A shining Day-Date replica watch is a luxury model to add stylish sophistication to any wardrobe. A newly-established and popular fake watch with a replica rolex yellow gold bracelet and white dial, this outstanding collector's piece will show you a new and fresh scene.
Beranda » Update P2P Lending Januari 2021
news typewritten on white paper

Update P2P Lending Januari 2021

Saya akan mulai rutin mengomentari p2p lending setiap bulannya dalam format seperti ini, karena jauh lebih mudah ketimbang memperbaharui review satu persatu. Pembaca setia juga lebih nyaman daripada harus membuka ulang ulasan yang sudah pernah mereka baca.

Industri P2P Secara Keseluruhan

Penyesuaian yang dilakukan banyak penyelenggara untuk menghadapi pandemi perlahan-lahan sudah mulai diberhentikan, dan kebanyakan penyelenggara saat ini sudah dalam kondisi normal layaknya sebelum pandemi. Kendati demikian dampak restrukturisasi yang dilakukan beberapa penyelenggara masih berdampak pada beberapa lender.

Portfolio Saya

Saya take profit saham dan reksadana saham, lalu untuk sementara parkir banyak di p2p lending. Saya termasuk golongan yang wait and see terhadap efek pelantikan Joe Biden, dan saya tidak sepenuhnya yakin sekarang waktu yang baik untuk masuk di pasar saham meskipun pasar sedang bullish terus menerus.

Komentar untuk Setiap Penyelenggara

Akseleran

Dana saya terus muter disini karena menggunakan fitur autolending, tapi saya ga pernah topup selama 1 tahun terakhir. Alasannya saya disini hanya mau mendanai tenor 1 sampai 3 bulan, sedangkan yang seperti itu cepat sekali habisnya. Jadi saya disini hanya mengandalkan komisi referral, karena takut kalau sudah topup malah jadi dana nganggur.

Alami Sharia

Saya ingin nambah banyak disini, namun ketersediaan pinjaman cukup terbatas sekali. Belum tersedia fasilitas prebook maupun autolending, jadi mengandalkan komunikasi pribadi dengan rm mereka. Alami cukup ajaib karena memiliki tkb90 100% sampai saat ini meskipun baru menerapkan asuransi syariah beberapa bulan lalu. Inovasi yang dibocorkan ke saya kelihatannya juga akan membuat Alami akan berkembang pesat beberapa bulan kedepan.

Amartha

Masa berat Amartha sudah selesai, tapi saya terlanjur malas nambah lagi disini karena terlanjur merasakan dampak restrukturisasi. Saya hanya menikmati retur mingguannya saja, itupun saya tidak cairkan rutin karena malas kena potongan transfer.

Asetku

Asetku masih belum meledak seperti prediksi dan analisa 50% user p2p lending di Indonesia, namun Asetku sudah membuat emosi saya meledak karena terus menerus mengalami kemunduran. Asetku+/Flexi+ dihilangkan, produk advance dihilangkan, dan produk regular tenor singkat selalu habis di booking VIP lender. Kalau begini caranya, saya jamin lama-lama banyak lendernya akan pindah hati ke toko sebelah yang kebetulan malah sudah berizin duluan (cari oknumnya dibawah ya).

Crowdo

Menurut saya agak mati suri, jadi saya ga nambah dulu disini. Daridulu Crowdo selalu memiliki turnover staf yang tinggi sekali, rm silih berganti, dan itu bukan tanda-tanda yang baik. Social media terurus baik namun tidak pernah memiliki banyak engagement, sehingga nampaknya tidak banyak lender baru juga.

Danain

Saya tidak nambah dana lagi disini, tapi terus memutarkan hasil pendanaan. Nasib saya di Danain cukup bagus karena bisa dapat 11 – 12% pa, dibandingkan orang lain yang katanya hanya bisa dibawah 10%. Danain bisa dibilang p2p lending dengan model bisnis paling aman, sehingga lumayan mendapat kepercayaan saya.

Danamart

Sejak orang penting disini resign, rasanya Danamart langsung ga terurus. Pinjaman tidak pernah tersedia lagi, komunikasi dengan saya tidak responsif, dan belum ada inovasi baru lagi. Dana saya disini masih ada, tapi belum nambah lagi karena ujung-ujungnya akan jadi dana nganggur.

