A shining Day-Date replica watch is a luxury model to add stylish sophistication to any wardrobe. A newly-established and popular fake watch with a replica rolex yellow gold bracelet and white dial, this outstanding collector's piece will show you a new and fresh scene.
Beranda » Senjata Rahasia P2P Baru
hearts playing card

Senjata Rahasia P2P Baru

Ada rekan yang pernah tanya kenapa saya lebih giat mencoba dan mereview p2p yang tergolong baru ketimbang pemain lama yang belum sempat di review (misalnya Dana Syariah)

Jawaban saya simple:

  1. karena p2p lama justru sudah mendapatkan banyak eksposur, sehingga review saya kurang bermanfaat bagi orang yang baru mau mencoba. Mereka bisa dengan mudah tanya banyak orang yang sudah terlanjur coba atau baca review dari blogger/youtuber lainnya.
  2. justru p2p baru cenderung lebih aman dan lebih bagus. Kok bisa?

Semua p2p baru mulai dengan lender dan borrower dari inner circle

Bisnis baru apapun butuh teman untuk bisa ‘jumpstart’. Di restoran misalnya, perlu traktir teman-teman dan keluarga supaya kelihatan ramai. Demikian juga p2p lending, supaya bisa mulai mengurus perizinan dan mulai beroperasional maka sudah harus ada dulu borrower dan lender yang sudah dikenal baik, yang siap suntik dana kapan saja dan siap minjam sering-sering.

Ini alasannya semua p2p lending bisa dengan santai mempertahankan TKB90 sebesar 100% di tahun pertama mereka beroperasi, karena memang borrower nya semua ‘teman’ yang ‘dimintain tolong’, entah mereka benar-benar butuh pinjaman atau tidak. Jadi credit scoring masih bisa dibilang atas dasar hubungan personal. Biasanya justru setelah tahun pertama, ketika sudah mulai mengurus perizinan dan mulai membuka diri kepada borrower-borrower ‘umum’, disitulah credit scoring dan manajemen risiko yang sebenarnya diuji.

Atas dasar ini, sebenarnya mirip dengan money game, dimana semakin cepat kita bergabung ke suatu p2p, semakin rendah juga risiko kita di p2p tersebut. karena kualitas borrowernya masih bagus-bagus. Kalaupun kita kedepannya loyal mendanai di p2p tersebut, kita sudah tahu borrower mana saja yang sudah setia meminjam dan membayar sejak day 1.

Ini bukan sekedar teori asal-asalan dari saya, namun memang fakta yang dijabarkan oleh manajemen p2p lending yang sering bicara dengan saya. Untuk buktinya, silakan anda cocokkan dengan track record semua p2p lending produktif seperti Komunal, Akseleran, Investree, Koinworks, dan Amartha. Semua tersebut adalah pemain yang berhasil mempertahankan TKB90 100% di satu sampai dua tahun pertama, sebelum akhirnya mengalami ‘luka pertama’ bahkan sebelum pandemi.

Apabila anda butuh contoh p2p baru yang sampai sekarang masih TKB90 100%, maka ada Fundnesia. Sedangkan untuk pemain lama sakti yang sampai sekarang masih 100% ada Danain, Mekar, dan seluruh klub konsumtif

P2P baru menjadi budak para lender

Untuk bisa berkembang dengan cepat, dibutuhkan promosi word of mouth antar lender, sehingga jelas p2p lending baru sangat mengutamakan masukan dan kepuasan dari para ‘first lenders’ mereka. Lender retail dengan dana recehpun diberikan pelayanan VIP. Direksi dengan mudah ditemui oleh siapapun, dan transparansi informasi terkadang pun berlebihan sampai nyerempet aturan otoritas.

Ini sebabnya saya beberapa kali berani mencoba p2p lending yang bahkan belum proses pengurusan izin usaha, seperti Asetku (dulu saya coba sebelum terdaftar), Growpal, dan yang terakhir Fundnesia (sampai sekarang belum terdaftar). Selama saya bisa ke kantornya dan tidak mengendus sesuatu yang aneh, saya oke oke saja jadi early adopter.

Masih terjadi keseimbangan

Jumlah borrower dan lender masih terkontrol dengan baik, sehingga lender cenderung mudah mendapatkan pendanaan sesuai dengan selera dan keinginan mereka, tidak perlu berebutan atau sering-sering memiliki dana nganggur di platform.

