan berani mencoba menikmati produk keuangan. Selain itu, mereka akan memilih dan mengkonsumsi produk dan layanan finansial berdasarkan kebutuhannya masing-masing.

Meningkatkan Taraf Hidup
Apabila masyarakat telah mampu terampil memanfaatkan produk dan layanan keuangan, maka taraf hidup menjadi meningkat. Masyarakat akan mengetahui terkait perencanaan dan pengelolaan keuangan secara efisien dan bijak. Mereka akan mengenal investasi dan belajar melihat peluang sebagai pemasukan tambahan.

Terhindar dari Penipuan
Masyarakat dapat terhindar dari penipuan. Ketika masyarakat mempunyai pengetahuan memadai terkait produk dan layanan keuangan, mereka tidak akan mudah tertipu produk merugikan seperti investasi bodong, skema ponzi, monkey business, dan sebagainya.
Distribusi Kesejahteraan Jadi Lebih Merata

Pemanfaatan produk dan layanan keuangan mengakibatkan dana dari masyarakat akan terhimpun dan terdistribusi kembali kepada masyarakat. Orang yang kelebihan dana akan menyimpannya berupa produk di lembaga keuangan untuk mendapatkan keuntungan. Dana tersebut kemudian akan didistribusikan kepada pihak yang membutuhkan, misalkan melalui untuk kredit, pinjaman usaha, dan sebagainya. Dengan demikian, setiap orang mempunyai hak akses untuk mencapai kesejahteraan bersama.

Tulisan ini disponsori secara finansial oleh OneAset, sehingga hak milik tulisan ini sepenuhnya milik OneAset. Tulisan ini telah terbit lebih dahulu di platform OneAset, dan blog ini hanya bersifat mempublikasikan ulang untuk keperluan promosi. Saya berkomitmen menghadirkan minimal 20 tulisan edukasi baru (bukan repost blog ini) setiap bulannya di OneAset, jadi apabila anda ingin menikmati konten baru saya secepat mungkin, pastikan untuk mendaftar di OneAset dan follow profile saya disana. Anda juga akan mendapatkan emas gratis dan mendukung saya secara langsung tanpa biaya apapun.

Bagaimana Cara Mendaftar OneAset?

  1. Gunakan link https://app.oneaset.co.id/s/N3amMv untuk mendaftar
  2. Apabila belum memiliki aplikasi ONEASET di HP, akan diarahkan download dulu di playstore
  3. Klik ulang link tersebut setelah install ONEASET
  4. Aplikasi ONEASET akan otomatis terbuka dan muncul gambar seperti dibawah ini
This image has an empty alt attribute; its file name is image.png
This image has an empty alt attribute; its file name is image-1.png
This image has an empty alt attribute; its file name is image-2.png

Selesai. Silakan baca seluruh tulisan saya secara gratis. Jangan lupa tinggalkan like, comment, dan share, karena saya akan mendapatkan incentive tambahan atas engagement tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.