Danamas

Danamas sudah berbenah banyak, sekarang mudah menemukan pinjaman disini, dan variasinya juga makin banyak. Danamas masih sangat recommended, tapi jangan mengharapkan pelayanan khusus dari mereka sebab mereka memang sudah kebanyakan lender.

Danalaut

Entah apa nasibnya, kelihatannya sudah bangkrut. Website tidak bisa diakses dan sosmed sudah tidak terurus.

Easycash

Tadinya saya pikir Easycash sudah tidak niat di Indonesia, soalnya mendadak stafnya sulit dicari semua. Ternyata entah kenapa mereka punya grup Telegram sendiri yang sangat aktif dikelola, dan semua komunikasi dilakukan disana. Kendati demikian saya masih ragu untuk kembali mendanai disini, karena ada pilihan yang lebih oke. Tim mereka juga jarang menjalin relasi dan komunikasi dengan saya.

Esta Kapital

Ini adalah favorit saya saat ini, karena bisa booking produk tenor singkat 1 minggu, serta memiliki produk dengan repayment mingguan maupun bulanan. Dampak sosial juga baik, TKB90 dijaga, serta manajemen mereka punya hubungan baik dengan saya. Jujur portfolio saya ada telat disini, tapi belum sampai gagal bayar.

Gradana

Meskipun sudah exit dari sini, tapi kemungkinan saya akan mencoba masuk lagi. Jujur saja saya sedang dalam progres kolaborasi dengan Gradana, dan saya melihat ada perkembangan baik dari p2p lending satu ini.

iGrow

Sisa uang saya cukup banyak disini, karena maklum dulu proyek yang saya danai tenornya panjang sekali sampai belasan tahun. Saya sudah tidak nambah dana lagi disini meskipun portfolio saya sebenarnya aman aman saja (dibandingkan banyak yang complaint portfolionya hancur). Jadi saya tinggal menikmati retur pasif dari iGrow.

Investree

Saya terus terang merasa guilty dengan Investree, karena meskipun banyak kolaborasi dengan mereka, serta dapat komisi referral maha tinggi disini, namun pendanaan saya disini hampir selalu nihil. Disaat saya terakhir kali mendanai disini, malah kena macet 120 hari, jadi tentu membuat makin ragu.

Kapital Boost

Meskipun belum tersedia asuransi, saya sebenarnya ingin nambah cukup banyak disini, karena banyaknya tenor 1 bulan, penggalangan dana yang cepat, serta saya sangat suka karena ketika jatuh tempo mereka menginformasikan langsung lewat whatsapp tanpa kita harus cek manual di dasbor. Sayangnya disini ketersediaan pinjaman sangat terbatas, sering kali kehabisan dan belum ada fitur autolending.

Koinworks

Terus menerus dihajar kritik karena restrukturisasi, meskipun seumur hidup saya menggunakan Koinworks saya tidak pernah merasa dirugikan Koinworks dari segi apapun. Mungkin nasib yang menentukan? Saya masih jadi langganan mengambil produk Koinrobo tenor 1 bulan, entah mendapat special rate ataupun tidak.

Komunal

Komunal terus menerus naik daun, karena memang mereka sangat mendengarkan user feedback sekali. Saya dengan senang hati menambah pendanaan disana bila diminta, namun sepertinya mereka sudah punya fans club sendiri sehingga tidak memerlukan pendanaan tambahan. Autolending saya selalu on untuk memutar dana secara otomatis.

Mekar

Saya masih menikmati retur mingguan dari Mekar karena cukup banyak dana disana, tapi karena sudah tidak nambah-nambah lagi maka kemungkinan sebentar lagi semua tenornya selesai. Sebenernya Mekar masih ok banget, tapi sering terlupakan diri saya karena mereka sudah tidak in touch sama sekali sejak marketingnya resign dan tidak ada penggantinya.

Modalrakyat

Dulu ok, sekarangpun masih ok. Saya rasanya tidak pernah sekalipun topup disini, jadi hanya memutarkan dana referral saja. Pinjaman di Modalrakyat sering musiman, terkadang banyak yang tersedia, terkadang sulit kebagian.