Seperti yang saya sudah tegaskan berkali-kali, tidak mudah bagi p2p di masa sekarang untuk menjaga keseimbangan ini. Apabila credit scoring diperketat maka borrower sedikit, tidak ada kesempatan pendanaan untuk lender dan tidak ada pemasukan untuk si penyelenggara. Sebaliknya bila credit scoring dilonggarkan, maka kesempatan pendanaan lender bertambah, namun meningkat juga risikonya karena ada penurunan kualitas seleksi untuk si borrower.

Kesimpulan

Banyak yang beranggapan bahwa semakin tua umur p2p lending, semakin bagus pula mereka. Itu tidak sepenuhnya salah, mengingat Danamas dan Mekar daridulu sampai sekarang konsisten memuaskan dengan risiko yang sangat minim. Tapi tidak menutupi fakta bahwa seiring berjalannya waktu pemain lama seperti Koinworks, Amartha, dan Modalku juga masing-masing mulai terbuka kelemahannya.

Tidak ada salahnya mencoba p2p lending baru, karena saling menguntungkan juga. Dengan semakin banyaknya pemain p2p lending yang sukses di tanah air, pada akhirnya semua orang diuntungkan:

  1. Semakin banyak borrower yang memiliki akses permodalan alternatif
  2. Kesempatan mendanai semakin banyak untuk lender eksisting maupun baru, dengan variasi unik masing-masing
  3. Roda ekonomi negara makin tergerak

LOOKING FOR ENGLISH CONTENT?

Except for the literature, all my Bahasa contents are translator-friendly, so you can summon the might of Google Translate below.

HUBUNGI SAYA

asiaril@ymail.com

Hak cipta dilindungi oleh undang-undang. Dilarang menerbitkan, menyiarkan, menulis ulang, atau menyebarkan konten situs ini tanpa izin tertulis dari pemilik blog ini (Adrian Siaril)

Isi blog ini bukan ajakan investasi dan bukan saran profesional. Saya tidak memiliki kualifikasi apapun, jadi jangan mudah percaya dengan omongan saya.

KODE REFERRAL

Akseleran: AKSLADRIA13403
ALAMI: ASIARI
Allianz Smart Poin: rvam2zmw
Ajaib : asia625
Amartha: IL035033
Asetku:WVQXQ
BCA Credit Card (Kartu Kredit BCA): ADRIA0002117
Bibit: ucleiaf
Bizhare: ASA8KHDU

Bmoney: REF-KRJI0
Bukalapak: BAMBANGRAHARJA13YJ
By.u: Klik link disamping atau masukkan BYADRI8439991
Canva: klik link disamping
Cashbac: adr01ak
Catchplay: langsung klik link tersebut
Crowdo: U051549
Crowde: FNYTMZK
DANA: bltuDi
danaIN: 12552
Danamart: asiaril

Deposito BPR by Komunal: AS2333
DNA PRO: ADRIANSI0512
EA-50 : ASIAR8548
Easycash: WRo7Rsw
Ebay.blanja.com: 25CN5E949CBD
E-mas: 9D3CEDUY
Esta Kapital: ZTVINT
Fahrenheit – Lotus International: adriansiaril
Fazzcard: 36baeb7a01
FIN888: adriansi0512
Flip: SHIA6755
Fore Coffee: 5BA015
Fundtastic: FUN10287
Gradana: AS0302191555
Getplus: DWNXM6GDM
Halofina: AIE74C
Hangry!: ADRINALD
iGrow: IGWSIA1980
Indogold: 98532
Investree: LJGZ3
Invisee: @AS0e99d
Jackhammer Co (via TADA): langsung klik link disamping
Jenius: $asiaril
Jurnal: ADRIA21895 atau klik link disamping
Kapital Boost: BAT6M2
Kaspro: E57u7c
KoinWorks: 62507
Koingold by Koinworks: KG-62507
Komunal: 1CE8460
Lakuemas: adrian2128
Levi’s VIP Indonesia: 31A8KL2
Lotus International – Fahrenheit: adriansiaril
Mekar: ADRIA2476
Modalku: jdq73oc9
Modal Rakyat:AS1817506638
NYALA: klik link disamping
OCBC NISP One Mobile: klik link disamping
OY: langsung klik link disamping
Pegadaian: PDS4ED81
Pluang: ADRI667294
Qoala Plus: XM3KSRAL
Raiz Invest (Indonesia): MDA2P7
Shopback: us3h2G
Shopee: ASIAR252
SmartX: asiaril
Sweet Escape : 1FSRH
Tamasia: MIK97TR
Tanamduit: ADRIA00INH7
Talenta: talenta641
Tanifund: ADRR20
Tiktok: A729133701
Tokopedia: TPADR8548
Tunaiku: SASIARIL
Uangme: 7627
Yesdok: ADRIANS1U
Yukk: asia48