Diskon khusus pembaca blog! Gunakan kode ADRIANSIARIL untuk dapat diskon 20% di kursus C4: Cari Cuan Kartu Kredit.

Cairin, P2P Lending Konsumtif Pendatang Baru: Preview

Di dalam dunia fintech dan investasi yang terus berkembang, p2p lending di Indonesia mengalami tahun yang penuh tantangan pada tahun 2022. Pemain-pemain utama seperti Tanifund berada di ambang kebangkrutan, Investree menghadapi kesulitan klaim asuransi pada pinjaman yang macet, dan rencana IPO Akseleran gagal. Namun, secara mengejutkan, tahun 2023 menjadi tahun munculnya dua pelaku baru yang memasuki arena P2P lending dengan fokus pada segmen ritel.

Perlu dicatat bahwa di antara semua platform P2P lending yang secara legal terdaftar di Indonesia, kurang dari 50% menerima pendanaan dari investor ritel. Kebanyakan bergantung pada “super lender” atau “VIP lender”. Kedua platform baru yang dimaksud adalah Fintag (sebelumnya bernama Fintegra) yang berfokus pada produktif mikro, dan Cairin yang berfokus pada konsumtif. Dalam tulisan ini, kita akan membahas tentang Cairin.

Sejarah Cairin: Sudah lama ada, tapi baru mengenalkan diri

Cairin sebenarnya telah beroperasi sejak tahun 2018, jadi tidak sepenuhnya baru. Namun, pada awalnya, Cairin hanya mengandalkan pendanaan dari VIP lender. Pada tahun 2022, Cairin tiba-tiba membuka lowongan untuk posisi Manajer Hubungan (RM), dan pada tahun 2023, Cairin resmi menerima investor ritel.

Bagi Anda yang merupakan pembaca setia blog ini atau pengguna lama P2P lending, sebenarnya tidak banyak hal baru yang perlu saya ceritakan tentang Cairin. Cairin adalah platform P2P lending dengan fokus pada konsumtif yang memiliki karakteristik yang sama persis dengan pemain konsumtif lain seperti Asetku, Uangme, Easycash, atau Rupiahcepat. Semuanya menawarkan jaminan ketidakmampuan bayar dan tidak adanya keterlambatan pembayaran, sebuah situasi yang tetap menimbulkan pertanyaan di kalangan pengamat industri seperti saya: “Apakah P2P lending konsumtif benar-benar seaman itu?”

Perbedaan dan Keunggulan Cairin

Salah satu hal yang mungkin membedakan Cairin adalah suku bunga yang ditawarkannya. Meskipun sebagai pemain baru, Cairin menawarkan suku bunga yang cukup tinggi, yaitu 18% per tahun. Ini lebih tinggi dibandingkan dengan pemain lain yang telah menurunkan suku bunga. Saat ini, Uangme, Easycash, dan Rupiahcepat semuanya menawarkan rate 11.5% untuk tenor 2 bulan. Asetku hanya menawarkan satu jenis tenor, sehingga perbandingannya tidak dapat dilakukan secara langsung.

Cairin juga memiliki mitra asuransi kredit, meskipun saat ini kepercayaan saya terhadap mitra asuransi kredit telah berkurang. Hal ini disebabkan oleh penggunaan skema auto-stop-loss (baca penjelasannya disini) dalam asuransi kredit P2P lending yang pada akhirnya memberikan “harapan palsu”. Oleh karena itu, perusahaan asuransi kredit yang bekerja sama dengan Cairin bukanlah perhatian utama bagi saya.

Tingkat Keterlambatan Pembayaran (TKB90%) dan Pertimbangan Terakhir

TKB90% Cairin tidak dapat dikatakan sempurna, yakni sebesar 99,53% per tanggal 31 Agustus 2023. Namun, saya mendapatkan informasi bahwa TKB90% ini hanya berlaku untuk kelompok peminjam (borrower pool), dan tidak mencerminkan tingkat pengembalian dana kepada investor ritel. Alasan ini masuk akal, mengingat beberapa platform P2P lending konsumtif lainnya juga memiliki dua jenis TKB90%. Anda bebas mempertimbangkan sendiri bagaimana p2p lending konsumtif dapat “menyamarkan perbedaan” antara peminjam yang gagal membayar dengan peminjam yang lancar dalam pengembalian kepada investor ritel.

Saya perlu menegaskan bahwa judul tulisan ini adalah “p review” bukan “review,” karena saya sendiri belum menerima pengembalian dana apa pun dari Cairin (dengan tenor minimal 60 hari, saya masih harus menunggu sekitar 1 bulan setelah tulisan ini dirilis). Selain itu, saya juga belum dapat memberikan ulasan mendalam tentang penggunaan aplikasi Cairin, karena aplikasinya masih dalam tahap “Beta” dan baru akan dirilis secara resmi pada bulan Oktober. Berkaitan dengan kredibilitas, saya juga belum diizinkan untuk mengunjungi kantor Cairin yang katanya masih belum “grand opening”. Rencananya, saya akan diundang untuk mengunjungi kantor mereka secara langsung pada bulan Oktober.

Sebagai kesimpulan, anda saat ini sebaiknya wait and see dulu saja, namun di bulan Oktober, anda boleh mempertimbangkan memindahkan semua dana p2p lending konsumtif anda ke Cairin untuk mendapatkan imbal hasil yang lebih tinggi

Ingin belajar memilih kartu kredit terbaik sesuai dengan kebutuhan dan kondisi anda?

pabila kamu pemula di dunia kartu kredit dan ingin mulai mengumpulkan cuan dari kartu kredit, maka kamu akan cocok bergabung di kursus C4: Cari Cuan Credit Card, dimana kita akan belajar:

  1. Bagaimana orang bisa naik pesawat gratis dari penggunaan kartu kredit
  2. Bagaimana kartu kredit bisa membuat kita berhemat ratusan ribu sampai jutaan rupiah setiap bulan
  3. Bagaimana cara agar tidak membayar biaya kartu kredit sama sekali

Ayo cek dan gabung sekarang dengan klik tombol dibawah!

C4: Cari Cuan Credit Card
C4: Cari Cuan Credit Card
Adrian Siaril
Adrian Siaril

The boss

Articles: 607

CATATAN!

karena tingginya spam, kolom komentar saya tutup sementara. Untuk menghubungi saya, dm saya di Instagram, Telegram, Tiktok (@adriansiaril), atau isi formulir dibawah ini.