PinjamanGo

Meskipun kurang eksis, kurang bagus aplikasinya, dan kurang komunikatif, namun PinjamanGo tetap menjadi pilihan unik bagi mereka yang menginginkan p2p lending konsumtif yang serba transparan. Dana saya sedikit disini tapi sudah berencana nambah cukup banyak.

Tanifund

Mereka baru saja memperbaharui program referral mereka, jadi saya hanya mendanai disini bila diberikan voucher referral saja. Proyek yang tersedia sangat sedikit, dan tenornya panjang-panjang.

Uangme

Ini adalah calon primadona konsumtif yang baru, sejak Asetku terus menerus kehabisan kuota. Uangme baru saja berizin, masih menjalin komunikasi baik dengan saya meskipun sudah tidak mendanai lagi. Saya akan mulai kembali mendanai disini.

LOOKING FOR ENGLISH CONTENT?

Except for the literature, all my Bahasa contents are translator-friendly, so you can summon the might of Google Translate below.

HUBUNGI SAYA

asiaril@ymail.com

Hak cipta dilindungi oleh undang-undang. Dilarang menerbitkan, menyiarkan, menulis ulang, atau menyebarkan konten situs ini tanpa izin tertulis dari pemilik blog ini (Adrian Siaril)

Isi blog ini bukan ajakan investasi dan bukan saran profesional. Saya tidak memiliki kualifikasi apapun, jadi jangan mudah percaya dengan omongan saya.

KODE REFERRAL

Akseleran: AKSLADRIA13403
ALAMI: ASIARI
Allianz Smart Poin: rvam2zmw
Ajaib : asia625
Amartha: IL035033
Asetku:WVQXQ
BCA Credit Card (Kartu Kredit BCA): ADRIA0002117
Bibit: ucleiaf
Bizhare: ASA8KHDU

Bmoney: REF-KRJI0
Bukalapak: BAMBANGRAHARJA13YJ
By.u: Klik link disamping atau masukkan BYADRI8439991
Canva: klik link disamping
Cashbac: adr01ak
Catchplay: langsung klik link tersebut
Crowdo: U051549
Crowde: FNYTMZK
DANA: bltuDi
danaIN: 12552
Danamart: asiaril

Deposito BPR by Komunal: AS2333
DNA PRO: ADRIANSI0512
EA-50 : ASIAR8548
Easycash: WRo7Rsw
Ebay.blanja.com: 25CN5E949CBD
E-mas: 9D3CEDUY
Esta Kapital: ZTVINT
Fahrenheit – Lotus International: adriansiaril
Fazzcard: 36baeb7a01
FIN888: adriansi0512
Flip: SHIA6755
Fore Coffee: 5BA015
Fundtastic: FUN10287
Gradana: AS0302191555
Getplus: DWNXM6GDM
Halofina: AIE74C
Hangry!: ADRINALD
iGrow: IGWSIA1980
Indogold: 98532
Investree: LJGZ3
Invisee: @AS0e99d
Jackhammer Co (via TADA): langsung klik link disamping
Jenius: $asiaril
Jurnal: ADRIA21895 atau klik link disamping
Kapital Boost: BAT6M2
Kaspro: E57u7c
KoinWorks: 62507
Koingold by Koinworks: KG-62507
Komunal: 1CE8460
Lakuemas: adrian2128
Levi’s VIP Indonesia: 31A8KL2
Lotus International – Fahrenheit: adriansiaril
Mekar: ADRIA2476
Modalku: jdq73oc9
Modal Rakyat:AS1817506638
NYALA: klik link disamping
OCBC NISP One Mobile: klik link disamping
OY: langsung klik link disamping
Pegadaian: PDS4ED81
Pluang: ADRI667294
Qoala Plus: XM3KSRAL
Raiz Invest (Indonesia): MDA2P7
Shopback: us3h2G
Shopee: ASIAR252
SmartX: asiaril
Sweet Escape : 1FSRH
Tamasia: MIK97TR
Tanamduit: ADRIA00INH7
Talenta: talenta641
Tanifund: ADRR20
Tiktok: A729133701
Tokopedia: TPADR8548
Tunaiku: SASIARIL
Uangme: 7627
Yesdok: ADRIANS1U
Yukk: asia48